Cara Membuat Email Perusahaan Paling Mudah

Cara membuat email perusahaan

Cara membuat email perusahaan merupakan salah satu hal yang penting untuk kamu gunakan sekarang ini. Dengan adanya email perusahaan, maka bisnis yang kamu jalani akan terlihat profesional.

Sebenarnya memang kamu masih bisa menggunakan email perusahaan dengan domain @gmail.com, @yahoo.com, atau berbagai platform lainnya. Akan tetapi, hal ini membuat perusahaanmu jadi kurang profesional.

hosting unlimited murah

Untuk itulah pentingnya membangun citra diri perusahaan melalui email juga layak untuk kamu pertimbangkan. Bahkan saat ini ada berbagai cara mudah dan gratis untuk bisa melakukan hal ini.
Tidak seperti jaman dahulu kala, membuat email perusahaan dengan domain sendiri saat ini sangatlah mudah.

Kamu bisa membuatnya pada berbagai layanan penyedia hosting dan domain tentunya menggunakan langkah tertentu.
Caranya sangat mudah hanya dengan mengunjungi beberapa situs penyedia layanan.

Pengertian dan Manfaat Email Bisnis untuk Perusahaan

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara membuat email perusahaan, maka kamu bisa mengetahui terlebih dahulu perihal apa itu email bisnis dan juga berbagai manfaatnya Sob. 

Email bisnis adalah sebuah alamat email yang dimiliki oleh perusahaan untuk menjalankan bisnisnya. Sebaiknya perusahaan menggunakan nama branding mereka sendiri untuk bisa memperkenalkan usaha dan juga menjaga profesionalitas.

Biasanya email ini dapat ditandai dengan menggunakan nama domain perusahaan tertentu pada bagian belakang emailnya. Misalnya saja @gojek.com atau nama perusahaan lainnya. Penggunaannya juga seringkali untuk keperluan bisnis.

Manfaat dari penggunaan email ini adalah:

1. Membuat Pelanggan Familiar dengan Brand 

Tentu saja menggunakan email perusahaan bisa membuat pelanggan atau klien, ataupun mitra bisnis kamu akan semakin mengetahui tentang brand atau bisnis yang kamu miliki. Cara membuat email domain perusahaan juga cukup mudah.

Dengan menggunakan nama domain perusahaan di belakang alamat email tentunya, pelanggan lebih mudah mengetahui tentang brand kamu. Mereka bisa langsung melakukan search di Google dengan mudah menemukan informasi.

2. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Ada beberapa survei yang menyatakan bahwa pelanggan dapat mempercayai perusahaan yang menggunakan email resmi daripada menggunakan email pribadi untuk kepentingan perusahaan.

Penggunaan email perusahaan ini juga membuat usaha yang kamu jalani menjadi terlihat lebih profesional. Setiap orang yang bertransaksi pastinya lebih percaya kepada sesuatu yang resmi.

3. Menambah Profesionalisme

Semua yang bekerja tentunya ingin menjaga profesionalisme mereka untuk bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan, brand awareness, dan lain sebagainya. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan email perusahaan.

Hal ini terlihat sepele, akan tetapi bisa berdampak luas bagi bisnis yang sedang kamu jalani Sob. Maka dari itu, yuk intip cara membuat email perusahaan dengan mudah.

Lantas, bagaimana cara membuat email bisnis? Simak tutorialnya di artikel ini, ya!

buat website pake hosting murah

Cara Mudah Membuat Email Perusahaan

Cara membuat email perusahaan dapat dilakukan melalui beberapa cara.

Artinya, terdapat beberapa opsi vendor atau media yang bisa kamu pilih untuk membangun email perusahaan.

Berikut adalah beberapa cara membuat email perusahaan gratis:

1. Cara Membuat Email Perusahaan di Google Workspace

cara membuat email perusahaan

Layanan Google saat ini memang sudah berkembang jauh. bahkan dalam 1-2 tahun kebelakang Google telah menyediakan layanan Google Workspace yang memudahkan bagi setiap pengguna profesional untuk bekerja.

Dalam layanan ini tersedia berbagai editor profesional yang dapat mengolah kata, angka, termasuk juga dalam layanan email. Google memiliki platform email yang kamu kenal dengan nama Gmail.

Akan tetapi, sekarang ini Google telah mengupgrade sistem layanan emailnya sehingga menyediakan layanan profesional. Maka dari itu simak cara membuat email perusahaan dengan Google Workspace.

Untuk menggunakan G Suite, kamu bisa mendapatkan free trial selama 14 hari pemakaian untuk mencoba gratis. Selanjutnya, layanan ini berbayar sehingga bisa kamu gunakan dengan mudah.

Kamu bisa mendapatkan berbagai harga paket berbayar mulai dari 3 USD dengan penyimpanan cloud pada Google Business yang kapasitasnya berbeda-beda.

  • Ketikkan Google Workspace pada mesin pencari atau Google.
  • Pada halaman utama kamu bisa mengklik start free trial untuk mendapatkan versi gratis.
  • Selanjutnya akan muncul halaman baru, masukkan data nama bisnis, jumlah karyawan, dan juga area bisnis yang kamu jalani. Klik next.
  • Isi kontak info karena kamu akan secara otomatis menjadi admin dari G-Workspace akun yang telah kamu buat sebelumnya. Kontak yang kamu perlukan seperti nama, dan juga alamat email lainnya. Klik next.
  • Selanjutnya kamu akan masuk pada email domain bisnis. Jika sudah memiliki domain, kamu bisa mengklik Yes. Apabila belum, kamu bisa mendapatkan saran dan juga membeli domain di platform lainnya dengan klik No.
  • Apabila klik Yes, maka kamu bisa memasukkan nama domain misalnya @namaperusahaan.com. Nama ini akan menjadi alamat belakang email. Selanjutnya klik next.
  • Konfirmasi nama domain jika sudah benar dengan mengklik next. Hal ini mudah dengan mengikuti cara membuat email dengan domain sendiri.
  • Kamu bisa mendapatkan newsletter dari Google dengan mengklik Yes atau tidak dengan mengklik No.
  • Selanjutnya kamu bisa membuat akun bisnis sendiri dengan mengetikkan nama user misalnya menggunakan nama personil. Contoh andrea dan masukkan passwordnya. Jangan lupa centang captcha.
  • Klik Agree and continue. Kamu akan mendapatkan email bisnis dengan nama [email protected]

2. Cara Membuat Email Perusahaan di cPanel

buat email perusahaan di cPanel

Menggunakan cPanel merupakan langkah mudah dalam cara membuat email perusahaan gratis. 

Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lain untuk memanfaatkan fitur pada cPanel ini. Berikut adalah cara membuat email perusahaan pakai domain sendiri di cPanel:

  • Pada bagian dashboard cPanel, silahkan memilih menu Email Accounts.
  • Pilih tombol Create untuk menambahkan email bisnis.
  • Memasukkan sejumlah informasi yang diperlukan dalam cara membuat email bisnis, mulai dari domain, username, password, dan sejumlah pengaturan tambahan.
  • Klik tombol Create setelah melengkapi setiap data yang dibutuhkan. Pesan sukses akan muncul untuk menandakan bahwa email perusahaan berhasil ditambahkan.

Jika kamu ingin buat email dengan domain sendiri dan menggunakan layanan hosting di Jagoan Hosting bisa cek tutorial ini Tutorial membuat Akun Email CPanel

Baca juga: Apa itu Email Marketing? Jenis, Cara Kerja dan Strategi

3. Membuat Email di DirectAdmin

membuat email pakai directadmin

DirectAdmin adalah perangkat lunak alternatif untuk control panel web hosting yang populer digunakan. Selain Cpanel, DirectAdmin juga populer untuk mengelola server web.

Melalui DirectAdmin, pengguna bisa membuat dan mengatur situs web, antarmuka web, mengelola domain, mengelola akun email dan mengelola database.

Salah satu fitur yang bisa kamu andalkan dari DirectAdmin adalah membuat email perusahaan. Untuk membuat akun email, kamu perlu berlangganan hosting dan memiliki akses ke DirectAdmin.

Jika layanan hosting yang kamu miliki sudah aktif, maka ikuti cara membuat email perusahaan di bawah ini:

  • Masuklah ke member area layanan hosting yang kamu miliki. Kemudian, pergi ke halaman panel DirectAdmin.
  • Jika sudah login ke panel DirectAdmin, selanjutnya kamu perlu mencari menu E-mail Accounts.
  • Nah, berikutnya silakan membuat email baru dengan mengklik tombol “Create Account”.
  • Setelah mengklik tombol tersebut, kamu perlu mengisi kolom “Username” dan “Password”. Username adalah nama dari email perusahaan yang akan kamu buat. Sedangkan, password adalah kata sandi untuk akun email perusahaan kamu.
  • Terakhir, tekan tombol “Create Account” lagi. Selamat, akun email perusahaanmu berhasil dibuat.

4. Cara Membuat Email Perusahaan di Email Hosting

email bisnis

Membuat layanan email perusahaan pada beberapa platform di atas juga memiliki sejumlah keterbatasan terutama masalah kapasitas penyimpanan.

Oleh karena itu, menggunakan email hosting menjadi solusi paling efektif.

Ada banyak vendor yang menawarkan layanan email perusahaan bagi bisnis, salah satunya seperti Jagoan Hosting

Kamu hanya perlu memilih salah satu paket Email Hosting Murah yang tersedia sesuai kebutuhan bisnis. 

Perhatikan fasilitas yang disediakan di setiap paket dan pilih yang paling pas untuk bisnis kamu.

Mengapa Email Perusahaan Penting?

pentingnya pakai email profesional

Perbedaan email bisnis dan email pribadi terletak pada nama domain yang dimunculkan.

Pada layanan email pribadi, seperti Gmail kamu akan mendapatkan alamat seperti “[email protected]”.

Sebaliknya, email perusahaan merupakan sebuah alamat surat elektronik resmi menggunakan nama atau domain perusahaan itu sendiri (@NamaPerusahaan).

Penggunaan email bisnis tentu lebih menunjukkan kesan resmi dan profesional terutama saat berkomunikasi dengan pelanggan atau client.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa sebuah bisnis membutuhkan email perusahaan:

1. Representasi dari Perusahaan

Email bisnis merupakan salah satu media komunikasi penting dalam sebuah perusahaan.

Saat seseorang melihat email perusahaan, secara tidak langsung email menjadi media representasi dari perusahaan tersebut.

Penggunaan email perusahaan tentu akan memberikan representasi khusus dan unik untuk bisnis tersebut. Hal tersebut bahkan dapat meningkatkan brand awareness.

Baca juga: Ini Bedanya Domain Email Bisnis dan Domain Email Gratis, Sob!

2. Membentuk Citra Profesional

Salah satu cara membentuk citra profesional dari sebuah bisnis adalah membuat email perusahaan.

Pada dasarnya, email pribadi seperti Gmail dan Yahoo dapat dimiliki oleh siapa saja, termasuk bisnis.

Namun sayangnya, email pribadi sering kali menimbulkan ketidakpercayaan di mata pelanggan.

Selain itu, penggunaan email pribadi juga berisiko membuat email yang dikirim masuk kotak spam.

3. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Membentuk kepercayaan pelanggan adalah hal penting bagi kelangsungan sebuah bisnis. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan email perusahaan.

Sebuah survey juga mengungkapkan bahwa 74% pelanggan lebih percaya pada email perusahaan daripada email pribadi. 

Email perusahaan dinilai memiliki kredibilitas lebih aman dan dapat mencegah terjadinya kasus phising ataupun penipuan.

4. Fitur Lebih Lengkap

Hal lain yang menjadi perbedaan email bisnis dan email pribadi adalah kelengkapan fiturnya. 

Sejumlah layanan email perusahaan memang tidak tersedia secara gratis namun hal tersebut sejalan dengan fitur yang ditawarkan. Email pribadi cenderung memiliki kapasitas penyimpanan terbatas. 

Sebaliknya, email perusahaan memiliki kapasitas lebih banyak untuk menyimpan data perusahaan.

Selain itu, fitur keamanan pada email perusahaan juga lebih baik untuk mencegah terjadinya kebocoran data.

Itu dia cara membuat email perusahaan dan alasan mengapa bisnis kamu perlu memilikinya.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan juga mudah dan praktis sehingga bisa dilakukan oleh segala jenis bisnis.

Jika kamu tertarik untuk membuat email perusahaan tanpa ribet, layanan email bisnis Jagoan Hosting dapat menjadi pilihan terbaik

Jadi, tunggu apa lagi? Cek penawarannya sekarang dan buat email bisnis kamu bersama kami sekarang juga

Eksklusif Hanya Lewat Email!
Dapatkan Insight Keren Seputar Digital Marketing, Website, Technology, dan Bisnis
We won’t spam you or sell your information.
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
etika profesi software developer
Read More
Ketahui Dulu Etika Profesi Software Developer Sebelum Nyemplung Berkarier Disini!
Menjadi seorang software developer tidak hanya tentang coding atau menghasilkan sebuah aplikasi atau program. Seorang software developer tentunya…
Digitalisasi Bisnis
Read More
Digitalisasi Bisnis : Saatnya Bisnis Berkembang di Era Revolusi Industri 4.0
Di era revolusi industri 4.0 banyak perusahaan saling senggol dan adu cepat menerapkan teknologi terbaru untuk menjadi yang…