Kenapa Programmer Startup Laku Keras? Simak Jawabannya!

programmer startup
Photo by Peter Gombos on Unsplash

Nyadar nggak kalau jadi programmer sekarang jadi impian hampir semua orang? Padahal dulu dianggap sebelah mata, kini programmer startup laku keras dan bersaing dengan pekerjaan bergengsi lain, Sob!

Nggak heran jika peminat jurusan sistem informatika maupun teknik informatika kini berbondong-bondong mencoba peruntungan di bidang startup. Tentunya juga diikuti dengan pelatihan skill programming yang sudah bisa kamu temukan dimana-mana.

Nah penasaran nggak kenapa kok lowongan pekerjaan yang satu ini menjadi primadona dimana-mana? Jagoan Hosting sebagai penyedia cloud hosting terbaik di Indonesia bakal menjawab rasa penasaran kamu di bawah ini! Bisa jadi pertimbangan untuk maju sebagai programmer startup, nih!

1. Lagi naik daun, butuh programmer startup yang handal

Istilah entrepreneurship rasanya sudah menjadi motto para millennials! “Daripada kerja dengan orang, lebih baik bikin lapangan kerja sendiri!” Semangat ini yang mendorong banyak masyarakat Indonesia mulai mencari peluang usaha yang bisa digapai.

Startup menawarkan potensi usaha berbasis digital yang sebelumnya belum ada di Indonesia. Bimbingan belajar? Banyak. Yang online? Tentu terbatas! Inilah alasan lahirnya Ruang Guru dan Pahamify. Belum lagi ojek online yang bisa diintegrasikan dengan pembelian makanan secara online langsung dari satu aplikasi.

Satu jenis usaha, 2 cara berbeda. Aplikasi menawarkan ruang kosong yang bisa diisi. Nggak heran kan programmer startup dikejar habis-habisan, Sob!

Cek Konten Lainnya:
Darimana Sebaiknya Mulai Berbisnis?

2. Digitalisasi dunia sedang naik-naiknya, otomatis programmer startup banyak dicari

Nggak cuma usaha, tapi semua bidang sedang dituntut untuk meningkatkan digitalisasi, Sob! Mulai dari administrasi pemerintahan hingga institusi pendidikan.

Sudah rahasia umum jika tampilan banyak website atau aplikasi instansi pemerintah cukup ‘jadul’. Talenta-talenta muda yang fresh dan menguasai sebagai programmer startup tentunya bakal dilirik juga. Nggak jarang lho instansi pemerintah juga mengeluarkan lingkungan kerja yang mirip startup, lho!

3. Informasi menyebar cepat sehingga tren dunia muncul di Indonesia

programmer startup

Semua hype ini tentu berasal dari Silicon Valley, tempat inovasi terkemuka dunia khususnya dalam bidang startup. Google, Apple, hingga banyak startup lain yang sudah menginfiltrasi seluruh lapisan keseharian masyarakat Indonesia, ya nggak?

Kalau sudah begini, tentunya generasi muda seperti kamu nggak berhenti diam saja sebagai konsumen. Mempelajari algoritma program tentu menggiurkan dan ternyata terbukti mampu membuka lowongan pekerjaan yang sebelumnya tidak pernah dilirik!

4. Programming dapat dipelajari oleh siapapun tanpa harus memiliki gelar spesialis tertentu

Memang sih, kamu yang lulus dari jurusan sistem informasi maupun teknik informasi tentu memiliki keunggulan lebih seperti dalam manajemen proyek maupun infrastruktur dan hardware. Tapi kamu juga bisa mempelajari dasar programming untuk menjadi programmer startup!

Banyak banget kursus yang tersedia di internet, dari yang basic sampai advance. Bagaimanapun juga, experience adalah valuasi terbaik dari diri kamu! Jadi kamu jangan berkecil hati dulu jika tidak lulus dari jurusan informatika, ya!

5. Startup membutuhkan jack of all trades, banyak skill lebih baik daripada 1 spesialisasi saja

Dan akhirnya, programmer startup nggak cuma asal coding aja. Tapi juga mempersiapkan desain, manajemen pembuatan aplikasi, hingga mempelajari pola-pola user! Ini bukan ilmu yang dipelajari secara langsung, tetapi umumnya programmer startup minimal sudah mengetahui hal-hal dasar ini.

Cek Konten Lainnya:
9 Pertanyaan yang Ditanyakan Orang Sebelum Membuka Email

Meskipun tugas-tugas tersebut merupakan job description dari divisi berbeda, startup akan lebih mengapresiasi kamu yang bisa melakukan banyak hal daripada spesialisasi satu saja, lho!

Itulah 5 jawaban kenapa programmer startup lagi laku keras! Gimana, udah siap maju jadi programmer startup?

Jangan lupa, programmer startup juga harus bisa memaksimalkan budget namun tetap mendapatkan performa terbaik di website klien. Kamu bisa rekomendasikan berbagai pilihan hosting terbaik di Jagoan Hosting! Apalagi kini ada hosting Mix and Match yang bisa disesuaikan sesuai budget tanpa harus membeli storage atau bandwidth. Cek langsung kuy di sini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
karakter terkuat jujursu kaisen
Read More
7 Karakter Terkuat Jujutsu Kaisen, Spoiler FREE!
Welcome to the Jujutsu Kaisen World, Sobat Jagoan Hosting! Kali ini Mimin akan membagikan informasi seputar tujuh karakter…
segmentation targeting positioning 1
Read More
Berencana Membuka Bisnis Akhir-Akhir Ini? Jangan Terburu-Buru Sebelum Anda Melakukan Ini!
Pada artikel ini akan membahas strategi pemasaran, mengenai STP. Apa itu STP? STP adalah singkatan dari Segmentation, Targeting,…