Podcast adalah salah satu media informasi yang kini cukup populer di tengah masyarakat, terutama di kalangan generasi Z. Ini sejenis pembicaraan yang direkam dan bisa didengarkan oleh siapa saja lewat internet. Banyak orang mulai mencoba membuat podcast baik untuk tujuan konten semata atau membangun sebuah brand.

Bisa dikatakan, podcast adalah salah satu cara terbaik untuk mengembangkan koneksi intim dengan pengikut atau pelanggan potensial. Untuk lebih jelasnya, yuk langsung saja simak pembahasan di bawah ini mengenai apa itu podcast, jenis, manfaat, hingga cara buatnya. Check it out!

Apa itu Podcast?

Podcast adalah rekaman diskusi audio tentang topik tertentu, seperti bisnis atau perjalanan, yang dapat didengarkan. Podcast berbentuk siaran audio, Biasanya sering ditemukan di iTunes dan Spotify tetapi saat ini mulai berkembang menjadi konten youtube.

Salah satu alasan mengapa banyak orang menyukai Podcast adalah kontennya dapat didengarkan kapan saja bahkan ketika bepergian, ke kantor atau saat bekerja. Hal itu karena kita tidak harus melihat secara visual sesi podcast.

Podcast adalah salah satu upaya yang bisa dimanfaatkan untuk membangun reputasi, mengarahkan lalu lintas ke website, berbagi informasi, dan sebagainya. Karena semakin banyak orang yang mendengarkan podcast, saat ini banyak pula dari mereka yang mulai terjun mencoba membuat Podcast.

Jenis-Jenis Podcast

Jika kamu bertanya-tanya bagaimana cara memulai podcast, Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah memutuskan jenis podcast apa yang akan kamu buat. Beberapa yang bisa kamu pilih untuk jenis podcast adalah sebagai berikut.

1. Interview Podcast

Sesuai dengan namanya, interview podcast adalah podcast dimana host akan mewawancarai tamu (narasumber) yang berbeda pada setiap episode. Salah satu contoh podcast ini adalah Podcast Deddy Corbuzier di Channel Youtube Nya.

2. Solo Podcast

Solo podcast adalah podcast bersifat monolog, Jadi Podcast ini hanya diisi oleh satu orang. Biasanya Podcast ini digunakan untuk menyampaikan opini, tanya jawab ataupun berbagi informasi antara pembuat Podcast dan pendengar. Contoh podcast berikut adalah podcast milik Nessie Judge.

3. Multi Host Podcast

Multi host podcast adalah podcast yang memiliki dua host atau lebih, Podcast multi-host menawarkan diskusi yang memiliki pendapat dan perspektif yang berbeda, yang dapat membawa nilai hiburan lebih bagi pendengar yang suka mendengarkan percakapan dan debat alih-alih satu orang berbicara.

Sudah tahu akan membuat podcast yang seperti apa? Selanjutnya kamu akan belajar dan mengetahui bagaimana caranya, apa saja yang dibutuhkan, dan tips-tips membuat podcast agar menarik para pendengar.

Baca juga: Pernah Viral, Gimana Kabar Aplikasi Clubhouse Sekarang?

Kelebihan dan Manfaat Podcast

Sebagai media informasi, tentu saja podcast memiliki banyak kelebihan dan manfaat, di antaranya:

Membuat Podcast
Peralatan Podcast

1. Dapat Mendengarkan Siaran dengan Lebih Fleksibel

Salah satu manfaat podcast adalah Anda bisa mendengarkan berbagai macam siaran kapanpun dan dimanapun. Sebab, podcast dapat Anda akses secara fleksibel, entah itu sebelum tidur, waktu luang, pergi atau pulang kerja, dan lain sebagainya.

2. Mempelajari Banyak Hal Baru

Manfaat podcast lainnya ialah Anda bisa memperlajari banyak hal baru. Ya, di podcast, Anda akan menemukan banyak pengetahuan bermanfaat terkait berbagai hal. Bukan hanya topik umum, namun juga ada beragam kisah, pengalaman, serta perspektif menarik lainnya yang dapat Anda peroleh.

3. Terdapat Banyak Variasi Pilihan Kategori

Selain fleksibilitas, kelebihan lainnya dari podcast adalah terdapat berbagai ragam pilihan kategori siaran. Anda bisa bebas memilih topik bahasan sesuai minat atau ketertarikan, di antaranya politik, musik, film, komedi, akademik, kesehatan, kecantikan dan masih banyak lagi.

4. Bebas Iklan

Kelebihan terakhir dari podcast adalah bebas iklan. Ya, Anda juga tidak akan menemukan adanya iklan walaupun Anda tidak berlangganan podcast tersebut. Tak seperti radio yang memiliki banyak iklan, di podcast Anda dapat mendengarkan siaran dengan lebih fokus tanpa distraksi.

Rekomendasi Podcast Indonesia

Nah, di bawah ini terdapat sejumlah rekomendasi podcast yang bisa Anda coba dengarkan.

  1. Subjective
  2. Kakak beradik podcast
  3. Awal minggu
  4. RAPOT
  5. Sudut pandang
  6. Kaskus podcast
  7. Makna talks
  8. Do you see what i see
  9. Podcast awal minggu
  10. Appscoast
  11. PORD atau Podcast Raditya Dika
  12. Kejar paket pintar

Cara Membuat Podcast

Jika kamu bertanya-tanya bagaimana cara membuat podcast, Mungkin terdapat banyak cara yang harus dilakukan. Namun dalam hal ini, Kita akan membahas secara dasar bagaimana cara membuat podcast kamu sendiri. Adapun cara mudah membuat podcast adalah sebagai berikut.

1. Menyiapkan Tempat

Jika kamu fokus dalam pembuatan podcast tidak ada salahnya kamu menyiapkan tempat/studio khusus. Kamu bisa mendesain studio podcast kamu menjadi kedap suara agar saat recording Podcast tidak ada noise (gangguan).

2. Menyiapkan Peralatan dan Kebutuhan Podcast

Yang terpenting yaitu peralatan podcast seperti Microphone, Audio recording, Software Editing, dll. Kamu bebas menentukan peralatan yang kamu butuhkan, Asalkan dapat menghasilkan Podcast yang terbaik. 

Baca juga: 6 Cara Membuat Podcast di Spotify yang Mudah untuk Pemula

3. Menentukan Niche Podcast

niche podcast adalah yang wajib kamu tentukan sebelum membuat podcast. Nice podcast adalah topik atau fokus dari podcast mu, contohnya podcast tentang pendidikan, cerita horor, kecantikan, atau lainnya.

4. Mulai Record Podcast

Setelah semua telah disiapkan, Sudah saatnya untuk mulai recording podcast kamu. Kamu bisa memanfaatkan software recording seperti Audacity. Pastikan hasil recording podcast kamu dalam keadaan baik, Tidak ada noise yang berlebihan.

5. Mengedit Hasil Podcast

Mengedit hasil recording podcast adalah hal terakhir yang tak boleh dilupakan. Ini berfungsi untuk mempertahankan volume yang konsisten, menambahkan intro dan outro, memperbaiki kesalahan hingga menghilangkan celah udara kosong. Kamu bisa menggunakan Audacity, Adobe Audition atau GarageBand untuk mengedit hasil podcast.

Tips Membuat Podcast yang menarik

Saat ini banyak orang yang terjun dan mencoba memulai Podcast, Hal tersebut berarti kamu akan memiliki banyak kompetitor. Maka dari itu kamu harus membuat Podcast yang menarik, Lalu bagaimana caranya? Yuk simak penjelasannya.

1. Membuat Format Khusus Podcast

Memulai Podcast hanya dengan menyalakan mic dan melakukan recording – Jika Podcast kamu hanya seperti itu, Tidak ada yang menarik dari hasil Podcast kamu. Hal tersebut menjengkelkan bagi pendengar.

Jika kamu berencana membuat Podcast menjadi beberapa episode, pertimbangkan untuk menetapkan harapan bagi pendengar kamu dengan membuat dan memiliki format yang konsisten.

Saat kamu menentukan format podcast pastikan kamu bisa tahu apa yang harus kamu lakukan saat melakukan Podcast. Misalnya; Kamu menentukan format sebagai berikut: Intro > Mengenalkan Narasumber > Menanyakan Kesibukan Narasumber > Dst.

Misalnya pada bagian menanyakan kesibukan narasumber, Kamu harus tahu pertanyaan seperti apa yang membuat percakapan antara kamu dan narasumber bisa terus berkembang dan menarik untuk didengarkan. Kamu harus pintar-pintar menempatkan diri kamu untuk membuat obrolan kamu bisa lebih berbobot dan luas.

2. Menguasai Materi Perihal Niche

Sesuai sedikit penjelasan diatas tas, Niche menjadi sangat penting untuk membuat Podcast kamu bisa lebih baik. Ketika kamu menguasai materi Podcast, Kamu bisa lebih mudah dalam mengembangkan konten podcast kamu menjadi lebih menarik.

Misalnya saat melakukan Interview Podcast, Kamu bisa tahu pertanyaan apa saja yang bisa kamu sampaikan pada narasumber kamu. Dengan begitu kamu bisa memperluas obrolan dan membuat konten lebih menarik untuk didengar.

3. Menggali Informasi Mengenai Narasumber

Yang tak kalah penting yaitu menggali informasi narasumber yang kamu undang. Sama halnya dengan penguasaan materi Podcast, Menggali informasi narasumber berfungsi untuk memperluas obrolan podcast kamu.

Dengan cara ini, Kamu bisa tahu apa saja yang bisa kamu tanyakan pada narasumber dan bagaimana menyiasati beberapa hal untuk membuat obrolan menjadi semakin menarik. 

Baca juga: Ide-Ide Kreatif Anda Habis? Lakukan Tips ini!

4. Bersikap Santai dan Menyiapkan sebaik Mungkin

Saat membuat podcast bergaya wawancara, Cobalah untuk mengobrol terlebih dahulu dengan orang yang kamu undang sebelum kamu mulai recording Podcast. Hal Ini akan membantu kamu bersantai dalam percakapan nantinya.

Pastikan sebuah kebutuhan podcast telah disiapkan sebaik mungkin, Jangan sampai ketika acara Podcast mulai terdapat masalah. Jangan lupa untuk bersikap santai dan bersenang-senang saat podcast mulai. Yang perlu kamu tahu adalah Host podcast yang baik terdengar santai karena mereka tidak bergegas ke pertanyaan berikutnya.

Itulah beberapa informasi mengenai apa itu podcast, jenis, manfaat, kelebihan, hingga rekomendasinya. Dari penjelasan tersebut, bisa dikatakan bahwa podcast adalah media informasi menarik yang bisa membawa banyak manfaat bagi kehidupan. Yuk mulai buat Podcast kamu sendiri.

1 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like