7 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Bertemu Customer

Sebelum melakukan penjualan setiap orang pasti sudah memiliki tekniknya sendiri. Bisa jadi teknik yang digunakan hasil dari manipulasi teknis orang lain atau bisa menggunakan tekniknya sendiri. Namun apakah kamu sudah yakin teknik yang digunakan sudah dapat meningkatkan penjualan kamu? Apakah teknik yang kamu gunakan yakin sudah paling efektif ?

Berikut ini ada tujuh taktik penjualan yang bisa kamu gunakan sebelum mengahadapi customer:

1. Persiapkan diri

Pelajari terlebih dahulu latar belakang dan karakteristik customer yang akan kamu datangi sebelum kamu menghubunginya. Gali sedalam mungkin kebutuhan mereka, agar nantinya kamu bisa langsung memberikan solusi dari kebutuhannya dan dapat menawarkan paket yang tepat. Dan jangan lupa pelajari kompetitor, untuk mempersiapkan jika sewaktu-waktu customer kamu membandingkan dengan kompetitor lain kamu jadi tidak kelabakn dalam menjawab.

2. First impression

Dalam kesan pertama yang orang lihat dari kamu adalah penampilan. Jadi pastikan kamu memiliki penampilan yang rapi, bersih, dan terlihat percaya diri. Jangan pernah menggunakan pakaian yang tidak sopan saat bertemu dengan customer, seperti menggunakan celana pendek, kaos oblong dan sendal jepit sekalipun customer kamu adalah orang yang santai. Karena dengan memiliki penampilan yang rapi, bersih dan percaya diri akan memberikan nilai tambah untuk diri kamu.

3. Awali hubungan klien

Untuk membangun hubungan baik dengan customer, kamu harus mengerti apa yang mereka butuhkan dan berusahalah untuk mendapatkan kepercayaan lebih dari mereka. Sehingga mereka akan tahu kualitas produk yang kamu keluarkan. Jangan membiarkan mereka kecewa dengan pelayanan produk kamu, pelayanan produk bisa dibuat dengan mencoba untuk menjalin hubungan yang baik dengan customer.

Cek Konten Lainnya:
JANGAN LAKUKAN! 6 Kesalahan Besar dalam Membangun Brand

4. Mendengarkan customer

Saat kamu bertemu dengan customer, pastikan kamu siap untuk mendengarkan segala masalah yang mereka hadapi. Dan berikan segala masukan yang profesional kepada mereka, sebisa mungkin kamu harus dapat menjawab segala bentuk pertanyaan dari customer. Maka dari itu penguasaan knowledge produk sangat penting untuk kamu kuasai selain itu perluas juga pengetahuan luar yang ada sangkut pautnya dengan produk yang kamu tawarkan. Karena cara kamu menjawab adalah sumber kepercayaan mereka terhadap produk yang ditawarkan.

5. Keterampilan

Beberapa orang mungkin menganggap bertemu dengan orang lain ini adalah suatu hal yang mudah. Namun ada beberapa yang menganggap itu sulit. Ingat, mulai dari apa yang kamu kenakan, apa yang kamu katakan, bagaimana kamu bersikap, semua itu adalah gambaran atau cermin dari bisnis kamu. kamu dapat mengikuti beberapa program yang dapat meningkatkan ketrampilan untuk bisa meyakinkan customer kamu, dan membuktikan apa yang kamu lakukan atau bicarakan sesuai dengan kenyataan.

6. Jangan mendesak customer

Apabila customer belum berminat membeli produk kamu pada hari itu juga, jangan sekalipun kamu memaksanya untuk membeli. Apalagi dalam tahap membangun hubungan dengan customer kamu. Setidaknya customer sudah mengetahui/mengenal produk kamu secara matang. Biarkan mereka memikirkan secara sendiri tentang kelebihan produk kamu. Untuk selanjutnya, kamu dapat memfollowup kembali.

7. Sesuaikan pembicaraan tentang kenyataan produk

Saat menawarkan produk, pastikan apa yang kamu sampaikan sesuai dengan kenyataan/sesuai dengan kondisi produk kamu saat itu. Untuk menarik minat customer kamu memang selalu mengunggulkan kelebihannya. Namun jangan terlalu berlebihan dalam menyampaikannya, karena customer akan menjadi sangat kecewa jika setelah menggunakan produk tidak sesuai dengan apa yang sudah kamu sampaikan di awal.

Cek Konten Lainnya:
Masih WFH? Ini Aplikasi Meeting Online Terbaik!

Itulah beberapa taktik yang harus kamu pelajari saat kamu ingin bertemu dengan customer semoga taktik itu bisa bermanfaat dan dapat membantu kamu dalam meningkatakan penjualan bisnis kamu. Strategi atau taktik yang sesuai dengan keinginan customer pasti akan membuat penjualan kamu meningkat dengan cepat.

Ketahui juga tips bermanfaat lainnya yang akan mengemembangkan kemampuan kamu dalam dunia marketing, di halaman berikut ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
darimana sebainya mulai berbisnis
Read More
Darimana Sebaiknya Mulai Berbisnis?
Setelah mendengar cerita sukses dari sahabat Anda, mungkin Anda pernah sekali dua kali bertanya pada diri sendiri, “Jika…
otomasi di bidang kesehatan
Read More
Otomasi di Bidang Kesehatan, Solusi Tingkatkan Pelayanan Publik di Masa Pandemi
Otomasi di Bidang Kesehatan – Para pengelola bisnis di bidang kesehatan harus mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat…