19+ Mesin Pencari Selain Google yang Punya Banyak Fitur

mesin pencari selain google

Internet memang sudah ada sejak lama. Hanya saja Google masih menjadi mesin pencari paling populer dengan market terbesar hingga saat ini. Namun apakah kamu tahu bahwa sebenarnya ada banyak sekali search engine lainnya di luar sana selain Google?

Nah pada kesempatan ini akan kami sajikan 20 search engine selain google yang memiliki banyak fitur. namun selain itu, ada baiknya kamu mengetahui dulu beberapa hal berikut ini.

Apa itu Mesin Pencari?

Mesin pencari atau search engine adalah sebuah program yang terkoordinasi untuk mencari dan mengidentifikasi informasi dalam suatu database sesuai dengan kriteria yang spesifik. Program ini digunakan dalam melakukan akses internet pada World Wide Web (www). 

Apa bedanya Mesin Pencari dan Browser? 

Mungkin ada beberapa dari kamu yang masih bingung dalam membedakan kedua hal tersebut. Mesin pencari seperti yang disebutkan di atas adalah program yang ada di dalam internet, sedangkan browser adalah software yang terinstall pada perangkat untuk membantu menampilkan halaman web, misalnya Google Chrome, Mozilla, dan Opera.  

Apa saja Search Engine selain Google?

Sesuai halnya dengan apa yang akan dibahas disini adalah mesin pencari selain google. Ada banyak sekali search engine di luar sana, mungkin kamu sudah tahu apa saja mesin pencari tersebut. Berikut adalah search engine selain Google yang bisa kamu jajal: 

  • Yahoo Search
  • Bing
  • Baidu
  • Yandex
  • Wiki.com
  • Internet Archive
  • DuckDuckGo
  • Slideshare
  • Ask.com
  • Search Encrypt
  • CC Search
  • Unsplash
  • Twitter
  • Qwant
  • Ecosia
  • Ekoru
  • Startpage
  • Dogpile
  • Broadreader
  • Swisscow
yahoo search

kamu pasti sudah tidak asing dengan mesin pencari yang sangat populer pada tahun 2000an ini yang sebelum akhirnya tergusur oleh Google. Walaupun sudah kalah pamor dengan Google, namun Yahoo Search masih relevan untuk digunakan sampai sekarang hingga menempati posisi ke 4. Dengan kerjasama antara Bing dan Microsoft, Yahoo Search sudah menyediakan fitur lebih terkini dan hasil relevan dengan 38 bahasa. 

2. Bing

Mesin pencari ini adalah besutan dari Microsoft dengan market terbesar kedua setelah Google dan Baidu. Bing memiliki fitur yang mirip dengan Google dengan hasil pencarian yang terdiri dari gambar, video, peta, dan berita.

Keunggulan Bing saat ini sudah terintegrasi dengan AI Chatbot di mode pencariannya, Bing AI Chatbot terintegrasi dengan browser Microsoft Edge untuk memberikan fitur yang lebih interaktif dan membantu pengguna dalam menjelajahi web secara lebih efektif

Cek Konten Lainnya:
Apa itu ERD? Fungsi, Simbol, dan Toolsnya

Kelebihan lainnya menggunakan search engine ini adalah untuk mereka yang berkecimpung dalam dunia bisnis. Dengan banyaknya pebisnis dan ahli yang fokus dengan Google, kompetisi iklan dan SEO pada Bing tentu lebih kecil dibandingkan Google. Menarik untuk dicoba?

3. Baidu 

baidu search engine

Baidu adalah mesin pencari dengan market nomor tiga terbesar setelah Google dan Bing. Mesin pencari berbasis Bahasa Mkamurin ini sangat populer di China. Kelebihan dari Baidu adalah mesin pencari ini memiliki fitur yang mirip dengan Google, yaitu pencarian berbasis keyword, konten berbasis web, dan menyediakan pencarian berbasis suara dan gambar. Sayangnya, Baidu ini hanya menggunakan Bahasa Mkamurin untuk usernya. 

4. Yandex

yandex search engine

Yandex adalah mesin pencari asal Rusia dan menempati peringkat 5 dalam pasar. Yandex adalah mesin pencari yang berfokus untuk membantu konsumen dan pemilik usaha baik itu secara online maupun offline. Kelebihan Yandex adalah, mesin pencari ini juga memiliki fitur yang mirip dengan Google Analytic yang mengumpulkan informasi yang lebih relevan berdasarkan riwayat user.  

5. Wiki.com

wiki search engine

Jika kamu sudah tidak asing dengan Wikipedia, maka kamu harus mengetahui tentang Wiki.com. Mesin pencari ini berbasis konten dalam bentuk wiki. Terdapat 4 pilihan pencarian yang bisa kamu gunakan saat membuka search engine tersebut: All Wikis, Wikipedia Only, People’s Wiki Only, dan Encyclopedia Only.

Wiki.com sangat cocok digunakan jika kamu ingin mencari suatu topik yang spesifik. Hal itu dikarenakan kamu bisa mendapatkan semua informasi tentang topik tersebut hanya dalam satu website dan tanpa perlu mencari informasi lain ke beberapa website lainnya. 

6. Internet Archive

Mesin pencari ini memiliki logo museum. Sesuai dengan nama dan logonya, mesin pencari ini lebih mengacu pada arsip internet. Misalnya jika kamu ingin melacak sejarah domain dan perubahannya dari tahun ke tahun. Selain itu, kamu juga bisa mencari informasi lainnya yang mungkin takkan muncul pada Google. 

7. DuckDuckGo

duckduck go

DuckDuckGo adalah salah satu mesin pencari yang mengutamakan privasi pengguna karena tidak mengumpulkan data pribadi dan jejak pencarian milik user. Kelebihan lainnya dari search engine ini adalah hasil pencarian yang lengkap dan relevan karena DuckDuckGo melakukan crawler pada mesin pencarian lainnya juga. Mesin pencari ini menduduki peringkat 7 dalam pasar mesin pencari.  

8. Slideshare

Kamu pasti tidak asing dengan mesin pencari ini. Slideshare adalah suatu mesin pencari dikhususkan untuk profesional yang ingin mencari informasi dan pengetahuan dalam bentuk materi, dokumen, presentasi, dan lain sebagainya.

Mesin pencari ini cocok digunakan siswa, mahasiswa, tenaga pendidik, dan profesional di bidang – bidang lainnya karena selain memberikan hasil pencarian yang mendukung dalam kegiatan edukasi. Selain itu, kamu juga bisa menyimpan dan mengunduh konten ke dalam perangkat pribadi kamu. 

9. Ask.com

Ask.com adalah sebuah mesin pencari yang berbasis tanya jawab (konten web) dan videos. Fitur hasil pencarian yang ditawarkan adalah TV dan Film, Berita, Budaya, dan Gaya Hidup. Jika kamu ingin menggunakan mesin pencari ini, kamu cukup mengetik kata kunci pada kolom pencarian dan hasil yang muncul adalah yang paling relevan sesuai dengan kata kunci.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu IPv6? Contoh dan Perbedaanya dari IPv4

Kekurangan mesin pencari ini adalah hasil pencarian yang tidak begitu lengkap. Walaupun begitu, Ask.com cukup populer dan menempati peringkat ke 6 dalam pasar mesin pencari. 

10. Search Encrypt

Mesin pencari yang satu ini juga mengunggulkan keamanan data privasi milik user dengan fitur encryption. Search Encrypt memiliki opsi pencarian web, gambar, video, dan berita. Untuk hasil pencarian sendiri belum selengkap Google, namun dengan fitur keamanan yang sangat kuat membuat mesin pencari ini patut dicoba oleh kamu yang khawatir akan keamanan data pribadi. 

CC Search atau Creative Common adalah mesin pencari berbasis gambar dan foto. Mesin pencari ini menawarkan hasil pencarian gambar yang memiliki lisensi gratis. Maka dari itu, CC Search sangat cocok digunakan oleh content creator atau kamu yang sedang membutuhkan pelengkap gambar dalam presentasi atau website kamu. 

12. Unsplash 

Sama halnya dengan CC Search, Unsplash adalah mesin pencari berbasis gambar yang content-creator friendly. Unsplash menyediakan berbagai gambar dan foto estetik mulai dari lisensi gratis hingga yang berbayar yang bisa kamu gunakan untuk keperluan kamu, misalnya sebagai penulis, blogger, dan lainnya. 

13. Twitter

Mungkin kamu akan terkejut kenapa media sosial Twitter bisa menjadi mesin pencari. Twitter bisa digunakan sebagai mesin pencari dengan fitur tagline “See What’s Happening in The World Right Now”.

Jika kamu masih belum paham, Twitter bisa digunakan sebagai mesin pencari untuk mencari informasi yang baru – baru ini terjadi atau yang masih hangat. Hasil pencarian pun sangat lengkap dan efektif karena sumber informasi berdasarkan tweet dan retweet oleh banyak pengguna. 

14. Qwant

Ada yang sedikit berbeda dengan mesin pencari yang satu ini. Qwant adalah mesin pencari yang menampilkan hasil pencarian secara netral karena semua konten terbuka atau tidak ada yang sengaja diblokir. Kelebihan lain dari Qwant adalah mesin pencari ini aman dalam privasi dan data pribadi user. Selain itu, ada dua produk mesin pencari lainnya oleh Qwant: Qwant Junior yang dikhususkan sebagai mesin pencari untuk anak – anak dan Qwant Music. 

15. Ecosia

adalah mesin pencari berbasis web yang memiliki misi menyelamatkan lingkungan dengan menanam 1 pohon setiap 45 pencarian pada mesin pencarian ecosia.org. Kelebihan mesin pencarian ini adalah menawarkan keamanan privasi user. kamu tidak perlu takut jika hasil pencarian tidak lengkap, karena Ecosia menggunakan hasil pencarian yang didukung oleh Bing.

16. Ekoru

Seperti halnya dengan Ecosia, Ekoru adalah mesin pencari berbasis web yang bermisi dalam pembersihan laut dan peningkatan kesadaran terhadap kerusakan laut. Setiap pencarian yang dilakukan menggunakan Ekoru akan berkontribusi dalam donasi dana untuk pembersihan laut. Selain itu, hasil pencarian mesin pencari ini juga didukung oleh Bing. 

Cek Konten Lainnya:
Keamanan Data Whatsapp, Benarkah Mereka Merekam Percakapan Pengguna?

17. Startpage

Startpage adalah mesin pencari yang sangat melindungi privasi user karena tidak merekam jejak pencarian. Hasil pencarian yang lengkap karena didukung oleh Google. Selain itu, ada fitur berdasarkan wilayah dan fitur keluarga yang bisa digunakan tanpa harus log in yang membuat hasil pencarian semakin relevan dan aman dalam menjaga data pribadi user. 

18. Dogpile

Mesin pencari ini memiliki hasil pencarian yang sangat lengkap karena mengumpulkan hasil dari berbagai mesin pencari lainnya. Karena kelebihan tersebut, user akan dimudahkan dalam mencari informasi dengan efisien waktu, serta hasil pencarian yang lengkap dan relevan secara bersamaan. 

19. Boardreader

Broadreader cukup unik sebagai mesin pencari karena berfokus dalam pencarian forum. Jika kamu ingin mendapatkan informasi yang dinamis dan berdiskusi, kamu akan diarahkan ke website forum yang sesuai dengan kata kunci yang kamu tuliskan dalam kolom pencarian.  

20. Swisscows

Mesin pencari terakhir adalah Swisscows yang juga memiliki keunggulan dalam menjaga privasi user. Mesin pencari ini cocok bagi kamu yang memprioritaskan keamanan dan privasi karena mesin pencarian ini tidak menyimpan data pribadi dan jejak pencarian user. Selain itu, Swisscows juga ramah keluarga yang memblokir konten kekerasan, pornografi, dan kebencian. 

Lalu Manakah Mesin Pencari yang Terbaik? 

Sebenarnya masih banyak lagi mesin pencari selain Google diluar sana, hanya saja 20 mesin pencari ini lah yang sudah cukup populer di sebagian masyarakat dunia. Lalu dari semua mesin pencari di atas, manakah yang terbaik?

Tentu setiap search engine memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Namun jika kamu menginginkan yang terbaik, ada yang perlu kamu perhatikan

1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan

  1. Mencari Informasi : Bing, Yahoo Search, dan Baidu
  2. Kebutuhan Akademis : Slideshare
  3. Menjaga Lingkungan : Ecosia dan Ekoru
  4. Keamanan dan Privasi : Swisscows, Qwant, dan Search Encrypt
  5. Mencari gambar : CC Search dan Unsplash 
  6. Mencari Berita Hangat : Twitter

2. Sesuaikan Dengan Kenyamanan 

Ada kalanya jika kamu yang sudah familiar dengan Google ingin menggunakan mesin pencari yang familiar juga. Mesin pencari yang tepat adalah Bing dan Yahoo Search. Hal ini karena tampilan halaman yang sederhana mengingatkan kamu dengan tampilan Google. 

Nah itulah 20 search engine selain google yang punya banyak fitur. Apakah sebelumnya kamu sudah tahu mesin pencari yang sudah disebutkan diatas? Atau jangan-jangan baru tahu setelah membaca artikel ini? Tak ada salahnya sesekali untuk mencobanya supaya kamu bisa mendapatkan pengalaman yang menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Perbedaan SSD dan NVMe - jagoanhosting.com
Read More
Apa itu SSD NVME? Definisi dan Perbedaannya dengan SATA
Berbicara tentang media penyimpanan komputer, nama SSD mungkin yang pertama kali muncul di pikiran. Penyimpanan berbasis flash memory…
Profesi Hardware Engineer
Read More
Hardware Engineer, Profesi di Balik Segala Kemajuan Teknologi Dunia
Nggak kalah sama engineer lainnya, hardware engineer juga keren! Profesi ini menjadi salah satu profesi bergengsi di kalangan…