Salah satu cara untuk mempercepat loading website yaitu dengan memanfaatkan Plugin Cache, Jika kamu menuju repository plugin wordpress, kamu bisa menemukan banyak sekali plugin cache, Namun dari semua itu mana plugin cache terbaik?

Nah artikel ini akan membantu kamu dalam mengetahui plugin cache gratis dan berbayar yang bisa kamu gunakan untuk mempercepat loading website kamu. Berikut 6 Plugin Cache Terbaik untuk WordPress yang bisa kamu gunakan.

1. WP Rocket

WP Rocket adalah plugin cache premium terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mempercepat loading website, Plugin ini merupakan plugin premium yang berarti plugin ini merupakan plugin berbayar.

Bukan hanya sebagai plugin caching,Plugin ini memiliki banyak fitur seperti; Minify File, Lazy Load, CDN, dan masih banyak lagi yang kamu temukan ketika kamu menggunakan WP Rocket. Beberapa manfaat menggunakan WP Rocket adalah :

  • Lazy Load diterapkan ke gambar kamu, artinya gambar kamu akan dimuat ketika terlihat oleh pengunjung kamu di browser mereka.
  • Fitur minify file yang membuat file seperti HTML, CSS, dan JS akan disederhanakan, Sehingga page size lebih kecil dan membuat website lebih cepat diakses.
  • Pengaturan CDN pada WP Rocket membantu kamu dalam integrasi CDN di website kamu

Harga WP Rocket : Mulai dari $ 49 untuk satu lisensi situs

2. W3 Total Cache

W3 Total Cache adalah salah satu plugin caching gratis terbaik paling populer untuk WordPress. Dengan lebih dari satu juta instalasi aktif, Plugin ini berfungsi untuk meningkatkan kinerja server kamu dengan cara caching setiap aspek website kamu dan juga menawarkan integrasi CDN.

Plugin inini menawarkan dukungan untuk Accelerated Mobile Pages (AMP) dan Secure Socket Layer (SSL). Pengembang mengklaim bahwa plugin dapat menawarkan penghematan bandwidth hingga 80% melalui Minify file.

Harga W3 Total Cache: Gratis

3. WP Fastest Cache

WP Fastest Cache merupakan plugin caching wordpress gratis yang bisa kamu gunakan untuk optimasi website. Plugin ini hadir dengan lebih sedikit pengaturan konfigurasi untuk caching WordPress, Hal inilah yang menjadikannya WP Fastest Cache merupakan salah satu plugin caching WordPress termudah yang tersedia di repository plugin WordPress resmi.

Sama seperti plugin caching lainnya, Plugin ini menawarkan fitur minify file, menonaktifkan emoji, dan secara efektif mengimplementasikan cache browser.

Plugin ini memiliki versi gratis dan versi premium (berbayar), Versi premium dari plugin ini hadir dengan banyak fitur unik untuk meningkatkan kecepatan website kamu, seperti optimasi gambar, pembersihan basis data, caching seluler, dan masih banyak lagi lainnya.

Harga WP Fastest Cache: Tersedia versi gratis dan premium

4. WP Optimize

WP-Optimize adalah plugin caching freemium atau plugin yang tersedia versi gratis dan versi premium (berbayar), Plugin Ini telah digunakan di hampir satu juta website di seluruh dunia.

WP-Optimize berfungsi untuk  mempercepat website WordPress kamu dengan cara membersihkan data base website kamu, Optimasi gambar, dan website.

  • Membersihkan database : Plugin ini membersihkan semua data yang tidak perlu dalam database kamu, membersihkan tabel kamu, dan pada akhirnya membuat situs web kamu lebih cepat dan efisien.
  • Kompresi gambar : Optimasi gambar secara signifikan untuk mengurangi resource server dengan mengubah gambar besar menjadi file terkompresi sehingga website memiliki page size yang lebih kecil.
  • Caching : Muncul dengan semua fitur penting dari plugin caching lainnya dengan konfigurasi pengaturan minimal.

Harga WP Optimize: Tersedia versi gratis dan premium

5. WP Super Cache

WP Super Cache adalah Plugin Cache dari WordPress.com Dan  plugin caching yang populer, dengan lebih dari satu juta pemasangan aktif. Plugin ini membantu kamu menghasilkan file html statis dari blog WordPress dinamis kamu. 

Plugin akan  memproses skrip WordPress WordPress yang relatif lebih berat terlebih dahulu dan akan menyajikan file HTML statis untuk sebagian besar pengunjung situs web Anda.

WP Super Cache menyajikan caching file dalam 3 cara:

  • Sederhana : Merupakan metode caching file yang paling direkomendasikan karena kamu tidak perlu lagi mengedit file PHP dan tidak perlu di konfigurasi file .htaccess.
  • Expert : Merupakan metode caching file tercepat untuk menyajikan super-cache HTML File kepada pengguna, Tetapi cara ini membutuhkan modifikasi file .htaccess kamu.
  • WP Super Caching : Merupakan metode caching website untuk pengguna yang dikenal seperti visitor website, meninggalkan komentar, dll. Meskipun ini adalah metode caching yang paling fleksibel, ini sedikit lebih lambat dibandingkan dengan metode lain.

Harga WP Super Cache : Gratis

6. Cache Enabler

Cache Enabler adalah Plugin Cache WordPress Ringan Terbaik,  Plugin ini akan membantu kamu dalam membuat file HTML statis website kamu dan melayani sebagian besar pengunjung website berdasarkan permintaan. Plugin ini membutuhkan konfigurasi minimal dan dilengkapi dengan semua fitur penting yang kamu perlukan dari plugin caching.

Tidak seperti kebanyakan plugin caching WordPress gratis lainnya, Cache Enabler menyediakan dokumentasi yang ekstensif untuk membantu kamu dalam menjelajahi berbagai fitur plugin. Dengan dokumentasi yang dilenkapi dengan tangkapan layar dan video akan memandu kamu melalui berbagai aspek caching WordPress.

Harga Cache Enabler : Gratis

Itulah beberapa rekomendasi plugin cache terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mempercepat loading website kamu. Kamu bisa menggunakan salah satu plugin caching tersebut untuk membuat website kamu lebih cepat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like