Seperti yang kita tahu, teknologi telah mengalami perkembangan dari masa ke masa. Dari generasi pertama hingga jenis yang sering kita temui di zaman sekarang ini tentunya memiliki ciri yang berbeda-beda. 

Salah satu fase perkembangan komputer yang cukup menarik untuk dibahas adalah komputer generasi kelima yang mana teknologinya mulai menggunakan microprocessor pada teknologi yang dikembangkan. 

Ada beberapa hal lain yang perlu kalian kenali mengenai sejarah komputer generasi kelima ini. Jagoanhosting akan bantu kamu mengenali dan mempelajari lebih lengkapnya pada artikel berikut. 

Sejarah komputer generasi kelima

komputer generasi kelima
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Komputer generasi kelima digadang-gadang sebagai tahapan perkembangan teknologi paling canggih saat ini dan diciptakan pertama kali pada tahun 1980-an. 

Peningkatan dari segi visualisasi, menjadikan tampilan visual pada komputer di generasi kelima mempunyai resolusi sangat tinggi dan begitu tajam.

Negara yang mempelopori perkembangan komputer pada generasi kelima adalah Jepang. Dalam proses pengembangannya, terdapat penambahan komponen-komponen penting ke dalam sistem komputer modern saat ini. Mengapa generasi komputer kelima begitu berkembang?

Hal ini dikarenakan komponen yang digunakan pada komputer generasi kelima adalah menerapkan ragam teknologi modern, seperti superkonduktor, ULSI, dan kecerdasan buatan (atau kamu lebih mengenalnya dengan sebutan Artificial Intelligence).

Tiga komponen tersebut tentunya mempengaruhi sejarah terciptanya komputer generasi kelima. Namun, apakah kamu tahu fungsi dari tiga teknologi tersebut dalam perkembangan komputer di era saat ini?

Mari dimulai dari teknologi superkonduktor. Fungsi teknologi yang satu ini adalah memudahkan sistem komputer dalam mengirimkan berbagai macam informasi menuju perangkat lainnya. Tidak hanya itu, teknologi superkonduktor juga mempermudah kamu dalam menyampaikan pesan, meskipun dalam jarak jauh sekalipun.

Selanjutnya adalah ULSI. Merupakan singkatan dari Ultra Large Scale Integration, ULSI merupakan mikroprosesor bagi generasi komputer saat ini.

ULSI merupakan hasil pengembangan dari VLSI yang memiliki banyak keunggulan, misalnya saja dari segi harga cukup murah, bentuknya yang lebih kecil (mikro), dan mampu menampung jutaan komponen data hanya dalam satu buah chip sederhana.

Teknologi terakhir adalah Artificial Intelligence (AI) merupakan kecerdasan buatan yang memudahkan kamu dalam mengoperasikan komputer. 

Contohnya saja saat kamu unlocking smartphone kamu menggunakan face detector, mencari informasi di search engine sesuai dengan kata kunci tertentu, hingga pembayaran secara cashless.

Ciri-ciri komputer generasi kelima

Mengetahui ciri-ciri komputer generasi kelima sebenarnya sangat mudah untuk dikenali. Jika dibandingkan dengan generasi komputer sebelumnya, generasi kelima mempunyai bentuk dan performa yang jauh lebih baik.

Penasaran ciri-cirinya seperti apa? Yuk simak bersama penjelasannya di bawah ini!

  1. Bentuk Komputer Minimalis dan Mendukung Mobilitas

Salah satu kelebihan dari komputer generasi kelima adalah bentuknya yang jauh lebih minimalis dan mendukung orang-orang yang bekerja bisa menyelesaikan pekerjaannya di mana saja dan kapan saja.

Bahkan, ada beberapa perangkat komputer yang ukurannya seperti buku catatan lho karena saking minimalisnya.

Terlebih lagi kamu pun sudah bisa menemukan ragam laptop maupun tablet dengan ukuran super tipis dan berbobot ringan, sehingga bisa dimasukan ke dalam tas dan bebas dibawa kemana saja.

  1. Tersedianya Banyak Fitur untuk Pengguna Komputer

Ketersediaan banyak fitur pada komputer di generasi modern saat ini tentunya membantu dalam menyelesaikan pekerjaan yang membutuhkan perangkat komputer. Misalnya saja seperti fitur melakukan editing foto dan video hingga menjalin komunikasi melalui audio.

  1. Penerapan Teknologi Chip

Salah satu hal yang menjadikan bentuk komputer saat ini menjadi lebih minimalis adalah karena menerapkan teknologi chip.

Bentuk dari sebuah chip memang begitu kecil, akan tetapi performanya dalam mendukung efektivitas daya kerja sebuah komputer jauh lebih baik dibandingkan generasi-generasi sebelumnya.

  1. Kemampuan dari Segi Multimedia yang Jauh Lebih Unggul

Seperti yang sudah dibahas di awal, tampilan komputer pada generasi kelima memang jauh lebih unggul karena mampu menampilkan visualisasi yang begitu tajam. Hal ini dikarenakan dari segi layarnya pun, komputer generasi kelima menerapkan HD (High Definition).

Tidak hanya itu, perangkat komputer masa kini pun juga mendukung proses pembuatan visualisasi ataupun audio dalam bentuk 3D, sehingga memberikan pengalaman yang lebih baik bagi banyak orang ketika menikmati hasil karya dan diproses oleh perangkat canggih dari komputer generasi saat ini.

Contoh komputer generasi kelima

Supaya pemahaman kamu jauh mengenai komputer generasi kelima lebih baik, maka dengan mengetahui contoh komputer generasi kelima adalah jawabannya.

Mungkin saja salah satu contoh perangkat komputer di bawah ini sudah kamu miliki, sehingga lebih mudah dalam memahaminya secara keseluruhan.

  1. MacBook

Menjadi besutan laptop termutakhir yang diciptakan oleh perusahaan Apple, Macbook mempunyai ciri khas desain elegan dan dimensi super tipis, sehingga bobotnya pun juga lebih ringan dan mudah dibawa kemana saja.

Salah satu series MacBook yang paling populer dengan harga terjangkau adalah Macbook Air. Beberapa kelebihan yang dapat kamu rasakan saat menggunakannya adalah proses pengisian daya baterai cenderung cepat, yakni hanya membutuhkan waktu dua jam saja supaya penuh dan ketahanannya pun bisa mencapai 12 jam!

  1. ChromeBook

ChromeBook merupakan perangkat laptop yang memanfaatkan OS (operating system) berjenis Chrome dan diciptakan oleh perusahaan Google. Maka tidak heran ketika kamu menggunakan ChromeBook pun juga merasa jauh lebih nyaman dalam mengakses aplikasi-aplikasi Google, seperti Gmail, Suite, Drive, dan Meet.

Menariknya, ChromeBook memberikan keleluasaan bagi para penggguna dalam menyimpan data-data melalui cloud dan mencegah pemakaian internal memori secara berlebihan.

  1. UltraBook

Salah satu ciri dari UltraBook adalah kemudahan dalam turn off dan turn on tanpa harus menekan tombol power hanya dengan cara membuka laptop saja. Performa UltraBook dari segi keamanan, respon kinerja, hingga bobotnya pun juga jauh lebih unggul dibandingkan perangkat komputer pada umumnya. 

Kelebihan komputer generasi kelima

komputer generasi kelima
Photo by Eduardo Dutra from Pexels

Kalau kamu bertanya-tanya mengenai apa kelebihan komputer generasi kelima saat ini? Tentu jawabannya adalah sangat beragam! Berbagai macam keuntungan bisa kamu rasakan ketika menggunakan komputer generasi kelima untuk menunjang aktivitas sehari-hari kamu, Sob.

Supaya tidak penasaran, yuk simak kelebihan-kelebihan yang ada di komputer di generasi kelima ini!

  • Banyak fungsi di komputer generasi ini yang sudah dioptimalkan, sehingga jauh lebih fungsional dan menunjang untuk melakukan aktivitas apapun, termasuk dalam proses penghitungan angka.
  • Kepraktisan yang ditawarkan menjadi kelebihan dari generasi komputer saat ini. Mulai dari ukuran, bentuk, dan bobotnya yang minimalis, tentunya sangat memudahkan kamu yang mempunyai mobilitas cukup tinggi dan berpindah-pindah.
  • Tidak perlu khawatir mengenai kapasitas memori, karena perangkat komputer di generasi kelima mempunyai daya penyimpanan memori yang sangat baik, sehingga tidak begitu memerlukan media penyimpanan untuk menampung data-data kamu.

Itulah penjelasan mengenai komputer generasi kelima yang bisa kamu pelajari. Selain itu, kamu bisa coba mempelajari perkembangan dari generasi-generasi sebelumnya. Untuk para pembaca, saat ini Jagoan Hosting punya layanan terbaru yang wajib banget kamu coba, yakni layanan Unlimited Hosting mulai dari harga Rp9.000-aja per bulannya.

Website kamu sudah mendapatkan domain gratis dengan berbagai fitur unggulan yang dapat menjadikan website kamu makin kece. Terlebih lagi ada estimasi visitors supaya website kamu tetap lancar diakses meskipun traffic-nya sedang tinggi.

Yuk, buruan cek layanan Jagoan Hosting yang satu ini dengan cara klik di sini!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like