Blockchain di Indonesia – Blockchain adalah salah satu bentuk teknologi yang krusial dalam mendukung sebuah efisiensi dan transparansi. Yang mana teknologi ini dapat membuat suatu negara mampu mengatasi dan mengikuti berbagai perkembangan dan perubahan dunia yang sangat cepat.

Tahukah kamu jika blockchain ini menjadi salah satu teknologi yang kian populer di Indonesia? Tak hanya terkenal dikalangan IT, bahkan masyarakat awam sekalipun mulai mengenal dan mengetahui apa itu blockchain.

Ketenaran teknologi ini tak lepas dari keuntungan atau manfaat yang ditawarkan. Sebelum membahas lebih jauh, kamu perlu memahami apa itu blockchain.

Pengertian blockchain

peluang blockchain di indonesia
Photo by Worldspectrum from Pexels

Blockchain merupakan sebuah sistem teknologi penyimpanan data digital, yang terdiri dari berbagai server atau multi server. Pada teknologi blockchain, data yang tersimpan pada satu server dapat diakses dan diverifikasi oleh server lainnya.

Dengan teknologi ini sebuah data atau transaksi tidak perlu bergantung pada satu server. Yang mana hal ini disebabkan oleh teknologi blockchain yang dapat digunakan atau tereplikasi pada seluruh jaringan yang terhubung.

Pada setiap blockchain atau lebih tepatnya di block yakni area untuk menampung seluruh perubahan transaksi, memiliki sebuah hash atau identitas dari data digital.

Setiap block pada sistem tersebut saling berkaitan dan jika ingin mengubah data pada satu blok, maka harus mengubah pada data lainnya. Pada masing-masing block telah dilindungi oleh kriptografi dan membentuk suatu jaringan.

Pemanfaatan dan penggunaan blockchain

Awal pemanfaatan blockchain yakni digunakan pada sektor keuangan. Yang dipakai sebagai jurnal terbuka, terdistribusi, dan terdesentralisasi. Hal ini dikarenakan dengan penggunaan blockchain membuat transaksi jauh lebih efisien.

Teknologi ini kerap disamakan dengan mata uang kripto. Meskipun begitu anggapan itu tidaklah salah. Sebab salah satu mata uang kripto yakni bitcoin, menjadi pengguna pertama teknologi.

Pemanfaatan blockchain ini dapat diaplikasikan pada berbagai sektor. Mulai dari sektor finansial yang digunakan dalam dunia keuangan. Atau pada industri musik, yang dipergunakan untuk membuat sistem perhitungan dan pembayaran royalti musik.

Selain itu, pada e-commerce juga tak mau kalah. Pada sektor ini juga memanfaatkan teknologi blockchain, yang dipakai untuk manajemen identitas, membangun sistem pelacak dan keaslian produk.

Peluang blockchain di Indonesia

peluang blockchain di indonesia
Photo by RODNAE Productions from Pexels

Dalam penggunaannya, Indonesia menjadi negara pertama yang secara aktif menggunakan dan memanfaatkan teknologi blockchain. Teknologi ini sendiri adalah sebuah teknologi berdasarkan dari jaringan peer to peer yang efisien dan aman untuk melindungi sebuah data.

Negara kita sendiri sudah mengaplikasikannya di luar mata uang kripto. Misalnya pada dunia bank, BCA yang telah menerapkan teknologi blockchain untuk mempercepat transaksi pembayaran dan mengurangi transaksi kompleks pada back office.

BUMN di Indonesia juga sudah mulai memanfaatkan teknologi canggih ini. Sebagai contohnya yakni PT Pos Indonesia, yang mengembangkan Digiro.in sebagai sebuah pemberi layanan giro yang mengadopsi teknologi ini.

Selain itu, masih banyak bidang lain yang telah memanfaatkan teknologi blockchain di Indonesia ini. Pada bidang perpajakan sekalipun juga sudah mengaplikasikan penggunaan blockchain.

Yang mana blockchain ini mampu memberikan kemudahan wajib membayar pajak serta mendukung adanya transparansi pada transaksi pajak. Dengan memanfaatkan teknologi ini membuat banyak pihak yang terlibat memiliki catatan yang sama dan sudah dijamin keamanannya.

Jika kamu sudah mengetahui blockchain dan peluangnya di Indonesia, maka tunggu apalagi nih, Sob! Yuk implementasikan teknologi blockchain pada usaha atau kebutuhan teknologi sehari-hari. 

Setelah mengetahui peluang blockchain di Indonesia, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk membangun startup tentang blockchain. Sudah banyak loh startup blockchain yang berkembang di Indonesia! Nah, untuk membangun startup blockchain tentunya kamu membutuhkan website untuk mempromosikan usaha kamu agar lebih banyak orang yang melihat jasa yang kamu tawarkan.

Dengan hosting terbaik dari Jagoan Hosting, kamu bisa membuat website yang keren agar bisa menarik banyak orang untuk mampir di situs startup-mu!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like