Perkembangan teknologi dan informasi saat ini sudah begitu pesat. Karenanya, berpikir kreatif adalah salah satu kemampuan yang dituntut pada setiap orang agar mampu mengikutinya. Hal ini berlaku pada semua bidang dan profesi, mulai dari pelaku bisnis hingga software engineer.

Namun, rupanya kreativitas memang tidak bisa diciptakan begitu saja, Sob. Apalagi, cara berpikir setiap orang tentunya berbeda. Tapi, dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana memulai proses berpikir kreatif dan inovatif. Yuk simak!

Apa itu Berpikir Kreatif?

Berpikir kreatif adalah cara atau keterampilan seseorang dalam menyelesaikan masalah dari berbagai perspektif baru dalam sudut pandang berbeda. Istilah populernya dalam Bahasa Inggris yaitu “Creative Thinking”.

Cara berpikir kreatif adalah solusi bagi kamu dalam menemukan solusi untuk masalah-masalah baru. Kreatif berarti menciptakan hal baru yang belum pernah ditemukan oleh orang lain sebelumnya.

Dengan kemampuan berpikir kreatif, kamu akan menemukan jalan untuk memecahkan masalah dan menghadapi tantangan, khususnya di zaman dengan persaingan yang semakin ketat seperti sekarang. Tak heran, jika setiap profesi membutuhkan kreativitas.

Adapun 10 profesi utama yang membutuhkan skill berpikir kreatif menurut riset The Creative Group pada tahun 2019, berikut diantaranya.

 

  • User research
  • User experience
  • Digital marketing
  • Visual design
  • Creative development
  • Mobile development
  • Art director
  • User interface and interaction design
  • Social media and marketing strategic

 

Mengapa berpikir kreatif itu penting?

Tau nggak sih Sob, faktanya berpikir secara kreatif sangat penting dan diperlukan dalam dunia kerja. Hampir tiap profesi saat ini melibatkan proses kreatif agar menemukan ide baru dan segar untuk menarik para konsumennya, atau untuk kepentingan promosi.

Apalagi jika kamu kerja di bidang creative digital marketing, tentu kamu nggak akan memenuhi kualifikasi bila tidak bisa menciptakan inovasi dan ide baru bagi perkembangan perusahaan. Pastinya kamu harus mampu mengikuti tren terkini.

Tidak hanya itu, berpikir kreatif adalah hal yang juga dibutuhkan dalam bidang sains, engineering hingga matematika untuk mendobrak sudut pandang lama dan menemukan hasil penelitian baru yang lebih relevan dan bermanfaat di masa kini.

Cara Berpikir Kreatif untuk Mendorong Diri Sendiri

Berpikir kreatif adalah proses yang tidak instan. Kebanyakan, orang kreatif membutuhkan sumber inspirasi tertentu dalam menciptakan sebuah ide. Misalnya, seorang marketer harus melakukan riset audiens untuk menemukan ide baru. 

Nah, ini dia 10 cara yang bisa kamu terapkan untuk mendorong diri sendiri berpikir secara kreatif. Berikut penjelasannya.

1. Memperluas sumber informasi

Jika kamu sering mendapat inspirasi dari menonton film, maka cobalah untuk menambah sumber inspirasi baru. Misalnya, membaca novel atau komik. Dengan begitu, kamu bisa menemukan sudut pandang baru yang bisa diterapkan dalam idemu.

2. Memiliki komitmen

Berpikir kreatif adalah proses sulit apabila kamu tidak memiliki komitmen dalam melakukannya. Selalu tanamkan pada diri sendiri, bahwa kamu ingin menciptakan sesuatu yang baru dan terus mengembangkan kreativitas.

3. Banyak bergaul sama orang kreatif

Sob, sudut pandang kita itu bisa dibentuk dari circle sekitar. Karena itu, banyak-banyaklah berkumpul dengan orang-orang kreatif agar bisa mengadaptasi perspektif mereka. Misalnya, mengikuti komunitas atau organisasi.

Baca Juga: Ide-Ide Kreatif Anda Habis? Lakukan Tips ini!

4. Berani mencoba hal baru

Kamu bisa dibilang kreatif apabila mampu menciptakan hal baru. Tentu saja, tidak sedikit orang yang menganggap itu aneh, namun akan lebih banyak yang menilainya sebagai hal unik. Karena itu, jangan ragu untuk memperlihatkan gagasan barumu kepada orang lain.

5. Rajin berkreasi

Berpikir kreatif adalah kemampuan yang bisa diasah, mulailah dengan gebrakan sederhana. Setelah itu, teruslah berkreasi hingga kamu mampu membuat setiap mata berbinar dengan inovasi baru kamu Sob. Karena apapun itu akan lebih baik jika sempat dilatih.

6. Apresiasi kemampuan diri

Biasanya, seseorang ragu dengan karyanya sendiri karena dia kurang mengapresiasi kemampuannya. Padahal, sikap ini cukup penting lho Sob! Kamu harus bisa menghargai diri sendiri. Lakukan apa yang ingin kamu lakukan, minimalisir opini dari orang lain.

7. Berlatih percaya diri

Menunjukkan hal baru kepada orang lain memang bukan hal yang mudah, seringkali kita merasa insecure. Apakah ide kita bisa diterima? Apakah sudah cukup baik? Stop Sob! Yang terpenting, percaya diri dulu. Selanjutnya, jangan ragu untuk mendengar saran dari orang lain.

8. Jangan capek mencoba

Ketika sudah berusaha menciptakan sesuatu yang baru dan selalu gagal, pasti ada rasa putus asa dalam benak kita. Eits, jangan menyerah dulu Sob! Gagal adalah sebuah perjalanan. Makanya, jangan capek untuk terus berkreasi dan mencoba lagi.

9. Memiliki catatan

Berpikir kreatif adalah skill yang bisa diasah loh! Semakin sering berlatih, maka kamu akan menemukan banyak ide kreatif. Namun, jika tidak disimpan dengan baik, ide itu bisa hilang begitu saja. Jadi tidak ada salahnya mencatat setiap ide baru yang muncul di kepalamu.

10. Mengembangkan kreativitas sebelumnya

Kalau kamu memiliki catatan tentang ide-ide sebelumnya, cobalah untuk mengecek ulang. Siapa tahu, kamu dapat inspirasi dan bisa mengembangkannya menjadi lebih matang.

Baca juga: Wirausaha adalah: Pengertian, Karakteristik, Manfaat dan Contoh

Manfaat Berpikir kreatif

Kreativitas dan kemampuan berpikir kreatif adalah bahan pertimbangan utama bagi suatu perusahaan. Ketika sedang melakukan interview, berusahalah untuk terlihat bahwa kamu orang yang kreatif. Tapi, jangan memaksakan diri ya.

Selain itu, tidak melulu yang membutuhkan cara berpikir kreatif adalah perusahaan. Jika bisa berpikir kreatif dalam kewirausahaan, maka kamu bisa membangun inovasi bisnis menggunakan ide-ide baru dan belum pernah dipakai kompetitor sebelumnya.

Melihat banyaknya manfaat dari suatu kreativitas, jangan ragu untuk selalu mengalah skill kreativitasmu ya Sob. Meski begitu, kamu pasti sering mengalami hambatan berpikir kreatif. Misalnya, kurang percaya diri terhadap gagasanmu. Hindari rasa takut ya Sob, yakinlah kalau kamu bisa dan berani! 

Nah, itu dia Sob pembahasan mengenai pengertian berpikir kreatif dan cara memulainya. Kamu harus bisa menyesuaikan cara berpikir yang baik agar bisa menuntaskan setiap masalah dalam bidang keilmuan kamu masing-masing. Yuk bersama-sama meningkatkan cara berpikir kreatif dan inovatif!

10 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like