Company profile adalah gambaran umum yang berisikan informasi tentang sebuah perusahaan guna ditujukan pada klien. Dengan kata lain, keberadaan profil perusahaan ini sebenarnya merupakan branding utama sekaligus sebagai identitas resmi. Nah biasanya, company profile dimuat secara detail dalam suatu media cetak maupun digital.

Selain berfungsi sebagai identitas pengenal, sebenarnya masih banyak keunggulan yang bisa kamu peroleh dengan membangun sebuah profil perusahaan. Apa saja? Berikut selengkapnya.

Apa itu company profile?

company profile
Photo by Lex Photography from Pexels

Company profile adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh semua perusahaan. Tidak hanya untuk perusahaan besar, tetapi juga perusahaan-perusahan dengan skala kecil. Secara harfiah, company profile adalah suatu cara bagi perusahaan untuk memperkenalkan tentang perusahaan secara lebih profesional.

Tujuan utama dari pembuatan company profile adalah untuk memberikan informasi kepada orang-orang dan masyarakat luas agar lebih mengenal tentang bisnis atau perusahaan tersebut.

Biasanya company profile adalah komponen yang berisi cerita, biodata perusahaan, visi misi, dan juga menjelaskan beberapa produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan demikian, pembaca akan mengingat dan juga mengenal lebih dalam tentang perusahaan tersebut.

Jika sudah begitu maka pelanggan akan cenderung memilih produk yang sudah dikenalnya ketika membutuhkan produk atau jasa.

Fungsi company profile

Dari penjelasan singkat tentang apa itu profil perusahaan, kali ini Jagoan Hosting akan menjelaskan beberapa fungsinya yang banyak membawa manfaat dan keuntungan bagi perusahaan maupun pemilik bisnis.

1. Meningkatkan branding perusahaan

Fungsi profil perusahaan yang pertama adalah sebagai branding perusahaan. Company profile adalah sumber media informasi yang memuat identitas perusahaan, visi, misi, hingga penawaran produk maupun jasa. Sehingga perusahaan dapat menonjolkan kelebihan-kelebihannya yang bisa meningkatkan brand dan citra perusahaan. Isi dari profil perusahaan juga biasanya bisa disesuaikan dengan target pasar.

2. Menciptakan koneksi dengan pelanggan

Fungsi penting dari company profile adalah guna menciptakan koneksi dengan pelanggan. Hal ini karena dengan membaca profil perusahaan, pelanggan bisa mendapatkan berbagai informasi yang ingin ditanamkan oleh perusahaan. Dari profil perusahaan juga, pelanggan bisa langsung menghubungi orang marketing dari kontak yang tersedia.

3. Sebagai salah satu alat pemasaran

Profil perusahaan juga berfungsi sebagai media pemasaran bagi perusahaan. Hal ini dilakukan dengan cara menambahkan deskripsi produk atau jasa yang ditawarkan serta kelebihannya. Sehingga konsumen bisa membaca dengan detail sebelum melakukan pembelian atau menggunakan produk maupun jasa Anda.

4. Menunjukkan gambaran umum perusahaan

Di samping menjadi media pemasaran, profil perusahaan juga berfungsi untuk memberikan gambaran umum tentang perusahaan. Hal ini dikarenakan di dalamnya berisi detail perusahaan, sehingga mampu menarik pelanggan atau calon pelanggan untuk memakai produk atau jasa perusahaan tersebut.

Template company profile

Dalam pembuatan profil perusahaan, terdapat unsur-unsur penting yang harus dimasukkan ke dalamnya. Unsur penting tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Detail perusahaan

Template pertama yang harus dipenuhi adalah mengisi secara lengkap detail perusahaan seperti sejarah perusahaan, latar belakang, visi misi, jenis usaha, dan juga informasi pendukung lainnya.

2. Informasi dasar perusahaan

Selain menambahkan detail perusahaan, pada profil company juga perlu dilengkapi informasi mengenai dasar perusahaan. Informasi tersebut di antaranya visi misi, gambaran produk atau layanan, milestone, pendiri dan tim, serta portofolio partner dan klien.

3. Pencapaian perusahaan

Perusahaan juga bisa memasukkan berbagai penghargaan untuk meningkatkan reputasi perusahaan. Penghargaan yang ditampilkan dapat berupa sertifikasi, penghargaan dari lembaga tertentu, testimonial klien, atau peliputan dari media online maupun offline.

4. Informasi tambahan

Tidak hanya sebatas tentang perusahaan saja, dalam profil perusahaan juga bisa ditambahkan informasi tambahan yang diperlukan untuk menarik minat pelanggan atau calon pelanggan. Misalnya, dokumentasi perusahaan, penjualan tahunan, target per tahun, dan lain sebagainya.

Cara membuat company profile perusahaan

Agar tujuan profil company dapat tercapai, maka tampilan profil perusahaan harus menarik dan juga bisa mengundang daya tarik pelanggan maupun calon pelanggan. Maka dari itu, berikut adalah cara membuat company profile perusahaan yang sudah dirangkum Jagoan Hosting.

1. Tentukan tujuan pembuatan profil perusahaan

Cara pertama adalah tentukan tujuan pembuatan profil perusahaan. Apakah untuk meningkatkan awareness dari pelanggan? Atau hanya untuk memberikan informasi kepada pelanggan? Dengan penentuan ini, nantinya kamu bisa menentukan apa saja informasi yang perlu dicantumkan, jadi tidak semua hal dari A-Z disampaikan.

2. Tetapkan gaya profil perusahaan

company profile
Photo by fauxels from Pexels

Cara membuat company profile perusahaan berikutnya yaitu menetapkan gaya profil perusahaan. Kamu bisa mulai menentukannya dengan cara mengidentifikasi profil perusahaan. Misalnya, jika ingin terlihat unik, kamu juga bisa mencoba beberapa inovasi agar profil perusahaan kamu tidak terlihat sama seperti perusahaan lainnya.

3. Buat kisah yang menarik

Ketika memaparkan deskripsi perusahaan, kamu bisa membuatnya seperti sebuah cerita. Bentuk cerita akan dapat menarik pelanggan atau calon pelanggan untuk mengikuti kisah perusahaan yang kamu paparkan pada profil perusahaan.

4. Ceritakan visi misi perusahaan

Tambahkan visi dan misi perusahaan, agar pelanggan maupun calon pelanggan tertarik dengan. Semakin kuat dan unik visi misi perusahaan, maka audiens akan lebih tertarik memilih atau menggunakan produk/jasa yang kamu tawarkan dibandingkan dengan kompetitor.

5. Perhatikan format desain dan penulisan

Tampilan design company profile dan penulisan juga penting diperhatikan. Pastikan kamu menggunakan font dan format yang sesuai dengan brand identity yang dimiliki oleh brand perusahaan kamu, ya.

6. Gunakan sistem kronologis agar lebih rapi

Selain membuat detail perusahaan dalam bentuk cerita, kamu juga bisa menambahkan sesuai dengan timeline atau garis waktu. Dengan begitu pelanggan yang membaca bisa memahami informasi perusahaan sesuai alur dan mengalir.

7. Tambahkan testimonial

Menambahkan testimonial dari klien bisa menjadi nilai tambah bagi brand perusahaan dan juga meningkatkan kepercayaan pelanggan. Karena itu, pastikan kamu juga menambahkan testimonial dari beberapa klien yang sudah percaya dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

8. Berikan informasi kontak

Template berikutnya yang harus ada adalah informasi kontak perusahaan. Cantumkan info penting seperti nomor telepon, alamat, fax, dan sebagainya. Ini dilakukan guna memudahkan pelanggan maupun calon pelanggan yang tertarik dengan produk atau jasa perusahaan menghubungi bagian marketing.

9. Buat cta (call to action)

Hal penting yang harus ditambahkan pada profil perusahaan adalah CTA (call to action). Berikan ajakan bagi pelanggan maupun calon pelanggan di akhir profil perusahaan. Misalnya dengan menggunakan kalimat “Hubungi kami untuk info selengkapnya.”

Contoh Company Profile Perusahaan

Sekarang kamu sudah mengetahui cara membuat profil company yang baik. Nah, selanjutnya supaya kamu lebih paham, berikut ada referensi profil perusahaan terbaik yang sudah dipilih oleh Jagoan Hosting. Cek yuk!

1. Philips

Philips adalah salah satu contoh perusahaan atau brand yang memiliki company profile terbaik. Phillips memanfaatkan penggunaan beberapa halaman yang menceritakan detail perusahaan dengan cara bercerita. Mereka juga membuat elemen visual yang bisa menarik pengunjung. Tampilan visual ini tentunya disesuaikan dengan brand identity yang dimiliki oleh Philips.

2. Starbucks

Contoh company profile terbaik berikutnya adalah Starbucks. Sama dengan Philips, Starbucks juga menceritakan singkat awal perusahaan dengan cerita secara kronologis. Starbucks melengkapi profil perusahaannya dengan keseluruhan informasi penting seperti sejarah, visi dan misi, dan lain sebagainya.

3. HubSpot

HubSpot merupakan salah satu brand yang juga memiliki contoh company profile terbaik. Profil perusahaan milik HubSpot ini memakai desain grafis yang unik dan juga tampilan yang mudah dibaca. Sehingga pembaca bisa mempelajari perusahaan dengan cara yang lebih menyenangkan.

4. Nike

Nike membuat company profile yang menekankan bahwa mereka adalah sebuah brand yang inklusif. Di dalamnya, Nike menampilkan misi perusahaan dengan kalimat yang singkat, jelas, dan ringkas. Nike juga ingin menunjukkan bahwa mereka ingin peduli dan memberikan support bagi atlet-atlet di dunia.

5. Google 

Sebagai salah satu brand besar, Google juga memiliki contoh profil perusahaan menarik, dengan mendeskripsikan perusahaannya secara singkat dan jelas. Hal ini cukup merepresentasikan Google sebagai perusahaan yang menampilkan seluruh informasi di internet dan bisa memberikan manfaat bagi semua orang.

Nah, itulah contoh company profile yang bisa kamu jadikan sebagai referensi dan tambahan informasi untuk membuat profil perusahaanmu sendiri.

Kamu juga bisa mempublikasikan company profilemu dari offline menjadi online dengan website company profile. Dengan dukungan layanan unlimited hosting dari Jagoan Hosting kamu bisa membuat web company profile sendiri mulai 9.000 rupiah/bulan. Dengan fitur yang mendukung kebutuhanmu serta domain gratis supaya web company profile kamu bisa langsung di publish.

Bagaimana, sudah siap untuk membuat company profile bisnismu sekarang? Dengan manfaat yang begitu banyak, tak akan rugi rasanya untuk meluangkan sedikit waktu demi menyusun suatu profil perusahaan. Kuncinya, pahami dengan baik bagaimana perusahaan ingin dikenal dan sesuaikan juga dengan karakter pelanggan. Selamat berkreasi!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like