Kamu termasuk anak gaul Clubhouse, nggak nih Sob? Aplikasi Clubhouse yang sempat viral selama bulan Februari-Maret 2021 ini memang menggemparkan Indonesia! Nggak tanggung-tanggung, mulai dari pebisnis top seperti Axton Salim hingga aktor Desta Mahendra juga ikutan masuk ke dalam ekosistem aplikasi besutan pengusaha Silicon Valley ini!

Di aplikasi Clubhouse kamu bisa ngobrol langsung dengan jajaran top influencer tanpa harus malu-malu dan merasa eksklusif. Kesempatan bagus buat dapetin ilmu yang ‘daging banget’ tanpa harus repot-repot ikutan talkshow mahal, Sob!

Dalam 2 bulan saja pengguna iOS langsung berburu undangan Clubhouse, bahkan sampai menjualnya di e-commerce! Pengguna Android gigit jari dulu ya…

Kalau kamu perhatiin, aplikasi Clubhouse sudah tidak begitu terdengar lagi sejak akhir Maret 2021. Kira-kira gimana ya kabar aplikasi Clubhouse sekarang?

Kenapa sih dulu kok tiba-tiba viral?

Sebenarnya aplikasi ini sudah diluncurkan sejak tahun 2020 oleh Paul Davison dan Rohan Seth. Tapi Clubhouse baru menjadi viral ketika Elon Musk, CEO dari SpaceX dan Tesla, masuk ke dalam ruangan dan bercakap-cakap seolah kayak teman grup WhatsApp kamu!

Langsung deh aplikasi Clubhouse booming hingga Indonesia. Siapapun bisa menggunakan Clubhouse dan bercakap-cakap di forum yang sudah ditentukan. Asalkan kamu sudah tergabung dengan invitation yang sudah dikirimkan, ya.

Kerentanan aplikasi Clubhouse

‘Keterbukaan’ Clubhouse untuk berinteraksi dengan siapapun ini ternyata bisa jadi bumerang buat mereka, lho.

Banyak kritik kepada Clubhouse karena tidak ada pembatasan konten yang diangkat. Kalau ada konten yang ngeselin, kamu nggak bisa melaporkan karena tidak adanya fitur blokir, Sob! Wah, wah, kalau kayak gini bakal ribet ngadepin orang-orang tidak bertanggung jawab!

Belum lagi bisa diakses oleh mata-mata sekalipun

aplikasi clubhouse

Dilansir oleh Tirto.id dari dari Stanford Internet Observatory, ditemukan kalau aplikasi Clubhouse ‘dibobol’ oleh perusahaan Shanghai bernama Agora, Inc. Mereka bahkan menawarkan sistem backend, Sob!

Bisa dibayangin kalau identitas bocor dan tiba-tiba akun kamu dikirimi oleh berjuta spam karena menggunakan Clubhouse?

Ternyata aplikasi Clubhouse belum terdaftar di Indonesia!

Aplikasi berbasis komunikasi dalam bentuk apapun ternyata wajib didaftarkan di Indonesia, Sob. Sayangnya, aplikasi Clubhouse belum terdaftar di Kemenkominfo, sehingga besar kemungkinan bisa mendapat pemutusan konten seperti pemblokiran!

Tenang, ternyata memang semua aplikasi di Indonesia mudah melakukan proses pendaftaran, kok. Namun jika Clubhouse tidak segera didaftarkan, bisa-bisa tidak bakal berlanjut, lho!

Yah, basic-nya emang gara-gara masyarakat penasaran sama hal baru di pandemi, sih!

Di pandemi COVID-19, sesuatu yang baru memang menjadi bahan hiburan bagi masyarakat Indonesia. Nggak bisa kemana-mana tentunya bikin bosen dan Clubhouse bisa menjembatani untuk bersosialisasi tanpa keluar rumah.

Apalagi masyarakat Indonesia hobi banget dengan yang namanya ‘viral’, langsung deh diserbu tapi bingung mempertahankannya. Banyak yang bilang Clubhouse membutuhkan waktu lama untuk mendengarkan diskusi, sementara podcast lebih fleksibel!

Ini bisa jadi kesempatan kamu mengembangkan aplikasi serupa dan berpotensi viral!

Kalau kamu seorang freelancer atau developer aplikasi, ini menjadi momentum kamu untuk mendapatkan panggung viral di Indonesia, Sob! Apalagi saat pandemi masyarakat membutuhkan aplikasi yang bisa mendekatkan antar kerabat tanpa bertatap muka langsung.

Kamu bisa belajar dari kesuksesan aplikasi serupa dan memperbaiki kekurangannya. Gunakan karakteristik masyarakat Indonesia yang hobi ngobrol dan suka dengan hal baru untuk menciptakan something amazing!

Langkah pertama bisa dilakukan dengan membuat server aplikasi yang terpercaya agar tidak lemot sebagai antisipasi keviralan aplikasi kamu! Cobain deh cek di Jagoan Hosting, layanan penyedia hosting terbaik dan VPS Indonesia nomor satu

Kamu bisa dapatkan rekomendasi virtual server terbaik dengan harga yang kompetitif sesuai dengan kebutuhan profesional kamu. VPS X Pro memiliki 2 server yaitu Indonesia untuk persiapan viral di negeri sendiri dan server Singapore untuk membidik mancanegara yang potensial. Kamu sendiri yang nentuin pilihan terbaik kamu, Sob!

Kalau kayak gini, masih nggak yakin aplikasi kamu bakal viral? Kamu bisa mulai sekarang bersama Jagoan Hosting!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like