Pengertian Backlink, Manfaat, Fungsi & Cara Dapatnya

backlink adalah

Ada banyak cara untuk membuat website berada pada posisi teratas mesin pencari. Salah satunya adalah dengan membangun backlink. Lalu apa saja manfaat dan fungsi backlink? Bagaimana cara membuat dan mencari backlink berkualitas dan seperti apa contohnya?

backlink adalah

Mungkin masih banyak orang yang bertanya tentang apa itu backlink? Secara sederhana, backlink ini merupakan bagian dari salah satu SEO Off Page yang bertujuan untuk membangun link building. Ini merupakan cara untuk membuat website kamu lebih kredibel di mata mesin pencari 

Singkatnya, backlink adalah link antara satu website atau halaman web ke website ataupun halaman web lainnya. Backlink dianggap sebagai sebuah rekomendasi untuk satu website dari website lainnya.

Nantinya, semakin banyak outbond link yang dimiliki, maka dianggap jika sebuah konten memiliki kredibilitas yang cukup bagus. Kredibilitas inilah yang nantinya akan membuat website tersebut mendapatkan penilaian yang baik dari mesin pencari. Hal inilah yang menyebabkan mesin pencari akan menempatkan konten web tersebut pada urutan atas.

manfaat backlink

Setelah paham dengan pengertian backlink, mungkin kamu juga penasaran apa saja manfaat ataupun fungsi dari backlink. Selain membuat website lebih disukai oleh mesin pencari, berikut adalah beberapa manfaat backlink lainnya:

1. Mempercepat Proses Indeks oleh Mesin Pencari

Salah satu cara kerja dari mesin pencari adalah melakukan crawling secara berkala untuk tiap website. Jika website kamu memiliki kualitas outbond link yang baik, maka proses crawling dan indeks juga akan menjadi lebih cepat. 

Nantinya, hasil crawling inilah yang menjadi indeks untuk mesin pencari. Efeknya, semakin baik proses indeks ini maka akan semakin mudah para user dalam mengidentifikasi website tersebut.

Inilah yang menjadi fungsi backlink paling utama. Dengan proses indeks yang baik ini, maka website kamu juga akan lebih mudah ditemukan dengan ragam kata kunci yang mungkin saja bervariasi.

2. Meningkatkan Trafik

Penggunaan backlink juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan trafik website. Bagi website, cara ini menjadi alternatif mendapatkan pengunjung selain dari halaman pencarian.

Website tersebut juga berpotensi mendapatkan trafik tambahan dari website yang memberikan backlink. Terutama jika website kamu berhasil mendapatkan backlink dari website dengan performa lebih baik, maka potensi meningkatnya trafik akan lebih tinggi.

3. Meningkatkan Domain Authority

Website yang kuat akan muncul pada urutan teratas mesin pencari. Salah satu cara untuk mengukur kekuatan website tersebut adalah dengan menggunakan domain authority.

Domain authority sendiri merupakan cara untuk melihat seberapa kredibelnya domain tersebut. Semakin kredibel, maka akan semakin tinggi nilai domain authority website tersebut.

Salah satu cara untuk meningkatkan domain authority tersebut adalah dengan mendapatkan backlink dari website lain yang berkualitas. Dari sinilah nantinya mesin pencari akan menilai jika website kamu cukup baik atau tidak

Cek Konten Lainnya:
6 Cara Menjadi Selebgram Terkenal Sampai Dapat Endorse!

4. Meningkatkan Page Authority

Salah satu manfaat backlink lainnya adalah meningkatkan page authority. Sama dengan domain authority, page authority juga akan berpengaruh untuk mengukur kekuatan dari halaman website

Jika domain authority mengukur kekuatan website secara keseluruhan, page authority akan menilai secara spesifik pada halaman website tersebut. Semakin tinggi nilai page authority, maka semakin besar juga potensi halaman tersebut untuk berada di posisi teratas mesin pencari.

Nilai dari page authority ini sendiri bisa berasal dari backlink berkualitas yang disematkan pada halaman website lain. Ini bisa jadi karena situs tersebut menjadikan konten web milikmu sebagai sumber terpercaya.

Baca juga: Cek DA PA Blog & Website serta Cara Meningkatkannya

5. Membangun Reputasi Website

Masih berkaitan dengan domain authority dan page authority, semakin baik kedua hal tersebut maka semakin baik juga reputasi website yang kamu punya. Hal ini juga menjadi manfaat dari mendapatkan backlink.

Namun, satu hal yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu banyak menggunakan backlink untuk membangun reputasi website. Hal ini berpotensi membuat mesin pencari menganggap itu sebagai spam.

Baca juga: Apa itu Link Building? Ini Manfaat & Panduannya untuk Pemula

Jika kamu sudah terbiasa ataupun mengenal backlink, maka kamu mungkin sudah mengenal jenis dari penggunaan backlink. Ada dua tipe dasar dari backlink ini, pertama adalah backlink dofollow dan juga nofollow. Lalu apa perbedaan backlink dofollow dan nofollow?

Ini merupakan contoh backlink yang banyak digunakan saat ini. Sesuai namanya, jika dalam satu konten memiliki link dengan tipe dofollow, maka website yang memberikan backlink tersebut akan mengikuti link tersebut secara langsung.

Hal ini akan berpengaruh ketika mesin pencari melakukan indexing. Dengan menggunakan contoh backlink ini, maka mesin pencari akan melakukan index tidak hanya pada konten utama, namun pada konten backlink ini juga.

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan backlink dofollow ini, antara lain:

a. Membangun Direktori

Sumber data di internet akan selalu tumbuh dan semakin besar. Jika kamu bisa membangun backlink yang berkualitas maka hal itu akan otomatis membuat direktori langsung ke website buatan kamu.

Link building inilah yang akan membantu mengarahkan trafik ataupun user untuk langsung menuju ke website kamu. Inilah alasan mengapa backlink sangat baik untuk SEO.

b. Referral Traffic

Hal lainnya yang juga menjadi manfaat dari backlink dofollow adalah bisa menaikkan trafik dengan lebih cepat dan mudah. Hal tersebut karena link ini bersifat default dan langsung terindeks mesin pencari.

c. Mempercepat Proses Index

Alasan lainnya mengapa banyak orang yang menggunakan jenis ini karena akan mempercepat proses index oleh mesin pencari. Kecepatan index ini juga akan berkaitan dengan semakin mudahnya suatu website ditemukan oleh user.

d. Meningkatkan Kredibilitas Situs

Hal lainnya yang juga menjadi fungsi backlink dofollow adalah meningkatkan kredibilitas situs. Salah satu contohnya adalah memberikan link sumber dari beberapa isi pada artikel yang kamu buat sehingga nantinya pengunjung akan mengklik link tersebut. 

Semakin banyak klik yang didapatkan maka akan semakin meningkatkan hubungan antar situs tersebut menjadi lebih berkualitas.

Contoh backlink lain yang juga banyak digunakan adalah jenis nofollow. Ini merupakan jenis backlink yang merupakan kebalikan dofollow. Pada jenis ini, maka backlink yang kamu buat tidak akan terindeks oleh mesin pencari.

Biasanya, jenis ini digunakan untuk menyeimbangkan penggunaan backlink. Terlalu banyak menggunakan backlink dofollow biasanya akan membuat mesin pencari menganggap hal itu sebagai spam.

Cek Konten Lainnya:
Mengenal ROAS, Rumus Cara Hitung dan Tipsnya

Beberapa manfaat backlink nofollow antara lain:

a. Meningkatkan Kekuatan Brand

Dalam dunia digital marketing, biasanya penggunaan backlink nofollow ini berkaitan dengan peningkatan kekuatan brand. Hal ini terutama jika brand yang kamu punya terkait dengan brand lain yang sudah besar.

Backlink dofollow memang bisa meningkatkan posisi website. Namun sebenarnya, mesin pencari akan lebih suka dengan pencarian manual daripada mengandalkan backlink dofollow.

Di sinilah fungsi backlink nofollow akan membuat penggunaan backlink menjadi lebih natural. Hal ini tentu saja akan menjadi nilai tambah dalam pengembangan website kamu pada mesin pencari.

c. Mengurangi Spam pada Blog

Manfaat backlink nofollow yang paling penting adalah bisa mengurangi spam pada blog yang bisa saja mengurangi kualitas pada blog tersebut. Biasanya, penggunaan backlink nofollow akan digunakan untuk keperluan seperti link komentar, link ke situs yang tidak terpercaya, link afiliasi, dan lainnya.

cara membuat backlink

Dengan fungsinya yang sangat penting, maka sudah seharusnya backlink ini dioptimalkan dengan baik. Namun, sebelum memikirkan cara untuk membuat backlink berkualitas dan membangun link building, maka kamu juga perlu memastikan website tersebut sudah siap.

Pada dasarnya website yang siap untuk backlink adalah ketika memenuhi kriteria berikut:

  • Teroptimasi secara teknis
  • Arsitektur website yang sudah kuat
  • Konten berkualitas

Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk melakukan cara membuat backlink yang benar.

1. Manfaatkan Social Media

Promosikan konten blogmu di media sosial dan cari kesempatan untuk membagikan konten di situs web lain yang mungkin tertarik untuk menyertakan tautan balik ke website kamu.

2. Membuat Konten Berkualitas

Hal selanjutnya yang juga perlu kamu lakukan untuk menghasilkan backlink berkualitas adalah dengan membuat konten yang bagus. 

Jika melihat SEO secara umum, maka konten merupakan senjata paling penting. Konten bisa menjadi cara meningkatkan atau malah merusak strategi SEO yang kamu buat. Salah satu cara untuk membuat konten berkualitas adalah dengan memberikan hal yang bermanfaat dan audiens butuhkan.

3. Relevansi

Sudah dijelaskan jika tidak semua backlink bisa kamu ambil. Terlalu banyak backlink akan membuat website dianggap sebagai spam. Salah satu cara membuat backlink berkualitas adalah dengan melihat relevansi.

Pastikan konten yang kamu jadikan backlink memiliki tema yang tidak jauh berbeda dengan konten yang kamu buat. Setidaknya ada 3 kriteria berkaitan dengan masalah relevansi ini, yaitu:

  • Tema konten secara umum dari domain backlink
  • Isi konten dari halaman backlink
  • Relevansi backlink ke domain

Cara mendapatkan backlink yang benar lainnya adalah dengan mendapatkannya dari situs berkualitas. Cara ini memang sulit, namun hasil yang akan kamu dapatkan juga sebanding.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan backlink dari website yang berkualitas adalah menggunakan tool seperti SEMRush. Kamu bisa melihat tiap web potensial yang memiliki prospek cukup baik.

Masalah backlink berkualitas ini juga menandakan jika kamu perlu memperhatikan sumber backlink. Jangan sampai backlink yang kamu gunakan justru menimbulkan masalah. Beberapa sumber backlink yang perlu kamu hindari antara lain:

  • Halaman dengan jumlah outbound link berlebihan. Secara normal, jumlah outbound link tidak akan sebanyak ini.
  • Outbound link yang tidak saling relevan.
  • Jumlah kata untuk tiap konten sangat sedikit, biasanya hanya sekitar 300 kata.

5. Mengoptimalkan Infografik

Metode yang saat ini populer untuk membawa trafik ke web adalah menggunakan infografik. Cara ini cukup bagus karena audiens lebih mudah untuk memahaminya. Secara visual tampilan ini juga menarik.

6. Guest Blogging

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika melakukan guest blogging. Pertama kamu bisa menjadikan cara ini untuk mendapat link berkualitas ke website kamu.

Cek Konten Lainnya:
SEO Blog: 12+ Cara Optimasi Blog agar Banjir Traffic

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan cara ini untuk mendapatkan audiens baru. Ini merupakan cara paling tepat ketika kamu ingin lebih memperluas jangkauan pengunjung pada website yang kamu buat.

Tidak hanya mendapatkan link dari luar, namun masalah ini juga bisa kamu lakukan dengan membangun internal link yang kuat. Singkatnya, cara ini akan membantu pengguna untuk mendapatkan navigasi dengan lebih mudah pada website kamu.

Setelah memastikan website kamu siap dan bisa membuat backlink berkualitas, maka sudah saatnya kamu mencari berbagai link berkualitas untuk mengoptimasi website.

Berikut adalah beberapa cara mencari outbond link berkualitas yang bisa kamu lakukan:

1. Konten Menarik

Cara paling penting untuk mencari link adalah dengan menciptakan konten berkualitas. Konten yang menarik akan menjadi daya tarik utama bagi audiens. Jadi, untuk mendapatkan backlink ini kamu bisa fokus dari membuat konten berkualitas

2. Relasi

cara mendapatkan backlink

Hal lainnya yang juga bisa kamu lakukan untuk mencari link dari website lain yang berkualitas adalah dengan membangun relasi yang baik. Cara ini bisa kamu lakukan dengan melakukan blogwalking, menjadi guest blogger, ataupun aktif di komunitas blogger.

Membangun relasi ini sendiri bisa kamu lakukan dengan melihat blog atau website yang memiliki isi konten sama dengan apa yang kamu buat. Hal ini bisa menjadi salah satu cara efektif yang bisa kamu lakukan.

3. Membuat Konten yang Sedang Banyak Orang Cari

Selain menarik dari segi kualitas, kamu juga perlu memastikan konten tersebut banyak orang cari. Cara ini tentunya perlu kamu lakukan untuk memastikan banyak orang juga yang masuk ke website kamu.

Untuk mendapatkan konten ini, kamu bisa melihat apa yang sedang tren. Kamu bisa melakukannya dengan melihat media sosial ataupun pencarian terbanyak di mesin pencari.

4. Menggunakan Tools

Saat ini, kamu juga bisa menggunakan tools cek backlink seperti Ahrefs, MOZ, Majestic, dan lainnya untuk mempermudah mendapatkan backlink. Tools tersebut juga bisa kamu jadikan cara untuk membuat link building menjadi lebih optimal.

Backlink merupakan cara optimasi yang bisa membantu SEO dari luar. Caranya adalah dengan membuat website kamu menjadi acuan dan juga referensi bagi website lain.

Ketika banyak website lain yang membangun link dengan website kamu, maka mesin pencari juga akan menilai jika website kamu ini bisa dijadikan sebagai referensi dan terpercaya.

Semakin banyak website yang menjadikan website kamu sebagai referensi, tentu akan semakin baik. Cara ini juga bisa menjadi langkah efektif untuk menaikkan kredibilitas dari website kamu.

Di sisi lain, penggunaan backlink juga bisa meningkatkan trafik yang kamu dapatkan. Ini juga menjadi salah satu cara untuk mendapatkan posisi teratas karena website kamu memiliki banyak pengunjung. 

Dengan melakukan optimasi backlink, maka ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas website yang kamu buat. Cara ini bisa menjadi salah satu langkah untuk membangun kepercayaan dari mesin pencari.

Selain penggunaan SEO, cara ini juga merupakan langkah penting yang perlu kamu optimasi. Link building yang baik juga bisa menjadi cara untuk membuat website kamu berada di posisi atas mesin pencari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cek da pa
Read More
Cek DA PA Blog & Website serta Cara Meningkatkannya
Sudahkah kamu melakukan cek DA PA blog atau website? Sebagai pemilik website, kamu wajib mengetahui caranya agar performa…
SEO Marketing
Read More
SEO Marketing: Manfaat dan Strateginya
Brand bisnis yang semakin dikenal masyarakat luas maupun memperoleh peningkatan penjualan sama-sama penting dalam bisnis digital. Salah satu…