Java Programmer Katanya nih, Sob, programmer adalah salah satu profesi bergengsi masa kini. Semakin majunya teknologi membuat posisi programmer menjadi salah satu profesi yang memiliki lapangan pekerjaan besar. Banyak banget pihak yang membutuhkan programmer di dalam timnya. Contohnya saja Jagoan Hosting yang memerlukan programmer handal agar bisa memberikan pelayanan domain, hosting dan VPS terbaik di Indonesia.

Nggak cuma perusahaan di bidang teknologi informasi aja yang butuh programmer. Perusahaan yang bergerak di bidang lain juga membutuhkan programmer. Bahkan, pihak pemerintahan pun juga membutuhkan posisi ini. Apalagi dengan sistem kerja yang sudah menerapkan prinsip interprofessional working. Orang-orang IT bisa berkolaborasi dengan orang-orang dari bidang lainnya untuk mencapai tujuan tertentu.

Apa itu Java Programmer?

informasi java programmer
gambar dari unsplash

Di awal kita sudah sedikit membahas tentang peluang sebagai programmer. Sekarang kita akan membahas lebih lanjut tentang apa itu programmer. Lebih spesifiknya, kita akan membahas tentang java programmer. Programmer khusus untuk bahasa pemrograman Java.

Jadi, sebenarnya apa itu programmer? Programmer atau yang juga sering disebut developer adalah orang yang mengembangkan suatu perangkat. Bisa berupa website, aplikasi, maupun jenis perangkat lunak lainnya. Hasil karya para programmer ini pasti sudah akrab dalam kehidupan kamu. Contohnya adalah website yang saat ini sedang kamu buka.

Lalu, apa yang membedakan Java programmer dengan programmer lainnya? Java programmer fokus menggunakan bahasa pemrograman Java. Salah satu bahasa pemrograman utama yang multifungsi. Profesi ini dituntut untuk meng-handle tugas-tugas yang menggunakan bahasa pemrograman Java.

Mengenal bahasa pemrograman Java

Java adalah bahasa pemrograman yang merupakan turunan dari bahasa pemrograman C dan C++. Bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh James Gosling pada tahun 1991 lalu. Sampai saat ini, bahasa pemrograman ini masih sangat sering dipakai karena kemudahan dan kebermanfaatannya. Seperti slogannya, “write once, run anywhere”. Kamu hanya perlu menulis satu kali dan lakukan running Java dimanapun.

Kualifikasi profesi ini

Untuk bisa menjadi seorang Java programmer, kamu perlu memenuhi kualifikasi ini:

  1. Memiliki latar belakang di bidang teknologi informasi dengan tingkat minimal sarjana
  2. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik
  3. Memahami ilmu tentang komputer dan perangkatnya
  4. Memiliki kemampuan teknik desain
  5. Memiliki expertise dalam bahasa pemrograman Java

Selain kualifikasi di atas, kamu juga wajib memiliki sikap dan kepribadian ini:

  1. Memiliki keinginan untuk terus belajar
  2. Mampu memecahkan masalah
  3. Mampu melakukan analisis secara mendalam
  4. Bisa bekerja secara mandiri maupun kelompok

Apakah sudah cukup? Oh, tidak… Ada beberapa keterampilan lain yang perlu kamu miliki. Dilansir dari laman perencanaan karier, beberapa keterampilan ini diperlukan oleh Java programmer:

  1. Penalaran deduktif
  2. Penalaran induktif
  3. Penalaran matematika
  4. Pemahaman tertulis
  5. Kedalaman persepsi

Eits, coba intip dulu gajinya!

Tertarik menjadi Java programmer? Konon katanya, gaji programmer termasuk gaji yang besar. Tingkat besaran gaji bulanannya bisa dikatakan menjanjikan. Bahkan, ada yang bilang kalau gaji programmer bisa tiga digit! WAH! Gimana tuh rasanya punya gaji di atas 100 juta rupiah?

Eits, tapi tunggu dulu… Ayo kita coba intip dulu besar gaji profesi ini. Apakah profesi ini benar-benar bisa menjadi sumber penghasilan yang menguntungkan atau nggak. Yuk, kita lihat kisaran gajinya!

Secara umum gaji para programmer hampir sama. Nggak ada perbedaan yang signifikan antara satu jenis programmer dengan programmer lainnya. Jadi, sebenarnya gaji seorang Java programmer bisa disamakan dengan gaji programmer-programmer lain. Gaji mereka sangat ditentukan oleh pengalaman kerja dan skala perusahaannya.

Gaji rata-rata para junior programmer berkisar dalam rentang 3 – 9 juta. Ini untuk ukuran junior programmer di perusahaan kecil hingga menengah. Kalau kamu bisa menjadi programmer di perusahaan besar, kamu bisa mendapatkan gaji belasan juta dalam sebulan. Gaji ini akan semakin meningkat ketika pengalamannya sudah lebih banyak. Ketika kamu berhasil menjadi senior programmer, di perusahaan besar, kamu bisa mendapatkan gaji hingga 120 juta per bulan! Namun, gaji yang besar seimbang dengan beban kerja yang diberikan.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like