20+ Plugin WordPress Terbaik yang Wajib di Pasang

Plugin Wajib Wordpress - jagoanhosting.com

Sebagai platform populer, WP memiliki banyak keistimewaan yaitu mudah kustomisasi dengan banyaknya pilihan plugin WordPress. Plugin memberi keleluasaan pemiliknya untuk mengoptimalkan kinerja website sesuai kebutuhan.

Begitu banyak pilihan plugin untuk optimalkan website, malah kadang bikin pemilik situs bingung. Mana yang sebaiknya dipasang atau sebaliknya. Tenang saja, artikel ini akan membahas tuntas tentang plugin terbaik yang harus dipasang agar sesuai kebutuhan.

Mengenal Apa Itu Plugin

Sebetulnya, apa itu plugin WordPress adalah software atau perangkat untuk menambahkan salah satu fitur tanpa mengubah program yang ada. 

Penambahan fitur ini begitu mudah tanpa perlu coding. Keberadaan fitur sebagai ekstensi dan memodifikasi agar situs lebih lengkap dalam pengembangan fungsi utamanya. 

Lalu, bagaimana cara melakukan download akses plugin dalam situs? Terdapat dua cara yaitu melalui sidebar atau laman resmi direktori platform yang sering disingkat WP ini.

Banyak sekali pilihan plugin yang dapat dipasang dalam WordPress, tapi tidak harus semuanya terpasang dalam web. Pastinya, ada yang terbaik dan wajib ada sebagai support website serta memudahkan audiens ketika melakukan akses. 

Cara Memilih Plugin WordPress Terbaik 

Terdapat dua pilihan dalam penggunaan plugin WP yaitu plugin WordPress gratis jadi tinggal unduh dan pakai, tapi ada pula yang berbayar. 

Agar pilihan tepat dan memang plugin yang terpasang sebagai dukungan penuh untuk program utama, perlu cek cara memilih plugin terbaik berikut ini.

1. Jumlah Instalasi

Pada umumnya, semakin banyak yang melakukan install artinya banyak yang menggunakan dan populer berarti memiliki performa cukup bagus.

2. Melihat Ulasan Pengguna

Langkah kedua dengan melihat komentar dan ulasan pembaca. Apabila bagus, lanjutkan dan berarti plugin memang terpercaya. Apabila tidak, lebih baik cari yang lain.

3. Cek apakah Sering Update

Plugin yang sering melakukan update artinya berkembang dan memiliki hal baru demi keamanan. Apabila jarang update bisa jadi sudah tidak kompatibel penggunaannya.

Untuk pemasangan plugin WordPress, pastikan yang aman dan resmi. Sumbernya juga harus jelas supaya aman dan benar-benar mampu memberi dukungan terhadap website.

20+ Plugin WordPress Terbaik yang Wajib di Pasang

Dalam memasang plugin tidak ada keharusan jumlahnya dan apa saja yang harus ada. Semua dapat menyesuaikan kebutuhan tergantung niche website pemilik. 

Berikut adalah macam macam plugin WordPress yang dapat menjadi rekomendasi dan wajib dipasang. Selain terbaik, memang penting untuk mengoptimalkan performa situs.

1. Yoast SEO

plugin seo wordpress

Plugin yang wajib di install di wordpress yang pertama adalah Yoast SEO. Sebegitu pentingnya karena Yoast SEO dapat membantu pemilik web untuk membuat konten yang sangat ramah SEO. 

Kelebihan lainnya adalah terdapat pembuatan meta description, fitur kata kunci hingga pemasangan sitemap XML. Adanya Rich Snippet Review untuk melihat pratinjau seperti apa yang masuk dalam pencarian mesin pencari seperti Chrome.

Plugin WordPress dapat pula menilai skor SEO dari konten yang ada dan lebih memudahkan pengguna guna memaksimalkan konten masuk halaman utama Google. Terdapat opsi download Yoast SEO ini, yaitu versi gratis dan berbayar hingga 99 dolar.

Sebetulnya, yang gratis juga bukan masalah tapi ketika akan menggunakan fitur kata kunci, maka yang muncul hanya 1 keyword saja. Berbeda dengan versi berbayar karena akan lebih banyak kemudahan terutama dalam memilih kata kunci yang relevan.

Tertarik menggunakan Yoast SEO? Dapatkan Yoast SEO Premium Gratis hanya di produk WordPress Hosting Indonesia di Jagoan Hosting. Selain Yoast SEO Premium kamu juga dapat banyak benefit seperti ratusan template premium, garansi load time 5 detik dan terintegrasi dengan AI Content Generator.

2. All in One SEO Pack

plugin aioseo wordpress

All in One SEO Pack merupakan plugin WordPress terbaik yang mampu menjadikan konten menarik audiens karena berdasar kaidah SEO. Kelengkapan plugin ini sesuai yang diinginkan Google mencakup algoritma lengkap.

Pengecekan mudah sebab terhubung dengan Google Analytics, Google Search Console dan situs serupa lainnya. Penggunaan plugin sudah terintegrasi ke media sosial seperti Facebook, Twitter hingga YouTube.

Cek Konten Lainnya:
Pengertian Sitemap dan Cara Membuatnya di Website

Terhubung dengan mudah ke media sosial akan memberi peluang untuk share konten lebih praktis menjangkau lebih banyak pembaca. Selain itu adanya fitur auto meta description memudahkan pengguna tanpa perlu membuat secara manual. 

3. Redirection

plugin redirection wordpress

Untuk plugin yang benar-benar gratis pengguna bisa memasang Redirection. Salah satu plugin wajib WordPress sebab berguna untuk mengganti link mati dengan link aktif yang lain. 

Adanya broken link otomatis menciptakan penurunan performa website. Kelebihan Redirection adalah memonitor 404 error dan auto mengganti yang relevan. Selain itu dapat membuat banyak tipe redirect.

Contoh redirect seperti HTTP headers, cookie hingga IP address. Hal ini akan memudahkan pemilik website ketika akan melakukan pindahan hosting dan pengaturan konfigurasi lain.

4. W3 Total Cache

plugin w3 total cache wordpress

W3 Total Cache adalah plugin WordPress gratis dan berbayar yang penting untuk kecepatan loading situs. Kecepatan loading berpengaruh terhadap audiens yang membuka akses sehingga tidak pindah ke situs lain.

Adanya plugin  tanpa harus menambah bandwidth sebab mampu menyimpan file dan sekaligus minify coding. Keunggulan dari plugin adalah kecepatan saat melakukan download dan dukungan caching Accelerated Mobile Pages.

Hanya saja pengaturan teknis mungkin terlalu rumit bagi pemula yang menggunakan WordPress. Meskipun demikian plugin mampu membuat pembaca bahkan calon pembaca melakukan akses karena kecepatan loading website.

Cepatnya loading menjadi faktor utama audiens untuk membuka laman web dan berselancar mencari apapun kebutuhan situs dalam web bersangkutan. Untuk layanan lebih maksimal pilihan premium lebih praktis dalam mendukung performa website.

5. WP Rocket

wp rocket

Plugin wordpress untuk portal berita yang utama adalah WP Rocket. Plugin berfungsi memberikan kecepatan loading super cepat sehingga audiens tidak bakal kecewa saat akses. 

WP Rocket telah terintegrasi Cloudflare dalam penggunaan CDN dan sudah ada fitur optimasi data base. Tampilannya sederhana sehingga memudahkan pemula ketika menggunakannya.

Dalam mengoptimasi web, WP Rocket memiliki fitur Automatic Speed Optimization yang membuat performa situs semakin unggul.

Dengan berbagai keunggulannya ini, WP Rocket tidak ada opsi gratisan, semuanya berbayar untuk kualitas premium.

6. Wordfence

plugin wordfence

Wordfence salah satu plugin yang penting untuk WordPress yang harus diunduh sebab dapat mengamankan website dari gangguan siber. Saat ada malware atau virus, penyusupan data atau yang lainnya akan ada notifikasi email yang masuk.

Email akan memberitahukan adanya kejanggalan dan pemilik website bisa langsung bertindak atau black list langsung tanpa kompromi. Selain mampu menjadi pengaman terbaik, plugin dapat mendeteksi alamat IP mencurigakan. 

Bahkan jika ada serangan aneh untuk website, dapat membatasi waktu login. Plugin WordPress dapat digunakan secara gratis. Namun juga ada yang premium hanya dengan harga sekitar 119 dollar, sepadan dengan fitur unggulan yang tersedia.

7. MemberPress

memberpress

Untuk website affiliate atau toko online, MemberPress wajib dipasang agar memberi kemudahan dalam pengelolaan member. Plugin WordPress toko online menyertakan kupon yang bisa dikostumisasi secara default. 

Terdapat pula pengingat untuk  mengirimkan email kepada member untuk berbagai informasi terbaru. Kemudahan lain adalah adanya fitur laporan lengkap sehingga dapat meningkatkan strategi website. 

Untuk mendapatkannya pemilik website perlu menggelontorkan dana sekitar 179,5 dollar saja.

8. iThemes Security

ithemes security

Jika website untuk portal berita, keamanan harus terjamin maka wajib install iThemes Security dengan keamanan mumpuni. Plugin WordPress mampu memberi keamanan dalam banyak faktor dengan 30 cara sekaligus.

Benar-benar canggih dan populer, pengguna diberi kemudahan untuk mengamankan berbagai serangan siber yang masuk ke website. Keunggulan lainnya adanya proteksi login Two Factor Authentication agar website lebih terjaga keamanannya.

Plugin juga memiliki perlindungan dari Brute Force bagi situs sehingga website akan terkondisikan dengan baik dari banyak malware pengganggu. Plugin menyediakan versi gratis dan berbayar dengan harga 99 dollar.

9. JetPack

jetpack

Sudah ada lebih dari 5 juga pengguna yang download plugin WordPress JetPack ini sehingga kepopulerannya terus meningkat. Plugin berguna untuk meningkatkan keamanan, manajemen dan performa dari website tanpa perlu coding.

Tool keamanannya cukup kuat untuk mendeteksi malware yang mampir atau login yang tidak terautorisasi. Fitur keamanan terdiri dari Two Factor Authentication dan otomatis memblokir spam yang masuk ke situs.

Plugin juga mampu mengetahui jumlah pengunjung yang akses situs secara lengkap. Plugin bisa didapatkan secara gratis tapi ada pula yang berbayar dengan harga terjangkau sekitar 3,5 dollar saja.

10. Akismet

akismet

Jika pengguna ingin melindungi website dari spamming dan konten berbahaya dapat memilih plugin Akismet. Plugin juga berguna untuk mempercantik tampilan website sehingga audiens banyak yang tertarik untuk melihat konten lebih banyak dalam website. 

Cek Konten Lainnya:
10+ Plugin Chat Whatsapp Wordpress Buat Web Bisnismu

Plugin WordPress mampu menyaring komentar yang masuk sehingga aman dari malware dan memblokirnya sekaligus jika dianggap spam. Akismet mampu menampilkan link mencurigakan dalam komentar yang masuk dengan mudah.

Bagi pengguna individu bisa menggunakannya secara gratis, tapi untuk tujuan komersil harus membayar harga 10 dolar.

11. Social Warfare

Kelebihan dari Social Warface adalah plugin dapat memudahkan pengunjung yang ingin menyebarkan konten lewat ikon bagikan. Adanya Floating Share Buttons bisa menyesuaikan kebutuhan.

Apakah penempatannya di atas, bagian bawah atau secara manual. Plugin ini cocok untuk toko online agar jika ada konten baru dapat langsung share ke media sosial dengan praktis. Baik itu ke Facebook, Google+, Twitter dan yang lainnya.

Bahkan fitur juga dapat menambahkan quote box dengan tampilan model menarik audiens. Plugin WordPress untuk mempercantik tampilan walau ringan dan simpel tapi fiturnya cukup unik dan membuat pembaca melirik.

Plugin bisa secara gratis mengunduhnya tetapi ada pula versi berbayar sebesar 29 dollar. Sedangkan untuk gratis, fiturnya sangat terbatas sehingga kurang maksimal.

12. BackWPup

Fungsi plugin BackWPup untuk memilih file dalam penyimpanan tertentu sehingga mudah ketika akan mencari file tersebut. Plugin WordPress ini tersedia secara gratis tapi ada juga yang premium dengan harga mulai dari 69 dolar.

Berbagai keunggulannya antara lain terdapat banyak pilihan penyimpanan sesuai kebutuhan. Penyimpanan bisa untuk banyak file dalam berbagai bentuk format sekaligus. Selain itu BackWPup mampu melakukan auto back up data ke Cloud Server.

13. UpdraftPlus

Selain BackWPup, plugin yang berguna untuk melakukan back up data otomatis adalah UpdraftPlus sesuai pengaturan jadwal. Plugin andalan ini mudah sekali digunakan bagi pemula karena simpel dan praktis.

Keunggulannya adalah dapat melakukan back up data file secara manual dan banyak pilihan penyimpanan sesuai kebutuhan. Sebagai salah satu plugin yang banyak diunduh pengguna UpdraftPlus menyediakan versi gratis dan berbayar.

Khusus yang gratis hanya sedikit fiturnya dan berbeda dengan versi berbayar. Harga premium hanya mulai dari 70 dolar, pengguna dapat memanfaatkan sepuasnya sesuai kebutuhan website.

14. Duplicator

Plugin WordPress yang wajib dipasang berikutnya adalah Duplicator. Plugin berguna untuk memindahkan file website dan backup data dengan IP. Format Zip memang lebih aman apalagi file penting yang tidak boleh bocor keluar.

Plugin memiliki versi gratis dan premium. Khusus untuk versi berbayar ada banyak keunggulan yang bisa didapat antara lain backup dapat langsung ke Dropbox, Microsoft On Drive dan Google Drive. 

Bahkan pemilik web dapat memilih file apa saja yang akan dipindah sesuai kebutuhan.

15. LiteSpeed Cache for WordPress

litespeed cache

LiteSpeed Cache for WordPresss berikutnya adalah salah satu plugin andalan yang lengkap dengan berbagai fitur unggulan. 

Fitur penting seperti Browser Cache Support, Database Optimization, Lazy Load Images hingga Full Page Caching membuat akses web secepat kilat.

Semua fitur memiliki pengaturan custom dalam penggunaan versi desktop atau mobile. Dalam proses install mudah sekali dilakukan oleh pemula sekalipun. Kelebihan lain adalah mampu mengurangi overhead dan proses caching lebih cepat dan gratis.

Adapun yang membuat pengguna jatuh cinta pada plugin WordPress ini karena sangat kompatibel dengan plugin lainnya seperti Yoast SEO hingga Social Warfare. 

Hal tersebut akan memudahkan pemilik website untuk memaksimalkan performa website sesuai niche yang diusung situs.

16. Imagify

Pembaca pasti bisa membandingkan website yang lemot saat dibuka dan situs yang loading cepat bahkan tanpa jeda. Kelemotan website seperti ini bisa jadi karena gambar-gambarnya yang memiliki ukuran jumbo.

Loading lama membuat pengunjung tidak sabar dan biasanya akan berakhir dengan berpindah akses situs lain. Agar hal tersebut tidak terjadi pemilik WP wajib memasang plugin Imagify agar dapat mengkompres gambar yang ukurannya besar.

Tidak perlu khawatir akan kualitas gambar karena meskipun sudah dikompres tetap sesuai aslinya dan tidak mengubah penampakan bagi pembaca. Terdapat 3 algoritma pengompresan yaitu normal, ultra dan aggressive

Plugin WordPress ini tersedia versi gratis dan berbayar dari yang cukup terjangkau. Harga versi premium hanya mulai dari 4,99 dolar saja.

17. Contact Form 7

Bagi pemilik website toko online, Contact Form 7 merupakan plugin yang wajib dipasang. Plugin WordPress untuk toko online terbaik ini memberikan banyak kegunaan yang memudahkan pengelolaan web.

Cek Konten Lainnya:
Tips SEO Wordpress untuk Membangun Bisnis Online

Fiturnya lengkap seperti adanya pendaftaran, pemesanan, formulir kontak hingga konfirmasi. Fitur-fitur yang penting untuk memaksimalkan toko online untuk performa terbaik. 

Dukungan lain terhadap fitur adalah sistem Captcha, Akismet dan submission agar website terjaga keamanannya. Hanya saja meskipun aman dari spam tampilan interface rumit terutama bagi pemula. 

18. Sassy Social Share

Sassy Social Share adalah plugin social media gratis yang berguna untuk kemudahan dalam share ke media sosial. Media sosial yang dituju ada banyak seperti Twitter, Facebook, WhatsApp, Tumblr hingga Linkedin. 

Banyaknya share ke media sosial akan menciptakan audiens baru. Pembaca banyak mampu meningkatkan traffic dalam mesin pencarian Google secara alami.

Kemudahan download menjadi salah satu keunggulan pertama dari plugin. Ditambah lagi dengan fitur lengkap berupa Like Buttons dan Social Sharing. Cara mengaturnya sangat sederhana, simpel dan mudah dipahami terutama bagi pemula.

Saat akan menggunakan plugin gratis tidak perlu melakukan registrasi terlebih dahulu sehingga praktis dan cepat. Sassy Social Share menjadi plugin yang mobile friendly akan kemudahannya saat akses melalui perangkat HP.

19. bbPress

Bagi pemilik website yang ingin membangun komunitas online, wajib mengunduh plugin WordPress bbPress. Plugin mudah pula terintegrasi dengan aneka template WP tanpa kendala sama sekali.

Adanya fitur subscribe memungkinkan audiens berlangganan dan jika ada komen yang masuk maka masuk dalam notifikasi email. bbPress memiliki fitur favorit agar audiens yang tertarik dengan konten bisa menandainya untuk kembali membuka saat dibutuhkan.

Kelebihan lain yang penting adalah pemilik website dapat langsung melakukan pemblokiran terhadap spam pengganggu.  Plugin ini gratis sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya ketika akan mengunduhnya.

20. Elementor

elementor

Jika ingin mempercantik tampilan WP, Elementor menjadi pilihan utama karena plugin ini karena memiliki banyak pilihan desain. Fitur tersebut antara lain Background Overlays, Hover Effects, Box Shadow hingga Animation

Semuanya sangat menarik dan dapat menyesuaikan selera pemilik website. Cara mengubahnya dapat dilakukan siapapun tanpa perlu pemahaman coding segala. Plugin menjadi istimewa dengan 100 lebih pilihan template bagus dan kekinian.

Template WordPress dapat juga menyesuaikan dengan niche agar pas dan nyaman dilihat pembaca. Perubahan laman bisa langsung dilihat secara real time dan ada pilihan kustomisasi layar yaitu tablet, mobile atau desktop.

Untuk menggunakan plugin WordPress keren ini pengguna bisa memilih yang gratis atau berbayar. Untuk berbayar dibanderol mulai dengan harga 59 dolar saja.

21. ManageWP

Kelebihan utama dari ManageWp adalah dapat melakukan pengelolaan lebih dari satu website. Bagi peternak website hal ini tentu memudahkan ketika mengelola banyak situs sekaligus. 

Pengelolaan melalui satu dashboard saja dan sekaligus bisa membersihkan spam dan akses data dengan mudah. Plugin juga bisa melakukan back up data untuk keamanan data base website. 

Dalam hal keamanan, Manage WP dapat melakukannya secara bersamaan meskipun dalam banyak situs sekaligus. Kelebihan lain adalah plugin terhubung langsung ke Google Analytics.

Dari sini pemilik bisa melakukan analisa berbagai hal terkait jumlah audiens hingga real time akses ke situs. Jika ingin mudah, bisa mengambil  plugin versi gratis alias free. Namun, untuk dukungan optimal dapat memilih versi berbayar muladi dari 1 dollar saja. 

Plugin yang wajib dipasang dan penting untuk memantau web dari gambar atau tautan rusak adalah Broken Link Checker. Plugin bekerja secara sistematis dengan memberitahukan lewat email jika ada tautan atau gambar rusak segera.

Tautan dan gambar rusak menimbulkan broken link yang mampu menurunkan secara drastis performa website. Maka keberadaan plugin menjadi penting agar website sehat dan jika ada kerusakan bisa langsung diperbaiki.

Macam macam plugin di atas memang sangat penting bagi website WP. Mana yang dibutuhkan maka itulah yang diunduh agar website  bisa berjalan dengan baik dan memiliki performa yang bagus.

Penutup

Begitu banyak pilihan untuk memaksimalkan dukungan dan kinerja website agar memiliki traffic bagus dan terdeteksi mesin pencari dengan mudah. Maka, memilih plugin terbaik yang paling sesuai kebutuhan saja.Dengan pilihan tepat dan pas plugin WordPress yang dipasang akan meningkatkan performa website secara signifikan. Traffic otomatis meningkat sempurna dan website sehat dengan pengelolaan kinerja optimal serta dukungan plugin terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
sitemap adalah
Read More
Pengertian Sitemap dan Cara Membuatnya di Website
Dalam dunia web development, sitemap adalah sebuah file yang berisi daftar halaman pada sebuah situs web. File ini…
membuat toko online wordpress
Read More
Cara Membuat Toko Online dengan WordPress (8 Langkah Mudah)
Bingung mencari jasa pembuatan website untuk toko online? Nah, coba intip dulu cara buat toko online dengan WordPress…