Apa Itu Codeigniter? Pengertian, Keunggulan & Cara Kerja

Data Management System (DMS) with Business Analytics concept. businessman working with provide information for Key Performance Indicators (KPI) and marketing analysis onn virtual computer

Pengertian Codeigniter

Codeigniter
CODEIGNITER BERSIFAT GRATIS YANG DAPAT DI AKSES SIAPAPUN DAN MUDAH DI PAKAI

Dari beberapa Framework PHP, Codeigniter adalah salah satu framework yang paling sering dipakai. Codeigniter adalah framework untuk menciptakan dan mengembangkan situs atau aplikasi dengan cepat yang berbasis MVC (Model-View-Controller).

Fitur Codeigniter Adalah :

1. Sangat Ringan

Dibandingkan dengan framework lain, Codeigniter terkenal ringan dan sistem utamanya hanya membutuhkan beberapa library saja. Membuat Codeigniter framework yang simple dan cepat.

2. Security dan XSS Filtering

Cross Site Scripting (XSS) merupakan salah satu jenis serangan code injection atau injeksi code, di mana seorang hacker memasukkan code berupa HTML atau script ke suatu situs. Codeigniter sudah menyediakan filtering dan sistem keamanan di mana kita dapat meningkatkan keamanan situs dan aplikasi kita dari XSS.

3. Template Engine Class

Codeigniter memiliki opsi untuk menggunakan template parser jika anda membutuhkannya. Template Engine mungkin berguna bagi Anda yang membutuhkan sintaks yang lebih simple dan mudah digunakan dibanding PHP Native.

Kelebihan Codeigniter Adalah :

1. Size yang kecil

Keseluruhan framework Codeigniter hanya sebesar 2MB. Size sekecil ini tentu memudahkan kita untuk mempelajari Codeigniter, menjalankannya, juga meng-update.

2. Sangat cepat

Sebagai pengguna, kita cenderung menyukai aplikasi yang cepat, baik loading atau saat menggunakannya. Codeigniter memiliki daya respon loading kurang dari 50 milisecond.

Cek Konten Lainnya:
Cara Menggunakan Joomla untuk Pemula, Ini Panduan Lengkapnya

3. Fleksibel

Code igniter memiliki komponen dan fitur-fitur yang berdiri sendiri tanpa terlalu banyak bergantung pada satu sama lain, membuat Codeigniter sangat mudah untuk di-upgrade dan dibenarkan jika ada masalah.

4. Arsitektur yang bersifat MVC (Model-View-Controller)

Ketika membuat dan mengerjakan aplikasi berbasis web, desain arsitektur MVC merupakan standar industri untuk sebuah framework. MVC sangat berguna untuk memisahkan data, business logic, dan presentasi.

5. Dapat dimodifikasi

Pada mulanya Codeigniter sudah terdapat library dan bantuan dari awal mula kita pakai. Jika apa yang Anda cari tidak ada, Anda dapat dengan mudah menambahkan library dan bantuan anda sendiri.

6. Mudah dipelajari dan dikuasai

Bagi Anda yang sudah menguasai PHP, Codeigniter adalah framework yang sangat mudah untuk dipelajari. Dalam waktu yang singkat, pengguna dapat menciptakan dan mengembangkan aplikasi menggunakan Codeigniter.

Baca juga: HTML5 Adalah: Pengertian dan Perbedaannya dari HTML Biasa

Bagaimana Sih Cara Kerja Codeigniter Itu?

Codeigniter
Controller memahami permintaan pengguna dan melakukan permintaan data yang di perlukan

Code igniter adalah framework bersifat MVC atau Model-View-Controller. Ketika seorang pengguna melakukan permintaan untuk suatu resource, controller yang akan memberi respon pertama. “Controller” akan memahami permintaan pengguna dan melakukan permintaan data yang diperlukan dari “Model”.

Berikut prosedur tentang cara kerja Codeigniter :

1. Pengguna melakukan permintaan tentang data ‘A’

2. “Controller” menerima permintaan Pengguna dan meminta “Model” untuk mencari data ‘A’

3. “Model” mencari di database untuk data ‘A’

4. Setelah diperoleh data tersebut, “View” mengkonversi data ‘A’ menjadi data yang mampu dibaca manusia dan dikirim kembali ke browser.

5. Pengguna menerima data ‘A’Pengertian Codeigniter

Jadi gimana setelah kalian tahu mengenai Codeigniter? pastinya sudah ngerti bukan? Untuk mengetahui tentang Laravel dapat di akses dengan meng-klik tulisannya ya!

Cek Konten Lainnya:
5 Tips Jitu Coding Arduino Buat Pemula

Baca juga: HTML Adalah: Pengertian, Fungsi Lengkap dengan Cara Kerjanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
membuat website desa
Read More
Cara Membuat Website Desa, Fungsi, Manfaat dan Contohnya
Seiring berkembangnya teknologi, web development sangat dibutuhkan oleh berbagai pihak, tidak terkecuali masyarakat di desa. Mengetahui cara membuat…
Read More
Product Manager Wajib Tahu! Bagaimana Analisa dan Testing Produk
Secara garis besar, analisis sebuah product bisa dilakukan dengan dua metode. Yaitu dari sisi kuantitatif dan kualitatif. Sedikit…