Di era digital saat ini, perkembangan game tentu menjadi salah satu bagian yang terus meningkatkan kepopulerannya di tengah masyarakat. Berbagai jenis game telah dikembangkan dalam banyak format dan dapat dioperasikan melalui berbagai perangkat komputer atau ponsel. Namun, tahukah kamu cerita tentang game pertama di dunia? 

Keberadaan game tentu sudah ada sejak lama meskipun fitur dan elemennya tidak sekompleks seperti sekarang. Namun, beberapa game pertama di dunia adalah pelopor untuk perkembangan permainan lainnya yang lebih canggih dan menarik. Lantas, apa saja daftar game pertama di dunia? Yuk, simak daftarnya di sini ya, Sob!

Tennis for Two (1958)

Game pertama di dunia dan tertua jatuh kepada Tennis for Two yang dirancang oleh seorang ilmuwan Amerika bernama William Higinbotham. Permainan ini diciptakan untuk ditampilkan pada pameran publik tahunan Brookhaven National Laboratory. 

Sebagai sebuah video game pertama di dunia, Tennis for Two menjadi pelopor kemajuan dan perkembangan video game pada era berikutnya. Sesuai namanya, game ini mensimulasikan permainan tenis yang bisa dimainkan oleh 2 orang. 

Cara memainkannya dimulai dengan pemain pertama yang akan menekan tombol untuk mengirim bola, sementara pemain kedua harus memukul bola itu kembali ke lawan.

Saat pertama kali diperkenalkan, game pertama di dunia ini sukses menarik perhatian banyak orang. Bahkan dikatakan, banyak orang yang rela mengantri untuk memainkan permainan ini.

Spacewar (1962)

Di posisi kedua, game pertama di dunia juga diisi oleh kehadiran Spacewar yang dirilis pada tahun 1962. Permainan video game ini dirancang oleh Steve Russels bersama timnya, Martin Graetz, Wayne Wiitanen, Bob Saunders, dan Steve Piner.

Pada mulanya, Spacewar dikembangkan sesuai dengan platform komputer saat itu, yaitu DEC PDP-1. Permainan ini berkembang mulai dari lingkungan akademisi di kampus tempat Russels bekerja sampai menarik minat pengguna komputer PDP-1 untuk turut memainkannya. 

Keunggulan dari salah satu game pertama di dunia ini adalah adanya gameplay yang memungkinkan untuk dimainkan dua orang secara bersamaan dan cukup menarik. Spacewar juga memiliki pilihan dengan sebutan Hyperspace sehingga pemain dapat berpindah secara acak pada layar.

Baca juga: Kenali Apa itu VGA Lengkap Fungsi dan Jenisnya

Galaxy Game (1971)

Hampir sama seperti konsep Spacewar, Galaxy Game juga memiliki konsep permainan luar angkasa. Game ini dikembangkan oleh Bill Pitts dan Hugh Tuck pada tahun 1971. Konsep permainan dari game pertama di dunia ini adalah menyerang pesawat ruang angkasa musuh sembari menghindari serangan. Uniknya, pengembang menggunakan bintang sebagai bahan bakar pesawat. 

Pong (1972)

Sesuai namanya, Pong adalah game tertua di dunia yang merupakan permainan dua dimensi tenis meja. Game dengan konsep olahraga ini resmi dirilis pada tahun 1972 oleh Allan Alcorn di bawah perusahaan Atari Inc. Meskipun terlihat tidak menarik, namun siapa kira bahwa Pong adalah temuan penting yang membantu pengembangan game arcade dan video game seperti saat ini. 

Bahkan di awal proses perilisannya, Pong menjual lebih dari 8 ribu mesin arcade dan dinobatkan sebagai game pertama di dunia yang paling sukses. Pencapaian ini membuat Pon tercatat dalam Guinness Book or World Records. 

Pong bisa dimainkan sendiri (single player) atau berdua (multiplayer). Cara memainkannya, yaitu setiap pemain mengontrol alat pemukul tenis (bet) dan menggerakkannya secara vertikal melintasi sisi kanan atau kiri layar.

Baca juga: Gamers Wajib Tahu! Ini Dia 5 Developer Game Pertama di Dunia

Space Race (1973)

Game pertama di dunia yang masuk dalam daftar terakhir adalah Space Race. Permainan ini dirilis pada tahun 1973 dan memiliki tema balapan. Pemain bisa menggunakan permainan ini secara bersamaan (multiplayer). 

Inti dari permainan Space Race adalah adu kecepatan dalam memindahkan roket. Saat memainkannya, pemain harus asteroid yang merupakan rintangan. Jika roket mengenai asteroid maka pemain harus mengulang dari awal lagi.

Nah, itu dia daftar game pertama di dunia yang pernah populer pada masanya. Terlepas dari konsepnya yang masih sangat sederhana, penciptaan game tersebut telah membawa pada era pembuatan inovasi video game yang semakin canggih dan dinamis. Buat kamu yang mengaku gamers nih, Sob, apa ada dari keempat game di atas yang pernah kamu dengar?

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like