15+ Contoh Company Profile, Isi dan Cara Membuatnya

contoh company profile

Sebagai pengusaha baru, kamu mungkin membutuhkan banyak referensi atau contoh company profile yang bagus. Terutama, jika kamu tertarik untuk mengembangkan bisnis secara luas.

Apa itu company profile? Company profile dapat dikatakan sebagai dokumen atau konten informasi yang mendeskripsikan secara umum suatu UMKM maupun perusahaan.

Dewasa ini, company profile banyak kamu temukan di internet. Akan tetapi, pemanfaatan dokumen ini sudah berlangsung lama dan menggunakan berbagai macam media termasuk buku, brosur dan sebagainya.

Tujuan utama dari pembuatan profil perusahaan adalah meningkatkan branding. Harapannya, melalui company profile yang berkualitas konsumen tertarik untuk menengok dan memberikan atensinya.

Contoh Company Profile Perusahaan

Bisnis yang besar dan memiliki tujuan dapat dilihat dari persiapan yang dimilikinya. Tidak hanya mempunyai banyak modal, tapi juga harus memikirkan brand perusahaan. Berikut ini contoh company profile dari berbagai perusahaan.

1. Hubspot

hubspot

Sebelum membuat company profile, kamu sudah harus mengetahui susunan yang diinginkan. Kamu juga wajib mengetahui, apa slogan perusahaan hingga history nya.

Pada contoh profile perusahaan dari Hubspot, mereka menuliskan slogan perusahaan dan menyematkan potret dari para pendiri perusahaan

Selanjutnya, mereka juga menulis misi perusahaan secara detail baru kemudian memaparkan kisah didirikannya perusahaan sejak awal. Di bawah story, Hubspot sengaja menambahkan history-history menarik yang pernah berlangsung di perusahaan tersebut.

Kemudian, paparkan dengan poin-poin menarik berbagai produk atau jasa yang ingin ditawarkan ke konsumen. Mereka juga menambahkan link hidup yang memungkinkan konsumen klik link untuk diarahkan ke produk yang mereka butuhkan.

Di bagian akhir, Hubspot menambahkan detail tentang komunitas. Seperti detail jumlah karyawan, berapa banyak konsumen hingga jumlah kantor yang tersebar di dunia.

Itulah company profile dari Hubspot, kamu bisa membuat profile perusahaan dengan melihat susunan yang telah dibuat oleh perusahaan tersebut.

2. Mailchimp

mailchimp

Pertama-tama, tambahkan foto sebagai pembuka. Di bawah foto, Mailchimp menjelaskan secara gamblang, siapa mereka dan apa yang mereka lakukan.

Selanjutnya, menjelaskan informasi tentang kisah penemuan atau pendirian perusahaan. Mailchimp juga menambahkan poin-poin yang menonjolkan karakteristik mereka di mata dunia.

Di bagian akhir, Mailchimp sengaja menambahkan link khusus yang bisa diklik konsumen apabila tertarik untuk mendapatkan informasi lebih lengkap seputar perusahaan mereka.

3. Jagoan Hosting

jagoan hosting indonesia

Susunan company profile yang benar dan profesional bisa kamu lihat dari Jagoan Hosting. Di bagian pembuka, terdapat slogan menarik yang menonjolkan Jagoan Hosting.

Di bawah slogan juga tersedia link yang bisa siapa pun klik untuk membuka profile Jagoan Hosting yang berada di bawahnya.

Jagoan Hosting menambahkan informasi seputar visi, misi, Sistem Manajemen Integerasi dan tingkat popularitas tinggi di Indonesia.

Selanjutnya, terdapat penjelasan tentang Pernyataan Kebijakan Mutu & Keamanan Informasi di Jagoan Hosting. Konsumen juga diarahkan untuk mengenal bagaimana cara kerja Jagoan Hosting.

Menuju akhir, kamu bisa melihat keunggulan Jagoan Hosting sebagai penyedia jasa. Contoh company profile ini juga menampilkan profil dari konsumen yang pernah menggunakan layanannya.

Dan bagian paling akhir adalah testimoni pelanggan yang Sudah Merasakan Performa Terbaik.

4. Semrush

semrush

Profile perusahaan Semrush cukup sederhana. Semrush mengawalinya dengan slogan perusahaan yang dilanjutkan dengan memperkenalkan profile perusahaan termasuk produk atau jasa yang mereka tawarkan.

Kemudian, Semrush sengaja menambahkan poin-poin menarik seperti berapa lama pengalaman yang dimiliki hingga jumlah kantor milik perusahaan.

Demi meningkatkan kepercayaan konsumen, Semrush menambahkan logo brand yang telah bekerja sama dengan mereka. Semrush juga menjelaskan bagaimana cara mereka berevolusi dan berkembang.

Bagian akhir dari contoh company profile ini adalah menjelaskan tentang profile karyawan dan juga investor. Semrush juga ingin mendorong konsumen untuk mengenal media dan sumber daya yang dimiliki.

Contoh Company Profile Sederhana

Apa pendapat kamu tentang berbagai contoh profile perusahaan di atas? Setiap perusahaan memiliki daya tarik yang berbeda dan itulah yang membuatnya lebih istimewa.

Cek Konten Lainnya:
10+ Contoh Website Desa dengan Desain Terbaik

Berikut ini contoh profile perusahaan lainnya yang tidak kalah bagus dari keempat contoh di atas.

5. Ahrefs

ahrefs

Profile perusahaan yang coba Ahrefs kembangkan pada dasarnya sangat lengkap dan profesional. Ahrefs mengawalinya dengan menyematkan slogan di bagian paling atas.

Ketika scroll ke bawah, kamu akan melihat profil singkat dari Ahrefs termasuk apa saja yang mereka lakukan dan tawarkan untuk konsumen. Yang unik dari contoh company profile ini adalah penyematan link produknya.

Ahrefs sengaja menyisipkan link produk yang ditawarkan meskipun ukurannya sangat kecil. Selanjutnya, perusahaan ini juga menambahkan link yang bisa diklik jika konsumen tertarik untuk berkenalan dengan tim dan kantor mereka.

Poin selanjutnya menjelaskan tentang keunggulan Ahrefs secara global. Baru kemudian disusul dengan profil konsumen berikut ulasan mereka tentang Ahrefs.

Tidak lupa, perusahaan ini juga menambahkan logo perusahaan yang pernah bekerja sama dengannya.

Uniknya, bukan di bagian awal, Ahrefs justru menambahkan profil founder setelahnya. Mendekati bagian penutup profile perusahaan, kamu bisa melihat detail informasi lokasi Ahrefs di Singapore dan United States.

Paling akhir adalah ajakan untuk menggunakan Ahrefs.

6. Amazon

amazon

Amazon memiliki profile perusahaan yang cukup sederhana. Pada bagian awalnya, memuat informasi singkat tentang perusahaan. 

Seperti prinsip-prinsip kepemimpinan, peran Amazon secara global hingga informasi-informasi seputar penghargaan dan keamanan publik.

Profile company yang Amazon tawarkan menonjolkan karakter dan ciri khas perusahaan. Pada bagian bawahnya, terdapat berbagai video informasi yang bisa kamu tonton untuk mengenal Amazon lebih dekat.

Konsumen yang ingin berlangganan dengan berita-berita Amazon juga dipermudahkan dengan adanya iklan email. Pelanggan hanya perlu menambahkan alamat email yang aktif. 

7. Mebiso

mebiso

Contoh company profile selanjutnya berada di Indonesia. Perusahaan ini menawarkan jasa perlindungan merek usaha dengan memanfaatkan teknologi canggih AI.

Profile perusahaan yang ditampilkan oleh perusahaan ini cukup sederhana, tapi tetap mendetail. Mulai dari slogan, penambahan logo dan pengenalan brand berikut misi perusahaan.

Mebiso juga tak lupa untuk memperkenalkan pada konsumen, apa jasa yang mereka tawarkan. Tambahan lainnya, perusahaan ini juga sengaja menampilkan platform berita tertentu yang telah meliput Mebiso.

Bagian akhir dari profile perusahaan ini adalah CTA atau ajakan untuk menggunakan jasa mereka. Mebiso juga menambahkan menu “Hubungi Kami” yang memuat informasi lengkap termasuk sosial media, nomor telepon hingga email.

8. Ngalup.co

ngalup.co

Ada banyak elemen yang dapat kamu temukan ketika mempelajari contoh company profile by Ngalup.co. Pertama-tama, adalah mempelajari latar belakang atau history dari perusahaan ini secara singkat.

Selanjutnya, disambung dengan memperkenalkan kelebihan atau keuntungan yang akan diperoleh konsumen ketika menggunakan jasa mereka. 

Ngalup.co juga mencantumkan detail unik seperti jumlah event, jumlah peserta dan fasilitator yang terhubung.

Menjelang akhir profile perusahaan, Ngalup.co menjelaskan apa saja nilai-nilai yang mereka lakukan sebagai etos kerja. Kamu juga bisa berkenalan lebih dekat dengan tim Ngalup.co. 

Contoh Company Profile Perusahaan Jasa

Bagaimana pendapat kamu tentang contoh profil perusahaan di atas? Jika masih belum puas dengan contoh-contoh yang telah diberikan silahkan simak contoh lainnya, khusus untuk perusahaan jasa.

9. Accenture

accenture

Accenture adalah perusahaan jasa yang banyak dimanfaatkan oleh konsumen yang membutuhkan layanan outsourcing, servis teknologi hingga konsultan manajemen. Perusahaan jasa ini memiliki reputasi yang  bagus di dunia.

Sebagai perusahaan berkualitas, Accenture nyatanya memiliki company profile yang sangat menarik. Di bagian paling awal, terdapat slogan sederhana nan unik. Kemudian, dilanjutkan dengan poin-poin penting yang menonjolkan karakteristik perusahaan.

Tak lupa, Accenture juga memperkenalkan Chair & CEO yang bertanggung jawab terhadap kesuksesan perusahaan. Di bagian tengah company profile, kamu akan melihat berbagai pencapaian Accenture termasuk penghargaan yang diperoleh.

Hebatnya lagi, kamu bisa menemukan kantor Accenture di berbagai penjuru dunia termasuk Tokyo, Dublin, New York dan sebagainya.

Paling akhir adalah tawaran jasa yang tersedia di Accenture. Kamu juga bisa menemukan penawaran untuk bergabung bersama perusahaan dengan klik “Join us.”

10. FedEx

fedex

Di Indonesia kamu mungkin mengenal dengan baik J&T, JNE, Sicepat dan berbagai jasa ekspedisi lainnya. Tapi, di Amerika Serikat juga ada jasa ekspedisi terpopuler yaitu FedEx.

Apa FedEx dapat menjadi contoh company profile terbaik? Jawabannya sangat bisa. Perusahaan ini mampu menggambarkan brand mereka secara maksimal dalam satu profil.

Informasi tentang perusahaan tersaji secara singkat. FedEx juga menambahkan link yang bisa diklik jika pengunjung tertarik untuk mengenal sejarah perusahaan, fakta-fakta FedEX, apa yang perusahaan berikan dan sebagainya.

FedEX membuka kesempatan bagi siapa pun yang ingin berkarir di perusahaan. Ada link yang bisa pengunjung klik jika tertarik untuk melamar pekerjaan. FedEX juga menampilkan informasi terkait hubungan kerja samanya dengan investor.

Bagian akhir, terdapat beberapa menu yang dapat pengunjung klik untuk mengenal lebih dekat FedEX. Mulai dari blog yang perusahaan kelola, kontak yang dapat dihubungi dan lainnya.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu JSON? Fungsi, Contoh & Cara Menggunakan

11. Singtel

singtel

Singtel merupakan perusahaan jasa telekomunikasi yang sangat populer di Singapura. Menariknya, walaupun termasuk sebagai perusahaan terbaik di dunia, Singtel memiliki company profile yang sangat padat dan sederhana.

Pada bagian awal company profile, Singtel menambahkan berbagai gambar yang jika pengunjung klik akan menampilkan informasi yang beragam.

Kamu juga bisa menemukan informasi lengkap mengenai Singtel, strategi perusahaan, teknik sustainability pada satu halaman. Sebagai tambahan informasi, Singtel sengaja menambahkan berita terbaru yang berkaitan dengan perusahaan mereka.

Singtel juga menyebutkan secara gamblang apa saja yang menjadi bagian dari Singtel Group Companies. Di mana, ternyata terdapat Telkomsel sebagai salah satu produknya.

Contoh About Us Company Profile

Perusahaan akan tampil lebih profesional dan kredibel dengan adanya about us di website. Kamu yang ingin memulai bisnis, ada baiknya cek contoh about us pada profil perusahaan di bawah ini:

12. Prologis

prologis

Prologis Inc adalah perusahaan yang maju dan berkembang di Amerika Serikat. Bidang utama yang digeluti oleh perusahaan ini adalah real estate.

Pada contoh profile perusahaan Prologis, kamu bisa menemukan poin-poin penting yang coba perusahaan sampaikan. Poin yang dimaksud antara lain, misi juga nilai-nilai perusahaan.

Prologis juga mengajak pengunjung untuk terhubung dengan mereka baik sebagai pelanggan maupun tim kerja yang solid. Sehingga, kamu yang tertarik bekerja dapat mengajukan aplikasi lamaran pekerjaan.

Menu-menu yang terdapat pada company profile ini cukup padat dan informatif. Kamu akan menemukan informasi seputar para pemimpin, penghargaan hingga sejarah perusahaan.

Pada bagian akhir terdapat ajakan yang meminta konsumen untuk selalu terhubung dengan Prologis. Bagaimana caranya, cukup dengan mengunjungi kantor operasional, menghubungi via online atau melakukan customer login. 

13. M&S Food

MS Foods

Marks & Spencer Group merupakan perusahaan retail Inggris yang membawahi berbagai jenis bisnis mulai dari makanan, retail, clothing and home, bank and service dan sebagainya.

Profile perusahaan M&S Food sangat unik. Mengapa demikian? Karena di bagian awal saja, perusahaan telah memperkenalkan fakta-fakta tentang bisnis makanan yang mereka geluti.

M&S Food juga menjelaskan bagaimana mereka telah bertransformasi menjadi perusahaan makanan terbaik dalam beberapa tahun terakhir. Sebagai bentuk penghormatan dengan Ocado, M&S Food juga menyertakan informasi kerjasama.

Pengunjung juga bisa menikmati berbagai berita menarik seputar M&S Food. Di bagian akhir, pengunjung dapat memanfaatkan penawaran menarik yang sengaja ditawarkan oleh perusahaan. 

14. Adidas

adidas

Siapa yang tidak mengenal perusahaan alat olahraga terpopuler di dunia ini. Adidas telah merambah banyak negara tak terkecuali di Indonesia.

Namun, yang akan dibahas saat ini adalah bagaimana company profile Adidas. Siapa tahu dengan melihat profile perusahaan ini, kamu bisa membuat contoh company profile UMKM yang ingin kamu rilis.

Pada bagian awal, Adidas menambahkan sedikit kata pengantar sebagai pembuka. Terdapat link yang dapat mengantarkan pengunjung untuk mengintip annual report tahun terakhir.

Selanjutnya, terdapat gambar besar yang menampilkan kata kunci atau fakta menarik mengenai Adidas. Adidas juga menambahkan informasi terkait tujuan, misi dan attitude perusahaan agar diterima oleh para konsumen.

Kamu dapat mengintip perjalanan atau sejarah Adidas yang telah berdiri selama 70 tahun dengan satu kali klik saja.

15. General Electric

general electric

Apa yang bisa kamu temukan dan pelajari dari profil perusahaan ini? General Electric memiliki profil perusahaan sederhana yang dapat menggambarkan perusahaan mereka secara maksimal.

Terdapat informasi menarik mengenai tujuan perusahaan. Pengunjung juga bisa menemukan detail informasi terkait tim pimpinan. Siapa yang bisa mengira, jika perusahaan ini telah berdiri selama 130 tahun.

Perusahaan energi dan utilitas  asal Amerika Serikat ini telah melakukan berbagai inovasi menarik. Bahkan, selama Covid-19 ketika bisnis sedang suram. Pada bagian bawah, kamu bisa menemukan FAQ mengenai General Electric.

16.  Smiths

smiths

Perusahaan terakhir yang company profile-nya direkomendasikan adalah Smiths Group asal Amerika Serikat. Smithsi berkembang dengan sangat baik hingga kemudian dikenal sebagai perusahaan service engineering berkualitas.

Perusahaan bertaraf global ini memiliki profile perusahaan yang unik. Pada bagian awal profil, kamu bisa menemukan informasi singkat tentang perusahaan yang kemudian memuat trafik perusahaan.

Smiths juga menambahkan menu yang memungkinkan pengunjung menemukan perusahaan mereka di 50 negara di dunia. Kamu juga bisa melihat bagaimana cara kerja Smiths, bagaimana pemimpin mereka.

Dan bagian akhir, kamu juga bisa memahami respon yang diberikan oleh dan dari Smiths sebagai bagian dari perusahaan besar. 

Isi yang Harus Ada di Company Profile

isi company profile

Dari berbagai contoh company profile yang telah dijelaskan sebelumnya, apakah kamu bisa menebak apa saja isi yang tertera pada profile perusahaan?

1. Informasi tentang Perusahaan dan Bisnis secara Mendetail

Profile perusahaan yang bagus seharusnya menjelaskan secara gamblang tentang bisnis dan juga perusahaan. Di point ini, kamu akan menemukan informasi mengenai sejarah perusahaan, visi, misi, filosofi dan sebagainya.

Cek Konten Lainnya:
Ide Bisnis Online Masa Kini: Cocok untuk Anak Muda dan Pemula

2. Biodata Pendiri

Profile perusahaan juga umumnya menghadirkan biodata dari pendiri perusahaan. Beberapa perusahaan terkadang sengaja menambahkan foto profile founder.

Keberadaan biodata pendiri ini secara tidak langsung membantu memperkenalkan perusahaan secara mendalam ke konsumen.

3. Produk yang Ditawarkan

Terlepas dari produk atau jasa yang kamu tawarkan, jangan lupa untuk menjelaskannya secara padat dan jelas pada profile perusahaan. Sematkan juga link yang memungkinkan konsumen mengakses produk dengan mudah.

4. Prestasi dan Daya Tarik Perusahaan

Satu hal yang perlu kamu pertimbangkan saat membuat profile perusahaan adalah memastikan perusahaan tampak menonjol dan berkualitas. Oleh karena itu, penting untuk menambahkan prestasi dan daya tarik perusahaan dalam profile.

5. Pengakuan dari Konsumen

Bagian terakhir ini juga tidak kalah pentingnya. Profile perusahaan yang bagus hendaknya menyematkan profil atau logo dari perusahaan lain yang telah menggunakan jasa atau produk milikmu.

Penambahan logo atau identitas klien secara tidak langsung menunjukkan jika perusahaan yang kamu buat telah memperoleh pengakuan dari konsumen. Bahkan, mendapatkan apresiasi tinggi dari konsumen.

Cara Membuat Company Profile

cara membuat company profile

Dengan melihat berbagai contoh profil perusahaan di atas, kamu mungkin sudah memiliki gambaran kasar bagaimana cara membuat profil yang tepat. Agar lebih mudah, yuk cek informasi lengkapnya berikut.

1. Menentukan Tujuan dari Pembuatan Profil Perusahaan

Langkah pertama, kamu harus memiliki tujuan dari pembuatan profil perusahaan. Beda tujuan akan berbeda juga hasil profil company yang kamu buat.

Misalnya, kamu ingin membuat profil perusahaan untuk tujuan branding maka konten informasi yang akan kamu tambahkan mayoritas menonjolkan perusahaan secara umum.

Sedangkan, untuk profil perusahaan yang dibuat atas dasar kebutuhan pendanaan akan menonjolkan prestasi apa saja yang telah perusahaan kamu raih. Semakin banyak prestasinya, semakin besar pula kemungkinan mendapatkan investor.

2. Memahami Tutorial Membuat Website Company Profile

Selanjutnya adalah memahami bagaimana cara membuat website company profile yang baik dan benar. Berbeda dari profil perusahaan berbentuk brosur atau buku, website company profile memerlukan teknologi lebih canggih.

Ikuti langkah-langkah berikut jika kamu tertarik membuat website company profile:

domain
  • Memilih domain. Kamu harus membeli domain yang nantinya sangat berguna untuk memperlancar pembuatan website profil perusahaan. Daripada memilih layanan abal-abal, pilihlah Domain Murah atau Domain ID Murah di Jagoan Hosting.
web company profile
  • Memilih hosting. Sama seperti domain, hosting juga sangat kamu butuhkan untuk akses company profile yang baik dan lancar. Demi kemudahan, alangkah baiknya kamu juga memilih layanan Hosting Murah terbaik dari Jagoan Hosting.

3. Ceritakan Keunikan dari Bisnis atau Perusahaan

Jelaskan secara gamblang, apa yang membuat perusahaan kamu berbeda dan unik dari kompetitor. Informasi yang tertera pada poin ini harus jelas, padat dan berani.

Karena telah mengenal keunggulan perusahaan dengan baik, tentunya tidak akan sulit menceritakan keunikan bisnis dan perusahaan ke dalam tulisan.

4. Tambahkan Menu Menarik yang Dibutuhkan

Menu paling umum yang biasanya terdapat pada company profile adalah visi dan misi, about perusahaan, produk dan layanan, informasi tim, penghargaan dan terakhir ulasan dari konsumen.

Kamu bisa menghadirkan semua menu tersebut. Tentu saja, informasi yang diberikan cukup singkat dan padat tidak perlu terlalu berlebihan. Kamu juga bisa menggunakan banyak logo atau gambar sebagai pembeda tiap menunya.

Dan itulah beberapa contoh company profile, macam-macam isi dari profil perusahaan berikut tata cara pembuatannya. Jika kamu tertarik untuk membuat website company profile hubungi Jagoan Hosting.

buat website pakai jagoan hosting

Jagoan Hosting membantu para pengusaha dengan menyediakan domain dan hosting berkualitas terbaik. Kedua teknologi ini sangat kamu butuhkan, jika ingin profil perusahaan tersaji dengan baik dan mudah diakses.

FAQ

Apa isi dari company profile?

Secara garis besar, isi dari company profile itu berkaitan dengan pengenalan perusahaan. Oleh karena itu, company profile harus memuat informasi tentang bisnis dan perusahaan, biodata pendiri, produk dan berbagai prestasi yang dimiliki.

Bagaimana ciri ciri company profile yang baik?

Company profile yang baik hendaknya memuat informasi lengkap yang dibutuhkan oleh pengunjung. Profil perusahaan yang baik haruslah eye catching dan mudah dipahami informasinya oleh pengunjung.

Bagaimana cara buat company profile?

Langkah pertama, kamu harus membeli domain dan hosting terlebih dahulu. Pilih Jagoan Hosting sebagai penyedia layanannya.

Apa akibatnya jika perusahaan tidak membuat company profile?

Tanpa company profile, perusahaan akan tampak kurang menarik apalagi jika kamu bermaksud untuk melakukan online marketing. Buatlah profil perusahaan semenarik dan seinformatif mungkin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
jagoan poin
Read More
Jagoan Poin untuk Pelanggan Setia, Bikin Untung Nggak Main-Main!
Jagoan Poin – Jika kamu suka game petualangan, tentunya kamu mengerti sistem exp alias experience, bukan? Semakin banyak…
roi adalah
Read More
Return of Investment (ROI) adalah: Jenis & Cara Menghitung
Setiap bisnis tentu ingin mendapatkan keuntungan atau laba. Nah, di sini, rasio laba atau ROI adalah hal yang…