Cara Membuat Aplikasi Android Sendiri, Mudah untuk Pemula!

cara membuat aplikasi android

Pasti kamu sering bertanya-tanya bagaimana suatu aplikasi bisa diciptakan dan beroperasi secara sempurna. Sebenarnya, cara membuat aplikasi tidak rumit bagi programmer yang sudah lama terjun dalam bidang IT, Sob.

Nah, jika kamu pemula dan penasaran bagaimana cara membuat aplikasi, kamu bisa mewujudkannya hanya dengan beberapa langkah mudah di bawah ini. Yuk, simak penjelasannya dalam artikel berikut!

Cara Membuat Aplikasi

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luang. Salah satunya dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini. Langkah-langkahnya dijamin gampang sehingga kamu sebagai pemula pun dapat melakukannya. Yuk, langsung aja kita bahas!

1. Membuat konsep aplikasi

Langkah pertama sebagai cara membuat aplikasi Android adalah tentukan A-Z yang harus dilakukan untuk aplikasimu dan apa saja kegunaannya. Pikirkan juga kontribusi dari aplikasimu untuk masyarakat seperti apa.

Lakukan langkah ini dengan memberikan presentasi terbaik yang solid dan matang. Pikirkan juga berbagai masalah yang timbul serta cara menghadapinya. Dengan begitu, aplikasi yang akan kamu buat akan terkonsep dengan sempurna.

2. Melakukan riset mendalam

Melakukan riset mendalam terhadap ide-ide yang ada dalam pikiranmu mengenai aplikasi yang akan dibuat merupakan cara membuat aplikasi sendiri selanjutnya. Dengarkan berbagai pendapat dari orang sekitar, nilai aplikasi kompetitor, dan lakukan survey. Ini dapat menjadi pondasi dari aplikasi buatanmu.

3. Menyusun storyboard

Setelah melakukan langkah-langkah cara membuat aplikasi sendiri, sekarang saatnya untuk mulai merakit! Dalam langkah ini, kamu bisa memulai mendesain hasil konsep yang sudah kamu pikirkan dengan matang. Pastikan kamu membuatnya sejelas mungkin dan seteliti mungkin ya, Sob! Karena jika tidak, mungkin orang kurang tertarik dengan aplikasi buatanmu.

Cek Konten Lainnya:
Inilah Perbedaan Java dan Javascript yang Perlu Diketahui

4. Eksekusi Back end dan Wireframe

Apa sih back end itu? Back end adalah belakang panggung dari berbagai aplikasi yang sedang kamu buat. Dalam tahap cara membuat aplikasi sendiri ini, kamu membutuhkan tempat untuk menyimpan banyak data.

Namun jangan khawatir, Jagoan Hosting punya solusinya. Dengan VPS Cloud dari Jagoan Hosting, kamu bisa menyimpan berbagai data untuk aplikasi buatanmu itu, lho!

5. Melakukan uji coba aplikasi

Bagaimana cara membuat aplikasi selanjutnya? Jika kamu sudah sampai pada tahap ini, maka sesungguhnya aplikasimu sudah bisa ditawarkan, Sob. Tapi, ada baiknya kamu melakukan uji coba terlebih dahulu dengan menawarkannya kepada rekanmu dan meminta kritik saran dari mereka.

Ini bertujuan supaya kamu dapat mengetahui kekurangan dan masalah yang terjadi atau akan timbul dalam aplikasi buatanmu.

Baca juga: 5 Aplikasi Belajar Jadi Developer Mobile Apps

6. Membuat desain tampilan

Setelah uji cobanya selesai, saatnya melanjutkan ke langkah cara membuat aplikasi Android berikutnya. Garda terdepan dari aplikasimu nantinya adalah tampilan interface yang menarik. Nah, inilah saatnya untuk mendesain tampilan tersebut. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan feedback dari calon pengguna dan orang sekitarmu, ya!

7. Uji coba konektivitas user interface dan back end

Lakukan kembali uji coba untuk aplikasimu dengan tujuan berbeda. Cara membuat aplikasi Android ini bertujuan guna mengetes keberhasilan back end terhadap tampilan interface aplikasimu.

Kamu juga bisa menilai apakah aplikasimu akan menghabiskan banyak daya atau tidak. Setelah itu, jangan lupa memperbaiki jika ada kesalahan, ya!

8. Lakukan beta testing

Menuju langkah terakhir dalam cara membuat aplikasi Android, kamu sudah bisa melakukan beta testing untuk melihat apakah aplikasimu diterima oleh banyak orang atau tidak. Kamu harus pintar menyaring pendapat mereka untuk hasil aplikasi yang lebih sempurna karena pasti akan terdapat banyak pro dan kontra di dalamnya.

Cek Konten Lainnya:
Siapa Bilang Membosankan? Yuk Intip Serunya Sekolah Online Selama Pandemi!

9. Launch aplikasinya!

Setelah semua langkah cara membuat aplikasi Android di HP selesai, kamu bisa merilisnya! Meskipun tentu masih banyak yang harus diperbaiki dan di-update, namun setidaknya aplikasimu telah selesai dan siap didistribusikan, Sob!

Rekomendasi Tools untuk Membuat Aplikasi

Dengan berbagai cara membuat aplikasi sendiri yang sudah dijelaskan di atas, kamu juga bisa lho membuatnya secara online tanpa perlu mengunduh software tertentu. Berikut adalah beberapa rekomendasi tools untuk membuat aplikasi Android yang patut kamu coba!

1. Swiftic

Jika kamu ingin membuka sebuah aplikasi untuk e-commerce, maka kamu bisa melakukan cara membuat aplikasi Android dengan Swiftic. Tools yang mereka tawarkan sangat cocok untuk hal tersebut dan kamu juga bisa membuat katalog produk, opsi pemesanan dan pembayaran, serta masih banyak lagi.

Dalam Swiftic, kamu dapat langsung tersambung dengan Shopify dan WooCommerce yang memudahkan kamu untuk mengembangkan aplikasimu.

2. Appy Pie

Appy Pie merupakan tempat yang recommended bagi para pemula. Kamu bisa menjalankan cara membuat aplikasi tanpa coding, karena semuanya bisa kamu lakukan dengan fitur-fitur yang mereka tawarkan.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa memodifikasi aplikasimu dari yang awalnya untuk Android saja, menjadi dapat digunakan di iOS juga, lho. Tanpa perlu repot, kamu pun bisa mendesain ikon, header, dan keperluan desain lainnya untuk aplikasimu di sini.

3. Appery

Jika kamu ingin membuat aplikasi secara kolaborasi tim, maka Appery adalah solusinya. Kamu bisa membagikan dan bekerja sama dengan mudah bersama real time partner yang sudah kamu pilih.

Tools ini sangat cocok untuk semua kalangan, mulai dari pemula sampai yang sudah paham coding. Kamu bisa mengedit tampilan aplikasimu menjadi HTML, Java, dan kode-kode lainnya.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Local Host? Definisi, Contoh dan Fungsinya

Baca juga: 5 Kantor Developer Aplikasi Terbesar di Indonesia, Kenalan Yuk!

4. BiznessApps

Kamu butuh aplikasi untuk bisnis kecil-kecilanmu? Jangan khawatir, kamu bisa mengikuti cara membuat aplikasi Android dengan BiznessApps. Mereka telah menciptakan berbagai template, sehingga kamu tidak perlu membangun aplikasi Android kamu dari nol.

Tools yang ditawarkan juga cukup mudah, terlebih dengan sistem manajemen konten yang ramah digunakan, sehingga tidak akan membuatmu kesulitan.

5. GameSalad

Selanjutnya, kamu bisa melakukan cara membuat aplikasi tanpa coding untuk mewujudkan game impianmu. Tanpa perlu ribet, kamu bisa menggunakan berbagai tools yang telah disediakan sehingga cocok buat para pemula.

Kelebihan dari tools ini adalah kamu bisa memasukkan game ciptaanmu dalam forum sehingga akan diberikan banyak masukan oleh anggotanya.

Nah Sob, itu dia beberapa cara membuat aplikasi yang perlu kamu perhatikan sebagai pemula. Pastikan setiap rancangan sudah disusun dengan detail, ya!

Dalam pembuatan aplikasi, tentu kamu membutuhkan berbagai wadah untuk menyimpan data sebagai server untuk aplikasimu, maka kamu bisa mencoba VPS dari Jagoan Hosting, yang tersedia mulai harga 80rb/bulan, kamu sudah bisa berlangganan. Tenang aja, Sob! Kita jamin bahwa yang kamu dapatkan itu worth it sesuai yang kamu bayarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
web service
Read More
Apa itu Web Service? Pengertian, Fungsi, Cara Kerja & Contoh
Web Service adalah sebuah aplikasi terintegrasi yang terdiri atas perangkat lunak (software) dan juga basis data (database). Aplikasi…
brainware
Read More
Apa itu Brainware? Fungsi, Jenis & Contoh
Di samping hardware dan software, brainware adalah salah satu bagian dari komponen komputer yang tidak dapat dipisahkan. Meski…