Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

6 Tips Menciptakan Kenyamanan Pelanggan dalam Perusahaan

Pelanggan menjadi hal yang sangat penting untuk kemajuan sebuah bisnis, termasuk menciptakan kenyamanan pelanggan dari segi perusahaan.

Pandangan pertama memang sangat berpengaruh dalam aktivitas pelanggan kedepannya, ketika pelanggan mendapatkan respon awal yang buruk dari suatu perusahaan, tentunya pikiran pertama mereka akan mempengaruhi sikap mereka kedepannya. Entah mereka akan pergi dan tak akan kembali ke perusahaan kamu atau tetap hadir dengan review yang buruk. Lalu bagaimana cara mewujudkan kenyamanan untuk pelanggan? Berikut 6 tips kiat untuk mewujudkannya!

1. Beri harapan

Bahwa pelanggan datang ke perusahaan kamu ke tempat yang tepat. Berikan ucapan bahwa kamu dapat membantu mereka dengan memberi ucapan bahwa “saya mampu membantu mereka”. Kalimat singkat namun sangat berarti bagi mereka, dengan kata “Saya” mereka tidak akan merasa kesepian.

2. Sampaikan informasi dengan jelas

Jika memang pelanggan perlu menunggu karena pengecekan baik dari sistem maupun dari customer Assistance. Hal demikian memberi efek yang sangat berarti, apabila kamu tidak memberikan informasi bahwa kamu sedang melakukan pengecekan, bisa jadi pelanggan merasa terabaikan dan berdampak hingga akhir. Mereka bisa memberikan review buruk atau melakukan posting di suatu artikel.

3. First-time customers di perusahaan kamu

Beri perhatian yang khusus, namun jangan berlebihan karena juga memberi kesan yang terlalu berlebihan kepada pelanggan, ajak berbincang menggunakan bahasa yang dirasa sesuai dengan penyampaian mereka. Jangan ragu untuk ajak pelanggan berckamu. Pelanggan tentunya akan merasa nyaman ketika perbincangan bagai dengan teman mereka.

4. Jangan pernah memberikan informasi email

Terutama kepada pelanggan dengan memberkan subjek atau jenis pesan “Do Not Reply”. Jenis email seperti ini sering kali dikirimkan oleh perusahaan – perusahaan, baik di awal mereka mengirimkan pada saat pendaftaran dsb. Karena email tersebut menunjukkan sikap yang kurang bersahabat dan terkesan mengabaikan. Upayakan komunikasi terjalin di segala media.

5. Jalin sebuah hubungan antar pelanggan dan perusahaan

Pelanggan akan merasa senang jika mereka merasa dibutuhkan oleh sebah perusahaan, mereka akan merasa bangga ketika kehadirannya berpengaruh pada kegiatan perusahaan tersebut. Untuk itu jalin sebuah hubungan, bisa dengan mengirimkan email , atau coba berikan promo, seperti promo domain murah untuk beberapa pelanggan khusus, tunjukkan pada hal terkecil seperti chatting dengan menanyakan kabar pelanggan seperti apa.

6. Buatlah sebuah koneksi secara batin

Dengarkan apa yang mendasari emosi mereka buatlah mereka merasa nyaman, dan biarkan mereka untuk mengakui apa yang mereka rasakan. Ketika mereka merasa didengarkan, maka pelanggan juga akan mengenang bahkan mereka akan terbiasa dengan hal tersebut.

Pelanggan memiliki berbagai macam pilihan, sudah sepatutnya sebuah perusahaan memperlakukan pelanggan bukan lagi sebagai raja namun lebih sebagai kawan. Agar kedepannya pelanggan lebih merasa nyaman ketika mereka berkomunikasi dengan pelanggan.

Nelsi Islamiyati