Keamanan data pribadi – Kemudahan penyimpanan data di cloud memang nggak perlu diragukan lagi. Karenanya kamu jadi bisa mengakses data di mana pun dan kapanpun tanpa perlu ribet bawa hardisk ataupun media penyimpanan lainnya. Tinggal nyalain koneksi internet aja, kamu sudah bisa berbagi file. Saking sudah nyaman dan berada di comfort zone, kamu jadi nggak memperhatikan lagi perlindungan data di dalamnya. 

Padahal, kamu harus tetap loh memantau data-datamu sebagai langkah proteksi yang ekstra. Untuk itu, beberapa tips praktis berikut bisa membantu kamu meningkatkan keamanan data pribadi di cloud. Simak ulasannya berikut ini ya!

keamanan data pribadi
Gambar dari unsplash

1. Gunakan kata sandi yang kuat

Sebagai benteng pertama dari para hacker jahat di luar sana, pastikan ya kalau kamu sudah memilih kata sandi yang nggak mudah ditebak. Gunakan kombinasi angka, huruf, dan simbol ya ketika membuat password. Pastikan juga untuk nggak menggunakan kata sandi yang sama dengan akun kamu yang lainnya. Mau yang lebih aman? Aktifkan autentikasi dua faktor kalau memang layanan cloud menyediakannya.

2. Enkripsi data sebelum upload ke cloud

Meskipun cloud provider memberikan layanan enkripsi data secara otomatis, nggak ada salahnya Sob, kamu lakukan enkripsi sebelum upload data ke cloud. Kamu pasti sudah memahami bahwa dengan enkripsi, data-datamu jadi lebih aman karena nggak semua orang dapat mengaksesnya. 

Sobat Jagoan, salah satu cara enkripsi yang bisa kamu lakukan adalah dengan men-convert file tersebut ke dalam Zip. Lalu, masukkan kata sandi yang nggak mudah ditebak. Setelah itu, baru kamu upload ke dalam cloud.

3. Jangan sembarangan menggunakan jaringan!

Sob, terkadang keamanan data pribadi kamu dipengaruhi dengan aktivitasmu saat online. Apalagi jika kamu sering menggunakan komputer atau WiFi publik. Misalnya, ketika kamu menggunakan komputer di tempat umum, jangan sampai lupa mengeluarkan semua akun yang terhubung setelah selesai menggunakannya. 

Atau ketika kamu menggunakan Wifi publik, hindari untuk membuka data di cloud. Sebab, jaringan tersebut biasanya nggak terenkripsi, Sob! Lewat WiFi publik, peretas biasanya akan memanfaatkan kesempatan itu untuk mencuri data-datamu lewat teknik Phising. Kamu bisa gunakan VPN Sob, agar lebih terlindungi.

4. Mengaktifkan fitur notifikasi

Sobat Jagoan, tips meningkatkan keamanan data pribadi kamu di cloud adalah dengan mengaktifkan fitur notif. Kamu, jadi tahu file apa saja yang baru di-upload, file yang dihapus, dan aktivitas lainnya. Meskipun agak merepotkan, langkah ini penting kamu terapkan untuk bisa mengontrol data cloud secara maksimal. Kamu jadi selalu tahu aktivitas atau perubahan apa saja yang terjadi. Nyalain fitur notifikasi di control panel sekarang juga ya, Sob!

5. Sering-sering cek akun yang terkoneksi

Pengguna yang bijak tentunya akan selalu memantau akun mana saja yang nggak memiliki akses ke layanan cloud. Kebanyakan penyedia cloud memberikanmu kemudahan untuk menyinkronkan file dari beberapa perangkat. Untuk itu, nonaktifkan perangkat lama yang sudah nggak kamu gunakan ya. 

Penyimpanan cloud memang memberikan kamu banyak kemudahan dalam menyimpan dan berbagi data. Namun, jangan sampai lengah ya hingga enggan memperhatikan segala keamanan data kamu. Sama halnya dengan memilih jodoh, pilihlah cloud provider yang memiliki tujuan yang sama denganmu. Pilih provider yang memprioritaskan keamanan data kamu, Sob.

Kamu bisa berpartner dengan hosting terbaik punyanya Jagoan Hosting, dimana standar keamanannya oke banget deh, Sob. Didukung dengan sertifikat standarisasi ISO 27001, Jagoan Hosting akan menjamin keamanan datamu tanpa khawatir lagi. Selain itu, akses data juga lebih cepat prosesnya yang nggak akan bikin kamu nyesel deh. So, try it by yourself, Sob!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like