Aktivitas berbagi data melalui internet sekarang telah dipermudah karena adanya sistem-sistem tertentu seperti LAN dan VPN yang merupakan jenis jenis jaringan komputer. Sudah tahukah kamu apa itu jaringan komputer?

Sederhananya, jaringan komputer adalah kumpulan perangkat komputer yang terkoneksi satu sama lain untuk berbagi data. Jaringan komputer ini memiliki beberapa perangkat, jenis, dan juga manfaat. Untuk informasi lebih lengkap, yuk simak artikel berikut sampai habis!

Pengertian Jaringan Komputer

jenis jaringan komputer
Photo by Marc Mueller from Pexels

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa jaringan komputer adalah media dalam mendistribusikan sebuah data dari satu komputer ke komputer lainnya. Dalam proses distribusi data, tentunya setiap jaringan komputer mempunyai titik akhir dan membutuhkan sebuah tanda pengenal.

Nah, tanda pengenal di bagian titik akhir ini menggunakan Media Access Control atau lebih dikenal dengan sebutan alamat IP. Biasanya, penetapan titik akhir saat jaringan komputer mendistribusikan data bisa ke berbagai macam jaringan lainnya, misalnya saja seperti di smartphone, server, dan hardware.

Diciptakannya jaringan komputer pada awalnya karena adanya sebuah gagasan terkait penggunaan sebuah unit komputer yang mampu dioperasikan secara bersama-sama dalam satu waktu. Para pencetus gagasan tersebut adalah para periset di Universitas Harvard, Amerika Serikat pada tahun 1950.

Manfaat Jaringan Komputer

Salah satu manfaat jaringan komputer yang digunakan di masa kini adalah memudahkan berbagai banyak pihak dalam mengirimkan sebuah data, baik secara personal maupun kelompok secara cepat dan akurat, sehingga meminimalisir terjadinya kesalahan

Berikut ini terdapat ragam manfaat jaringan komputer lainnya yang patut kamu ketahui.

1.    Keamanan Data

Yang sudah jelas akan kamu dapatkan dari manfaat jaringan komputer adalah keamanan dalam pengiriman data. Menggunakan jaringan komputer sebagai media pengiriman data dapat dipastikan keamanannya lebih baik karena dilengkapi dengan proteksi yang mampu menjaga kondisi data dikirim hingga titik akhir.

2.    Biaya Terjangkau

Mungkin pada awalnya kamu membutuhkan biaya lebih besar dalam menggunakan jaringan komputer. Namun, untuk penggunaan jangka panjang, tentu saja uang yang kamu keluarkan jauh lebih sedikit dan terlebih lagi jangkauan pengiriman data pun tidak hanya terbatas dari satu wilayah saja, bahkan dari satu negara ke negara lain pun dapat menggunakan jaringan komputer.

3.    Reliabilitas Lebih Tinggi

Data yang dikirimkan tentu mempunyai realibilitas lebih tinggi karena mudah untuk diakses oleh banyak pihak. Terlebih lagi jika data tersebut sudah tersimpan pada titik akhir seperti server, maka siapa saja yang mempunyai akses ke server tersebut dapat menggunakannya secara bersama-sama.

Untungnya lagi, data yang telah disimpan pun bisa di-copy kembali ke jaringan-jaringan komputer lainnya, dengan catatan masih terhubung dalam satu server yang sama. 

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

jenis jaringan komputer

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, terdapat berbagai jenis jaringan komputer yang umum digunakan di kehidupan sehari-hari, antara lain:

1. Local Area Network (LAN)

Salah satu tipe jaringan komputer yang umum dijumpai adalah adalah Local Area Network atau LAN. Jaringan ini jangkauannya cenderung kecil dan paling sering diterapkan di beberapa lokasi seperti kantor, sekolah, dan rumah.

Kalau misalnya kamu di rumah menggunakan akses Wi-Fi untuk memperoleh jaringan internet secara nirkabel, maka penerapan LAN pun menjadi WLAN (Wireless Local Area Network) karena jangkauan internetnya pun hanya sebatas di sekitar rumah saja dan koneksinya juga tidak begitu luas.

2. Personal Area Network (PAN)

Hampir sama seperti LAN, jenis jaringan komputer PAN juga paling sering diterapkan pada gedung perkantoran maupun hunian pribadi. Biasanya, penggunaan PAN hanya sebatas keperluan standar seperti menyediakan jaringan internet saja.

3. Metropolitan Area Network (MAN)

Cakupan wilayah yang menerapkan jenis jaringan komputer MAN tentunya lebih besar dibandingkan PAN dan LAN. Penggunaan MAN didedikasikan untuk menghubungkan satu jaringan komputer ke komputer lainnya dalam skala kota. Misalnya saja penerapan MAN untuk jangkauan kota Jakarta, Bandung, dan Bekasi.

4. Campus Area Network (CAN)

Sama seperti namanya, jenis jaringan komputer CAN lebih diperuntukkan khusus kebutuhan akademisi di universitas dalam rangka menunjang proses belajar para mahasiswanya, seperti pemberitahuan kelas di setiap mata kuliah, praktik di laboratorium hingga pengaksesan e-mail untuk mendistribusikan informasi kepada civitas akademik.

5. Virtual Private Network (VPN)

Virtual Private Network adalah salah satu dari jenis-jenis jaringan komputer yang digunakan ketika seseorang ingin mengakses sebuah situs memakai jaringan pribadi. Biasanya, VPN digunakan oleh beberapa pihak yang ingin melindungi situs mereka karena mengandung konten sensitif, sehingga dibutuhkan VPN untuk menyamarkan keberadaan situs tersebut di internet.

6. Wide Area Network (WAN)

Memanfaatkan teknologi super canggih, jenis jaringan komputer bernama Wide Area Network memberikan keuntungan berupa jangkauan area yang sangat luas. Tidak hanya bisa digunakan pada kawasan gedung atau antar kota saja, WAN mampu menjangkau jaringan antar negara hingga benua. 

Tentunya, hal tersebut sangat membantu banyak orang, khususnya para pebisnis dalam mempertahankan koneksi jaringan berbasis digital tanpa adanya hambatan jarak.

7. Internet

Interconnected Network (Internet) adalah salah satu jenis jaringan komputer yang merupakan wadah komunikasi secara global dan menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya. Internet memudahkan para pengguna dari seluruh dunia dalam mendistribusikan informasi dengan mengandalkan frekuensi dan transmisi sinyal.

Baca juga:

Jenis Jaringan Komputer Dilihat dari Jenis Transmisi

jenis jaringan komputer
Photo by Tima Miroshnichenko from Pexels

Jika jenis-jenis jaringan komputer di atas merupakan hasil dari pengelompokkan berdasarkan jaraknya, maka sekarang saatnya kamu mengenal jenis jaringan komputer berdasarkan transmisinya. 

1. Wireless Network

Jenis Wireless Network menjadi jenis jaringan komputer modern karena tidak mengandalkan kabel sebagai media transmisi informasi. Pada Wireless Network, proses transmisi data menggunakan gelombang elektromagnetik.

2. Wired Network

Meskipun sudah banyak orang yang menggunakan jenis jaringan komputer Wireless Network, akan tetapi Wired Network pun masih menjadi pilihan untuk beberapa pihak dalam kebutuhan transmisi data.

Dalam menghubungkan satu komputer ke komputer lain, Wired Network masih membutuhkan kabel untuk penerapannya.

Topologi Jaringan Komputer

Topologi jaringan komputer adalah cara atau metode yang menghubungkan beberapa komputer menjadi satu jaringan. Ini dia contoh-contohnya.

1. Topologi Bus

Topologi bus adalah penghubungan jaringan komputer yang paling banyak diterapkan di berbagai sektor pekerjaan. Mengapa begitu? Karen salah satu keuntungan jaringan komputer menggunakan topologi bus adalah model hingga pemasangannya cenderung mudah dan cocok digunakan pada wilayah dengan skala ukuran kecil. 

Ciri khas dari topologi bus adalah berbentuk serial dengan menyambungkan antar komputer sebagai media transmisi data atau informasi.

2.  Topologi Star

Pada jenis jaringan topologi star, setiap komputer tidak terhubung satu sama lain, akan tetapi semuanya mempunyai jalur menuju pusat, yakni switch yang posisinya berada di tengah deretan komputer-komputer.

Fungsi switch adalah membagi secara merata jalur pendistribusian data dan informasi di setiap komputer menuju server pusat.

3. Topologi Tree

Topologi tree mempunyai bentuk yang lebih kompleks karena perpaduan antara dua jenis jaringan, yakni bus dan star. Bentuk dari topologi tree ini persis seperti sebuah hierarki dan setiap switch mempunyai perannya masing-masing dalam menghubungkan ke server.

Macam-Macam Perangkat Jaringan Komputer

jenis jaringan komputer
Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Dalam penerapan jaringan komputer, tentunya terdapat berbagai perangkat yang dibutuhkan supaya akses pendistribusian data dan informasi tetap lancar. Macam-macam perangkat jaringan komputer tersebut adalah:

  • Computer Server (Merupakan bagian penting karena semua data yang diproses akan disimpan dan diolah pada komputer server)
  • Router (Fungsi Router untuk membagi jaringan internet dan melakukan pengaturan ukuran paket data ke setiap access point yang saling terhubung)
  • LAN Card (Fungsi dari LAN Card adalah mengubah jenis aliran data yang tadinya parallel menuju serial)
  • Switch (Versi pintar dari HUB, Switch berfungsi sebagai pemecah jaringan ke beberapa client dengan stabil)
  • Access Point (Penerapannya cocok untuk kawasan yang sulit mendapatkan sinyal karena mampu menetralkan sinyal dari wireless ke client lebih baik)

Kekurangan Jaringan Komputer

Jaringan komputer memang mempunyai banyak kelebihan, khususnya dalam proses pendistribusian data maupun informasi. Namun, di balik kelebihannya, jaringan komputer juga mempunyai kekurangan, lho.

Misalnya saja seperti rentan terkena virus atau berhasil diretas (hack) oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, proses perawatan jaringan dan perangkat-perangkatnya pun cenderung mahal hingga keterbatasan dalam mengakses data karena aktivitas tersebut secara otomatis terekam dan terpantau.

Kesimpulan

Itu tadi informasi mengenai jenis jenis jaringan komputer hingga manfaatnya. Hadirnya berbagai jenis jaringan komputer tersebut di masa sekarang tentunya membuat segala hal menjadi lebih efektif dan efisien. Semua bisa dilakukan, mulai dari mengirim dokumen berukuran besar hingga berbagi informasi ke seluruh penjuru dunia. Apalagi saat ini dunia digital memang berkembang sangat pesat.

Begitu juga dengan Jagoan Hosting, dengan berlangganan produk-produk Jagoan Hosting, seperti VPS, cloud hosting, cloud object storage, maupun produk-produk lainnya, apapun aktivitas digital yang kamu lakukan pasti lebih lancar! 

Untuk mengembangkan website, menyiapkan toko online, sampai konfigurasi e-mail bisnis semuanya bisa kamu dapatkan hanya di Jagoan Hosting. Buruan cek info lengkapnya di sini!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like