Apa itu Cloud Storage? Contoh, Fungsi dan Cara Kerjanya

cloud storage

Saat ini sudah waktunya kamu beralih ke penggunaan cloud storage. Salah satu model penyimpanan modern yang mempunyai keunggulan dibandingkan dengan beberapa penyimpanan lain, flashdisk dan hardisk misalnya. 

Sebelum beralih ke penggunaannya, yuk simak penjelasan apa itu cloud storage, contohnya, fungsi, sampai dengan cara kerjanya. 

Pengertian Cloud Storage

Penyimpanan awan atau Cloud storage adalah sebuah layanan penyimpanan data yang bisa diakses kapan pun dan di mana pun, asalkan kamu terhubung ke jaringan internet, karena penyimpanan satu ini berbasis digital atau online. 

Adapun salah satu contoh cloud storage yang terkenal adalah Google Drive. Menariknya, kini sudah cukup banyak penyedia layanan penyimpanan awan, ada yang menawarkannya secara gratis dan ada juga yang berbayar. 

Sebagai pengguna, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, Sob. Penyimpanan satu ini tidak mempunyai bentuk fisiknya. Tidak bisa kita pungkiri bahwasanya layanan seperti ini adalah inovasi penyimpanan terbaik. 

Kamu bisa memaksimalkan penggunaannya, baik untuk menyimpan file dalam bentuk dokumen, foto, video, dan yang lainnya. Data-data yang tersimpan di dalamnya bakalan masuk ke suatu server. 

Contoh Cloud Storage

Berikut ini adalah beberapa contoh cloud storage:

1. Google Drive

Google Drive merupakan salah satu layanan yang sangat terkenal. Tidak sedikit masyarakat kita yang menggunakannya. Ada banyak keunggulan Storage yang ditawarkan, salah satunya adalah kapasitas penyimpanan yang besar yakni 15 GB. 

Layanan tersebut bisa kamu gunakan dengan sangat mudah. Apalagi, layanannya yang sudah sinkron dengan berbagai produk Google yang lain loh. 

Pihak Google bahkan sudah bekerjasama dengan pihak Android, sehingga kamu tidak perlu download aplikasinya, karena sudah terpasang secara otomatis.

2. OneDrive

OneDrive adalah cloud storage yang ditawarkan oleh pihak Microsoft. Bagi yang menggunakan Windows 8 dan 10, maka bisa langsung menggunakannya. 

Selain ketiga contoh di atas, masih banyak contoh lainnya, seperti dropbox, box, copy, iCloud, Mega, dan yang lainnya.

Jenis Layanan Cloud Storage

Penyimpanan awan mempunyai model layanan yang berbeda, dan kamu bisa menyesuaikan layanannya dengan kebutuhan. Berikut ini adalah jenis-jenis cloud storage. 

1.  Personal Cloud Storage

Sesuai namanya, jenis penyimpanan awan ini merupakan layanan yang bisa digunakan untuk kepentingan individu. Pihak penyedia bakalan memberikan akses data, kapan pun dan di mana pun kamu mau.

Cek Konten Lainnya:
Nggak Mau Kalah Saing! Fitur Baru Facebook ini Bikin Makin Betah Main Sosmed

Ketika menggunakan personal cloud, kamu dapat mengontrolnya sendiri. Layanan tersebut memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mengakses, berbagai data-data, mulai dari dokumen, video, foto, dan yang lainnya. 

2. Public Cloud Storage

Public Cloud merupakan jenis layanan yang tergolong cukup terjangkau dibandingkan dengan jenis yang lain. 

Hal ini lantaran pihak providernya menyediakan data center yang akan mendukung para pelanggan menjalankan aplikasi di mana pun. 

Secara umum public cloud merupakan jenis layanan cloud computing di mana pihak penyedia layanan penyimpanan menyediakan akses ke infrastruktur cloud kepada publik secara umum. 

Maka dengan menggunakan jenis penyimpanan satu ini, kamu bisa mengakses berbagai macam layanan, mulai dari penyimpanan data-data, kemudian jaringan, hingga komputasi. 

Seluruh layanan tersebut bisa kamu akses dengan mengandalkan jaringan internet. Jenis satu ini bisa digunakan untuk berbagai kepentingan, baik kepentingan individu, organisasi, kelompok, atau bahkan bisnis. 

3. Private Cloud Storage

Jenis layanan satu ini bisa dihosting di bagian data center internal perusahaan, atau diinfrastruktur yang memang dikelola oleh pihak provider. Hal ini lantaran penyimpanan data, server, dan layanannya tidak dipublikasi, seperti public cloud. 

Penggunaan jenis layanan satu ini kerap menjadi pilihan perusahaan, yang notabenenya ingin mendapatkan kontrol penuh atas penyimpanan data-data yang mereka miliki, dan juga ingin mendapatkan akses pengelolaan penuh. 

Seperti perusahaan yang bergerak di bidang pertahanan, perusahaan finance, dan yang lainnya. Hal tersebut menjadi salah satu keunggulan dari jenis private cloud, loh. Dalam artian, keamanan yang ditawarkannya memang tingkat tinggi. 

4. Hybrid Cloud  Storage

Hybrid adalah penyimpanan yang menggabungkan antara dua jenis penyimpanan sebelumnya yakni public cloud dengan private cloud. 

Sesuai dengan namanya, jenis satu ini memungkinkan kamu buat menjalankan aplikasi dan juga menyimpan data-data di berbagai lingkungan cloud. 

Jenis yang satu ini mempunyai kemampuan yang sangat baik dalam memindahkan data, menghubungkan data, dan juga beban kerja di antara private cloud dan juga public cloud, sesuai kebutuhan.

Maka dapat disimpulkan, bahwasanya hybrid cloud mempunyai fleksibilitas penggunaan yang sangat baik, yang siap membantu kamu ketika ingin mengintegrasikan data-data sesuai kepentingan masing-masing. 

Misalnya nih, Sob ingin memilah-milah data, baik itu berdasarkan tanggal, jenis file, atau yang lainnya. 

Maka kamu bisa memasukkan data-data yang tergolong penting ke dalam private cloud, sementara data yang mungkin tidak begitu penting bisa kamu masukkan ke dalam public cloud. Gimana, menarik sekali bukan?

Fungsi Cloud Storage

Nah, sebenarnya apa saja fungsi cloud storage sendiri? Berikut merupakan beberapa fungsinya yang mesti kamu perhatikan: 

1. Pengarsipan Data

Fungsi pertama ialah sebagai wadah atau tempat mengarsipkan data-data penting yang kamu miliki. 

Pengarsipan data menggunakan layanan penyimpanan awan membuat para pengguna dapat menyimpan data-data dengan sangat mudah dan cepat. 

Bahkan, penggunaan layanan seperti ini membuat kamu tidak perlu lagi mengkhawatirkan data-data tersebut. 

Lanraran semua data-data yang tersimpan di dalamnya akan diarsipkan secara sempurna. Data-data tersebut tidak bakalan hilang, apalagi rusak. 

Semuanya aman terkendali. Kemampuannya untuk menyimpan data-data penting yang sangat baik menjadi nilai plus tersendiri, dan kerap menjadi salah satu alasan mengapa kamu mesti menggunakannya.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Chatbot? Cara Kerja, Contoh & Manfaatnya untuk Bisnis

2. Berbagi Data

Adapun fungsi yang kedua ialah untuk berbagi data. Kamu bisa berbagi data dengan mengandalkan jaringan internet, kapan pun, di mana pun, dan dengan siapa pun. 

Jadi, untuk berbagi data menggunakan layanan model ini, kamu sudah tidak perlu lagi menggunakan hard disk ataupun flash disk. Cara berbagi data dengan layanan awan juga tergolong mudah, waktu yang dibutuhkan juga relatif singkat, kok. 

Bahkan mungkin, tidak kalah mudah dan cepat daripada proses pengiriman yang mengandalkan hard disk dan flash disk.

3. Kolaborasi

Menariknya, selain berfungsi untuk berbagi data, layanan ini juga sekaligus memperbolehkan orang lain untuk mengubah data yang diterima. Dalam hal ini, si penerima bisa saja memberikan komentar, masukan, atau bahkan mengubah data.

Fungsi kolaborasi yang tersedia tentu sangat memudahkan para pengguna untuk mengerjakan project sesuai kebutuhan, baik itu yang melibatkan dua orang, tiga orang, atau lebih.

Kemampuan kolaborasinya juga membuat kamu bisa mendapatkan ide-ide, pendapat orang lain terhadap project yang tengah kamu kerjakan tanpa harus mengunjungi orang yang bersangkutan. 

Cukup atur email siapa saja orang yang bisa mengakses file tersebut, kemudian kirimkan link kepada pemilik email. Setelah itu, diskusi sudah bisa dimulai. Cukup mudah sekali, kan?

4. Pengontrol Data

Saat menggunakan layanan penyimpanan awan untuk bekerjasama atau berkolaborasi, maka akan ada paling tidak dua orang yang melakukan penyuntingan pada file. 

Nah, kamu bisa loh mengontrol data untuk memeriksa kira-kira bagian mana saja yang sudah diedit, dan kamu dapat memberikan catatan yang sekiranya dibutuhkan. 

Tenang saja, karena data terbaru masih tetap ada, dan catatan yang kamu ubah tetap tinggal, alias tidak hilang. Fungsi pengontrol data ini akan sangat menguntungkan bagi kamu yang melakukan kolaborasi dengan orang lain. 

Kelebihan Cloud Storage

Secara umum, terdapat beberapa kelebihan cloud storage dibandingkan dengan jenis penyimpanan lain. Berikut beberapa kelebihannya:

1.  Mudah dan Ringkas

Keberadaan layanan ini terbilang sangat memudahkan kepada para penggunanya. Lantaran memberikan akses kepada pengguna kapan pun dan di mana pun.  Baik itu ketika akan mengakses foto, video, file, atau yang lainnya.

Selain bisa mengakses file dengan mudah, penggunaannya juga membuat kamu bisa berbagi file dalam waktu yang relatif sangat singkat. 

2. Harga Terjangkau

Harga layanan penyimpanan ini masih cukup terjangkau. Hanya dengan modal puluhan ribu saja, kamu sudah bisa menikmati layanan penyimpanan awan loh, terlebih lagi jika menggunakan layanan dari JagoanHosting.

3. Hemat Ruang Penyimpanan

Dengan menggunakan layanan penyimpanan awan, maka kamu bisa menghemat ruang penyimpanan perangkat. Hal ini karena semua data-data yang ada di perangkat bisa kamu pindahkan ke penyimpanan awan. 

Kemudian, data-data dari perangkat bisa kamu hapus. Jika ingin mengaksesnya, kembali tinggal buka di penyimpanan yang kamu gunakan.

4. Ramah Lingkungan

Kelebihan lainnya ialah lebih ramah lingkungan daripada penggunaan flashdisk dan hardisk, yang notabenenya akan menjadi limbah ketika rusak. 

Cek Konten Lainnya:
Mengenal Two Factor Authentication (2FA) dan Pentingnya Aktivasi

5. Terjamin Aman

Bagian paling menarik dari layanan ini adalah jaminan keamanan yang kamu dapatkan. Data-data yang tersimpan di dalamnya akan tersimpan dengan baik, sehingga kamu tidak perlu khawatir. 

Cara Kerja Cloud Storage

Cara kerjanya tergolong simple ya. Kamu hanya perlu mengirim file ataupun data dengan menggunakan jaringan internet ke komputer, atau yang biasa kita kenal dengan server. 

Server tersebut dikelola dan disimpan di sebuah tempat, namanya data center. Umumnya, data yang kamu kirimkan bukan hanya tersimpan di data center saja, tapi juga tersimpan di beberapa data center yang ada di seluruh dunia. 

Dengan tujuan, untuk mengantisipasi jika terjadi kerusakan pada satu server. Setelah itu, kamu bisa mendownload dan membagikan file tersebut kepada siapapun. 

Dapatkan Cloud Storage Gratis 100Gb di Jagoan Hosting

cloud vps gratis 100gb

Dengan 100GB cloud storage ekstra, kamu dapat menyimpan lebih banyak file, mencadangkan data dengan aman, dan tetap fokus pada hal-hal yang penting.

Dapatkan akses eksklusif ke 100GB cloud storage gratis, tanpa perlu biaya tambahan, hanya dengan memilih paket Cloud VPS favoritmu di Jagoan Hosting. Nikmati kenyamanan, keamanan, dan fleksibilitas tanpa batas!

FAQ

Apa itu cloud storage di HP?

Cloud storage di HP merupakan layanan untuk menyimpan data di internet secara aman. 

Apakah penyimpanan awan aman?

Seluruh file, data-data, folder yang tersimpan di dalam penyimpanan awan sudah dienkripsi, sehingga membuatnya sulit buat diakses oleh cyber.

Itu artinya semua data-data kamu yang tersimpan di dalamnya aman, karena terlindungi dengan baik. 

Apa fungsi penyimpanan awan? 

Terdapat beberapa fungsi penyimpanan awan yakni sebagai pengarsipan data bagi kamu yang ingin menyimpan semua data-data ke dalamnya. 

Kemudian, bisa juga sebagai alternatif  berbagi data terbaik jika ingin mengirimkan data dengan mudah kepada siapa pun. Fungsi lainnya ialah untuk kolaborasi, dan mengontrol data. 

Apakah penyimpanan awan bisa dihapus?

Ya, penggunaan penyimpanan awan memungkinkan kamu untuk menghapus data yang sudah terunggah. Hal ini lantaran tersedia menu untuk menghapus data-data yang bisa kamu gunakan. 

Bahkan, masing-masing penyedia cloud menawarkan fitur-fitur tambahan yang menarik. Kamu bisa menggunakan fitur-fitur tersebut dengan baik, ya. 

Cloud gunanya untuk apa?

Adapun kegunaan cloud ialah menyimpan data, mengirimkan data, kolaborasi, dan pengontrol data. 

Apa Kelebihan Cloud Storage?

Ada beberapa kelebihan cloud storage. Pertama, sebagai penyimpanan yang sangat aman, karena file-file di dalamnya terenkripsi. Kelebihan kedua, sebagai penyimpanan yang ramah lingkungan, lantaran tidak ada bentuk fisiknya. 

Ketiga, mudah digunakan. Sementara kelebihan keempat ialah bisa menghemat ruang penyimpanan perangkat. Hal ini karena kamu bisa memindahkan file atau data-data ke cloud storage, kemudian menghapusnya dari perangkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cara mengecek keamanan website
Read More
Penting, Ini Cara Mengecek Keamanan Website!
Cara mengecek keamanan website — Kali Jagoan Hosting akan membagikan informasi yang penting banget buat kamu ketahui. Konon…
Cara Membuka File XML
Read More
Panduan Lengkap Cara Membuka File XML serta Kegunaannya
Ketika kamu sedang belajar coding, pasti akan sering memulai file dengan ekstensi XML. Nah sebenarnya apa itu file…