Apakah kamu tidak puas dengan hasil penjualan kamu? Atau bahkan orang-orang tidak mau membeli produk kamu? Solusinya solusi terbaik adalah Tripwire Marketing. Dengan tripwire kamu bisa menjual produk mahal dengan mudah.

Tripwire marketing menjadi solusi terbaik dalam meningkatkan penjualan, Dengan metode tripwire kamu bisa melakukan penjualan lebih banyak, Bahkan kamu bisa lebih mudah melakukan upselling atau crosseling.

Mau tahu apa itu tripwire marketing, metode dan cara dalam melakukan tripwire offering? Yuk simak informasinya!

Apa itu Tripwire Marketing?

Tripwire Marketing adalah praktik untuk meyakinkan dan menawarkan produk-produk dengan harga murah dengan maksud untuk menjual produk-produk yang harganya lebih mahal nantinya.

Tripwire Offer (Penawaran tripwire) dimaksudkan untuk meningkatkan akuisisi pelanggan pertama dengan memanfaatkan produk yang lebih murah. Setelah sebuah lead menjadi pelanggan dengan metode tripwire, Maka pelanggan akan disegmentasi untuk mendapatkan lebih banyak prospek.

Ide atau teknik yang sering digunakan untuk Tripwire Marketing:

  1. E-book
  2. Webinar
  3. Video Tutorial
  4. Trial Produk/Layanan
  5. Konsultasi
  6. Partial product
  7. Downloads 

Setelah penawaran tripwire diterima oleh target audience, Pelanggan tripwire akan  disegmentasi ke dalam daftar terpisah. Daftar pelanggan inilah yang nantinya dimanfaatkan Untuk membuat campaign marketing untuk memulai penjualan yang lebih bertarget.

Tripwire marketing merupakan cara untuk meyakinkan target audiens kamu agar membeli produk/layanan kamu dengan biaya rendah. Tripwire offer akan memicu campaign marketing agar pembeli tersebut tertarik membeli produk yang lebih mahal. Bukan hanya itu, Kamu juga bisa membawa kembali pelanggan yang hilang secara perlahan untuk menggunakan produk/layanan kamu.

Metode yang Digunakan dalam Tripwire Marketing

Tripwire Offer
Tripwire Offer

Terdapat beberapa cara dalam melakukan Tripwire offer, Kedua metode ini merupakan yang paling sering digunakan dalam tripwire marketing. Berikut Metode yang digunakan dalam Tripwire offer:

1. Memikat pelanggan dengan penawaran murah

Misal kamu membuat website kursus online yang menyediakan pelatihan digital marketing dengan harga Rp. 1.500.000 Dengan materi Search Engine Optimization, Search Engine Marketing, Social Media Marketing, dll.

Menurut beberapa orang, Harga tersebut terlalu mahal. Maka dari itu, kamu bisa membuat sebuah kursus kecil yang melengkapi kursus utama mengenai digital marketing. Kursus tersebut bisa kamu hargai dengan lebih murah misalnya Rp. 250.000.

Kemudian kamu dapat mulai menyusun dan mengatur kampanye pemasaran dengan tripwire kursus kecil kamu tadi dengan menunjukkan kepada pelanggan bahwa kamu memberikan apa yang kamu janjikan. 

Dengan begitu mereka pun mulai berpikir untuk mulai mengikuti kursus utama kamu, Kamu tinggal menyusun strategi untuk mengkonversikannya pada produk yang lebih besar.

2. Strategi pemasaran berdasarkan perilaku konsumen

Misal kamu adalah seorang penyedia layanan, Salah satu pelanggan (Pelanggan X) telah menjadi pelanggan setia kamu selama 9 bulan, Lalu tiba-tiba pelanggan X tersebut membatalkan layanannya. Itulah tripwire.

Kemudian kamu menggunakan email marketing untuk menarik kembali Pelanggan X dengan cara menanyakan apa yang salah atau kamu akan meningkatkan layanan kamu berusaha dengan sebaik mungkin meningkatkan layanan.

Nah dari sini kamu mulai menawarkan kesepakatan yang tidak mungkin dilewatkan oleh pelanggan X. Misalnya menawarkan layanan yang sama dengan bonus layanan lainnya secara gratis dalam beberapa bulan. Dengan metode ini kamu bisa mendapatkan pelanggan tersebut.

Terdapat 4 komponen yang harus diperhatikan untuk membuat penawaran front-end yang lebih efektif:

  1. Produk yang ditawarkan relatif murah/terjangkau
  2. Berkualitas tinggi
  3. Berhubungan dengan produk utama
  4. Mudah untuk digunakan

Cara Membuat Tripwire untuk Meningkatkan Konversi

1. Apa yang Dipikirkan Target Pasar Mengenai Produk

Produk apa yang ditawarkan? Berapa biayanya? Dua pertanyaan ini adalah bagian terpenting karena kamu perlu tahu tentang produk kamu dimata pelanggan. Penting untuk mengetahui apa yang dipikirkan pelanggan mengenai produk atau layanan kamu.

Terdapat kemungkinan target pasar menganggap produk kamu terlalu mahal, Sehingga kamu akan sulit untuk mentarget audiens yang ada. Hal ini sering terjadi ketika kamu masih baru memulai bisnis tersebut jadi kamu masih belum membangun kepercayaan pelanggan yang cukup.

2. Menemukan Produk/Layanan dengan penjualan terbanyak

Jika kamu menjual banyak produk atau layanan, Cari tahu produk/layanan mana yang mendapat penjualan paling banyak. Jadikan hal tersebut sebagai tripwire karena item paling populer akan lebih banyak diminta.

Setelah itu, Buat versi baru yang harganya lebih murah, namun masih mengandung nilai.

Jangan terfokus untuk mengambil untung besar finansial untuk bisnis kamu. Misalnya kamu menjual Ebook, jangan memberikan ebook secara gratis hanya karena tidak laku. 

3. Kumpulkan Lead dan Mulai Kampanye Kepada Pelanggan Tripwire

Kamu bebas menggunakan teknik atau cara apapun untuk mengumpulkan lead, Kamu bisa dengan membagikan sebuah ebook khusus tripwire untuk mendapatkan email list. Atau dengan menjual produk/layanan tripwire.

Saat kamu berhasil mendapatkan lead atau menjual item tripwire, jangan hanya berhenti disitu. Mulailah menawarkan pada mereka produk kamu dan jelaskan nilai yang mereka terima dari produk tripwire kamu. Arahkan mereka menggunakan CTA pada email marketing ke landing page atau halaman produk kamu.

4. Follow Up Pelanggan untuk Meminta Feedback

Jangan lupa follow up pelanggan untuk meminta feedback mengenai produk/layanan, Jangan pernah lewatkan kesempatan untuk mendapatkan Feedback  langsung dari pelanggan. Kamu tidak perlu memaksa mereka untuk mengisi survei atau menjawab polling. Biarkan mereka sesuka hati untuk mengisi atau tidak surfey yang kamu berikan.

5. Tonjolkan Produk Tripwire di Website

Tonjolkan produk tripwire di website kamu, Kamu bisa membuat navigasi khusus untuk produk/layanan tripwire kamu. Jangan lupa untuk menekankan mengenai proposisi nilai, bukan hanya apa yang akan didapat pelanggan, Melainkan harga rendah yang kamu tawarkan. 

Misalnya dengan memberikan penawaran “Dapatkan 3 game terlaris kami hanya dengan Rp. 50.000, Penawaran akan segera berakhir”. Membuat tripwire dengan waktu terbatas dapat menarik pengunjung untuk membeli produk kamu secepatnya.

Itulah informasi mengenai apa itu tripwire marketing, Kamu bisa mulai menggunakan metode marketing ini untuk meningkatkan konversi penjualan. Cara ini cukup mudah untuk diterapkan, Cukup dengan menyiapkan sebuah layanan/produk kecil untuk menarik orang untuk membelinya.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like