Server Monitoring berfungsi untuk memantau kinerja pada server

Server Monitoring Itu Adalah :

Seperti namanya, Server Monitoring adalah alat untuk memantau seluruh kinerja yang sedang berlangsung pada suatu server. Server Monitoring dapat membantu anda dalam memahami penggunaan sumber daya sistem, seperti CPU, Penggunaan Memory, Input dan Output, Network, Penggunaan disk, dan lain sebagainya.

Tantangan dalam Server Monitoring :

1. Jumlah sumber daya pada server yang terbatas.

2. Setiap server memiliki sistem operasinya (OS) tersendiri, sehingga monitoring-nya pun juga berbeda.

3. Server Monitoring membutuhkan pengetahuan yang cukup dalam tentang server yang kita miliki, sehingga dapat memastikan bahwa sistem telah berfungsi stabil dan efisien.

Apa Saja Keuntungan yang Kita Dapat dari Server Monitoring?

  1. Mendapatkan informasi penuh terhadap kesehatan dan performa jaringan-jaringan Anda.
  2. Mengautomatisasi berbagai ragam pemeriksaan terhadap jaringan-jaringan Anda.
  3.  Mengetahui apa yang sedang terjadi pada jaringan anda.
  4. Kita dapat mengetahui kapan kita harus menambah kapasitas server, seiring dengan tumbuhnya perusahaan dan kebutuhan kapasitas server8.
  5. Anda dapat menghemat SDM IT. Menggunakan Server Monitoring tidak memerlukan pemantauan tenaga manusia secara terus menerus, karena Server Monitoring akan melakukan sebagian besar pekerjaan Anda secara otomatis.
server monitoring mempermudah pekerjaan anda

 

 Inilah 10 Server Monitoring Tools Gratis Untuk Anda :

Server and Application Monitor

Meski tools ini tidak sepenuhnya gratis, tetapi Anda mendapat free trial selama 30 hari. Server & Application Monitor (SAM) memberikan tools yang dapat dibilang cukup lengkap, dan sudah dapat mendukung penggunaan lebih dari 200 aplikasi yang membutuhkan server monitoring. SAM meruapakan pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin tools yang mudah dibaca dan mengidentifikasi masalah dalam sekejap. Tools ini sangat disarankan untuk penggunaan perusahaan yang sudah cukup besar dan memerlukan tenaga monitoring yang sepadan.

AppOptics

Tools satu ini juga tersedia gratis selama 14 hari masa percobaan (free trial). Hal ini sebenarnya wajar karena Anda pastinya membutuhkan server monitoring tools terpercaya yang akurat. Nah, Anda bisa juga coba AppOptics dan eksplor apa saja fitur terbaik dari tools ini. Jika Anda mencari tools yang bagus dengan harga terjangkau, AppOptics bisa jadi pilihan Anda. Tools ini bisa dikatakan powerful dengan fokus utamanya sebagai SaaS application monitoring tool. Bahkan AppOptics ini bisa diintegrasikan dengan tools lain yang sudah Anda gunakan, tersedia 150 lebih integrations dan juga plugins.

AppOptics memiliki masa free trial selama 14 hari. Memang masa trial-nya tidak sepanjang competitor-kompetitornya, namun bisa dipercaya bahwa AppOptics merupakan salah satu Server Monitoring Tools yang akurat. Tools ini juga dikenal powerful karena dapat diintegrasikan dengan tools-tools lainnya yang sudah Anda miliki, bahkan tersedia lebih dari 150 integrasi dan plugin. Tools ini cukup fleksibel karena dapat menyesuaikan kebutuhan kita, baik untuk perusahaan kecil, besar, atau bahkan home use.

Monitor Us

Monitor Us mempermudah kita dalam memantau server

Ini adalah server monitoring tools gratis berbasis cloud dari Monitor.us ini mampu memantau server dari Windows dan Linux secara gratis. Tools satu ini juga bisa memberi Anda pandangan tentang kesehatan dan ketersediaan workstation serta server Anda, termasuk juga CPU, memori, disk, dan bandwidth. Karena di-hosting dengan teknologi cloud, Anda jadi tidak perlu repot-repot menginstal, mengkonfigurasi, atau melakukan pembaruan seperti tools pada umumnya di internet. Tools ini direkomendasikan untuk Anda yang tidak suka repot dan ingin langsung pakai, sangat cocok bagi startup.

 

Nagios Core

Hal pertama yang paling menonjol dari tools gratis satu ini secara sekilas adalah kesederhanaan tampilannya yang membuatnya tak terlalu mendistraksi dari tujuan utama server monitoring tools. Nagios Core merupakan tools yang dibilang sangat efektif untuk tools gratisan, mudah dikustomisasi sesuai keperluan dan bila Anda mengalami kesulitan sudah ada komunitas yang kuat untuk mendukung. Selain Monitor Us, Nagios juga merupakan tools yang ramah untuk startup.

Solarwinds Server Health Monitor

Ini adalah server monitoring tools gratis yang memungkinkan Anda untuk mengecek kesehatan, status dan ketersediaan server dalam beberapa menit. Tools ini mengklaim diri bisa mengidentifikasi secara cepat. Masalah-masalah yang akan diidentifikasi tentunya yang berdampak pada server dan performa aplikasi. Monitoring tools ini juga bisa digunakan pada banyak model server, jadi Anda tidak perlu khawatir soal kompatibilitas. Tools ini cocok bagi Anda yang menjalankan server-server dengan sistem operasi yang berbeda-beda, sehingga hanya perlu satu tools untuk semua OS.

Ganglia

Tools satu ini bersifat open-source dan didesain khusus bagi sistem computing yang high-performance, semacam cluster dan grid. Tools ini menghasilkan data analisis yang mudah untuk diukur. Ganglia memanfaatkan banyak teknologi mumpuni seperti XML untuk representasi data dan XDR untuk transportasi datanya. Salah satu tujuannya adalah untuk membuat struktur data dan algoritma yang berfokus pada efisiensi maksimal, serta menghasilkan overhead bagi setiap node. Ganglia juga merupakan platform monitoring yang powerful untuk mendukung berbagai sistem operasi dan prosesor di pasaran. Tools ini paling cocok untuk server-server berkapasitas besar dan memerlukan kekuatan monitoring yang super cepat, sehingga lebih disarankan untuk penggunaan perusahaan-perusahaan yang besar.

Collectd

Collectd merupakan server monitoring tools gratis yang bekerja dengan mengumpulkan statistik dari performa keseluruhan server. Collectd dapat bekerja di berbagai sistem operasi, jadi Anda tidak perlu khawatir soal kompatibilitas. Juga, Collectd mampu diintegrasikan dengan beberapa tools lainnya, seperti Graphite, Grafana, atau Cacti. Collectd merupakan tools yang cukup fleksibel. Bagi mereka dengan server berkapasitas besar atau kecil dan apapun OS-nya.

Storage Performance Monitor

storage performance monitor disarankan bagi start up serta pemula

Storage adalah tools yang cukup serba guna, dan kesederhanaannya memberikan Anda tampilan yang mudah dibaca dan mampu mendeteksi error dengan cukup baik. Storage cocok untuk Anda yang membutuhkan tampilan yang singkat, padat, dan jelas. Storage sangat disarankan bagi startup dan pemula.

Exchange Monitor

Exchange adalah tools keluaran Microsoft, Exchange mamenggunakan Windows, karena keduanya merupakan keluaran Microsoft. Meski gratis, Exchange tidak kalah dengan saingannya yang berbayar. Tools ini disarankan bagi Anda yang menggunakan server berbasis Windows.

WMI Monitor

Selain Exchange dan beberapa tools Windows lainnya, WMI juga merupakan saingan yang cukup handal dalam server monitoring. Memberikan penyediaan data yang cepat dan status power dengan cukup akurat, mengizinkan anda untuk fokus pada pencarian masalah server dengan sekejap. Seperti Storage, Nagios, dan sebagainya, WMI memberikan data yang cukup komprehensif bagi startup maupun perusahaan dewasa.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like