Cari SSL Gratis? Ini 10+ Cara Mendapatkannya

ssl gratis

Untuk menjamin keamanan, SSL merupakan hal yang wajib untuk suatu website. Menariknya, sekarang ini ada banyak cara untuk mendapatkan SSL gratis.

Dengan adanya SSL, maka website akan dikenali sebagai situs yang aman, sehingga pengguna internet pun tidak akan ragu untuk mengunjunginya.

Nah, ayo, Sob, langsung saja kita simak bagaimana cara untuk mendapatkan SSL secara gratis.

Apa itu SSL Gratis?

Bagi orang yang telah menggeluti dunia website, SSL bukan lagi istilah yang asing. Namun, bagi pemula yang baru terjun istilah SSL bisa mendatangkan tanda tanya.

SSL (Secure Socket Layer) merupakan suatu protokol internet yang berfungsi mengamankan pertukaran data yang berlangsung antara browser pengguna dan website.

SSL meningkatkan keamanan website dari serangan, sehingga informasi dalam web dapat terjaga.

Selain mengamankan website, penggunaan SSL dapat meningkatkan ranking web pada hasil pencarian. Inilah mengapa pemilik website berbondong-bondong menggunakan SSL.

Terdapat dua jenis SSL yang bisa kamu pakai, yaitu gratis dan berbayar. Fungsi keduanya sama saja untuk memberikan perlindungan website.

Sesuai namanya, SSL gratis tidak memungut biaya apapun bagi penggunanya. Layanan ini memudahkan semua web untuk memiliki sistem keamanan yang terpercaya.

Cara Mendapatkan SSL Gratis

Tahu belum, nih, Sob? Ada banyak layanan yang menyediakan sertifikat SSL gratis.

Jadi, kamu bisa menambahkan perlindungan untuk website tanpa perlu menyiapkan anggaran tersendiri. Dengan begitu, penggunaan biaya bisa lebih hemat.

Berikut beberapa penyedia layanan SSL secara gratis:

1. Let’s Encrypt

Let’s Encrypt merupakan sebuah Certificate Authority (CA) yang bertujuan menyediakan sertifikat SSL secara gratis bagi siapa saja. Penyedia SSL ini didirikan oleh Linux Foundation.

Cek Konten Lainnya:
Social Engineering, Ini Pengertian dan Cara Pencegahannya

Sertifikat dari Let’s Encrypt memiliki masa berlaku selama tiga bulan. Namun, kamu tidak perlu khawatir lupa memperbarui karena sudah terpasang fitur auto renew.

Let’s Encrypt menyediakan sertifikat yang kompatibel pada berbagai jenis browser. Selain itu, kamu bisa mendapatkan SSL dari Let’s Encrypt dengan sangat mudah.

2. Get HTTPS for Free

Seperti namanya, situs ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan SSL tanpa pungutan biaya sama sekali. Namun, layanan dari Get HTTPS for Free lebih cocok untuk kamu yang terbiasa dengan generate CSR (Certificate Signing Request).

Dengan kata lain, kamu perlu melalui proses aktivasi secara manual untuk mendapatkan SSL dari penyedia yang satu ini.

Hal ini menyebabkan Get HTTPS for Free kurang cocok untuk pemula. Apalagi, tampilan dari situsnya juga kurang user friendly.

3. Sectigo

Perusahaan CA kenamaan ini dulunya bernama Comodo SSL CA. Sectigo banyak dipilih oleh pemilik website berkat produknya yang lengkap dan mampu memberikan keamanan tingkat tinggi.

SSL dari Jagoan Hosting

Apalagi, produk SSL dari Sectigo bisa kamu dapatkan secara gratis. Meskipun ada masa berlakunya, yaitu 30 hari. Kalau kamu tertarik untuk menggunakan Comodo SSL Sectigo, Jagoan Hosting punya layanan SSL Murah Indonesia dengan harga mulai 125rb/tahun.

4. cPanel Free SSL

Bagi kamu yang menggunakan manajemen sistem berupa cPanel, maka kamu bisa menggunakan layanan free SSL yang sudah tersedia. Apabila mengaktifkannya, maka kamu tidak perlu lagi membeli atau mencari dari penyedia SSL lain.

Cara memasang SSL gratis di cPanel juga tidak sulit. Pertama-tama, kamu perlu membuka halaman dashboard cPanel. Kemudian, pilih fitur SSL/TLS Status, lalu jalankan AutoSSL.

Fitur SSL dari cPanel menggunakan layanan dari Sectigo dalam pengaturan default. Jika ingin menggunakan layanan dari penyedia SSL lain, maka kamu tinggal mengubah pengaturannya.

5. SSL for Free

Menggunakan CA dari Let’s Encrypt, penyedia sertifikat SSL yang satu ini menawarkan berbagai fitur terbaik dan pemakaian tanpa pungutan biaya.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu User Interface (UI)? Fungsi dan Karakteristik

Menariknya lagi, sertifikat SSL dari penyedia yang satu ini dapat bekerja pada semua browser utama.

Namun, sama seperti penyedia SSL secara gratis lainnya, SSL dari CA ini hanya valid selama 3 bulan. Jadi, tiap 3 bulan sekali kamu harus memperbarui SSL.

6. Basic SSL

Basic SSL menyediakan sertifikat SSL yang bisa kamu gunakan secara gratis selama masa trial 90 hari. Setelah melewati kurun waktu tersebut, kamu perlu membayar biaya langganan untuk terus menikmati layanannya.

Menariknya, layanan dari Basic SSL diklaim kompatibel dengan 99% browser. Selain itu, SSL dari penyedia ini telah memiliki dukungan seluler penuh.

Keunggulan lainnya terletak pada kemudahan proses validasi. Kamu bisa mengaktifkan sertifikat SSL dari Basic SSL dalam hitungan menit.

7. GeoTrust

GeoTrust menawarkan berbagai jenis SSL yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Selain itu, layanan SSL dari penyedia ini sudah termasuk validasi nama domain.

Jika kamu mencari layanan SSL yang pemasangannya mudah dan proses penerbitan sertifikat cepat, maka GeoTrust bisa menjadi pilihan tepat.

Apalagi, SSL dari GeoTrust berbagai dengan browser populer dan perangkat mobile.

8. Hosting Gratis SSL

Opsi yang banyak dipilih untuk mendapatkan sertifikat SSL yaitu dengan menggunakan layanan hosting yang telah menyediakan SSL secara gratis.

Layanan hosting dari Jagoan Hosting menyediakan berbagai infrastruktur yang website kamu butuhkan, termasuk SSL.

Jadi, kamu sudah bisa mendapatkan SSL gratis dengan cara memakai layanan dari Jagoan Hosting. Tidak perlu lagi repot memilih-milih penyedia sertifikat SSL.

Berikut beberapa layanan dari Jagoan Hosting yang sudah mencakup free SSL:

Unlimited Hosting

hosting gratis SSL

Layanan unlimited hosting dapat kamu nikmati dengan harga mulai dari Rp15.000 per bulan. Layanan ini sudah termasuk SSL Grade-A, unlimited inodes, unlimited bandwidth, unlimited database, serta unlimited domain & subdomain.

Terdapat dua paket unlimited hosting, yaitu paket Idol dan Superstar. Kedua paket ini memiliki spesifikasi yang disesuaikan dengan estimasi pengunjung per bulan. Jadi, kamu bisa memilih paket berdasarkan traffic web milikmu.

Cek Konten Lainnya:
Tingkat Keamanan Data di Indonesia

Dapatkan Hosting Murah Unlimited dengan Gratis SSL Sekarang!

Dedicated Hosting

dedicated hosting

Jika kamu ingin hosting yang mendukung performa tinggi dan stabil, maka layanan Dedicated Hosting Murah bisa menjadi pilihan yang lebih tepat.

Dengan harga mulai dari Rp200.000 per bulan, Jagoan Hosting menyediakan server dengan spesifikasi terbaik dan infrastruktur lengkap untuk mendukung bisnis kamu.

Cloud Hosting MixMatch

harga cloud hosting

Layanan yang satu ini merupakan pilihan ideal untuk kamu yang ingin mengotak-atik sendiri spesifikasi hosting. Mulai dari disk space, CPU speed, dan physical memory, bisa kamu tentukan sendiri kapasitasnya.

Cloud Hosting MixMatch dari Jagoan Hosting sudah menyediakan premium SSL dan berbagai infrastruktur lain, seperti unlimited inodes dan unlimited database.

Untuk menikmati layanan ini, kamu hanya perlu membayar mulai dari Rp90.000 per bulan di Cloud Hosting Indonesia dari Jagoan Hosting.

Cara Memasang SSL Gratis

Semua layanan hosting dari Jagoan Hosting sudah termasuk free SSL, ya, Sob. Fitur free SSL ini juga akan aktif secara otomatis, maksimal dalam waktu 2 x 24 jam.

Meskipun aktivasi otomatis sudah ada dalam pengaturan default, kamu juga bisa mempercepat prosesnya dengan aktivasi sendiri. Berikut caranya:

  • Masuk ke halaman cPanel Hosting dengan cara login melalui Member Area.
  • Pilih menu SSL/TLS Status.
  • Pada halaman berikutnya, kamu dapat melihat daftar domain serta status aktivasi SSL.
  • Untuk mengaktifkan SSL, bubuhkan tanda centang pada kotak di sebelah kiri Domain atau Sub Domain.
  • Selanjutnya, klik Run Auto SSL untuk menyelesaikan aktivasi.

Itulah pengenalan SSL gratis dan cara mendapatkannya. Biar lebih mudah, memang ada baiknya menggunakan SSL dari layanan hosting yang kredibel seperti di Jagoan Hosting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
web API
Read More
Apa itu API? Jenis, Fungsi & Contohnya
Application Programming Interface atau API adalah suatu penghubung antara server dengan aplikasi. Bagi para developer, API memiliki peran…
framework front end
Read More
Framework untuk Front End Terbaik 2024 & Tips Memilih
Ingin membangun website menjadi lebih menarik secara visual? Ada salah satu alat yang bisa kamu gunakan tanpa menyita…