Apa Itu Comodo SSL? Kelebihan dan Cara Installnya

comodo ssl

Comodo SSL adalah salah satu jenis sertifikat SSL yang sangat penting untuk menjaga keamanan sebuah website. Seperti yang kamu tahu, keamanan website memang menjadi hal yang sangat penting dan harus jadi prioritas. 

Karena jika tidak aman website bisa terkena berbagai macam kerusakan seperti hacker. Untuk menjaga keamanan tersebut, para pemilik website harus menggunakan sertifikat SSL atau Secure Socket Layer. 

Nah, comodo SSL adalah salah satu jenis dari SSL tersebut, Sob. Supaya makin jelas, inilah informasi selengkapnya mengenai comodo SSL. 

Apa Itu Comodo SSL? 

comodo SSL

Melansir dari laman Comodo SSL Store, pada dasarnya Comodo adalah salah satu penyedia layanan cybersecurity dan digital certificate ternama di dunia. Jadi Comodo SSL adalah merk yang menawarkan layanan keamanan SSL untuk website. 

Dengan adanya Secure Socket Layer, berbagai informasi penting yang ada di suatu website dapat kamu lindungi seperti password dan nomor CC (Credit Card). Bagaimana cara kerjanya? 

SSL nantinya akan bekerja untuk mengenkripsi dan melacak struktur data. Pelacakan inilah yang membuat hacker akan kesulitan untuk menemukan data website yang sebenarnya. 

Jenis-jenis Comodo SSL 

Secara garis besar, Comodo SSL terbagi menjadi 2 (dua) jenis kategori, yaitu berdasarkan fungsi sertifikat dan level validasi. Kedua jenis ini sangat penting untuk kamu pahami agar bisa memilihnya sesuai kebutuhan. 

Cek Konten Lainnya:
Cara Proxy Spaces dengan Nginx di Ubuntu 16.04

1. Jenis Comodo SSL Berdasarkan Fungsi Sertifikat 

a. Sertifikat Single Domain SSL 

Jenis ini cocok untuk website yang memiliki nama domain dan hanya bisa kamu gunakan untuk satu alamat IP atau satu domain saja. 

Beberapa contoh sertifikat dari jenis ini adalah comodo Positive SSL, Premium (OV), ProEnterpriseSSL, Pro with EV, EVEnterpriseSSLEnterpriseSSL, dan lain sebagainya. 

b. Sertifikat Multi Domain SSL 

Sesuai dengan namanya, jenis ini cocok bagi website yang memiliki banyak domain karena kamu dapat mengamankan lebih dari 1 domain sekaligus. Artinya, bisa lebih hemat dari segi biaya dan waktu. 

c. Sertifikat Wildcard SSL 

Cocok untuk website yang memiliki lebih dari 5 buah subdomain. 

d. Sertifikat Multi Domain Wildcard SSL 

Cocok untuk website yang memiliki beberapa domain dan subdomain. Jenis comodo SSL ini juga punya fungsi ganda karena memadukan Wildcard dan Multi Domain. 

2. Jenis Comodo SSL Berdasarkan Level Validitas

a. Domain Validation (DV) SSL Certificates 

Jenis domain ini cocok untuk mengembangkan website organisasi dan bisnis kecil karena masih berada di tingkat dasar. Harganya pun murah dan proses aktivasi dapat kamu lakukan dengan cepat. 

b. Organization Validation (OV) SSL Certificates 

Naik satu level, jenis comodo SSL ini cocok untuk website organisasi atau bisnis dengan tingkat menengah. Untuk mendapatkannya kamu harus melewati proses pemeriksaan komersial yang bisa memakan waktu sampai 3 hari. 

c. Extended Validation (EV) SSL Certificates 

SSL EV

Terakhir, ada jenis comodo EV SSL yang cocok untuk website organisasi atau bisnis dengan skala yang besar. Pasalnya, jenis ini mampu memberikan keamanan website tingkat tinggi dari berbagai serangan siber. Dapatkan perlindungan ekstra dengan pakai SSL EV di Jagoan Hosting.

Comodo SSL di Jagoan Hosting 

Jika kamu mencari rekomendasi penyedia jasa Comodo SSL murah dan terpercaya, maka Jagoan Hosting adalah pilihannya. Layanan SSL murah dari Jagoan Hosting menawarkan banyak kelebihan dan fitur unggulan untuk keamanan website. 

Cek Konten Lainnya:
10+ Contoh Website Organisasi untuk Jadi Referensi

Berikut adalah beberapa kelebihan Comodo SSL Jagoan Hosting:

1. Compatible dengan Banyak Browser 

Layanan SSL dari Jagoan Hosting dikenali oleh hampir semua web-browser yang umum kamu gunakan. Bahkan tingkat kompabilitasnya sampai 99%. Layanan ini juga mendukung banyak device seperti mobile, tablet, dan desktop. 

2. Garansi Keamanan yang Resmi dari CA Internasional 

Karena merupakan produk resmi terbitan Comodo, kamu tidak perlu khawatir soal keamanannya. Bahkan ada garansi keamanan sampai satu juta dollar. 

3. Masa Aktif yang Lebih Lama 

SSL Jagoan Hosting menawarkan kemudahan dalam jangka panjang dengan masa aktif yang lebih lama. 

4. Website Mendapatkan Site Seal 

Website akan mendapatkan site seal yang bisa membuktikan bahwa website sudah terlindungi oleh sertifikat SSL. Alhasil, kepercayaan konsumen pun bisa makin meningkat. 

5. Enkripsi Data yang Baik 

Kamu bisa mendapatkan perlindungan keamanan yang tinggi berkat teknologi point to verify dan 2.048 bit token yang memiliki 256 enkripsi. 

Selain beberapa keunggulan tersebut, SSL Jagoan hosting juga memberikan kemudahan berupa proses validasi yang cepat, customer service (CS) yang handal, dan one stop digital infrastructure system. 

Pilihan Paket SSL Jagoan Hosting 

hosting gratis SSL

Tersedia 3 (tiga) pilihan paket yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, yaitu:

1. Paket Single

Mulai dari Rp125.000 per tahun dengan beberapa fitur unggulan seperti domain validation, tanpa syarat, garansi keamanan 250.000 USD, dan securing domain or subdomain with 1 host only. 

2. Wildcard 

Mulai dari Rp1.500.000 per tahun dengan beberapa fitur unggulan seperti domain validation, tanpa syarat, garansi keamanan 250.000 USD, dan secure multiple host on multiple server (unlimited host on domain). 

3. Business 

Mulai dari Rp3.000.000 per tahun dengan beberapa fitur unggulan seperti Extended Validation, persyaratan NIB / AHU, garansi keamanan 1.000.000 USD, dan securing domain or subdomain with 1 host only. 

Cara Pasang SSL Comodo di cPanel

Setelah membeli produk Comodo SSL di Jagoan Hosting, kamu perlu tahu bagaimana cara install SSL Comodo di cPanel. Langkah instalasi ini baru bisa kamu lakukan setelah mendapatkan certificate SSL (CRT) dari Jagoan Hosting. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Microservices? Kelebihan, dan Karakteristik

Berikut adalah cara lengkapnya: 

  1. Langkah pertama, silahkan login ke dalam cPanel. Setelah itu, pilih opsi menu SSL atau TLS
  2. Kemudian silahkan masuk ke menu Certificates (CRT)
  3. Setelah itu, masukkan kode CRT yang sudah kamu dapatkan via email atau member area. Copy kode CRT tersebut ke dalam kolom cPanel certificate. 
  4. Jika sudah, kembali ke halaman SSL dan klik opsi menu Install and manage SSL for your site (HTTPS).
  5. Kemudian silahkan pilih nama domain yang sudah memiliki CRT baru setelah itu klik Autofill by Domain.
  6. Jangan lupa juga untuk mengcopy CA Certificate yang ada di member area ke bagian bagian CA session di cPanel.
  7. Setelah itu, kamu bisa coba untuk mengakses website dengan https contoh https://namadomain.com.
  8. Kalau website belum bisa terakses https, maka kamu bisa menghapus file index.php yang ada di cPanel.
  9. Selain itu, untuk mengecek apakah SSL sudah aktif, kamu juga bisa mengeceknya di https://www.sslshopper.com/ssl-checker.html dan masukkan nama domain yang kamu pakai.
  10. Selesai! Jika kamu mengalami kendala, silahkan hubungi tim CS Jagoan Hosting saja.
beli SSL

Sekarang kamu sudah tahu kan mengenai Comodo SSL? Mengingat betapa pentingnya jenis SSL ini untuk website, maka pastikan kamu segera mendapatkan SSL terbaik di Jagoan Hosting. Jadi tunggu apalagi? Dapatkan Comodo SSL terjangkau dan terbaik di Jagoan Hosting sekarang juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
hacker adalah
Read More
Apa itu Hacker? Pengertian, Jenis & Cara Menghindarinya
Hacker adalah satu istilah yang pasti pernah kamu dengar selama ini. Dalam kehidupan masyarakat sendiri, sebutan hacker kerap…
aplikasi mockup
Read More
17+ Opsi Aplikasi Mockup untuk Desain Website di 2024
Aplikasi mockup website banyak dibutuhkan oleh web developer untuk membantunya merancang sebuah konsep dalam pengembangan sebuah website. Mengingat…