Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

Ini Manfaat Object Storage yang Harus Diketahui oleh Semua Developer

Storage merupakan salah satu kunci dari sebuah sistem, storage merupakan tempat dimana data disimpan, seiring perkembangan jaman dan kemajuan teknologi saat ini object storage merupakan hal yang baru di dunia cloud computing, namun apakah sebenarnya object storage? Seperti apa kegunaanya? apakah ada limitasi dan keterbatasannya?

Kali ini kita akan mengenal lebih dalam mengenai object storage dan kelebihannya.

Object storage  atau penyimpanan berbasis object adalah istilah umum yang mengacu pada cara kita mengatur dan bekerja dengan unit penyimpanan yang disebut object, setiap object berisi tiga komponen : 

  1. Data itu sendiri. Data dapat apa pun yang Anda ingin anda simpan dari foto keluarga, music video, file html, php atau apapun.
  2. Metadata berisi informasi kontekstual tentang data apa, untuk apa data digunakan, kerahasiaannya, atau hal lain yang relevan dengan data yang digunakan
  3. Global unique identifier dalah alamat yang diberikan ke objek agar objek yang akan menemukan dalam sistem terdistribusi. Dengan cara ini, itu dapat menemukan data tanpa harus mengetahui lokasi fisik dari data (yang bisa ada dalam bagian yang berbeda dari data center atau bagian yang berbeda di belahan dunia yang berbeda).

Apa kelebihan Object Storage dari Block Storage? 

Pada Block Storage, file akan dibagi menjadi block yang berukuran sama dan masing masing mempunyai alamat sendiri tetapi pada block storage file tidak memiliki informasi tambahan seperti metadata untuk menyediakan lebih banyak konteks untuk block tersebut, biasanya block storage digunakan pada storage yang memiliki beban kerja besar.

Object storage sebaliknya, tidak membagi file menjadi blok data raw, melainkan menjadi sebuah objek yang berisi data, metadata, dan identifier unik. Tidak ada batasan pada jenis atau jumlah metadata pada, yang membuat object storage scalable. Metadata dapat mencakup apa saja, dari informasi, tag file sampai klasifikasi keamanan file. Sistem penyimpanan gambar di Facebook atau lagu di Spotify telah menggunakan object storage yang mungkin banyak penggunanya yang tidak menyadarinya.

Masalah apa yang dapat diselesaikan oleh Object Storage ? 

Object Stotage sangat ideal untuk memecahkan masalah  pertumbuhan data. Karena semakin banyak data yang dihasilkan, sistem penyimpanan harus tumbuh dengan kecepatan yang sama. Apa yang terjadi ketika Anda mencoba untuk memperluas sistem penyimpanan berbasis block storage di luar seratus terabyte atau melampaui beberapa petabyte? Mungkin anda akan mengalami masalah durability, keterbatasan dengan infrastruktur penyimpanan yang saat ini anda milki.

Memecahkan masalah manajemen pengadaan jika occupancy storage anda sudah melebihi batas.

Object storage sangat efisien jika anda ingin menyimpan data yang penting namun tidak sering digunakan seperti data transaksi bulan lalu bahkan tahun lalu, backup data serta archieving

Keuntungan lain dari penggunaan object storage adalah data tetap terlindungi, jika satu atau lebih node gagal, data masih dapat tersedia dengan munggunakan sistem cluster. Object storage dapat melindungi data dari hardware failure, badsector. Object storage di desain dan didistribusikan untuk high availability dan durable

Workload pada Object Storage

Object Storage sangat efisien untuk data yang umumnya sering diread dan jarang di write, seperti konten Website statis, backup data dan gambar arsip, dan multimedia (video, gambar, atau musik).

Object Storage medukung perpanjangan metadata untuk distribusi yang efisien yang membuatnya ideal dalam melakukan pemindahan cluster back-end dalam beberapa data center.

SM Team