Domain .XYZ: Ini Kelebihan & Cara Mendapatkannya

domain xyz

Pernahkah kamu mendengar jenis domain .XYZ? Ini merupakan salah satu contoh domain yang diciptakan oleh orang Amerika bernama Daniel Negari di tahun 2014 lalu.

Hingga kini, domain tersebut cukup populer dan dikenal sebagai alternatif pengganti dari domain. COM.

Sehingga, jika Sob berencana membuat sebuah website, domain .XYZ bisa jadi salah satu pilihan yang menarik.

Tapi sebelum itu, ada baiknya kamu ketahui terlebih dulu apa saja kekurangan maupun kelebihan domain .XYZ. Selengkapnya akan dibahas di artikel berikut ini.

Apa itu Domain .XYZ?

Domain .XYZ adalah salah satu domain generic Top-Level Domain (gTLD) yang diciptakan oleh Daniel Negari lalu mulai digunakan secara umum pada Juni 2014. 

Seperti penjelasan sebelumnya, alasan domain ini diciptakan adalah sebagai alternatif dari domain .COM yang sudah ada sejak internet baru pertama kali muncul. 

Ekstensi domain ini terlihat cukup unik karena terdiri dari tiga huruf akhir dari susunan alfabet.

Tidak hanya berupa susunan, huruf-huruf ini pun mewakili tiga generasi yaitu X, Y dan juga Z, di mana dari tiga generasi tersebut, begitu banyak inovator digital yang muncul. 

Daniel Negari juga menjelaskan bahwa generasi muda sebaiknya memiliki domain pendek dengan suatu ciri khas sehingga tidak berpatokan lagi dengan .COM.

Contoh Website yang Menggunakan Domain .XYZ

Dengan potensi yang dimiliki domain .XYZ, ada beberapa perusahaan yang mengoptimalkan penggunaan websitenya seperti berikut:

1. Starship

Contoh website yang menggunakan domain .XYZ adalah Starship, yaitu sebuah perusahaan robot delivery buatan co-founder Skype berbasis di San Francisco, CA. 

Website ini cukup terkenal di kalangan pengembang  website karena desainnya yang rapi, minimalis, serta unik.

Cek Konten Lainnya:
Sering Ketuker! Ini Beda Programmer dan Developer

Secara tampilan, Starship juga sangat sesuai dengan value perusahaan yang bergerak di bidang teknologi. 

2. A&B

Contoh lainnya dari perusahaan pengguna domain .XYZ adalah A&B, yaitu salah satu agensi digital marketing yang berbasis Mumbai dan London. 

Website perusahan A&B dipenuhi dengan video dan animasi, serta foto-foto klien yang pernah bekerjasama dengannya.

Baca juga: Daftar Kode Domain Negara di Dunia, Simak List Lengkapnya!

3. Alphabet

Selanjutnya, ada Alphabet, yaitu perusahaan induk dari Google yang dibentuk pada tahun 2015. 

Website Alphabet membentuk tiga huruf awal dan akhir dari alfabet yaitu abc.XYZ. Unik sekali ya idenya, Sob!

4. uMake

uMake adalah salah satu aplikasi sketsa 3D terpopuler untuk pengguna perangkat pintar dari apple. 

Website uMake menggunakan domain .XYZ dan dipenuhi dengan animasi serta video yang memperlihatkan fitur dan kelebihan dari uMake.

5. Playground

Contoh perusahaan yang menggunakan domain .XYZ berikutnya adalah Playground. Sesuai dengan namanya, desain dari website Playground dibuat mencolok dan playfull.  

Didominasi warna merah muda, website playground.XYZ ini menarik untuk dijadikan contoh pemanfaatan ekstensi .XYZ.

Kelebihan Domain .xyz

Penggunaan ekstensi .xyz menawarkan sejumlah keuntungan. Berikut sejumlah manfaat penggunaan domain TLD ini.

1. Nama Situs Web yang Fleksibel dan Mudah Diingat

Menggunakan domain .xyz memungkinkanmu memilih dari berbagai nama situs web yang fleksibel dan mudah diingat. Artinya, kamu bisa memilih alamat web yang sempurna mencerminkan merek bisnis.

Penggunaan nama ini memudahkan orang untuk mengingat dan menemukan bisnismu secara online. Nama ekstensi .xyz yang unik dan menarik dapat membuatmu berbeda dari yang lain dan meninggalkan kesan tersendiri.

2. Pengakuan Global dan Kepercayaan

Global Domain Report 2023 oleh Registrar InterNetX dan Sedo mengungkapkan bahwa .xyz adalah gTLD baru paling populer. Pangsa pasarnya hampir dua kali lipat dari ekstensi terpopuler kedua. 

Domain .xyz telah mendapatkan pengakuan global dan kepercayaan pengguna internet. Ini berarti orang dari seluruh dunia akrab dengan situs web .xyz dan lebih mungkin memiliki kepercayaan pada kehadiran situs web milikmu. 

Pengakuan global dari domain TLD ini membantu kamu mencapai audiens yang lebih luas, membangun kredibilitas, dan membentuk kepercayaan dengan pengunjung.

Cek Konten Lainnya:
Apa Itu Sprint Backlog: Ulasan Singkat Seputar Scrum

3. Fleksibilitas untuk Berbagai Tujuan

Domain .xyz menawarkan fleksibilitas dan bisa kamu gunakan untuk berbagai tujuan. Baik kamu ingin membuat blog pribadi, toko online, atau situs web untuk organisasi nirlaba. Hal tersebut dapat beradaptasi dengan kebutuhanmu.

Ekstensi domain ini memberikan platform yang serbaguna untuk mengekspresikan diri, mempromosikan bisnis, atau mendukung tujuanmu. Artinya, kamu bisa dengan mudah menyesuaikan situs web sesuai dengan tujuan dan kebutuhan spesifik.

4. Peluang Branding Kreatif

Ekstensi .xyz memungkinkanmu berkreasi dan menciptakan identitas merek yang unik. Tampilkan kreativitas, berpikir out of the box, dan kembangkan situs web online yang berbeda. Tentu ini membuka peluang untuk strategi branding inovatif.

5. Ketersediaan dan Aksesibilitas Luas

Ekstensi .xyz digunakan oleh 0,2% dari semua situs web. Ekstensi ini menyediakan berbagai nama domain untuk situs web. Tentu saja alamat domainnya bisa diakses oleh individu, bisnis, dan organisasi di seluruh dunia, tanpa memandang lokasi atau industri.

Sifat inklusif .xyz memastikan bahwa semua orang dapat memanfaatkan keuntungannya dan membentuk situs website dengan mudah.

Kekurangan Domain .xyz

Di samping kelebihannya, ekstensi .xyz juga memiliki kekurangan yang perlu kamu perhatikan yaitu sebagai berikut.

1. Ketidakpastian

Menggunakan ekstensi .xyz mungkin menimbulkan kejanggalan atau ketidakpastian di antara pengguna internet yang kurang familiar dengan ekstensi ini. Sebab, tidak sepopuler opsi domain lain seperti .com atau .id. 

2. Mengatasi Miskonsepsi dan Membangun Kepercayaan

Karena sifatnya yang tidak konvensional, ekstensi .xyz mungkin menghadapi miskonsepsi atau keraguan tentang kredibilitasnya. Untuk membangun kepercayaan dengan audiens, tanggapi setiap kekhawatiran yang mereka miliki. 

Komunikasikan dengan jelas tujuan dan legitimasi situs web milikmu, sediakan konten berkualitas tinggi, dan pastikan adanya transparansi. Tujuannya untuk mengatasi keraguan dan membangun kepercayaan dengan pengunjung.

3. Terbatasnya Ketersediaan Domain Pendek dan Kaya Kata Kunci

Meskipun domain .xyz menawarkan berbagai pilihan, menemukan domain pendek dan kaya kata kunci mungkin lebih menantang daripada ekstensi lainnya. 

Seiring dengan berkembangnya popularitas .xyz, banyak nama yang mungkin sudah terdaftar. Artinya, kamu butuh lebih banyak usaha dalam menemukan nama ekstensi .xyz yang tersedia yang sejalan dengan merek bisnis.

4. Dampak pada SEO

Pertimbangkan dampak penggunaan domain TLD xyz pada optimisasi mesin pencari (SEO). 

Meskipun mesin pencari tidak memberikan perlakuan khusus berdasarkan domain, ekstensi .xyz yang relatif baru mungkin memiliki histori lebih sedikit dalam algoritma pencarian.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Navigasi Website? Contoh & Cara Buatnya

Untuk memastikan peringkat yang optimal, fokuslah pada pembuatan konten, menerapkan teknik SEO, dan membangun backlink yang relevan.

Dengan memprioritaskan faktor-faktor ini, kamu bisa meningkatkan kinerja situs web.Demikian kelebihan dan kekurangan domain .xyz yang bisa kamu pertimbangkan sebelum memilih ekstensi ini.

Cara Mendapatkan Domain .XYZ

Jika sudah memutuskan untuk menggunakan apa itu domain .XYZ, tentu kamu harus mengetahui bagaimana cara membelinya, bukan?

Adapun penjelasan seputar cara mendapatkan domain .XYZ adalah sebagai berikut.

1. Pilih Penyedia Jasa Domain Hosting

beli domain

Kamu harus mencari tahu penyedia jasa domain hosting mana yang dapat dipercaya untuk menghandle websitemu.

Dalam hal ini, kamu bisa mendapatkan domain murah di Jagoan Hosting sekarang, Sob.

2. Periksa Ketersediaan Domain dan Pilih Nama

rekomendasi nama domain

Gunakan alat pencarian seperti di halaman Domain di Jagoan Hosting untuk memeriksa ketersediaan nama ekstensi domain .xyz yang lengkap dan murah. Masukkan nama yang kamu inginkan dan verifikasi apakah masih tersedia.

Jika nama tersedia, daftarkan. Jika tidak, jelajahi alternatif yang sejalan dengan tujuan dan merek situs web milikmu.

3. Selesaikan Proses Pendaftaran

Ikuti instruksi registrar dan berikan detail kontak yang akurat seperti nama, alamat, email, dan nomor telepon. Periksa kembali detail pendaftaran, pilih periode pendaftaran yang kamu inginkan, lalu ke pembayaran. Pastikan bahwa semua informasi benar.

4. Kelola dan Konfigurasikan Domain

Akses panel manajemen domain yang disediakan oleh penyedia domain. Hubungkan domain .xyz ke hosting situs web dengan memodifikasi pengaturan DNS. 

Siapkan akun email yang terkait dengan domain. Kenali alat manajemen domain untuk mengkonfigurasi dan mengelola domain .xyz dengan efisien.

Mudah bukan? Sekarang kamu sudah bisa mengelola ekstensi .xyz dan mengembangkan situs websitemu. Yang terpenting, pilihlah penyedia domain yang andal dan terpercaya seperti Jagoan Hosting.

digitalisasi bisnis pakai jagoan hosting

Jagoan Hosting menawarkan banyak pilihan domain dengan berbagai jenis ekstensi. Kamu bisa memeriksa ketersediaan domain langsung sebelum membelinya. Dapatkan domain .xyz sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
domain sch.id
Read More
Domain Sch.id: Harga, Syarat & Cara Mendapatkannya
Setiap instansi memiliki website dengan alamat berbeda-beda, bahkan jenis domain nya juga bervariasi. Sejumlah website pendidikan menggunakan domain…
kode domain negara
Read More
Daftar Kode Domain Negara di Dunia, Simak List Lengkapnya!
Setiap wilayah geografis memiliki kode dua huruf sendiri yang mendefinisikan Top Level Domain (TLD) negaranya masing-masing. Ini disebut…