Instagram nggak pernah bosan untuk berkreasi. Semakin ke sini, sepertinya Instagram nggak mau ketinggalan untuk ambil peran di bidang ekonomi. Hal ini jadi berita baik untuk para pemilik bisnis, terutama para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Ada fitur Instagram baru yang akhirnya rilis di Indonesia!

Yup, Instagram Shop! Fitur Instagram baru ini bisa kamu kombinasikan dengan toko online (website) kamu. Simak penjelasannya sampai selesai ya, Sob. Fitur Instagram baru ini bisa bikin tambah cuan!

Instagram Shop, bikin toko di Instagram!

fitur instagram baru
gambar dari unsplash

Nggak cuma Facebook, sekarang kamu juga bisa ngelapak di Instagram. Nggak cuma dengan cara membuat akun bisnis aja. Kali ini, kamu benar-benar bisa membuat toko di Instagram. Sekarang, kita coba pahami dulu beberapa istilah terkait Instagram Shop ya, Sob!

  1. Shops. Ini adalah etalase toko. Biasanya toko punya etalase atau tempat memajang barang jualannya. Nah, hal ini difasilitasi Instagram dengan fitur Shops.
  2. Shopping Tag. Kalau ini adalah fitur yang akan memudahkan orang untuk mempelajari produk lebih lanjut. Shopping Tag bisa disamakan dengan para calon pembeli yang mengelilingi toko untuk mencari produk yang pas. Bisa juga digambarkan dengan calon pembeli yang melihat salah satu produk secara lebih rinci. Misalnya dengan melihat ukuran dan semacamnya.
  3. Collections. Fitur ini hampir sama dengan fitur yang ada di Shopee. Kamu bisa membuat kategori produk dengan menggunakan fitur Collections.
  4. Shopping Ads. Namanya aja udah Ads, jelas banget kalau fitur ini adalah iklan. Yup, benar banget. Kamu juga bisa langsung mengiklankan koleksi kamu di Instagram.
  5. Shopping From Creators. Kamu perlu melihat postingan selebgram yang ada tulisan “Paid Partnership With”? Itu adalah fitur bernama Shopping From Creators.
  6. Product Launches. Bikin para pengunjung kepo adalah salah satu strategi bisnis. Kamu bisa membagikan informasi terkait produk baru yang akan diluncurkan dengan menggunakan fitur ini.

Langkah-langkah membuat Instagram Shop

Cara bikin lapak di Instagram itu gampang! Kamu cuma perlu melakukan tujuh langkah ini, Sob!

  1. Konfirmasi kelayakan
  2. Buat akun bisnis
  3. Hubungkan ke Facebook kamu
  4. Unggah katalog produk
  5. Selesaikan peninjauan akun
  6. Sekarang waktunya mengaktifkan fitur belanja
  7. Terakhir, buat kontennya!

Gampang, kan? Kamu bisa cek panduan dari Instagram jika mengalami kesulitan.

Manfaat fitur Instagram baru yang satu ini

Kenapa fitur baru ini bisa bikin tambah cuan? Fitur ini bisa membantu kamu untuk menjangkau lebih banyak calon pembeli. Meskipun kamu nggak bisa memberikan semua informasi produk yang detail, calon pembeli kamu tetap bisa mengakses informasi lengkapnya lewat fitur “kunjungi website”.

Kalau kamu berhasil menarik lebih banyak calon pembeli maka kemungkinan akan ada lebih banyak penjualan. Jadi makin cuan, deh!

Jangan lupakan satu hal ini!

Seperti yang Mimin sampaikan di poin sebelumnya, kamu nggak bisa memberikan informasi produk secara detail. Teks yang terlalu panjang juga nggak terlalu bagus untuk dilihat. Maka dari itu pengunjung akan diarahkan ke website. Itu artinya, kamu nggak boleh mengabaikan website kamu.

Percantik website-nya dan pastikan website kamu bisa diakses dengan mudah. Website yang user friendly akan membuat bisnismu lebih cuan! Bayangkan aja kalau ada pengunjung yang tertarik dengan produkmu tapi ketika ingin cek lebih lanjut, website kamu lemot banget! Wah, keburu lari! Gagal cuan deh!

Makanya, pastikan kamu menggunakan Hosting Terbaik dari Jagoan Hosting yang kualitasnya udah terjamin. Website anti lemot dan bisa menampung banyak pengunjung! Langsung cek di sini, ada beberapa paket yang ditawarkan. Bisa kamu pilih sesuai hati sesuai kebutuhan kamu.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like