Banyak orang bingung bagaimana cara membuat website sendiri tanpa coding. Padahal, saat ini sudah terdapat fitur yang memudahkan kita dalam membuat sekaligus mengelolanya. WordPress adalah salah satu builder website yang bisa kamu manfaatkan, Sob.

Saat ini WordPress telah banyak digunakan oleh berbagai kalangan untuk membangun website. Nah, bagi kamu yang belum memahami apa itu WordPress atau ingin lebih mempelajarinya lebih dalam, yuk simak artikel berikut ini!

Apa itu WordPress?

WordPress adalah suatu Content Management System yang dibuat dan dirilis pada tahun 2004 oleh Matt Mullenweg dan Mike Little.

Mereka mengembangkan sebuah platform blogging baru sebagai pengganti software b2/cafeblog yang ada pada tahun 2003. Setelah resmi proyek software itu tidak lagi dilanjutkan, mereka segera mengmbangkan WordPress.

Pada saat pertama dirilis pada tahun 2004, tampilan WordPress sangat berbeda dengan platform yang ada saat ini. Tetapi, fitur inti WordPress saat pertama kali rilis masih digunakan sampai sekarang, seperti area editor, proses instalasi yang mudah, custom permalink, sistem manajemen pada user serta moderasi komentar.

Dari dulu hingga sekarang, platform WordPress telah melalui berbagai transformasi dan perubahan, serta terus dikembangkan, dikelola dan dipelihara oleh komunitas yang beranggotakan ribuan orang yang bekerja dari berbagai lokasi secara remote serta secara sukarela bekerja untuk mengembangkan melalui konferensi khusus yaitu WordCamp.

CMS ini hadir versi terbarunya setiap 2 sampai 3 bulan, yang di setiap versi barunya terdapat berbagai fitur tambahan dan pembaruan pada fitur keamanannya.

Sebagai sebuah CMS, WordPress dapat membantumu untuk membuat serta mengelola suatu website tanpa menggunakan coding. Kamu bisa mengkustomisasi tampilan, melakukan penambahan fitur serta pembuatan konten secara lebih mudah, sehingga cocok digunakan para pemula. Terlebih lagi WordPress adalah platform yang gratis karena bersifat open source.

Kegunaan WordPress

Setelah mengetahui apa itu WordPress, kamu pasti ingin mengetahui apa saja kegunaan web builder satu ini.

Pada awal kemunculannya, kegunaan WordPress adalah untuk menampilkan tulisan pada sebuah website secara sederhana. Namun seiring perkembangannya, WordPress kini sudah mendukung berbagai macam website. Berikut penjelasannya.

1. Membuat website perusahaan maupun pribadi

Kamu mempunyai perusahaan ataupun ingin mempunyai website pribadi? WordPress adalah jawabannya. CMS ini menyediakan fasilitas yang sesuai untuk jenis website pada perusahaanmu, Sob.

Salah satu pilihan yang disediakan yaitu banyaknya tema website. Template WordPress ini juga sangat mudah dikustomisasi, sehingga kamu bisa mendapatkan tampilan yang kamu inginkan dengan beberapa klik saja.

2. Menyusun portofolio

Kegunaan lain dari WordPress adalah menyusun portofolio. Yup, kalau kamu memiliki sebuah karya dan ingin menampilkan portofolio, buatlah sebuah website khusus untuk portofoliomu menggunakan WordPress, supaya karyamu dapat dilihat oleh orang banyak.

Website portfolio sangat cocok digunakan untuk berbagai macam profesi, seperti web designer, web illustrator, hingga digunakan oleh profesional pada umumnya. Kamu dapat menambahkan berbagai macam fitur seperti halnya fitur galeri yang dapat kamu ubah tampilannya dengan mudah.

3. Membangun toko online

Marketplace memang merupakan tempat yang digunakan untuk berjualan online, akan tetapi website dapat memberikanmu sebuah kemudahan dalam segi pengaturan, branding serta promosi.

Nah, kali ini kegunaan WordPress adalah untuk membuat suatu toko online. Sehingga platform tersebut menjadi pilihan tepat guna dapat menampilkan semua katalog produk yang kamu jual.

WordPress menawarkanmu berbagai fitur andalan pada marketplace, misalnya pengaturan pada metode transaksi, perhitungan ongkos kirim yang menjadi otomatis, dan pengelolaan pada pemesanan.

4. Membuat suatu forum

Kegunaan WordPress adalah untuk membuat website komunitas. Dengan begini kamu dapat menggunakan CMS untuk membuat forum secara online.

WordPress memungkinkanmu bisa dengan mudah menambahkan berbagai fitur khas forum online. Seperti halnya kamu memperbolehkan pengunjung untuk membuat sebuah akun, membuat suatu postingan serta memberikan komentar atas sebuah postingan.

Baca juga: Kamu Pengguna WordPress? Ketahui Manfaat Cloud Object Storage, Yuk!

Kelebihan dan Kekurangan WordPress

Setelah mengetahui kegunaan WordPress, saatnya kamu mengetahui apa saja kelebihan kekurangannya.

Kelebihan WordPress

Kelebihan WordPress adalah sebagai berikut.

1. Hemat Biaya

WordPress adalah jenis website yang dapat kamu gunakan dengan biaya minim bahkan gratis, sehingga kamu tidak perlu memikirkan biaya untuk lisensi yang mahal. Tipsnya adalah mencari hosting dengan biaya murah, seperti Jagoan Hosting. Terlebih lagi, di Jagoan Hosting kamu akan mendapatkan domain gratis lho, Sob!

2. Instalasi Mudah

Kelebihan berikutnya dari WordPress adalah instalasinya mudah, sehingga kamu tidak akan menemui kesulitan yang berarti. Hanya dengan beberapa langkah saja kamu sudah dapat melakukan instalasi WordPress sendiri, Sob. Menariknya lagi, layanan hosting seperti Jagoan hosting menawarkan kemudahan instalasi WordPress hanya dengan sekali klik saja. Tertarik?

3. Kemudahan Update

WordPress memiliki kelebihan dalam hal keamanan, kecepatan, serta fitur yang canggih, dengan adanya pembaruan setiap 2-3 bulan. Bahkan update besar yang terjadi pada WordPress 5.9 memberikanmu fitur baru dengan kemudahan melakukan penataan pada tampilan website, Sob.

Jika kamu ingin lebih simpel lagi, pilihlah penyedia hosting yang menawarkan update WordPress secara otomatis, seperti Jagoan Hosting.

4. Tampilan Mudah Diganti dan Diatur

Terakhir, kamu dapat mengkustomisasi tampilan website mu dengan mudah menggunakan WordPress. Kamu hanya tinggal memilih dan menginstal tema yang cocok dengan jenis website kamu.

Kekurangan WordPress

Sementara itu, kekurangan WordPress antara lain:

1. Perlu Instalasi Manual

Kekurangan WordPress adalah diperlukannya instalasi manual, terutama jika menggunakan hosting sendiri. Bagi pengguna awam tentunya hal ini menjadi suatu tantangan tersendiri. Namun, hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan layanan WordPress yang ramah seperti Simple WordPress hosting.

2. Sasaran Hacker

Karena kepopulerannya, tak heran bila WordPress menjadi incaran para hacker. Buktinya 94% serangan hacker dilancarkan terhadap WordPress lho, Sob! Dengan adanya kekurangan ini membuat pengguna dan pengembang WordPress harus rutin meningkatkan keamanan CMS serta rutin melakukan update.

3. Kecepatan Berkurang Seiring dengan Penggunaan

WordPress adalah sebuah website yang memiliki kecepatan sangat optimal. Namun, dapat melambat seiring penggunaannya, seperti akibat terlalu banyak gambar pada website atau menginstal plugin-plugin yang tidak terlalu dibutuhkan.

Ada juga pemicu lambatnya WordPress yang sifatnya lebih teknis sehingga memerlukan pengecekan lebih lanjut. Kamu dapat memeriksanya menggunakan pingdom, yaitu website yang menyediakan tools untuk melakukan tes kecepatan secara gratis.

Cara Membuat Website di WordPress

Cara membuat website di WordPress sebenarnya sangat mudah, Sob. Ikuti caranya di bawah ini.

1. Tentukan Jenis Topik

Pertama, cara membuat blog di WordPress adalah tentukanlah terlebih dahulu topik website yang akan kamu buat. Apakah untuk tujuan bisnis, sebagai portfolio, tempat untuk komunitas, marketplace, membuat blog, ataupun kumpulan dari semua itu.

2. Tentukan Nama Domain

Setelah itu, tentukan nama domain yang akan kamu gunakan. Pilihlah nama domain sesuai dengan isi website yang akan kamu buat, Sob. Hal ini penting dalam optimasi pencarian website mu.

Namun, memilih domain tentunya tidak bisa sembarangan. Kamu perlu mengkreasikan domainmu agar lebih keren dan profesional. Ini bisa kamu dapatkan dengan berlangganan domain murah dari Jagoan Hosting. Mulai dari 20RIBU rupiah per bulan saja, lho! Bahkan domain populer .COM cuma 95RIBU rupiah, Sob! Yuk manfaatkan kesempatanmu sekarang!

3. Pilih Layanan Hosting

Pilihlah layanan hosting sebagai cara membuat website. Hal ini akan membuatmu mudah untuk menginstal dan menggunakan WordPress. Percayakan pada Jagoan Hosting agar proses instalasi hingga penggunaan website berjalan dengan mudah.

Kamu bisa memilih layanan Unlimited Hosting, mulai 9RIBU per bulan saja dengan keuntungan gratis domain, gratis SSL, hingga premium plugin dari WordPress seperti Form Builder, Automatic Image Optimizer, YOAST SEO Premium dan masih banyak lagi.

Baca juga: 7 Plugin Lazy Load untuk Performa Website WordPress yang Lebih Baik

4. Install WordPress

Instalasi WordPress dapat dilakukan dengan banyak cara, bisa secara otomatis maupun manual. Agar lebih mudah, kamu bisa melakukan instalasi otomatis menggunakan layanan Jagoan Hosting yaitu, unlimited hosting. 

Jika kamu menggunakan unlimited hosting ini, maka secara otomatis sudah terinstall WordPress. Jadi, lebih efisien dan tidak perlu menginstall WordPress lagi, Sob!

Setelah sukses dengan instalasi WordPress, bukalah dashboard. Di sini kamu dapat mengelola website secara mudah serta mengkustomisasi tampilan sesuai keinginan, misalnya mengganti tema atau menambah plugin.

5. Pilih desain template

Cara membuat website di WordPress selanjutnya adalah pilih desain template. Setelah itu, pasang melalui dashboard pada bagian menu navigasi Appearance. Lalu carilah melalui kolom search atau kamu dapat mengunggah sendiri tema yang kamu unduh dari website lain melalui fitur Upload Theme.

6. Install plugin

Setelah semua hal itu kamu lakukan, kemudian pasanglah plugin. Pemasangan plugin bertujuan untuk meningkatkan kinerja pada WordPress. Jenis plugin di WordPress sangatlah banyak, tetapi kamu jangan khawatir, karena Jagoan Hosting sudah memilihkan plugin terbaik untuk kamu gunakan.

Itu dia informasi seputar apa itu WordPress dan bagaimana cara menggunakannya. Berbicara mengenai website, tentu kamu membutuhkan layanan Hosting yang tepat agar website milikmu bisa berjalan dengan baik. Layanan Hosting dari Jagoan Hosting hadir bagi kamu dengan berbagai pilihan dan diskon menarik Sob, yuk pelajari lebih lanjut di sini!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like