Jurusan Teknik Informatika & Prospek Kerjanya

computer science

Sobat Jagoan tentunya sering atau setidaknya pernah mendengar tentang jurusan Teknik Informatika, jurusan yang kini tengah naik daun lantaran prospek kerjanya yang cukup menjanjikan.

Mungkin kamu tertarik untuk masuk ke jurusan tersebut, namun sebelum itu, ada baiknya jika kamu mengenal terlebih dahulu profil lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Teknik Informatika?

Seperti halnya pepatah “tak kenal, maka tak sayang”. Sebelum kamu melangkah lebih jauh, kamu perlu mengetahui apa itu Teknik Informatika.

Teknik Informatika adalah bidang ilmu yang mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisa matematis yang ditujukan untuk pengembangan, desain, pengujian, sistem operasi, dan sebagainya.

Jurusan ini mengajarkan bagaimana seseorang bisa membuat ide kreatif dan merealisasikannya, memecah fungsi-fungsi, dan membuat struktur instruksi yang detail dalam bahasa pemrograman.

Kenapa Kamu Harus Pilih Jurusan Ini?

Tahukah Sobat Jagoan jika peminat Jurusan Teknik Informatika mengalami peningkatan tiap tahunnya?

Bahkan perbandingan peminat yang mendaftar dan diterima adalah 100:1.

Tentunya hal ini sangat dapat dimaklumi, mengingat banyaknya alasan yang melatarbelakangi seseorang untuk memilih jurusan ini.

Meningkatnya Kebutuhan Industri

Di era yang serba digital ini, penggunaan Internet semakin marak dilakukan terlebih untuk mendukung efisiensi kerja seseorang.

Diperkirakan kebutuhan akan Internet pun akan terus meningkat. Dalam bisnis profesional, bidang IT dinilai sangat krusial dan merupakan salah satu faktor utama yang menyokong keberhasilan bisnis tersebut.

Hal ini disebabkan karena semua data saat ini telah didigitalisasi.

Peluang Kerja yang Tinggi

Jika berbicara tentang peluang kerja, lulusan Teknik Informatika memiliki kesempatan yang cukup tinggi untuk bekerja.

Selain itu, mereka juga berpeluang untuk bekerja secara independen, misalnya seorang konsultan IT atau pendiri software house hingga startup sekali pun.

Cek Konten Lainnya:
Studi Menarik yang Berguna bagi Entrepreneur dari Netflix, Situs Layanan Streaming Video dan Serial Televisi
Berbekal Ketertarikan terhadap Dunia Informatika

Sobat Jagoan yang masuk ke dalam bagian generasi milenial pasti sudah cukup familiar dengan permainan online.

Tidak heran jika kamu memiliki ketertarikan terhadap dunia informatika. Adanya ketertarikan tersebut kemudian bisa saja mendorong kamu untuk berpikir bagaimana permainan online diciptakan.

Orang Sukses dari Teknik Informatika

Banyak orang menganggap ilmuwan adalah orang-orang yang mempelajari alam, bahan-bahan kimia, atau hal-hal yang berbau dengan kedokteran.

Namun, kita tidak bisa menganggap remeh para ilmuwan yang memilih untuk mempelajari sesuatu yang berbeda, misalnya ilmu komputer.

So, coba simak beberapa ilmuwan komputer di bawah ini. Mereka terkenal dengan pengetahuan, keahlian, dan jiwa inventif mereka untuk memberi pengaruh besar pada kemajuan teknologi.

Dedicated Hosting
Elon Musk

Elon Musk atau yang sering disebut dengan Iron Man di dunia nyata ini adalah ilmuwan sekaligus CEO dari Tesla Motors dan SpaceX.

Tahukah kamu jika kesuksesannya berawal dari ketertarikannya dengan komputer?

Ketika berusia 12 tahun, Musk mulai belajar tentang pemrograman yang kemudian menuntunnya pada perusahaan pertama yang ia bangun, Zip2.

Tidak berhenti sampai di situ, ia juga menjadi co-founder dari sebuah perusahaan yang kini dikenal dengan PayPal.

mark zuckerberg
Mark Zuckerberg

Nama yang satu ini tentunya sudah tidak asing di telinga Sobat Jagoan.

Zuckerberg adalah penemu dari media sosial yang sangat terkenal di era digital ini.

Ia memulai Facebook di kamar asramanya di Harvard hanya dengan berbekal komputer dan ketertarikan di dunia informatika.

Saat ini, Facebook telah menjadi sebuah wadah untuk rekan dan keluarga dalam menjalin hubungan dan membangun bisnis.

bill gates
Bill Gates

Salah satu nama yang banyak diketahui di dunia ilmu komputer adalah Bill Gates.

Siapa di antara kamu yang belum pernah mendengar nama ini?

Gates memulai bisnis writing software-nya untuk Komputer Altair dengan teman masa kecilnya, Paul Allen.

Tidak lama kemudian, mereka membangun Microsoft dan di usia 23 tahun, perusahaan mereka mampu meraup keuntungan sekitar 2.5 juta USD.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Marketing Mix 7P? Konsep & Contohnya untuk Bisnis

Berapa Besar Gaji Lulusan Informatika?

Rata-rata gaji programmer yang baru lulus kuliah di Inggris bisa mencapai 610 juta rupiah per tahun dan 919 juta rupiah per tahun di Amerika Serikat.

Lalu, bagaimana dengan gaji mereka di Indonesia?

Jika dibandingkan antara gaji rata-rata programmer di Inggris dan Indonesia, tentu nominalnya sangat jauh berbeda.

Untuk level pemula dan minim pengalaman, seorang lulusan Teknik Informatika rata-rata memperoleh gaji 4 – 7 juta rupiah per bulan.

Namun, untuk entry level, lulusan Teknik Informatika bisa saja mendapat upah sekitar 10 juta rupiah per bulan terlebih jika mereka bekerja untuk perusahaan startup yang sangat bonafide atau perusahaan asing.

Mata Kuliah Teknik Informatika

Prospek Kerja Teknik Informatika

Menurut Bureau of Labor and Statistics (BLS), bidang Informatika adalah salah satu profesi yang banyak dibutuhkan di rentang tahun 2014 – 2024 dengan tingkat rata-rata peningkatan sebesar 12%.

Seperti halnya jurusan lain, prospek kerja lulusan Teknik Informasi cukup luas dan bervariasi, misalnya ahli jaringan, software engineer and developer, konsultan, analis, keamanan sistem dan jaringan.

Nantinya, mereka akan bertanggung jawab mengkoordinasikan pembangunan, pemeliharaan, dan perluasan sistem komputer dalam sebuah bisnis.

Sobat Jagoan sudah pasti pernah menemui orang-orang dengan profesi ini. Yuk, simak juga profesi keren lainnya yang bisa kalian tekuni di era digital.

Cek Konten Lainnya:
Google Analytics 4: Fitur Baru, Kelebihan dan Kekurangan
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
bisnis undangan digital
Read More
5+ Cara Memulai Bisnis Undangan Digital dengan Website
Bisnis undangan digital merupakan ide bisnis yang dapat kamu kembangkan di era perkembangan teknologi yang semakin maju. Berbanding…
Google Bisnisku
Read More
Cara Daftar Google Bisnisku dan Manfaatnya bagi Pelaku Bisnis
Google Bisnisku adalah salah satu tool yang dikembangkan oleh Google untuk memudahkanmu dalam mengembangkan usaha.  Dengan adanya fitur…