Apa itu WordPress? Fungsi, Kelebihan & Kekurangan

wordpress

Banyak orang bingung bagaimana cara membuat website sendiri tanpa coding. Padahal, saat ini sudah terdapat fitur yang memudahkan kita dalam membuat sekaligus mengelolanya. WordPress adalah salah satu builder website yang bisa kamu manfaatkan, Sob.

Saat ini WordPress telah banyak digunakan oleh berbagai kalangan untuk membangun website. Nah, bagi kamu yang belum memahami apa itu WordPress atau ingin lebih mempelajarinya lebih dalam, yuk simak artikel berikut ini!

Apa itu WordPress?

wordpress adalah

WordPress adalah suatu Content Management System yang dibuat dan dirilis pada tahun 2004 oleh Matt Mullenweg dan Mike Little.

Mereka mengembangkan sebuah platform blogging baru sebagai pengganti software b2/cafeblog yang ada pada tahun 2003. Setelah resmi proyek software itu tidak lagi dilanjutkan, mereka segera mengmbangkan WordPress.

Pada saat pertama dirilis pada tahun 2004, tampilan WordPress sangat berbeda dengan platform yang ada saat ini. Namun, fitur inti WordPress saat pertama kali rilis masih digunakan sampai sekarang, seperti area editor, proses instalasi yang mudah, custom permalink, sistem manajemen pada user serta moderasi komentar.

Dari dulu hingga sekarang, platform WordPress telah melalui berbagai transformasi dan perubahan, serta terus dikembangkan, dikelola dan dipelihara oleh komunitas yang beranggotakan ribuan orang yang bekerja dari berbagai lokasi secara remote serta secara sukarela bekerja untuk mengembangkan melalui konferensi khusus yaitu WordCamp.

CMS ini hadir versi terbarunya setiap 2 sampai 3 bulan, yang di setiap versi barunya terdapat berbagai fitur tambahan dan pembaruan pada fitur keamanannya.

Sebagai sebuah CMS, WordPress dapat membantumu untuk membuat serta mengelola suatu website tanpa menggunakan coding. Kamu bisa mengkustomisasi tampilan, melakukan penambahan fitur serta pembuatan konten secara lebih mudah, sehingga cocok digunakan para pemula. Terlebih lagi WordPress adalah platform yang gratis karena bersifat open source.

Fungsi WordPress

fungsi wordpress

Setelah mengetahui apa itu WordPress, kamu pasti ingin mengetahui apa saja kegunaan web builder satu ini.

Pada awal kemunculannya, fungsi WordPress adalah untuk menampilkan tulisan pada sebuah website secara sederhana. Namun seiring perkembangannya, WordPress kini sudah mendukung berbagai macam website. Berikut penjelasannya.

1. Membuat website perusahaan maupun pribadi

Kamu mempunyai perusahaan atau ingin mempunyai website pribadi? WordPress adalah jawabannya. CMS ini menyediakan fasilitas yang sesuai untuk jenis website pada perusahaanmu, Sob.

Salah satu pilihan yang disediakan yaitu banyaknya tema website. Template WordPress ini juga sangat mudah dikustomisasi, sehingga kamu bisa mendapatkan tampilan yang kamu inginkan dengan beberapa klik saja.

Baca juga: Inilah Definisi Company Profile: Susunan Isi & Cara Buatnya

2. Menyusun portofolio

Kegunaan lain dari WordPress adalah menyusun portofolio. Yup, kalau kamu memiliki sebuah karya dan ingin menampilkan portofolio, buatlah sebuah website khusus untuk portofoliomu menggunakan WordPress, supaya karyamu dapat dilihat oleh orang banyak.

Cek Konten Lainnya:
Cara Membuat Blog di WordPress (Instan) Cocok buat Pemula

Website portfolio sangat cocok digunakan untuk berbagai macam profesi, seperti web designer, web illustrator, hingga digunakan oleh profesional pada umumnya. Kamu dapat menambahkan berbagai macam fitur seperti halnya fitur galeri yang dapat kamu ubah tampilannya dengan mudah.

3. Membangun toko online

Marketplace memang merupakan tempat yang digunakan untuk berjualan online, akan tetapi website dapat memberikanmu sebuah kemudahan dalam segi pengaturan, branding serta promosi.

Nah, kali ini salah satu manfaat dari WordPress adalah untuk membuat suatu toko online. Sehingga platform tersebut menjadi pilihan tepat guna dapat menampilkan semua katalog produk yang kamu jual.

WordPress menawarkanmu berbagai fitur andalan pada marketplace, misalnya pengaturan pada metode transaksi, perhitungan ongkos kirim yang menjadi otomatis, dan pengelolaan pada pemesanan.

Baca juga: 14 Fitur Toko Online Wajib Ada, Bikin Penjualan Meningkat

4. Membuat suatu forum

Selain fungsi di atas, manfaat WordPress adalah untuk membuat website komunitas. Dengan begini kamu dapat menggunakan CMS untuk membuat forum secara online.

WordPress memungkinkanmu bisa dengan mudah menambahkan berbagai fitur khas forum online. Seperti halnya kamu memperbolehkan pengunjung untuk membuat sebuah akun, membuat suatu postingan serta memberikan komentar atas sebuah postingan.

Kelebihan WordPress

kelebihan wordpress

Setelah mengetahui kegunaan WordPress, saatnya kamu mengetahui apa saja kelebihan kekurangannya. Kelebihan WordPress adalah sebagai berikut.

1. Hemat Biaya

WordPress adalah jenis website yang dapat kamu gunakan dengan biaya minim bahkan gratis, sehingga kamu tidak perlu memikirkan biaya untuk lisensi yang mahal. Tipsnya adalah mencari hosting dengan biaya murah, seperti Jagoan Hosting. Terlebih lagi, di Jagoan Hosting kamu akan mendapatkan domain gratis lho, Sob!

2. Instalasi Mudah

Kelebihan berikutnya dari WordPress adalah instalasinya mudah, sehingga kamu tidak akan menemui kesulitan yang berarti. Hanya dengan beberapa langkah saja kamu sudah dapat melakukan instalasi WordPress sendiri, Sob. Menariknya lagi, layanan hosting seperti Jagoan hosting menawarkan kemudahan instalasi WordPress hanya dengan sekali klik saja. Tertarik?

3. Kemudahan Update

WordPress memiliki kelebihan dalam hal keamanan, kecepatan, serta fitur yang canggih, dengan adanya pembaruan setiap 2-3 bulan. Bahkan update besar yang terjadi pada WordPress 5.9 memberikanmu fitur baru dengan kemudahan melakukan penataan pada tampilan website, Sob.

Jika kamu ingin lebih simpel lagi, pilihlah penyedia hosting yang menawarkan update WordPress secara otomatis, seperti Jagoan Hosting.

4. Tampilan Mudah Diganti dan Diatur

Terakhir, kamu dapat mengkustomisasi tampilan website mu dengan mudah menggunakan WordPress. Kamu hanya tinggal memilih dan menginstal tema yang cocok dengan jenis website kamu.

Kekurangan WordPress

Sementara itu, kekurangan WordPress antara lain:

1. Perlu Instalasi Manual

Kekurangan WordPress adalah diperlukannya instalasi manual, terutama jika menggunakan hosting sendiri. Bagi pengguna awam tentunya hal ini menjadi suatu tantangan tersendiri. Namun, hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan layanan WordPress yang ramah seperti Simple WordPress hosting.

2. Sasaran Hacker

Karena kepopulerannya, tak heran bila WordPress menjadi incaran para hacker. Buktinya 94% serangan hacker dilancarkan terhadap WordPress lho, Sob! Dengan adanya kekurangan ini membuat pengguna dan pengembang WordPress harus rutin meningkatkan keamanan CMS serta rutin melakukan update.

3. Kecepatan Berkurang Seiring dengan Penggunaan

WordPress adalah sebuah website yang memiliki kecepatan sangat optimal. Namun, dapat melambat seiring penggunaannya, seperti akibat terlalu banyak gambar pada website atau menginstal plugin-plugin yang tidak terlalu dibutuhkan.

Cek Konten Lainnya:
Tutorial Elementor Pro untuk Buat Landing Page Website

Ada juga pemicu lambatnya WordPress yang sifatnya lebih teknis sehingga memerlukan pengecekan lebih lanjut. Kamu dapat memeriksanya menggunakan pingdom, yaitu website yang menyediakan tools untuk melakukan tes kecepatan secara gratis.

Kecepatan atau performa dari website WordPress sebenarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti, server yang digunakan, plugin pendukung dan asset di dalamnya seperti yang dibahas di dalam artikel cara meningkatkan kecepatan website ini.

wordpress hosting

Untuk itu perlu produk website berbasis WordPress yang menjamin kecepatannya di bawah 5 detik seperti produk WordPress Hosting dari Jagoan Hosting. Produk hosting ini sudah teroptimasi dari sisi server dan plugin pendukung agar kecepatannya optimal. Jadi kamu pengguna website berbasis WordPress tidak perlu khawatir performanya menurun.

Mengapa Harus Menggunakan WordPress?

kenapa harus pake wordpress

Lalu kenapa kita harus menggunakan WordPress? Selain kelebihan-kelebihan di atas, ada juga beberapa hal yang menjadi alasan kuat mengapa kita harus menggunakan WordPress, Sob. Berikut selengkapnya.

Sistem keamanan optimal

WordPress adalah salah satu platform dengan sistem keamanan yang optimal. Dengan hal ini, kamu tidak perlu khawatir terhadap risiko keamanan, Sob. 

Namun tentunya, kamu harus melakukan pembaruan atau pengetatan keamanan sehingga sistem keamanan bisa berjalan optimal.

SEO-friendly

WordPress adalah platform yang menyediakan semantic markup, sehingga konten di dalamnya lebih terstruktur, Sob.

Semantic markup memungkinkan Google mengenali heading dan section dalam website dengan lebih baik. Oleh karena itu, hal ini mendukung perangkingan SEO.

Baca juga:  7 Plugin SEO WordPress Terbaik Untuk Rangking Websitemu!

Bersifat open source

Sifat WordPress yang open source memungkinnya digunakan untuk berbagai tujuan dan dapat dimodifikasi dengan mudah. Hal ini tentu memudahkan pemilik website ketika melakukan pengembangan website. 

Bisa sematkan banyak jenis media

Ingin meng-embed media dalam format foto atau video ke dalam blog? Jangan khawatir, kini kamu bisa mengeksplor fungsi WordPress dengan menyediakan media yang beragam untuk pengunjung.

File berformat jpg, png, hingga pptx, doc dan mp3 bisa kamu sematkan untuk memanjakan user experience pengunjung website. 

Mendukung penggunaan plugin dan tema

Plugin adalah code extension yang ditawarkan WordPress guna menunjang fungsionalitas halaman web. Sedangkan tema menyediakan tampilan menarik untuk menarik pengunjung, Sob.

Kita bisa menemukan bukan hanya puluhan, tapi ribuan plugin dan tema, sehingga kita tidak memerlukan keterampilan teknis tertentu untuk menjalankan website. Dari banyaknya plugin itu, tentu tidak semua kita perlu untuk di pasang di website kita. 

Beberapa plugin harus sesuai dengan kebutuhan website, misalnya untuk website bisnis yang harus terintegrasi dengan plugin performa, marketing, WhatsApp chat dan SEO seperti di produk WordPress Hosting Indonesia.

Tidak hanya terintegrasi dengan plugin tools marketing, di Insta ini juga tersedia ratusan template premium yang siap pakai untuk websitemu. 

Jenis Website yang Bisa Dibuat dengan WordPress

Berikut ini adalah jenis-jenis website yang bisa digunakan dengan WordPress. 

Website perusahaan

company profile dengan wordpress

Salah satu manfaat dari WordPress adalah menyediakan website perusahaan, Sob. Dengan mengembangkannya melalui platform WordPress, kita bisa menikmati berbagai fitur yang sudah banyak dijelaskan sebelumnya. 

Mengingat website perusahaan adalah salah satu hal terpenting untuk menilai kredibilitas bisnis, maka penting untuk membangun website sebaik-baiknya agar konsumen percaya dengan brand kita.

Cek Konten Lainnya:
6 Theme Toko Online Terbaik Gratis dan Berbayar

Blog pribadi

blog dengan wordpress

Kamu suka menulis? Atau suka travelling dan ingin mengabadikan tempat-tempat yang dikunjungi? Maka blog pribadi adalah jawabannya.

Dengan blog pribadi, kamu bisa menyimpan kenangan atau hal lainnya untuk dilihat kembali nantinya. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan pengguna keyword guna memaksimalkan performa websitemu. 

Toko online

website toko online dengan wordpress

Untuk para pelaku usaha, toko online adalah platform penting yang menghubungkan penjual dan pembeli. 

Nah, ketika skala bisnis sudah mencapai tahap tertentu, pelaku bisnis akan mempertimbangkan untuk membuat websitenya sendiri agar meraih kepercayaan dari masyarakat.

Blog portofolio

Portofolio adalah salah satu hal yang dipertimbangkan dalam pencarian kerja. Nah, hal ini bisa kamu kembangkan melalui kepemilikan website, Sob.

Dengan mengarahkan klien atau rekruter ke blog portofoliomu sendiri, kamu akan mendapatkan lebih banyak sorotan karena memiliki situs yang reliable

Website media

Media massa atau penyedia berita juga merupakan jenis website yang menggunakan WordPress. Dengan penggunaan WordPress, mereka akan lebih mudah dalam menambahkan berita dan konten-konten menarik lainnya. 

Website nonprofit

website NGO dengan wordpress

Kamu memiliki organisasi atau komunitas yang butuh wadah? Kamu dapat mencoba mengembangkan website melalui WordPress untuk menunjang fitur-fitur website lho. 

Nah, dengan memiliki website sendiri, kamu bisa memaksimalkan forum yang kamu miliki dan mendapatkan lebih banyak audiens karena kemudahan aksesnya. 

Contoh Website WordPress

Lalu apa saja situs web yang menggunakan WordPress? Ada banyak website yang menggunakannya sebagai CMS termasuk web-web besar berikut ini.

Microsoft News

microsoft news pakai wordpress

Microsoft News adalah salah satu contoh website WordPress yang terkenal, Sob. Menawarkan berbagai jenis berita, siapa yang bisa menebak bahwa website ini dibangun menggunakan WordPress?

CNN PressRoom

cnn menggunakan wordpress

CNN Press Room adalah situs web resmi yang dimiliki oleh CNN (Cable News Network) yang memberikan informasi terkini tentang berita, program televisi, acara, jaringan, dan profil para jurnalis yang bekerja di stasiun televisi tersebut

TED blog

ted blog

Apakah kamu sering menyimak Ted Talks? Nah, website Ted ini ternyata juga menggunakan WordPress sebagai CMS-nya lho. 

Dengan mengakses blognya, kita bisa menikmati berbagai artikel bermanfaat di samping video yang mereka sediakan. 

BBC Amerika

BBC Amerika adalah supplier series yang banyak ditonton masyarakat masa kini. Nah, dengan mengunjungi websitenya, kita bisa mengulik berbagai produk yang ditawarkan serta membeli merchandise mereka juga. Unik sekali ya!

Vogue

Vogue adalah majalah cetak yang menawarkan topik seputar gaya hidup dan fashion. Berawal dari media majalah konvensional, kini kita bisa menikmati berbagai artikel mereka di blog yang telah disediakan. 

Angry Birds

Angry Birds adalah salah satu ikon yang disukai banyak orang. Berawal dari aplikasi game, kini Angry Birds telah memiliki TV show, merchandise, serta versi game console yang sangat menarik.

Siapa sangka bahwa brand ini menggunakan WordPress sebagai CMS-nya? Jadi, bukan hanya usaha unit menengah yang menggunakan website WordPress, Sob. 
Walaupun WordPress adalah platform yang baik guna mengoptimalkan performa websitemu, tapi kamu harus coba juga layanan hosting dari Jagoan Hosting. Ada berbagai pilihan dan diskon menarik, Sob. Yuk, pelajari lebih lanjut di sini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Plugin Lazy Load
Read More
7 Plugin Lazy Load untuk Performa Website WordPress yang Lebih Baik
Sebelumnya telah membahas beberapa cara untuk menerapkan lazy load pada website, Dan salah satunya yaitu menggunakan Plugin Lazy…
wix vs wordpress
Read More
Perbedaan WiX vs WordPress, Mana yang Terbaik? 
Wix vs WordPress, keduanya merupakan platform populer untuk blogging. Tidak hanya blogging, kamu bisa menjadikannya sebuah website sendiri…