Membuat Server Minecraft sendiri
Sebuah website tidak berarti apa-apa jika tidak ada yang mengunjungi, walaupun sebagus apapun website yang sudah kamu buat.

Merancang dan membuat website adalah hal yang pastinya diketahui oleh web developer. Tetapi, apakah sudah pasti website itu akan dikunjungi banyak user? Seorang web developer mungkin tahu akan cara membuat website, tetapi belum tentu tahu cara bagaimana mereka menarik user untuk mengunjungi websitenya. Sebuah website tidak berarti apa-apa jika tidak ada yang mengunjungi, walaupun sebagus apapun website yang sudah kamu buat. Inilah alasan yang menjadi pelajaran bagi banyak web developer, yaitu mengetahui teknik SEO yang efektif dengan tujuan website yang sudah dibuat lebih mudah muncul di Search Engine – pada contoh kali ini, Google.

Apa Itu SEO?

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. SEO bekerja melalui beberapa aturan yang menoptimalkan website kamu agar bisa mencapai peringkat atas dari hasil pencarian atau search results Search Engine. Lalu apa bedanya dengan mengiklan? Perbedaan dari SEO dan iklan adalah SEO dapat mengundang user dan meningkatkan traffic, tanpa harus mengeluarkan uang. Dalam kata lain, SEO adalah cara paling alami dalam menarik user untuk mengunjungi website kamu.

Pentingnya Teknik SEO yang Efektif

Zaman sekarang, SEO menjadi kunci untuk menentukan kualitas website kamu. Contohnya, user lebih cenderung mengunjungi website yang mudah dicari dan cepat diakses. Jika websitemu tidak muncul di halaman pertama Google, sangat kecil kemungkinannya untuk website kamu dikunjungi. Kenapa demikian? Karena jujur saja, sebagian besar dari kita juga tidak pernah peduli untuk mengklik tombol next di Google Search.

Berikut pentingnya teknik SEO yang efektif:

  • Mayoritas dari pengguna Google (65%) seringkali hanya mengklik 5 hasil teratas dari apa yang dicari. Jika kamu mau websitemu untuk lebih sering dikunjungi user, berarti kamu harus berusaha lebih keras agar website kamu muncul di Top 5 result.
  • SEO bukan berarti hanya memerhatikan hasil search Google saja, tetapi implementasi SEO yang baik juga memberi kesan baik bagi user.
  • User cenderung lebih percaya dengan website-website yang muncul teratas dari apa yang di-search. Semakin banyak user yang percaya dengan website kamu, semakin baik juga reputasi websitemu.
  • SEO memungkinkan website kamu untuk mendapat promosi sosial. User cenderung lebih suka men-share website yang mudah dicari di Google ke media sosial.
  • SEO menjadi salah satu unsur penggerak website-website besar, terutama website-website yang memiliki lebih dari satu author atau penulis. Author-author di website besar dapat memanfaatkan SEO untuk meningkatkan traffic di website di mana mereka bekerja.

Jenis-Jenis Teknik SEO

Sederhananya, teknik SEO yang efektif dapat dibagi menjadi 3 jenis:

1.Technical SEO

Seperti namanya, Technical SEO berfokus pada aspek teknis SEO dan tidak memiliki hubungan langsung dengan konten asli dari suatu website. Technical SEO bekerja pada pengaturan dan konfigurasi yang kamu bisa lakukan agar website lebih mudah ditemukan oleh Google. Umumnya, jika kamu sudah mengatur Technical SEO dengan sempurna, kamu tidak perlu mengaturnya berulang-ulang. Hal yang perlu diperhatikan adalah Technical SEO menjadi kunci utama indexing, jika terdapat kesalahan, kemungkinan besar ranking website kamu juga akan turun.

2.On-Page SEO

On-Page SEO berfokus pada konten utama dan unsur-unsur yang ada dari suatu website. Tujuan dari On-Page SEO adalah untuk menyediakan gambaran atau konteks kepada user tentang isi dari website kamu. On-Page SEO bekerja melalui struktur website dan Keyword. Contohnya, judul, heading, internal links, gambar, dan lain-lain. Jika kriteria-kriteria tersebut dipenuhi dengan baik, On-Page SEO dapat meningkatkan reputasi website kamu dengan mudah.

3.Off-Page SEO

Off-Page SEO dikenal sebagai “link building”. Umumnya, jika user mencari keyword tertentu, website yang merupakan hasil terbaik akan muncul teratas. Bagaimana sebuah website dapat dikatakan baik? Melalui backlinks. Backlinks adalah link yang menuju ke website kamu yang ada di website lain. Jika link website kamu ada di website dari website-website besar dan terpercaya, ranking website kamu juga akan meningkat.

Tetapi, jika link kamu disebarkan melalui cara-cara negatif seperti link bayaran, spamming, atau metode lainnya, ranking websitemu juga akan turun. Mendapatkan backlink dengan cara-cara demikian adalah pelanggaran dari Google Guidelines dan akan menghasilkan Google Penalty.

Penutup

Meski kamu sudah mengetahui dan mempelajari teknik SEO yang efektif, tetapi cara terbaik dalam belajar menggunakan SEO adalah berlatih dan mempraktekkan SEO sebaik mungkin. Selain belajar konsep dan teori, tetapi tidak cukup di situ saja, satu-satunya cara untuk memastikan apa yang kamu pelajari itu bermanfaat adalah dengan menerapkan teknik-teknik SEO pada website kamu dan terus memonitor ranking kamu. Sederhananya, jika ranking dan traffic kamu terus meningkat, artinya kamu sudah berjalan di jalan yang benar. Jika belum, berarti kamu perlu berlatih lebih banyak lagi dan merevisi strategi kamu.

klik gambar untuk daftar wejangan kita nih sob!
0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
kode warna css dan html
Read More

Kode Warna CSS dan HTML

Daftar Isi Daftar Kode Warna CSS dan HTMLKombinasi Kode Warna untuk Website Elegant Yet Approachable Artsy and Creative…