Apa itu cPanel? Fungsi, Cara Kerja dan Fiturnya

cpanel adalah
Photo by Buro Millennial from Pexels

Ketika kamu memiliki website, cPanel adalah salah satu tool yang harus kamu pelajari. Kontrol panel ini akan memudahkan proses pengelolaan website serta berbagai konfigurasi yang terkait dengan website tersebut. 

Jika masih awam dengan cPanel, tak perlu khawatir kali ini Jagoan hosting akan menjelaskannya secara detail. Yuk langsung simak artikel mengenai apa itu cPanel dari Jagoan hosting berikut ini!

Apa itu cPanel?

cpanel adalah

cPanel adalah singkatan dari control panel hosting yang memiliki fungsi untuk mengelola hosting, domain, dan website. Dengan cPanel kamu bisa dengan mudah mengatur subdomain, mengunggah file situs web, instal SSL di situs web, dan aktivitas lainnya. 

Pada awal hosting aktif, kamu akan mendapatkan link hosting cPanel dari provider hosting untuk melanjutkan ke langkah berikutnya untuk mengatur website. Kemudian dari situ, kamu bisa mengakses dan mengelola file website secara mudah.

cPanel ini biasanya digunakan untuk melakukan beberapa setting atau konfigurasi melalui tampilan user interface yang menarik dan mudah dioperasikan pengguna.

cPanel biasanya dipasang pada dedicated server atau Virtual Private Server (VPS) yang menggunakan sistem operasi seperti, Linux dan FreeBSD. cPanel juga mendukung beberapa aplikasi diantaranya, Apache, PHP, mySQL, Postgres, Perl, Python, BIND. Serta mendukung beberapa format email POP3, IMAP dan juga layanan-layanan seperti SMTP.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa cPanel memiliki peran atau fungsi sebagai berikut

  • Mengatur dan mengelola PHP dan Apache handler
  • Mengontrol email yang mengarah ke domain
  • Melakukan unggahan, pengembalian dan backup data website.
Cek Konten Lainnya:
Penting, Ini Cara Mengecek Keamanan Website!

Fungsi cPanel

Dari penjelasan tentang cPanel di atas didapatkan bahwa fungsi utama dari cPanel adalah untuk mempermudah mengelola website, domain serta hosting di dalamnya. Namun, ternyata cPanel juga memiliki fungsi lainnya, yaitu:

  1. Memudahkan untuk melakukan manajemen web hosting
  2. memudahkan pengguna untuk mengatur website.
  3. Memudahkan untuk mengatur email
  4. Mengontrol penuh domain mulai dari, pembuatan subdomain, addon domain dan sebagainya.
  5. Mengatur file dan data pada website.
  6. Melakukan manajemen database website.

Cara kerja cPanel

Sekarang Jagoan Hosting akan menjelaskan secara ringkas bagaimana cara kerja cPanel.

Singkatnya, skema cara kerja cPanel adalah sebagai berikut 

Web developer → cPanel → Web server → Website 

Nah agar lebih jelas yuk simak penjelasannya di bawah ini

  1. Web developer mengembangkan web

Alur kerja dimulai dari seorang web developer yang mengembangkan website secara offline, pengembangan website tersebut menggunakan bahasa pemrograman html, css, js, ataupun php.

Web developer juga biasanya menggunakan tambahan desain yang dibuat dari aplikasi seperti adobe illustrator serta photoshop atau hanya dengan css dan html saja.

Cloud VPS
  1. Pembelian nama domain dan web hosting

Setelah melakukan desain website, selanjutnya web developer akan membeli nama domain dan paket web hosting untuk ditampilkan di internet.

  1. Masuk ke Cpanel

Setelah melakukan pembelian domain serta web hostingnya, web developer akan masuk ke cPanel untuk mengatur dan melakukan beberapa perubahan atau biasa disebut dengan konfigurasi pada website. 

Ada beragam fitur yang bisa digunakan oleh developer diantaranya File Manager, FTP accounts, MySQL Database, Remote MySQL dan sebagainya.

Fitur cPanel

Sebagai web developer, ada beberapa fitur yang harus kamu pahami untuk menggunakan cPanel agar lebih optimal dalam mengelola dan mengatur websitemu. Berikut ini adalah fitur-fitur cPanel yang wajib kamu ketahui.

Cek Konten Lainnya:
8 Perbedaan SSD dan HDD, Manakah yang Lebih Bagus?

Pengaturan file

Dari fitur ini kamu dapat memilih beberapa menu dari pilihan FILES untuk mengatur file di website. FILES ini adalah salah satu menu dari File Manager yang memiliki fungsi untuk menyimpan semua data website, melakukan penghapusan data, membersihkan cache yang tidak diperlukan. Selain itu, ada juga menu yang bisa mempermudah untuk mengatur gambar pada website yaitu, menu images.

Pengelolaan database dan software

Untuk melakukan fungsi ini kamu bisa melakukannya pada cPanel dengan menggunakan fitur PHPMyAdmin dan MySQL Database. Selain itu, untuk instalasi dan pengelolaan software bisa juga dilakukan di dalam fitur SOFTWARE. Di fitur SOFTWARE ini kamu bisa mengatur mulai dari Cloudflare, Node.js hingga Python App.

Mengontrol email

Dengan fitur ini kamu bisa lebih mudah untuk mengatur email. Di dalam fitur ini juga bisa membuat email auto-respond jika diperlukan dengan hanya klik Autoresponders. Selain itu pada fitur email, kamu juga menghapus spam atau menghindari hacker, virus maupun phishing, yang mencoba menyerang website.

Security terjamin

Website memang tidak aman dari virus, malware, atau phishing, namun dengan menggunakan fitur cPanel kamu bisa mengatasi hal tersebut. Fitur ini adalah section SECURITY. Fitur yang dimiliki cPanel ini menjamin keamanan website dengan merilis sertifikat SSL. Selain itu, kamu juga menggunakan fitur Imunify360 yang sudah teraktivasi dan bisa melakukan pengecekkan virus apa saja yang bisa membahayakan websitemu.

Mempercepat akses website

Dengan menggunakan fitur ADVANCE, kamu bisa mempercepat akses websitemu. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur PREFERENCE untuk mengatur informasi tentang pengguna hosting dan preferensi tampilan cPanel, seperti, bahasa atau layout yang bisa kamu pilih dari tema yang berbeda-beda.

Cek Konten Lainnya:
Wajib Tahu, Sob! 5 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik 2020!

Kelebihan cPanel

cpanel adalah

Selain memiliki fungsi dan fitur yang beragam, cPanel memiliki beberapa kelebihan diantaranya:

– Mudah dikelola dan digunakan

– Mudah untuk dipelajari

– Lebih efektif untuk mengatur web

– Memiliki banyak fitur dan software yang bisa diinstall dengan mudah

– Sudah melalui banyak uji coba (testing)

– Mudah ditemukan sumber untuk belajar, online maupun offline.

Namun, cPanel juga memiliki beberapa kekurangan, berikut adalah kekurangan cPanel yang sudah dirangkum oleh Jagoan Hosting.

Kekurangan cPanel

Ada kelebihan juga ada kekurangannya, berikut adalah kekurangan cPanel yang sudah dirangkum oleh Jagoan Hosting.

  • Meskipun memiliki banyak fitur, justru fitur-fitur ini yang sering memperlambat performa cPanel.
  • Membutuhkan biaya yang cukup mahal, sehingga jarang digunakan bagi pemula yang baru belajar tentang cPanel.
  • Beberapa software dan fitur yang dimiliki cPanel sering kali tidak ter-upgrade.

cPanel adalah tool yang akan memudahkan pemilik website dalam mengelola asetnya. cPanel juga tidak hanya berfungsi sebagai pengelolaan website saja, namun juga memudahkan penggunanya untuk mengelola email, dan memberikan solusi praktis yang mudah dipelajari oleh web developer pemula.

Setelah tahu manfaat cPanel apakah kamu berniat untuk menggunakannya? Kalau iya, langsung aja kepoin website Jagoan Hosting karena kamu bisa beli lisensi cPanel murah dan produk Cloud Hosting cPanel. Kamu juga bisa menemukan segala kebutuhan lisensi untuk server atau VPS, lho.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
buat logo online
Read More
15+ Website Buat Logo Online yang Gratis di 2024
Logo berperan penting dalam membangun brand awareness. Untungnya, saat ini terdapat banyak website buat logo online yang bisa…
intranet
Read More
Pengertian Intranet, Fungsi, & Perbedaannya dengan Internet
Kamu pastinya sudah sangat familiar dengan internet, namun di sisi lain mungkin masih asing saat mendengar istilah intranet.…