9+ Cara Trending di YouTube, Yuk Coba Tips Ampuhnya!

cara trending youtube

Konten video masuk ke dalam tab trending di YouTube adalah suatu kebangaan tersendiri bagi para content creator atau Youtuber. Pasalnya, tidak semua video bisa menjadi trending di platform tersebut. Selain karena faktor algoritma, sebenarnya ada pula cara trending YouTube yang bisa diupayakan.

Perlu diketahui, menjadi trending di YouTube artinya konten tersebut tengah populer dan dianggap menarik oleh banyak penonton. Di mana hal ini tentunya memberi keuntungan bagi pemilik channel karena bisa memperluas cakupan audience.

Nah, untuk kamu yang ingin konten-kontennya bisa masuk trending, yuk simak tips-tips berikut. Tapi sebagai catatan, beberapa cara agar trending di YouTube ini tidak selalu membuat sebuah video menjadi trending sebab ada sejumlah faktor lain yang mempengaruhi seperti algoritma YouTube itu sendiri. Namun, tak ada salahnya untuk dicoba ya, Sob!

YouTube merupakan platform berbagi video paling populer di dunia. Maka dari itu Trending di Youtube menjadi salah satu cita-cita yang diimpikan banyak orang. Lantas, bagaimana cara agar trending di YouTube?

Perlu diketahui, terdapat beberapa syarat video trending di YouTube, Sob.  Selain memiliki konten menarik dan orisinal sebagai syarat video trending di youtube, kamu juga harus bisa meracik komponen konten yang pas agar disukai penonton.

Perlu dipahami Sob, algoritma YouTube membaca beberapa hal sebagai syarat video trending di YouTube. Tentu saja syarat video trending di YouTube tersebut semuanya berkaitan dengan performa video.

Berikut adalah hal-hal primer yang penting untuk kamu terapkan untuk syarat video trending di YouTube. Check it out!

1. Jumlah Penayangan yang Besar

Syarat video trending di YouTube yang pertama adalah memiliki jumlah penayangan yang besar. Jumlah tayangan tentu saja sangat berpengaruh pada Syarat video trending di YouTube.

Banyaknya penonton yang masif membuat algoritma YouTube membacanya sebagai konten yang disukai. YouTube pun akan mengkategorikannya sebagai konten trending.

Cek Konten Lainnya:
10 Kesalahan Startup yang Sering Dilakukan Pemula

2. Pertambahan Jumlah Penonton yang Banyak dalam Waktu Singkat

Selanjutnya, syarat video trending di YouTube adalah bertambahnya jumlah penonton yang banyak dalam waktu yang terhitung singkat.

Pertumbuhan jumlah penonton ini juga menjadi tolak ukur pada video trending YouTube. Misalnya pada channel YouTuber A bisa menghasilkan pertambahan jumlah penonton hingga 5 juta penonton dalam hanya waktu 12 jam saja.

Baca juga: 17 Cara Meningkatkan Conversion Rate Website dengan Efektif

3. Sumber Penayangan yang Banyak dari Dalam maupun Luar YouTube

Berikutnya, syarat video trending di YouTube adalah memiliki sumber penayangan yang banyak, baik dari dalam maupun dari luar YouTube. Dalam hal ini, sumber penayangan dari dalam dan dari luar YouTube akan menghasilkan Exposure.

Exposure yang terjadi dapat dibangun di luar YouTube akan bisa mempengaruhi bagaimana konten videomu trending, Sob. Misalnya, ketika sebuah portal berita mengutip tautan konten yang kamu buat dan menyediakan link untuk bisa di klik langsung ke channel YouTube milikmu.

4. Merupakan Video Baru

Syarat video trending di YouTube yang keempat adalah bertentangan dengan usia video. Dalam hal ini, usia video yang trending di YouTube haruslah video baru.

Maka kamu ketika akan membuat konten video, harus bisa memikirkan konsep dengan matang dan mempunyai potensi untuk ditonton dan trending Sob!

5. Memiliki Performa Terbaik dari Video Lain di Channel yang Sama

Terakhir, syarat video trending di YouTube adalah kontenmu memiliki performa terbaik dari video lain dari channel milikmu. Performa videomu juga akan dibandingkan dengan unggahan terbaru dari konten lainnya dari channel.

Dalam hal ini, ketika dalam waktu yang berdekatan kamu mengunggah 2 video, maka algoritma YouTube akan membandingkan kedua performa keduanya untuk menentukan trending.

Maka dari itu, kamu perlu membuat video yang bisa dinikmati dalam waktu yang lama, mempromosikan setiap video yang diunggah, menggunakan thumbnail yang menarik, membuat metadata, dan jangan lupa harus konsisten untuk membuat konten yang baik agar trending di YouTube Sob!

Demi videomu dapat disukai, kamu perlu membangun channel secara maksimal, membuat konten yang baik, membuat penonton akrab dengan kontenmu dan sebagainya sebagai cara agar trending di Youtube.

Terdapat beberapa cara agar trending di Youtube. Berikut adalah cara trending di YouTube yang bisa kamu terapkan di bawah ini. Yuk, simak Sob!

1. Pilih Niche untuk Channel YouTube

Cara trending YouTube yang pertama adalah kamu harus menentukan niche untuk channel YouTube milikmu. Ini merupakan cara termudah yang bisa kamu gunakan untuk membuat video trending di YouTube.

Cek Konten Lainnya:
Pengertian Jaringan Peer to Peer, Kelebihan, dan Kekurangan

Kamu bisa memulainya dengan menciptakan sekaligus memberikan satu jenis konten secara spesifik dan jangan ciptakan jenis konten lainnya di channel milikmu. Daripada itu, cara ini merupakan sebuah langkah brand image dari channel milikmu.

Cara trending YouTube seperti ini akan memberikanmu kelompok penonton dengan keperluan dan minat pasar yang lebih spesifik.

Baca juga: Apa itu Podcast? Pengertian, Jenis, Manfaat & Cara Membuat

2. Buat Konten Video yang Menarik

Kedua, cara trending YouTube adalah tentu saja dengan membuat konten video yang menarik. Dalam hal ini, konten menarik tidak selalu yang sesuai dengan keinginanmu, melainkan bagaimana kamu lebih bisa menganalisa target pasar dan keinginan pasar.

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar video trending, menerima exposure, dan juga akan berdampak pada penghasilan channel YouTube milikmu.

3. Buat Video dengan Durasi 8 – 10 Menit

Cara trending YouTube yang ketiga adalah dengan membuat video berdurasi sekitar 8-10 menit. Dengan menciptakan video dengan durasi 8 hingga 10 menit, kamu telah menerapkan cara yang efisien agar dapat meraih trending di YouTube.

Menurut data, video berdurasi 8 menit menghasilkan 350% lebih banyak views dibanding video berdurasi 5 menit. Strategi ini sebenarnya memiliki korelasi dengan algoritma YouTube yang mengedepankan video berdurasi 8 hingga 10 menit.

4. Aktifkan Fitur Cuplikan

Selanjutnya, cara trending YouTube adalah dengan mengaktifkan fitur cuplikan. Di mana fitur ini bisa membuat penonton mendengarkan suara dan potongan video tanpa mengkliknya.

Kamu dapat memanfaatkan fitur ini dengan menampilkan yang terbaik dalam beberapa detik pertama, menggunakan video terbaru atau konten khusus sebagai cuplikan yang memuat keunikan kanal, kepribadianmu, dan alasan mengapa penonton harus menonton semua konten video di channel YouTube milikmu Sob!

5. Tampilkan Thumbnail yang Menarik

Berikutnya, cara trending YouTube adalah dengan menampilkan thumbnail yang menarik. Hal ini merupakan trik terampuh dalam cara trending YouTube Sob. 

Di samping itu, kamu juga bisa menempatkan profil sekaligus menyediakan cuplikan dalam video dan menempatkannya dalam thumbnail untuk menggaet penontonl.

Baca juga: 8 Cara Kompres Video di HP & Laptop Mudah Secara Online

6. Letakkan CTA (Call to Action) di Akhir Video

Cara trending YouTube yang keenam adalah dengan menyediakan CTA pada akhir video. Cara ini diperlukan untuk meningkatkan jumlah engagement dalam video, seperti jumlah likes, subscribers, atau comment.

Dikarenakan engagement dalam video memiliki peran yang besar dalam mendorong konten ke kolom trending Youtube, maka buatlah CTA semenarik mungkin ya, Sob!

Cek Konten Lainnya:
Nggak Mau Kalah Saing! Fitur Baru Facebook ini Bikin Makin Betah Main Sosmed

7. Promosikan Video dengan Cepat di 3 Hari Pertama

Selanjutnya, cara trending YouTube adalah dengan mempromosikan video dengan cepat di 3 hari pertama.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan dan mendorong sebanyak mungkin jumlah audience yang menonton konten video dalam 48-72 jam pertama. Kamu melakukan promosi dengan memanfaatkan media sosialmu, blog pribadi, dan YouTube Ads.

8. Berinteraksi dengan Penonton

Kedelapan, cara trending YouTube adalah melalui interaksi dengan penonton videomu. Kamu bahkan bisa juga membuat basis penggemar dari channel-mu agar setiap video yang kamu buat memiliki engagement yang tinggi. 

Mulailah dengan menyempatkan waktu untuk membalas komen mereka. Atau bisa juga dengan menemukan komunitas yang relevan atau juga mengajak mereka berkolaborasi agar konten video lebih banyak ditonton.

Selain itu, jangan segan untuk bergabung di grup sesama influencer atau fansclub tertentu untuk memperluas jaringan Sob!

9. Optimalkan SEO YouTube

Cara trending YouTube yang kesembilan adalah dengan mengoptimalkan SEO YouTube. Tujuan utama optimasi ini adalah membuat video lebih banyak diakses oleh masyarakat.

Pasalnya, dengan kata kunci dan tag tertentu, konten video bisa muncul di posisi atas dan trending lo Sob! Terdapat beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan SEO YouTube, yaitu:

  • Riset kata kunci YouTube
  • Membuat video dengan kualitas terbaik
  • Optimasi metadata dengan mempertimbangkan deskripsi konten, judul video, dan tag dari konten videomu
  • Promosi video dengan memanfaatkan YouTube Ads dan
  • Dengan memanfaatkan YouTube Analytic

10. Aktif Membuat Konten Video dengan Tema yang Konsisten

Terakhir, cara trending YouTube adalah dengan aktif meng-upload video dengan tema yang konsisten. Konten konsisten dapat mendorong video ke trending dengan cepat.

Dengan membuat konten video dengan tema yang konsisten juga berdampak pada angka penontonmu juga akan ikut meningkat. Loyalitas penonton dari kontemu pun akan terbentuk dan tumbuh.

Maka dari itu, ciptakan video dengan konten yang berkelanjutan dan mengandung rasa penasaran penonton. Dengan begitu, penonton akan lebih tertarik untuk menyimak konten video dari channel YouTube milikmu.

Itulah ulasan seputar cara trending YouTube yang bisa dicoba pada channelmu. Sebenarnya tidak begitu susah dan tidak begitu mudah ya, Sob? Tapi, jangan terlalu diambil pusing, ya! Kamu bisa mencobanya secara perlahan dan bertahap. Semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
bing ai chatbot
Read More
Mengenal Bing AI, Chatbot Canggih Milik Microsoft
Di tahun 2023 pada bulan Februari, Microsoft resmi membuat Bing AI. Bing ini sudah menggunakan kecerdasan buatan sehingga…
VPN
Read More
Apa itu VPN? Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan & Kekurangan
VPN adalah layanan koneksi yang mampu memberikan akses ke suatu situs, dimana semua data akan terenkripsi sehingga penjelajahan…