Cari tutorial

Cara untuk membuat Mailing List

Hi Sob, kalau misalkan Sobat merupakan seorang pebisnis, ataupun bekerja dan berkegiatan di satu komunitas yang membutuhkan media untuk menghubungkan satu individu dengan yang lainnya secara cepat, bisa jadi selain Whatsapp Group, mailing list adalah salah satu solusi yang terbaik untuk hal tersebut.

Nah, untuk itu penting buat Sobat mengetahui apa itu Mailing List dan fungsinya. Setelah itu Sobat bisa melihat bagaimana cara membuatnya, Sob!

Disclaimer: Layanan Mailing List hanya bisa dipergunakan bagi Sobat yang menggunakan layanan Mail Hosting. Artinya, jikalau Sobat sudah menjadi member di Jagoan Hosting tapi tidak termasuk layanan Mail Hosting, maka Mailing List tak akan bisa dipakai.

Begini Cara Membuat Mailing List

Mailing list memungkinkan Sobat menggunakan satu alamat untuk mengirim email ke beberapa alamat email. Begini nih caranya untuk membuat sebuah mailing list:


STEP 1: Masuk ke CPanel, bisa pula masuk ke Cpanel melalui Member Area. Jika Sobat belum tahu bagaimana caranya login ke Cpanel dari member area, Sobat bisa baca tutorial ini ya Sob > Tutorial Login CPanel Lewat Member Area


Login ke CPanel


STEP 2: Scroll sampai ke bawah hingga Sobat menemukan opsi Mailing list pada menu utama CPanel Sobat.


Pilih menu Mailing List


STEP 3: Masukkan nama mailing list dalam kotak teks. Serta Masukkan dan konfirmasikan kata sandi baru di kotak teks yang sesuai.


Membuat mailing list

Create Mailing List


STEP 4: Click Add Mailing List untuk membuat mailinglist.


membuat mailing list

List Name and Password

Pada prosesnya, Sobat bisa memilih salah satu dari pengaturan privacy berikut:

  1. Private: Administrator harus menyetujui subscriber, dan antarmuka mailinglist tidak ditampilkan.
  2. Public: Subsciber terbuka dan tampilan mailing list menampilkan daftar mailinglist.

Pro tips: Saat menggunakan mailing list dan kemudian mendaftarkan rekan-rekan kerja untuk ditambahkan, akan lebih baik jika menggunakan nama-nama yang mudah saja sesuai dengan nama pribadi se-singkat mungkin ya.

Nah, kalau Sobat kesusahan dengan tutorial di atas, Kamu bisa hubungi teman-teman Jagoan Hosting lewat Live Chat ataupun Open Ticket ya!

Kamu wajib baca artikel ini juga Sob!

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!