Apa itu Proxy Server? Fungsi, Cara Kerja & Manfaatnya

proxy server

Berbagai kasus cyber crime dunia maya membuat pengguna internet harus makin waspada. Penggunaan Proxy Server bisa menjadi pilihan tepat untuk mengamankan sistem supaya aman dari gangguan cyber.

Bagi mastah IT mungkin sudah paham dengan seluk beluk Proxy ini. Namun, untuk pemula atau bergelut dengan internet karena menjalankan bisnis semata tak tahu secara detail tentang Proxy.

Apa itu Proxy yang diklaim mampu meminimalisir kejahatan cyber, apa saja jenisnya dan memberi manfaat seperti apa, bisa terus membaca ulasannya hingga tuntas.

Apa Itu Proxy Server

Secara umum, Proxy Server adalah sebuah sistem yang tugasnya menjadi perantara jaringan. Maksud dari jaringan tersebut misalnya pengguna melakukan search melalui Google kemudian membuka sebuah situs guna mencari suatu informasi.

Saat itulah pengguna secara otomatis ada hubungan langsung dengan server lebih dahulu. Dari sini akan ada IP yang muncul ketika pengguna membuka akses situs. Dengan adanya Proxy, keamanan pengguna dengan data yang muncul dapat diamankan dengan segera.

IP sendiri adalah Internet Protocol yang masing-masing pengguna miliki berupa alamat khusus ketika berselancar dalam dunia maya. Tanpa Proxy, IP akan terdeteksi secara langsung dengan data lengkap.

Maka, saat pengguna melakukan akses dengan memilih Proxy untuk terhubung dengan server artinya IP asli tidak akan terlihat. Akan tetapi digantikan oleh IP address dari server yang bersangkutan.

Menyembunyikan IP address asli sangat penting terutama perusahaan besar dengan jaringan bisnis mendunia. Sistem keamanan akan terjaga dengan baik meskipun perangkat pribadi terhubung ke ranah publik.

Bahkan server Proxy tertentu dapat memblokir situs yang dianggap berbahaya. Ada juga Proxy yang otomatis membuat cache khusus sehingga pengguna dapat mudah melakukan akses pada situs yang sebelumnya pernah dibuka dengan cepat.

Fungsi Proxy Server

fungsi proxy server

Server berkaitan erat dengan Croxy Proxy juga VPN. Namun, ada yang berbeda karena masing-masing server memiliki keamanan tersendiri. Semua tergantung pengguna ketika menggunakan Proxy sebagai server untuk keamanan data optimal.

Setelah mengetahui apa itu Proxy Server saatnya memahami berbagai fungsi dari server luar biasa ini. Terdapat 4 fungsi penting dari server Proxy, yaitu:

1. Fungsi sebagai Masking

Salah satu fungsi utama adalah sebagai masking. Artinya Proxy mampu menyembunyikan data berupa identitas asli pengguna yaitu IP address. Ketika pengguna melakukan akses dan melewati gateway, secara otomatis IP address diganti sistem dan tidak terbaca server.

IP address asli akan aman dan tidak terakses oleh ranah publik. Dengan demikian akan meminimalisir serangan cyber dunia maya yang berbahaya untuk pribadi atau tujuan penghancuran bisnis.

Cek Konten Lainnya:
Tips Memilih Layanan VPS Indonesia untuk Website Anda

2. Fungsi sebagai Filtering

Filtering atau melakukan penyaringan adalah fungsi kedua dari Proxy. Sistem Proxy Server secara otomatis memilah berbagai situs mencurigakan yang akan diakses. Dengan adanya penyaringan sejak dini maka dapat meminimalisir resiko perangkat error.

Pada umumnya, situs mencurigakan akan membawa virus atau malware yang berbahaya pada perangkat yang digunakan. Proxy akan mengantisipasi sedini mungkin sehingga perangkat tetap aman dan tidak terkena virus yang merusak semua komponen dan file yang ada.

3. Fungsi sebagai Connecting Sharing

Fungsi ketiga sebagai connecting sharing yang menghubungkan banyak perangkat sekaligus dalam satu jalur. Gateway memudahkan sebuah jaringan perusahaan untuk akses internet pada satu jalur yang sama.

Banyak perusahaan di Indonesia hingga Japan yang telah menerapkan Proxy untuk keamanan bersama. Pastinya, akses keamanan data perusahaan juga terjaga dengan baik.

4. Fungsi sebagai Caching

Ketika melakukan akses, maka Proxy berfungsi menyimpan akses sementara pengguna untuk memudahkan akses lagi situs tersebut. Terlihat sederhana, tapi caching ini akan mempersingkat loading dan efisien waktu daripada search ulang ke browser.

Fungsi tersebut memudahkan pengguna dalam banyak hal. Tak terkecuali dalam sistem keamanan data pribadi agar tidak terjadi gangguan cyber crime

Jenis Proxy Server

jenis proxy server

Proxy yang bagus akan mengamankan data pengguna dengan sistem terbaik. Maka ada beberapa jenis Proxy dengan keunggulannya masing-masing dan manfaat berbeda-beda.

Jenis Proxy Server secara lengkapnya bisa cek seperti berikut ini.

1. SSL Proxy

Secure Socket Layer biasa dengan singkatan SSL Proxy merupakan enkripsi dan dekripsi server dan klien. Namun, baik klien atau server sama sekali tidak mampu mendeteksi adanya Proxy yang bersangkutan.

SSL Proxy sama sekali tidak terdeteksi situs karena support SSL dengan keamanan maksimal saat bertukar data.

2. Distorting Proxy

Sistem kerja distorting Proxy dengan memberi alamat palsu atau IP address yang berbeda dengan aslinya pada header http untuk penyamaran sempurna. IP address asli pengguna tidak akan mampu terdeteksi sama sekali karena yang muncul adalah distorting Proxy Server.

Pengguna bebas berselancar di dunia maya tanpa perlu khawatir data pribadi dicuri atau digunakan pihak tak bertanggung jawab. Keamanan maksimal melakukan aktivitas internet bakal nyaman dan perangkat aman dari virus.

3. Rotating Proxy

Metode pada rotating Proxy yaitu server akan memberi IP address baru dari kumpulan Proxy aktif ketika pengguna akses koneksi. 

Kumpulan Proxy aktif akan memberi alamat IP yang akan berbeda dalam setiap penggunaan dalam melakukan akses berbagai situs. Jadi, pengguna akan memperoleh IP address palsu yang berbeda untuk keamanan data yang dimiliki.

4. High Anonymity Proxy

Untuk diketahui Proxy site ada yang gratis ada pula dengan sistem berbayar. Sedangkan pada High Anonymity Proxy adalah salah satu jenis Proxy dengan keamanan level tinggi dan anonim. 

Saat pengguna menggunakan jenis ini, maka akses yang tersambung sama sekali tidak mendapatkan IP address asli atau tidak. Bahkan saking level amannya sangat tinggi tidak dapat diketahui apakah sambungan lewat Proxy Server atau malah tidak sama sekali.

Semua itu demi keamanan maksimal pengguna untuk level terbaik dan biasanya menggunakan sistem berbayar atau tidak free.

5. Forward Proxy

Skema dari Forward Proxy dengan meneruskan permintaan jaringan pengguna secara pribadi dan terisolasi ke internet lewat firewall. Sebagai Proxy yang umum digunakan Proxy mampu memalsukan atau menyembunyikan IP address asli dengan baik.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Cron Job? Kenali Fungsi dan Panduan Lengkap Terbaru

Tidak perlu khawatir akan sistem kerjanya karena Forward Proxy akan menyimpan data pribadi dengan baik dan aman dari gangguan penjahat dunia maya.

6. Anonymous Proxy

Dari jenis namanya saja sudah kelihatan jika pengguna akan tanpa nama ketika menjelajahi internet. Tanpa dapat mengungkap IP address asli, pengguna bebas berselancar dan data aman tentram tidak bocor sama sekali.

Misal saat bermain sebagai video player, tidak akan terlacak sama sekali server yang digunakan. Hanya saja meskipun bersifat anonim, tingkat anonimitas dari Proxy akan berbeda-beda tergantung jenis Proxy yang digunakan.

7. Web Proxy

Tools yang memberi koneksi ke server Proxy pada penggunaan browser disebut Web Proxy. Dengan Web Proxy pengguna dapat mengatur lewat aplikasi browser yang digunakan. 

Hanya saja ada kendala saat menggunakan baik dari JavaScript dan Flash dan membutuhkan ahli khusus.

8. Reserve Proxy

Reserve Proxy merupakan kebalikan dari Web Proxy Server yaitu server yang terdapat pada bagian depan server web dan meneruskan permintaan ke server web yang bersangkutan. 

Penggunaan dari Reserve Proxy lebih khusus untuk meningkatkan keamanan server dari gangguan luar.

9. Transparent Proxy

Penyebutan transparent berkaitan erat dengan sistem kerja dari Proxy sebab server akan mencegat pengguna akhir dan internet tanpa mengubah permintaan sama sekali.

Saat pengguna memasuki situs yang berbahaya secara otomatis akan memindahkannya ke situs website lain yang aman dan tidak mengandung malware atau virus. Pada umumnya Transparent Proxy digunakan pada ponsel jika akses pengguna ke situs mencurigakan.

Berbagai jenis memiliki kinerjanya tersendiri dan memberi keleluasaan pengguna untuk memaksimalkan keamanan data dengan baik. 

Cara Kerja Proxy Server

Hampir sama dengan penjelasan di atas, cara kerja dari server proksi adalah menjembatani akses internet dari pengguna. Pertama, pengguna akan meminta akses ke suatu server atau website tertentu.

Proxy server akan menerima terlebih dahulu permintaan tersebut, baru kemudian meneruskannya ke situs tujuan. Dari sini, situs tujuan memberikan respon sesuai apa yang menjadi permintaan pengguna.

Respon diteruskan kepada server proksi, baru kemudian diteruskan kembali kepada pengguna. Oleh karena akses ke situs tadi melalui server proksi, maka ada opsi untuk menyimpan data-data situs (caching) jika suatu saat pengguna mengaksesnya lagi.

Manfaat Proxy Server

manfaat proxy server

Proxy server memiliki beberapa manfaat yang tentunya bisa mendukung berbagai aktivitas kita saat berinternet, di antaranya:

1. Menjaga Privasi Pengguna

Setiap akses yang kita lakukan tidak menggunakan alamat IP asli, tetapi menggunakan IP server proksi. Hal ini membuat alamat IP kita tidak terdeteksi oleh situs tujuan dan meminimalkan terjadinya pencurian data pribadi.

2. Akses Halaman Situs Lebih Cepat

Manfaat ini sangat berkaitan dengan adanya fungsi caching yang sudah kita bahas sebelumnya. Pada situs yang sering kamu kunjungi, maka proses loading page di akses-akses berikutnya membutuhkan waktu yang lebih cepat.

3. Peningkatan Keamanan

Dengan adanya fungsi filtering, proxy server dapat melindungi jaringan dari ancaman cyber seperti malware, virus, atau phishing. Hal ini tentu saja akan memberi kita keamanan lebih dari upaya-upaya pencurian atau perusakan data.

Cek Konten Lainnya:
Promo VPS Harga Murah Mulai 100rb Perbulan

4. Menghemat Bandwidth

Manfaat yang keempat ini juga masih berkaitan dengan fungsi caching pada server proksi, Sob. Akses dari beberapa perangkat akan terlebih dahulu melalui cache dan tidak langsung mengunduh data dari server tujuan. 

5. Load Balancing

Sering merasa koneksi internet menjadi lemot saat ada teman kantor yang mengakses YouTube ada mendownload file besar? Hal ini bisa kita hindari dengan adanya server proksi yang akan mendistribusikan lalu lintas internet secara merata ke semua device.

Kelebihan dan Kekurangan Proxy Server

Guna mengetahui lebih lanjut, yuk belajar lebih jauh tentang kelebihan dan kekurangan server proxy: 

Kelebihan Proxy Server

  • Mampu melindungi data pribadi pengguna, terutama alamat IP, karena pada saat mengakses internet alamat IP asli disamarkan dengan alamat IP dari server proksi.
  • Lebih hemat bandwidth karena akses ke situs yang sering dikunjungi akan memanfaatkan data-data yang tersimpan dalam cache.
  • Mampu filtering konten internet sehingga situs-situs berbahaya atau ilegal akan terblokir.
  • Sebagai gerbang keamanan karena pengguna tidak secara langsung mengakses sebuah konten. Jika konten tersebut berbahaya, maka tidak akan diteruskan ke pengguna.

Kekurangan Proxy Server

  • Rentan serangan cyber, terutama jika tidak ada konfigurasi pada proxy bersangkutan.
  • Jika kebijakan proxy terlalu ketat, maka pengguna akan kesulitan dalam mengakses konten-konten di internet.
  • Apabila server proksi mengalami masalah, maka akses pengguna ke internet juga akan terdampak.

Itulah tadi ulasan tentang server proksi yang perlu kamu tahu, Sob. Dengan adanya elemen ini, akses ke internet akan jadi lebih aman, sehingga hal-hal yang membahayakan bisa kita singkirkan.

FAQ

Beberapa pertanyaan yang sering muncul terkait adanya Proxy antara lain adalah:

1. Apa perbedaan dari proxy server dan VPN?

Biasanya, VPN memberikan lebih banyak kemudahan daripada Proxy karena berbagai hal. Salah satunya melindungi pengguna saat mencari informasi dari mesin pencarian. VPN lebih dapat menjadi pelindung trafik dan berbagai informasi saat menginstal dan VPN aktif.

Selain itu, VPN mampu memberikan berbagai keamanan ekstra saat pengguna melakukan berbagai aktivitas berselancar di dunia maya.

2. Apa keuntungan menggunakan Proxy Server?

Keuntungan penggunaan Proxy antara lain:

  • Melindungi data pribadi hingga IP address pengguna saat menggunakan koneksi internet.
  • Dapat melakukan akses ke situs yang diblokir dengan mudah dan tercepat.
  • Dapat mengontrol penggunaan internet khususnya untuk perusahaan atau orang tua yang tidak ingin anak-anak mengakses situs atau video tertentu.
  • Mampu melindungi sekaligus menjaga anonimitas dari pengguna.
  • Efisien waktu karena mampu melakukan caching situs yang telah diakses sebelumnya sehingga saat akan membuka lebih cepat dan praktis.

Penutup

Memahami apa itu Proxy Server, fungsi, jenis dan manfaatnya secara lengkap akan memberi wawasan baru yang menguntungkan. Menjelajahi internet untuk berbagai keperluan lancar dan data aman sehingga Proxy menjadi pilihan tepat untuk kinerja terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
web service adalah
Read More
Apa itu Web Service? Pengertian, Fungsi, Cara Kerja & Contoh
Web Service adalah sebuah aplikasi terintegrasi yang terdiri atas perangkat lunak (software) dan juga basis data (database). Aplikasi…
Kesalahan Fatal
Read More
Melakukan Migrasi Menuju Cloud hosting? Hindari 10 Kesalahan Fatal Ini
Kalau kamu adalah seorang pebisnis yang baru saja mulai ingin bermigrasi untuk memindahkan website kamu ke awan, alias…