Biaya Harga Hosting & Domain Website di 2024 (Terupdate)

biaya harga hosting

Untuk mengoperasikan website, diperlukan layanan hosting. Hosting website berperan sebagai tempat penyimpanan data. Untuk memilih penyedia web hosting sesuai kebutuhan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, salah satunya biaya hosting website.

Biaya layanan hosting adalah salah satu aspek yang perlu kamu siapkan sebelum memilih penyedia hosting. 

Mahal murahnya biaya ini dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk jenis hosting, ukuran, dan kompleksitas website, serta fitur tambahan.

Biaya Hosting dan Domain untuk Buat Website

Biaya layanan hosting cukup bervariasi. Hal ini tergantung pada jenis hosting. Pada umumnya, terdapat beberapa jenis hosting yang tersedia. Misalnya shared hosting, VPS hosting, dan unlimited hosting. 

Harga Hosting

Sembari mempertimbangkan biaya hosting untuk bikin website, kamu bisa memperhatikan paket hosting dengan fitur yang ditawarkannya. Berikut lima paket hosting unggulan untuk memenuhi kebutuhan websitemu.

1. Cloud Hosting

harga cloud hosting

Cloud hosting adalah hosting yang menawarkan fleksibilitas dan skalabilitas tinggi. Salah satu keuntungan utama dari cloud hosting yaitu kemampuannya untuk mendukung berbagai macam CMS (Content Management System).

Layanan cloud hosting menggunakan infrastruktur yang terdiri dari beberapa server fisik yang saling terhubung. Itu artinya, jika ada masalah pada satu server, websitemu dapat beralih secara otomatis ke server lainnya.

  • Keuntungan lain cloud hosting, kamu dapat dengan mudah menyesuaikan sumber daya hosting sesuai dengan kebutuhan website kamu. 

Dengan begitu, kamu bisa lebih fleksibel untuk memilih platform sesuai kebutuhan dan preferensi. Adapun biaya hosting untuk jenis cloud hosting mulai 90 ribu per bulan. 

Namun, saat ini kamu bisa mendapatkannya mulai Rp 90.000 saja loh! Tentu saja dengan memilih penyedia Cloud Hosting Terbaik Jagoan Hosting yang tepat dengan layanan terbaik.

2. Unlimited Hosting/Shared Hosting

biaya shared hosting

Paket unlimited hosting menawarkan berbagai fitur yang tak terbatas untuk memenuhi kebutuhan bisnis online milikmu.  

Selain itu, bandwidth tanpa batas memungkinkan websitemu menampung lalu lintas pengunjung yang tinggi tanpa khawatir terbatasnya kapasitas. Dengan fitur unlimited addon domain, kamu bisa melakukan hosting multiple website dalam satu akun hosting

Keunggulan fitur yang lengkap tersebut menjadikanmu lebih hemat biaya hosting website. Tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk hosting terpisah loh!. 

  • Menariknya lagi, unlimited subdomain memungkinkanmu membuat subdomain sesuai kebutuhan. Dalam paket ini, WordPress terinstall secara otomatis. 

Artinya, kamu bisa langsung memulai website tanpa kesulitan teknis. Bahkan kalau kamu tidak punya pengetahuan pemrograman, Web Builder Premium menyediakan solusi praktis untuk membuat website tanpa perlu coding. 

  • Keamanan juga menjadi prioritas dalam paket ini. Kamu akan mendapatkan SSL gratis selamanya untuk melindungi data. Fitur proteksi dan keamanan seperti Imunify 360 & Acronis melindungi hosting dari serangan hack dan ancaman keamanan lainnya. 

Dalam hal kecepatan, paket ini menggunakan Litespeed. Inilah yang membuat website lebih ringan dan meningkatkan kecepatan aksesnya

Dengan fitur-fitur tak terbatas, paket unlimited hosting memberikan fleksibilitas dan kebebasan dalam mengelola bisnis online dengan kinerja optimal.

Untuk memakai hosting ini kamu bisa cek halaman Hosting Murah Unlimited dan kamu hanya perlu membayar biaya hosting mulai dari 15 ribuan saja loh!

Kalau ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap, kamu bisa mengambil paket 75 ribuan per bulan.

Cek Konten Lainnya:
10+ Cara Memilih Web Hosting yang Bagus dan Terbaik

3. VPS Hosting

harga vps hosting

VPS hosting menawarkan sejumlah fitur yang menguntungkan bagi pengguna. Berikut adalah rangkuman informasi tentang fitur-fitur VPS hosting:

  • Penyimpanan Besar Upgradeable Hingga >20,000GB

Salah satu kelebihan utama dari Server VPS Jagoan Hosting adalah kemampuan untuk menyediakan penyimpanan yang besar dan dapat diupgrade sesuai kebutuhan.

Dengan kapasitas penyimpanan hingga lebih dari 20,000GB, Anda dapat dengan mudah mengelola data, aplikasi, dan situs web yang memerlukan ruang penyimpanan yang besar.

  • Bebas Kustomisasi Spesifikasi Resources

Server VPS Jagoan Hosting memberikan kamu kebebasan untuk menyesuaikan spesifikasi sumber daya sesuai dengan kebutuhanmu.

  • Network Data Transfer Hingga: 10GB/s

Kecepatan transfer data sangat penting untuk kinerja situs web dan aplikasi. Dengan Server VPS dari Jagoan Hosting, kamu akan mendapatkan kecepatan transfer data hingga 10GB/s, yang memastikan akses cepat ke situs webmu dan pengalaman yang lancar bagi pengguna.

  • FLEXIBLE CONFIGURATION FULL VIRTUALIZATION

Server VPS Jagoan Hosting menggunakan teknologi full virtualization yang memberikan fleksibilitas maksimum.

Dengan fitur-fitur tersebut, VPS Hosting Murah ini menawarkan performa tinggi, ketahanan data yang baik, dan koneksi jaringan yang handal. Tidak heran jika biaya hosting website jenis ini cukup mahal. Paket tersedia mulai 100 ribu per bulan.

4. WordPress Hosting

biaya hosting wordpress

WordPress Hosting menawarkan keuntungan dari segi kecepatan. Berikut sejumlah fitur ungulannya.

  • AI Content Generator Canggih.

WordPress Hosting dilengkapi dengan AI Content Generator yang membantumu membuat konten dengan cepat. Kamu bisa menghasilkan konten dalam hitungan detik langsung dari mode post di dalam WordPress. Sangat menarik, bukan?

  • Garansi Load Time 5 detik.

Layanan ini menawarkan jaminan bahwa website akan selalu dapat diakses dalam waktu kurang dari 5 detik. Kalau tidak terpenuhi, kamu berhak mendapatkan pengembalian uang sehingga tidak rugi biaya hosting. 

  • Teroptimasi untuk WordPress.

WordPress Hosting telah dikonfigurasi khusus untuk penggunaan CMS WordPress. Konfigurasi meliputi optimasi server, kecepatan, dan kemudahan konfigurasi tanpa Control Panel tambahan.

  • Ratusan Template Premium Siap Pakai.

Layanan ini menyediakan ratusan template WordPress premium yang didukung oleh Elementor. Kamu dapat mengedit template dengan mudah menggunakan fungsi drag and drop pada menu di WordPress.

  • Plugin Premium.

WordPress Hosting menyertakan plugin premium seperti Yoast SEO Premium untuk meningkatkan performa SEO website. Selain itu, kamu juga dapat mengunggah dan menginstal plugin pilihan sesuai kebutuhan.

Cukup banyak fitur pada WordPress Hosting Indonesia ini yang membantumu mengoptimasi website. Paket pro hosting dibanderol dengan harga 199 ribu per bulan.

Dengan biaya hosting website per tahun yang kurang dari 2,4 juta, kamu bisa mendapatkan website yang optimal.

5. Dedicated Hosting

harga dedicated hosting

Dedicated hosting adalah sebuah layanan web hosting di mana sebuah server fisik secara eksklusif disewakan untuk satu pengguna atau satu perusahaan saja.

Dalam hal ini, pengguna tidak perlu berbagi sumber daya server dengan pengguna lain, sehingga memberikan lebih banyak kontrol, keamanan, dan kinerja yang lebih baik.

Berbeda dengan layanan hosting bersama (shared hosting), di mana banyak pengguna berbagi server yang sama, dedicated hosting memberikan solusi yang lebih kuat dan skalabilitas yang lebih baik bagi situs web atau aplikasi yang memerlukan lebih banyak sumber daya atau memiliki lalu lintas yang tinggi.

Dedicated hosting sangat cocok untuk website atau aplikasi yang memerlukan tingkat kinerja, keamanan, dan kontrol yang tinggi. Misalnya untuk website toko online, website bisnis besar, website game dan website yang perlu keamanan tinggi.

Biaya dedicated hosting di Jagoan Hosting dibanderol mulai 700ribuan perbulan, segera dapatkan di Dedicated Hosting dari Jagoan Hosting untuk merasakan performa terbaik dari hosting kelas atas ini.

Cek Konten Lainnya:
Ini Hosting Unlimited Inodes & Cara Menguranginya

Harga Domain

Selain hosting, domain juga sangat penting bagi keberadaan website. Domain merupakan alamat URL yang bisa diakses oleh siapapun di internet. Domain ini menjadi identitas website sehingga kamu perlu memilih nama domain dengan tepat.

domain

Biasanya domain dapat dibeli terpisah, dapat juga bersamaan dengan paket hosting. Bisa juga domain menjadi tambahan gratis ketika kamu membeli website. Memilih hosting atau domain sekaligus memberi keuntungan hemat biaya hosting website.

biaya domain id

Kalau kamu hanya ingin membeli domain saja juga tersedia banyak pilihan ekstensi domain. Misalnya seperti .com, .id, .co.id, biz.id, dan sebagainya. Sebelum membeli domain, pastikan kamu mengecek ketersediaan nama domain.

biaya domain

Domain yang bisa kamu beli hanya nama-nama domain yang tersedia dan belum pernah dipakai. Untuk mengeceknya cukup mudah yaitu dengan langkah-langkah berikut.

  1. Cari dan Cek Nama Domain. Langkah pertama adalah mencari dan memeriksa ketersediaan nama domain. Kamu bisa menggunakan fitur pencarian domain di Cek Domain atau di Domain ID Murah Jagoan Hosting. Tujuannya melihat apakah nama domain yang kamu inginkan tersedia atau tidak.
  1. Pilih Domain dan Ekstensi yang Cocok. Selanjutnya, kamu bisa memilih domain yang paling sesuai dengan bisnis atau kebutuhanmu. Situs Jagoan Hosting menawarkan lebih dari 200 ekstensi domain murah sehingga kamu banyak opsi untuk memilih ekstensi yang cocok.
  1. Sambungkan dengan Website. Setelah mendapat domain, kamu perlu menghubungkannya dengan situs web. 

Kamu akan mendapat panduan tentang bagaimana mengatur DNS domain untuk mengarahkannya ke server hosting. Bisa juga dengan menghubungkannya dengan situs web yang sudah ada.

Memilih hosting dan domain sekaligus ternyata bisa menghemat biaya hosting dan domain. Kamu bisa mendapatkan keduanya dalam satu paket lengkap. Bahkan, beberapa paket memberikan pilihan nama domain populer seperti .com atau .co.id.

Tips Memilih Hosting dan Domain

Memilih hosting dan domain bukan perkara mudah bagi sebagian orang. Alasannya karena ada banyak pilihan jenis hosting yang tersedia. Setiap jenis hosting memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga penting mempertimbangkan dengan hati-hati.

Bagaimana kita dapat memilih hosting yang sesuai dengan kebutuhan? Tips berikut akan membantumu mengambil keputusan yang tepat untuk situs website milikmu.

1. Menyesuaikan dengan Kebutuhan dan Jenis Website

Dalam menggunakan layanan jasa, kamu pasti ingin jasa tersebut mampu memenuhi kebutuhanmu bukan? Karenanya, penting untuk menyesuaikan jenis website dengan kebutuhan dan tujuanmu mengembangkan website.

Pertimbangkan jenis website yang akan dibangun. Contohnya website perusahaan, komunitas, personal, bisnis online, toko online, atau e-commerce. 

Penting untuk memikirkan keperluan website secara menyeluruh, menentukan tujuan, dan biaya hosting website yang perlu dianggarkan.

Dengan mengetahui dengan jelas apa yang dibutuhkan, kamu bisa mencari hosting sesuai kriteria tersebut. Sebab, setiap jenis hosting memiliki fitur yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang telah ditentukan.

2. Memilih Platform Website yang Diinginkan

Kalau kamu mau membuat blog, platform yang dipakai tentu beda dengan website perusahaan. Dalam hal ini artinya kamu perlu menyesuaikan platform website. Setiap jenis platform tersebut memiliki fitur dan keunggulan yang berbeda.

Lalu apa perbedaan hosting berbayar dan gratis dari segi platform? Secara sederhana, fitur yang ditawarkan hosting berbayar lebih banyak. Kamu bisa memanfaatkannya untuk berbagai keperluan.

Berbeda dengan hosting gratis seperti penyedia website tanpa biaya. Kamu hanya mendapatkan fitur-fitur terbatas sehingga kurang bisa mengeksplor tampilan websitemu. 

Fitur-fitur tambahan pada hosting berbayar juga memberikan keuntungan lain seperti keamanan dan kecepatan. Biaya hosting website pada platform tertentu memang bisa jadi lebih mahal. Namun, hal tersebut sebanding dengan manfaat yang kamu dapatkan.

Dengan memilih hosting khusus, kamu bisa memastikan website memiliki performa optimal. Tentu hal ini sangat menguntungkan untuk tujuan profesional bukan?

Cek Konten Lainnya:
Sertifikasi Profesi Programmer: Cocok Buat Menunjang Kariermu!

3. Menyesuaikan Platform dengan Konten dan Fitur Website

Dalam memilih hosting dan domain, kamu juga perlu menyesuaikan dengan konten dan fitur website. Kalau website bersifat pribadi, mungkin tidak diperlukan banyak fitur yang kompleks. Oleh karena itu, pilihlah hosting yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.

Berbeda halnya website untuk kebutuhan bisnis. Hosting membutuhkan kapasitas yang lebih besar. Selain itu, nama domainnya pun lebih profesional. Kemungkinan fiturnya juga lebih kompleks.

Penting mempertimbangkan jenis konten yang akan ditampilkan di website. Konten yang baik tidak hanya terdiri dari tulisan, tetapi juga mencakup gambar, video, animasi, dan elemen lainnya. Pastikan hosting mendukung dan mengelola konten tersebut.

Semakin banyak fitur dan konten yang ada, biaya hosting pun cenderung lebih mahal. Namun, kamu akan mendapat hosting yang mampu memastikan kinerja website stabil dan responsif.

4. Memastikan Performa Hosting dan Domain Populer

Selanjutnya, kamu perlu memeriksa kualitas performa hosting. Awali dengan memeriksa fitur-fitur yang mendukung kinerja website agar lebih optimal. Selain memperhatikan kecepatan dan keamanan, penting juga memperhatikan aspek lainnya.

Salah satu hal yang dapat kamu periksa adalah spesifikasi server yang terletak di pusat data (data center) penyedia layanan hosting. Pastikan server memiliki performa yang baik dan dilengkapi dengan keandalan dan kapasitas yang memadai.

Informasi mengenai spesifikasi server dapat kamu peroleh dari penyedia hosting. Kalau perlu, jangan ragu untuk menghubungi tim customer support penyedia layanan hosting tersebut. 

Jika kamu pelanggan Jagoan Hosting, kamu akan dapatkan layanan support langsung dari tim support yang sudah terverifikasi.

Tanyakan pertanyaan atau klarifikasi mengenai performa hosting, kebijakan, dan layanan teknis lainnya. 

support hosting

Tim customer support akan membantu menjawab pertanyaanmu dan memberikan informasi yang lebih rinci sesuai kebutuhanmu. Harapannya biaya hosting website yang kamu bayarkan sepadan dengan layanan yang kamu terima bukan?

Dengan memeriksa kualitas performa hosting, kamu bisa memastikan bahwa hosting tersebut memiliki keandalan. Website mampu memberikan performa yang baik untuk tujuanmu.

5. Menyesuaikan dengan Anggaran

Last but not lease, penting memilih hosting dengan menyesuaikan anggaran yang kamu miliki. Pastikan kamu tidak membeli hosting di luar batas anggaran yang telah ditetapkan.

Saat ini, banyak paket hosting yang tersedia dengan harga yang relatif terjangkau. Layanan hosting yang memiliki biaya paling murah adalah shared hosting. 

Jenis hosting ini juga cukup populer sehingga bisa kamu pertimbangkan sesuai budget dan kebutuhan.

Selain itu, masih banyak jenis paket lainnya. Bahkan, saat ini kamu bisa memakai promo hosting yang ditawarkan oleh penyedia layanan sehingga biaya hosting website lebih murah. 

Bisa jadi ada penawaran spesial atau diskon yang bisa membantumu mendapatkan hosting dan domain sesuai anggaran.

Penting untuk tetap mempertimbangkan kualitas dan fitur yang ditawarkan oleh hosting tersebut. Pastikan hosting yang dipilih tidak hanya mengutamakan harga murah, tetapi juga memenuhi kebutuhan dan memiliki reputasi yang baik.

Penutup

Dengan menyesuaikan budget yang kamu miliki, kamu bisa memastikan bahwa hosting yang sesuai dengan keuangan tanpa mengorbankan kualitas websitenya. Suatu win-win solution bukan?

Beruntungnya, kamu bisa menemukan banyak pilihan paket dengan harga promo di Jagoan Hosting. Biaya hosting website menjadi super murah kalau kamu memanfaatkan promo tersebut. 

Fitur hostingnya pun lengkap dengan beragam pilihan nama domain. Yuk kelola website dengan efisien tanpa harus melebihi anggaran yang telah ditetapkan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
domain xyz
Read More
Domain .XYZ: Ini Kelebihan & Cara Mendapatkannya
Pernahkah kamu mendengar jenis domain .XYZ? Ini merupakan salah satu contoh domain yang diciptakan oleh orang Amerika bernama…
cara membuat website
Read More
Cara Membuat Website Sendiri dari Nol Tanpa Coding
Ingin memiliki sebuah website, tapi tidak tahu bagaimana cara membuatnya? Well, cara membuat website sebetulnya sangat mudah, Sob.…