Apa itu IP Public? Fungsi dan Bedanya dengan IP Private

ip public

Alamat IP atau IP address adalah tanda angka unik yang diberikan pada setiap perangkat di Internet. Alamat IP dapat bersifat publik atau IP public dan bersifat pribadi (IP private).

Baik public maupun privat, kamu perlu mengetahuinya. Tujuannya agar kegiatanmu selama berselancar di internet bisa tetap aman, Sob.

Apa Itu IP Public?

Alamat IP publik adalah alamat IP yang berfungsi untuk mengakses Internet. Alamat IP publik disediakan oleh penyedia layanan internet (ISP) dan diberikan kepada router. Artinya, ini adalah alamat IP unik di Internet.

Mesin dan situs web lain menggunakan alamat IP publik untuk mengidentifikasi dan berkomunikasi dengan perangkat yang terhubung ke jaringan area lokal. Alamat IP publik memastikan situs web, email, dan konten online lainnya dapat berfungsi.

Alamat IP publik memungkinkan pengguna mengkonfigurasi server (VPN, FTP), memberikan akses jarak jauh ke mesin, dan lainnya.

Biasanya, perlu langkah-langkah keamanan tambahan saat menggunakan alamat IP publik untuk menyediakan layanan di internet. Langkah keamanan tersebut melibatkan penggunaan firewall untuk menutup port dan memisahkan layanan publik dari LAN.

Jumlah alamat IP publik jauh lebih besar daripada jumlah alamat IP privat. Alasannya karena setiap jaringan di internet harus memiliki alamat IP publik yang unik.

Sebuah alamat IP dapat menunjukkan penyedia layanan internet mana yang kamu gunakan dan kecepatan internet kamu. Alamat IP juga mengungkapkan informasi tentang lokasi, bisa menunjukkan negara, kota, atau wilayah pos. 

Harga IP Public

Harga untuk mendapatkan alamat IP publik sangat bervariasi tergantung pada penyedia layanan internet atau penyedia hosting yang kamu pilih. Pada umumnya, mendapatkan alamat IP publik dapat termasuk dalam paket layanan internet atau hosting tertentu.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Widget? Contoh, Fungsinya di Android & Wordpress

Kalau kamu menggunakan layanan internet untuk rumah atau bisnis, biasanya penyedia layanan internet (ISP) akan memberikan satu paket langganan. Di dalamnya memuat beberapa alamat IP publik sebagai bagian dari paket langganan. 

Sementara itu, kalau kamu butuh alamat IP publik tambahan, penyedia hosting akan menawarkan opsi dengan harga yang bervariasi. Harganya bergantung pada faktor seperti kapasitas server, fitur tambahan, dan kebutuhan khusus lainnya.

Fungsi IP Public

Fungsi alamat IP publik sangat penting dalam mendukung komunikasi dan interaksi perangkat dengan internet. Berikut beberapa fungsi utama dari alamat IP publik:

  • Identitas Server

Alamat IP publik memberikan identifikasi yang unik dan global bagi perangkat yang terhubung ke internet. Hal ini memungkinkan perangkat untuk dikenali dan berkomunikasi dengan perangkat lain di seluruh dunia.

  • Komunikasi Antar Jaringan:

Alamat IP publik menjadi alat komunikasi antar jaringan. Dengan mengakses internet menggunakan IP publik, kamu sudah terhubung dengan jaringan lain dalam internet.

  • Routing dan Pengalihan

Melalui alamat IP public, data dari perangkatmu dikirim ke penyedia layanan Internet dan dirute kembali ke perangkatmu melalui jalur yang sesuai. Proses ini membantu dalam pengiriman data yang efisien.

  • Penentuan Layanan Internet dan Kecepatan

Alamat IP publik dapat memberikan informasi tentang penyedia layanan internet dan kecepatan koneksi internetmu, Sob! Manfaat ini bisa membantu dalam pengelolaan dan pemahaman performa koneksi internet.

Dengan fungsi-fungsi tersebut, alamat IP publik menjadi elemen penting dalam menyediakan konektivitas dan layanan Internet yang aman dan andal.

Perbedaan IP Private dan IP Public

Selain IP publik, terdapat juga IP privat atau pribadi. Lalu, apa perbedaan antara keduanya?

1. Ruang Lingkup (Scope)

Alamat IP publik memiliki ruang lingkup global. Artinya, server dengan IP publik bisa kamu akses melalui internet. Hal ini membuatnya sangat berguna untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara luas di seluruh dunia. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Copy.ai? Fitur Canggih, Harga & Cara Pakainya

Sebagai contoh, ketika kamu mengakses situs web dari perangkatmu, alamat IP publik berperan besar. IP publik memastikan bahwa konten yang kamu akses sampai dengan benar ke perangkatmu melalui internet.

Sementara itu, alamat IP pribadi memiliki ruang lingkup lokal. Artinya, alamat IP pribadi hanya relevan dan dapat diakses oleh perangkat lain dalam jaringan lokal tertentu.

Misalnya, dalam jaringan rumah atau kantor, perangkat-perangkat menggunakan alamat IP pribadi untuk berkomunikasi satu sama lain tanpa perlu terlibat langsung dengan internet.

2. Komunikasi

Alamat IP public adalah alamat IP untuk berkomunikasi melalui internet. Setiap kali kamu mengirim atau menerima data melalui internet, perangkat di seluruh dunia bisa mengenali dan berkomunikasi dengan perangkatmu.

Di samping itu, alamat IP private berfungsi untuk berkomunikasi dalam jaringan lokal. Perangkat-perangkat yang terhubung ke jaringan lokal ini dapat berinteraksi satu sama lain menggunakan alamat IP pribadi. Jadi, lingkungan komunikasinya internal saja.

3. Karakter Alamat IP

Alamat IP publik bersifat unik di seluruh dunia. Tidak ada dua perangkat yang dapat menggunakan alamat IP publik yang sama secara bersamaan. Hal ini memastikan identifikasi yang jelas dan unik di Internet.

Sementara itu, alamat IP pribadi dapat digunakan oleh lebih dari satu perangkat di berbagai jaringan lokal. Sebab, IP private bersifat terbatas pada lingkup lokal tertentu.

4. Sumber Alamat IP

Alamat IP publik diberikan oleh penyedia layanan internet (ISP) kepada perangkat di rumah atau bisnis. Proses ini melibatkan alokasi unik dari ISP agar perangkat tersebut dapat diidentifikasi secara global.

Sebaliknya, alamat IP privat diberikan oleh router lokal kepada setiap perangkat yang terhubung ke jaringan lokal. Hal ini menciptakan kebijakan pengalamatan yang berlaku hanya dalam lingkup jaringan lokal tersebut.

5. Rentang Angka

Alamat IP public dapat berupa apa pun selain dari rentang alamat IP privat. Setiap alamat yang tidak termasuk dalam rentang alamat IP pribadi dianggap sebagai alamat IP publik.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu OpenSID? Keunggulan dan Cara Install di cPanel

Adapun alamat IP pribadi terbatas pada rentang tertentu yang telah ditetapkan untuk penggunaan di jaringan lokal. Contoh rentang alamat IP pribadi adalah 10.0.0.0 – 10.255.255.255, 172.16.0.0 – 172.31.255.255, dan 192.168.0.0 – 192.168.255.255.

6. Keamanan

Alamat IP publik memerlukan langkah-langkah keamanan tambahan karena dapat terpapar risiko serangan dari internet. Firewall dan tindakan keamanan lainnya diperlukan untuk melindungi perangkat yang menggunakan alamat IP publik.

Sementara itu, alamat IP pribadi cenderung lebih aman karena hanya terlihat dan dapat diakses di dalam jaringan lokal. Oleh karena itu, risiko serangan dari internet lebih rendah.

Itulah sejumlah perbedaan antara IP publik dan IP privat yang bisa kita cermati bersama.

Cara Cek IP Public

Ada beberapa cara untuk menemukan alamat IP publik. Berikut ini sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk cek IP publik.

1. Pakai Command Prompt

Buka Command Prompt dari menu Windows. Lalu, ketik “ipconfig” tanpa tanda kutip. Nah, cari bagian yang ada tulisan “IPv4 Address”. Deretan angka itu menunjukkan alamat IP publik, Sob!

2. Pakai Website

Ada banyak situs yang bisa kamu cek. Contohnya whatismyip.com dan ipsaya.com. Tinggal buka salah satunya. Selesai, alamat IP kamu langsung muncul di layar.

Cara mengecek IP publik ternyata mudah kan? Pada intinya, IP public merupakan identitas unik dari perangkatmu ketika sedang mengakses internet. 

Agar lebih mudah mencari dan menemukan perangkat lain, kamu bisa pakai IP publik. Namun, ingat ya kalau ada risikonya karena alamat IP kamu bisa diketahui banyak orang. Jadi, tetap jaga keamanan website dan aplikasimu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
digitalisasi arsip
Read More
Apa Itu Digitalisasi Arsip (e-Archive) dan 5 Manfaatnya
Arsip, kamu pasti sudah pernah mendengar kata ini kan, Sob? Arsip adalah dokumen-dokumen yang disimpan. Bisa berupa tulisan,…
keuntungan data digital
Read More
Inilah 5 Keuntungan Data Digital yang Nggak Kamu Duga
Keuntungan data digital – Sob, kamu pasti tahu kan pentingnya data bagi sebuah bisnis? Apalagi jika data tersebut…