21+ Ide Meningkatkan Brand Awareness untuk Bisnis

meningkatkan brand awareness

Berbicara mengenai bisnis walaupun tujuan utamanya adalah keuntungan tapi bukan berarti kamu hanya mengutamakan konten hard selling. Tidak mungkin audiens bersedia bertransaksi begitu saja dengan vendor yang belum mereka kenal. Oleh karenanya kamu perlu tahu dulu cara meningkatkan brand awareness dari bisnismu.

Inilah 22 Cara Meningkatkan Brand Awareness

meningkatkan brand awareness

Ada 23 poin yang bisa kamu terapkan agar meningkatkan brand awareness bisnismu dapat memberikan kesan yang kuat dan positif dalam benak audiens :  

1. Lakukan Pendekatan Secara Personal Terhadap Audiens

Tidak ada orang yang tidak suka jika kamu memperlakukan mereka sebagai seorang teman. Merasa dihargai karena kamu bersedia mengerti  lebih dalam khususnya pada apa yang mereka sukai. Perlakuan yang sama pun berlaku dalam hubungan antara vendor dengan audiensnya.

Oleh karenanya sebagai pembuka daftar cara meningkatkan brand awareness , kamu harus mampu mengenal seperti apa karakteristik target audiens bisnismu. Misalnya dari segi rentang usia, hobi, jenjang pendidikan, domisili, gaya hidup, dsb.

Dari situ kamu akan jadi lebih mudah untuk menentukan konten seperti apa yang tepat sesuai dengan apa yang mereka mau. Baik itu tepat dari segi isi maupun cara penyajiannya. 

2. Aktif Bersosialisasi

Secara gamblang exchangewire menyatakan 70% orang membenci iklan terlebih jika dikemas dengan buruk yang membuat mereka jadi berpersepsi negatif pada bisnis. Jadi tidak mengherankan kalau pada umumnya seseorang akan langsung skip jika melihat iklan. 

Itulah mengapa dalam meningkatkan brand awareness , kamu wajib memperlakukan audiens sebagai manusia bukan sekedar komoditas bisnis. Caranya adalah dengan rajin bersosialisasi lewat konten-konten yang kamu berikan, jangan soal berjualan saja tapi juga bersifat edukatif maupun menghibur.

Selain itu kamu pun dapat membangun interaksi dengan aktif merespon tiap komentar yang audiensmu berikan dalam kolom komentar. 

3. Berikan Audiens Cerita

Story telling merupakan salah satu aspek yang menentukan kemenarikan kontenmu bagi audiens. Dengan demikian apa yang menjadi tanda bahwa kontenmu sudah bisa membawakan cerita dengan baik dalam cara meningkatkan brand awareness

Jawabannya adalah pada seberapa kuat pesan-pesan yang kamu sampaikan dapat menggugah emosi audiens. Seolah-olah mereka merasakan situasi dan kondisi yang kamu gambarkan dalam konten tersebut. 

Fakta bahwa storytelling begitu powerful dalam menarik audiens semakin dipertegas lewat hasil survei yang the brand shop paparkan di tahun 2024 : 

  • 92% audiens pada dasarnya menginginkan iklan yang memberikan mereka cerita.
  • 55% audiens lebih cepat mengingat cerita daripada sekedar uraian penjelasan.
  • 68% audiens mengatakan pengaruh cerita dalam konten berpengaruh pada keputusan pembelian mereka.  
  • Terdapat kenaikan 20% audiens mau menjadi pelanggan setia. 
  • 64% langsung melakukan pembelian setelah menonton konten promosi yang dibungkus dengan cerita yang bagus.

4. Mempermudah Akses Untuk Audiens Membagikan Konten

Apapun format konten yang kamu hidangkan pada audiens berbentuk tulisan atau video, jangan lupa permudah akses untuk membagikannya. 

Semakin banyak jalur aksesnya semacam lewat berbagai jenis media sosial, whatsapp, dsb maka semakin baik. Opsi audiens jadi lebih beraneka ragam mengakomodasi platform apa yang mereka suka

Walaupun tampaknya sepele tapi cukup signifikan dalam cara meningkatkan brand awareness. Harapannya dengan semakin sering kontenmu muncul di berbagai platform akan dapat dilihat semakin banyak orang terutama para kenalan orang yang membagikan konten. Mereka yang awalnya mungkin tidak tahu sama sekali kini jadi tahu bahwa bisnismu itu eksis. 

Cloud VPS
Cek Konten Lainnya:
Algoritma Instagram untuk sebuah brand dan pebisnis online

5. Menjadi Penulis Tamu Dalam Website Tertentu

Kamu ingin memperluas nama bisnismu tapi modal yang tersedia masih terbatas? Jangan khawatir masih ada cara membangun brand awareness yang tidak memerlukan banyak biaya tapi cukup efektif. Kamu bisa menjadi penulis tamu dari website yang sekiranya mengangkat pembahasan yang masih relevan dengan kontenmu. 

Terlebih apabila website yang mewadahi kamu cukup populer maka semakin tinggi peluang konten tersebut terekspose semakin luas. Namun untuk bisa melakukan hal seperti ini, kamu perlu menjalin hubungan yang baik dengan sesama pemilik website

Jika sudah kenal baik, tentu akan lebih mudah bagi kamu memperoleh izin untuk menjadi penulis tamunya. 

6. Menawarkan Produk Freemium

Sistem freemium merupakan cara meningkatkan brand awareness di mana kamu memberikan jangka waktu bagi audiens mencicipi produk jualanmu secara gratis. Penerapan seperti ini biasanya terdapat pada produk-produk digital seperti aplikasi, antivirus, dan masih banyak lainnya.

Model seperti ini bertujuan untuk memupuk rasa percaya konsumen dengan membuktikan bahwa memang produkmu layak mereka beli. 

Dalam masa percobaan cuma-cuma, kamu dapat memanfaatkannya untuk promosi brand dengan mencantumkan watermark nama atau logo bisnismu. 

7. Mengadakan Atau Bergabung Dalam Event Bersponsor

Kalau kamu menghadiri suatu acara berskala besar seperti konser, bazaar, pertandingan olahraga, dsb kamu tentu melihat banyak nama brand terpampang bukan? Entah itu terpampang di banner, kaos, aksesoris, dan masih banyak lainnya. 

Bagi penyelenggara acara, adanya brand sangat membantu untuk pendanaan. Sedangkan bagi perusahaan yang mensponsori, acara tersebut dapat mereka manfaatkan sebagai cara meningkatkan brand awareness. 

Terlebih apabila acara yang terselenggara itu skalanya besar sehingga kemungkinan besar akan didatangi banyak pengunjung. Dengan semakin banyaknya orang, peluang ada yang tertarik  mencari tahu lebih dalam soal brand pun akan terbuka lebar.  

Terlebih jika kamu konsisten terlibat sebagai sponsor dalam acara-acara besar atau bergengsi. Audiens lama kelamaan akan mengidentikkan kamu dengan  acara yang bagus sehingga di mata mereka, brand tampak sangat bonafit. 

Di samping itu, terlibat menjadi sponsor pada strategi meningkatkan brand awareness disebabkan karena kamu dapat bertemu face to face dengan audiens. Dari situ kamu tahu apakah audiens yang kamu targetkan sesuai dengan audiens yang ada di lapangan. 

8. Berikan Brand-mu Kepribadian

Seperti yang sudah paragraf sebelumnya berulang kali sebutkan bahwa audiens senang dengan interaksi yang hidup. Di samping memakai konten dan rajin merespon, cara meningkatkan brand awareness lewat interaksi dapat terjalin jika kamu memberikan kepribadian pada nama brand

Contohnya dapat kamu lihat pada perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan event dengan nama Ngalup. Dalam setiap konten website, media sosial, dan email marketingnya, mereka menyebut audiens dengan istilah sohibul ngalup. Selain itu mereka juga memakai nama minlup untuk menyebut diri sendiri. 

Persona di atas memang cocok dengan karakter yang ingin mereka bentuk yaitu santai dan menyenangkan serasa tongkrongan anak-anak muda. Sebutan-sebutan tersebut seolah sepele tapi efektif untuk mengakrabkan  hubungan dengan audiens. 

9. Berpromosi Lewat Podcast

Salah satu metode modern yang cukup terkenal dalam menyampaikan konten saat ini adalah dengan podcast. Apalagi sekarang membuat podcast bukan menjadi hal yang sulit karena teknologi broadcasting yang semakin maju.

Walaupun mungkin dari luar, konten podcast terlihat sederhana. Satu orang pewawancara berhadapan dengan beberapa orang narasumber membahas berbagai macam topik. Namun prospeknya sebagai cara meningkatkan brand awareness begitu luar biasa sehingga tidak perlu kamu ragukan.

Terbukti dari survei exploding topics yang menyatakan secara global ada 504,9 juta orang yang mendengarkan podcast. Jumlah yang setara dengan 23,5% total pemakai internet.

10. Tekankan Nilai Edukasi yang Dapat Kamu Berikan Di Luar Produkmu

Berdasarkan grafik batang dari hubspot, menunjukkan dengan jelas bahwa jenis konten yang disukai audiens general adalah yang mampu membuat mereka tertawa. Sementara konten pendidikan hanya berada di peringkat 4 dari 6 teratas daftar tipe konten yang paling mudah diingat oleh audiens. 

brand awareness di social media

Walaupun demikian bukan berarti konten yang memiliki nilai edukasi menjadi tidak penting. NYT Licensing memaparkan mengenai ini dengan sangat jelas dalam tulisannya . 

Cek Konten Lainnya:
Raih Kepuasan Pelanggan dengan 6 Kalimat Ajaib Ini

Dengan perubahan yang terjadi begitu cepat dalam berbagai jenis sektor karena perubahan dalam teknologi yang juga begitu pesatnya. Kondisi tersebutlah yang menyebabkan audiens perlu tetap up to date dengan segala perubahan supaya tidak ketinggalan zaman.

Oleh karena itulah mereka pasti membutuhkan sumber informasi yang terpercaya kompetensinya untuk membahas topik tertentu. Dengan begitu topik yang awalnya terasa kompleks menjadi dapat dimengerti berkat uraian analisis dalam referensi yang mereka temukan. 

Audiens yang sudah paham kalau informasi yang kamu sampaikan itu memang valid maka kemungkinan besar mereka pasti akan kembali. Manfaat konten edukasi dari sisi inilah yang berperan dalam  cara meningkatkan brand awareness .  

11. Jaga Relasi Dengan Komunitas

Komunitas dalam lingkup   cara meningkatkan brand awareness definisinya ada 2 jenis. Pertama merupakan komunitas secara umum di mana brand bisnismu sering terpampang dalam berbagai acara termasuk yang dibuat oleh perkumpulan tertentu. Mencakup acara komersial maupun yang bersifat amal.  

Kedua adalah komunitas dalam wilayah yang lebih sempit yaitu mereka yang kurang lebih sudah cukup memahami tentang produk dan layanan bisnismu. Mereka bukan lagi konsumen awam sehingga kemungkinan besar akan lebih rewel sebab mereka sudah punya standarnya sendiri.  

12. Menyediakan Hadiah Menarik Agar Konsumen Mau Mempromosikan Kamu di  Media Sosial

Di luar konten rutin yang kamu unggah , media sosial bisa kamu manfaatkan membangun brand awareness melalui audiens-audiensmu. Buat mereka bersedia tag nama brand-mu beserta nama beberapa orang teman dalam status yang mereka buat melalui promo atau hadiah yang menarik.

Dalam skala yang lebih besar, kamu dapat mengadakan lomba membuat caption atau artikel mengenai pengalaman mereka saat membeli dari bisnismu. Pada saat event, penyebaran brand-mu akan lebih intensif sehingga diharapkan semakin sering muncul di banyak halaman utama audiens-audiens lainnya.

13. Ikuti Tren Perkembangan yang Terjadi

Tren yang terjadi memang penting diikuti karena berkaitan dengan algoritma. Sistem yang akan lebih merekomendasikan topik yang sedang viral / banyak audiens sedang mencarinya. Di sinilah sedikit banyak, kamu perlu menyelipkan apa yang sedang tren dalam konten supaya turut memperoleh bagian dari algoritma sebagai  cara meningkatkan brand awareness

Lebih lanjut terkait algoritma terdapat 2 poin krusial yang wajib kamu pahami : 

  • Cermatlah dalam menganalisis tren karena tidak semuanya yang viral dapat cocok kamu masukkan dalam konten.
  • Setiap platform memiliki algoritmanya sendiri-sendiri jadi sebaiknya kamu pelajari dulu secara mendalam bagaimana cara kerjanya masing-masing. Dengan begitu, kamu dapat melakukan penyesuaian dengan tepat sesuai platform yang akan kamu masuki. 

14. Memanfaatkan Iklan Berbayar

Cara meningkatkan brand awareness berbasi organik memerlukan waktu yang lama karena kamu bergantung sepenuhnya pada algoritma. 

Selain masalah tren, mau tidaknya algoritma merekomendasikan kontenmu didasarkan faktor engagement yang masuk. Seberapa banyak orang yang sudah pernah share, berkomentar, maupun memberi likes. 

Padahal di sisi lain kalau bisnismu masih baru tentu pada awalnya akan belum banyak audiens yang tahu sehingga responnya pun sedikit. Mengenai ini, kamu tidak usah khawatir karena dengan fitur iklan berbayar, kamu bisa lebih cepat menyebarluaskan brand.

Kamu tidak lagi berharap pada algoritma karena kini dengan fitur berikut kamu memperoleh akses “mengendalikan” algoritma. Fitur yang memungkinkan kontenmu tetap tersebar meskipun engagement-nya masih tergolong kecil. 

 15. Menjalin Kongsi Dengan Brand Lain

Prinsip ringan sama dipikul, berat sama dijinjing juga berlaku pada cara meningkatkan brand awareness bisnis. Kamu kini tidak usah pusing-pusing sendiri mengatur strategi promosi karena sudah ada partner yang akan membantu. 

Untuk itu alangkah baiknya kalau kamu bekerja sama dengan brand yang produknya saling melengkapi dengan produkmu. Semisal kamu berbisnis jual beli smartphone maka idealnya partnermu adalah yang bergerak di bidang aksesoris smartphone

16. Buatlah Logo Brand yang Cocok

Bisa dibilang logo merupakan simbol yang mewakili brand perusahaan. Audiens dapat tetap mengenal kamu tanpa perlu berpanjang lebar merangkai kata-kata. Namun tentunya logo yang kamu pilih wajib sesuai dengan karakter yang ingin kamu bangun dalam bisnismu supaya personanya semakin terasa kuat.   

17. Menciptakan Slogan Pendek Dan Menggelitik

Jika kamu mendengar kalimat yang berbunyi “ Just do it”, apa yang pertama terbesit dalam pikiranmu? Ya tentu saja brand raksasa produk-produk olahraga yang bernama Nike. 

Cek Konten Lainnya:
8 Cara Mudah Jadikan Bisnis Offline ke Online

Slogan sejenis itu dapat diterapkan pada bisnis yang sedang kamu jalankan sebagai cara meningkatkan brand awareness. Kata-kata yang dibuat dengan cerdik akan menggelitik audiens sehingga akan terngiang-ngiang dalam ingatan mereka. 

Memang sangat tidak mudah untuk membuat slogan dengan spesifikasi seperti itu. Selain menarik juga harus sesingkat mungkin dan tidak lupa  mampu memancarkan karakter bisnismu dengan kuat.   

 18. Selalu Berusaha Untuk Konsisten

Konsisten pada konteks cara meningkatkan brand awareness dapat kamu lakukan dengan : 

  • Menjaga apa yang selama ini menjadi ciri khas dalam brand-mu tetap terjaga, tidak sampai berubah. Sebagai contoh paling sederhananya adalah dari segi pemakaian warna. Sebanyak 81% audiens cenderung  lebih cepat mengingat warna dari logo  daripada nama   perusahaan itu sendiri. Ini pun berlaku pada ciri khas yang kamu tampilkan dalam pembawaan dan isi kontenmu.
  • Selalu mengusahakan dapat mengunggah konten secara teratur. Algoritma media sosial maupun mesin pencari sama-sama lebih suka merekomendasikan  channel yang lebih stabil dalam pengunggahan konten.  

19. Rutin Melakukan Evaluasi

Kamu mungkin sudah merancang  suatu strategi promosi brand  dengan penuh persiapan yang begitu detail dan matang. Walaupun demikian sayangnya strategi yang menurutmu sudah bagus belum tentu memberikan hasil yang  memuaskan.

Oleh karenanya kamu perlu rutin mengevaluasi tingkat keberhasilan dan efektivitas strategi yang sudah dijalankan di lapangan. Merepotkan itu sudah tentu tapi memang begitu krusial agar kamu bisa menilai apa-apa saja yang sudah baik sehingga harus dipertahankan. Mana saja yang masih membutuhkan perbaikan.

Harapannya dengan begitu strategi yang telah kamu revisi dapat semakin jitu untuk menarik lebih banyak audiens berkunjung ke platform promosimu. 

20. Terapkan Strategi SEO

Optimasi SEO menjadi komoditas penting pada cara meningkatkan brand awareness jika platform promosimu melalui website dan berbentuk artikel. Dalam konten yang kamu buat, pastikan sudah memenuhi beberapa persyaratan mendapatkan penilaian yang bagus dari SEO.

Penilaian SEO memiliki peran yang besar untuk memperbesar peluang website-mu tampil di halaman pertama mesin pencari. Website yang berhasil terpampang di situ akan berkesempatan diakses lebih banyak audiens.  

21. Menggandeng Influencer

Perusahaan-perusahaan yang sudah punya nama besar sekalipun  masih memakai jasa influencer untuk berpromosi, kira-kira mengapa bisa demikian? 

Alasannya karena secara umum influencer memiliki basis penggemar yang sifatnya lebih solid. Kesolidan ini tampak dari tingkat kepercayaan mereka yang lebih tinggi pada orang yang mereka idolakan. Dengan begitu apabila sang idola mempromosikan sesuatu, kemungkinan mereka tertarik juga lebih tinggi. 

Kondisi itulah yang membuat cara meningkatkan brand awareness lewat menggandeng influencer patut kamu pertimbangkan. 

22. Menggandeng Pihak Media Untuk Membantu Promosi

Selain influencer, pihak ketiga yang bisa kamu gandeng sebagai cara meningkatkan brand awareness adalah pihak media. Di sini kamu memakai jasa mereka untuk bersedia mengulas tentang bisnismu dalam berita yang mereka tulis. 

Misalnya menulis soal produk terbaru, keberhasilan perusahaan, ataupun tanggung jawab sosial yang pernah dilakukan untuk berkontribusi pada masyarakat. 

Terlepas dari sekian banyak cara meningkatkan brand awareness di atas, yang paling penting kamu harus tahu dulu seperti apa karakter bisnismu dan target audiensnya. Kalau sudah memahami yang satu itu makan akan lebih mudah melakukan pengembangan ke strategi-strategi yang lainnya.

Bangun Brand Awarenessmu Sekarang dengan Website

Bersama Jagoan Hosting, kamu bisa buat website dalam hitungan menit! Mulai dari pilih hosting sampai memilih nama domain, semuanya mudah dan simpel

digitalisasi bisnis pakai jagoan hosting

Dengan website, kamu bisa menjangkau lebih banyak orang, menampilkan produk atau layanan dengan lebih rapi dan menarik, serta memperkuat citra brand-mu. Jadi, bukan hanya dikenal, tapi juga diingat oleh banyak orang!

Mulailah langkahmu menuju kepopuleran digital sekarang juga. Kunjungi Jagoan Hosting dan buat website-mu dengan mudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
company profile
Read More
Inilah Definisi Company Profile: Susunan Isi & Cara Buatnya
Company profile adalah gambaran umum yang berisikan informasi tentang sebuah perusahaan guna ditujukan pada klien. Dengan kata lain,…
Software engineer adalah
Read More
5 Alasan Lebih Untung Jadi Developer Apple!
Kamu termasuk developer pemula yang ingin mulai berkarir di ranah aplikasi? Welcome! Pastinya banyak banget kesempatan yang bisa…