13 Tips Memulai Bisnis untuk Pemula

13 hal yang harus diperhatikan di awal bisnis
13 hal yang harus diperhatikan di awal bisnis

Memulai bisnis kadang seperti mencari jodoh. Ketemu yang cocok itu gampang – gampang susah. Terlalu nekat, resiko kena tolak. Terlalu banyak berpikir, keburu diambil orang. Sama seperti menjalankan bisnis, terlalu banyak teori justru memusingkan dan malah menghambat niat bisnis Anda. Ketika Anda memutuskan untuk memulai sebuah bisnis baik secara offline atau online, berarti Anda sudah harus memikirkan tentang bagaimana step by step memulai dan mengembangkannya. Dalam artikel kali ini, Anda akan diajak untuk mengetahui langkah-langkah jitu untuk memulai bisnis agar tepat sasaran.

Mari kita mulai.

1. Perhatikan Kebutuhan di Sekitar Anda

Tips Memulai Bisnis untuk Pemula
Perhatikan Kebutuhan di Sekitar Anda via blogs.mccombs.utexas.edu

Secara umum, bisnis selalu berawal dari kebutuhan maupun keluhan. Perhatikan apa yang sedang dibutuhkan atau yang dikeluhkan orang disekitar Anda, baik berupa barang maupun jasa. Contoh sederhananya adalah bila tempat kerja Anda di lantai 3 gedung perkantoran. Sementara untuk fotocopy terlalu jauh dan harus keluar gedung, artinya ada kebutuhan mesin fotocopy di dalam area perkantoran tersebut. Ini merupakan sebuah peluang bagi Anda.

2. Manfaatkan Sumber Daya dan Modal Yang Ada

Tips Memulai Bisnis untuk Pemula
Manfaatkan Sumber Daya dan Modal Yang Ada via realsuccess.net

Setelah menemukan kebutuhan, mulailah berburu sumber daya, baik barang maupun jasa. Misalnya mesin fotocopy. Untuk pengadaan barang tentu membutuhkan modal yang cukup. Modal uang bisa dicari melalui pinjaman dari teman, orang tua, saudara yang mempercayai Anda. Modal barang pun dapat dipinjam melalui metode konsinyasi apabila sudah kenal.

Nah, beda lagi dengan jasa. Anda tidak perlu modal, tetapi penguasaan pasar. Kalau memang tidak ada modal uang sama sekali, buatlah usaha dalam bentuk jasa karena usaha bidang jasa relatif aman dan cukup pakai modal barang yang sudah Anda miliki seperti komputer maupun printer.

Cek Konten Lainnya:
11+ Tools Digital Marketing untuk Tingkatkan Bisnis Online

3. Tentukan Lokasi

Tips Memulai Bisnis untuk Pemula
Tentukan Lokasi via screenmediadaily.com

Langkah berikutnya adalah cari lokasi yang stategis. Lokasi strategis ini dalam artian dapat dijangkau dari berbagai penjuru dengan mudah. Tahapan awalnya adalah dengan menjawab pertanyaan ini:

Apakah Anda mau memulai bisnis secara online atau di offline dulu? Saat Anda memutuskan untuk berbisnis online, tentu Anda bisa mulai dengan lebih murah karena Anda tidak perlu menyewa toko atau kantor yang relatif lebih mahal. Akan tetapi, bukan berarti dalam pengembangannya, Anda nanti tidak perlu punya lokasi fisik di dunia nyata. Begitu pula sebaliknya ketika Anda memutuskan untuk memulai bisnis secara offline. Kembangkan bisnis offline Anda dengan memanfaatkan teknologi digital.

Baca juga: 7 Ide Bisnis Digital yang Menguntungkan & Punya Prospek!

4. Percaya Diri Saat Memasarkan

Tips Memulai Bisnis untuk Pemula
Percaya Diri Saat Memasarkan via thechangeblog.com

Dalam memulai bisnis, kendala paling besar adalah memasarkan produk barang atau jasa yang Anda miliki. Rasa takut atau tidak percaya diri merupakan salah satu yang menyebabkan untuk menunda memasarkan produk yang Anda tawarkan. Padahal kunci sukses suatu bisnis adalah proses memasarkan. Maka begitu Anda mempersiapkan produk, sumber daya dan lokasi, beranikan diri untuk menawarkan produk Anda.

Dengan kata lain berani menanggung resiko apabila tidak ada yang memperhatikan atau malah mencemoohkan produk yang Anda tawarkan. Anda harus konsisten dengan apa yang Anda tawarkan. Buktikanlah kepada pelanggan bahwa apa yang Anda pasarkan itu dibutuhkan dan menjadi solusi atas permasalahan yang ada.

5. Tanam Kepercayaan

Jagalah kepercayaan para pelanggan yang telah menggunakan barang atau jasa yang Anda berikan. Tanamkan pada mereka bahwa produk yang Anda ciptakan adalah produk yang layak untuk mereka konsumsi atau pergunakan. Pastikan layanan dan pelayanan Anda adalah layanan terbaik yang Anda berikan.

6. Juallah Benefit

Memasarkan adalah aktifitas wajib bagi para entrepreneur. Jika Anda memiliki kompetitor yang menjual produk serupa seperti apa yang Anda tawarkan, pada akhirnya Anda akan menjual dengan harga pas-pasan, bahkan menjual dengan harga dibawah rata-rata. Tentunya Anda tidak ingin terjebak dalam persaingan harga seperti di atas, bukan? . Padahal ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi sebuah pembelian selain harga, misalnya adalah benefit. Tawarkan nilai benefit melebihi harga yang Anda berikan sehingga Anda tidak perlu terjebak dalam persaingan harga.

Cek Konten Lainnya:
Foto Produk: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Tips Foto

7. Kontrol Jalannya Usaha Anda

Pada awal-awal Anda menjalankan bisnis, alangkah baiknya jika Anda kerjakan sendiri dulu. Dengan kata lain Anda melakukannya dengan tenaga yang Anda miliki dan memanfaatkan sumber daya yang ada. Saat Anda sudah merasakan kewalahan dan membutuhkan bantuan orang lain, bolehlah Anda cari partner untuk menjalankan dan mengembangkan usaha Anda. Ketika merekrut karyawan, pastikan kondisi Anda sudah mulai menghasilkan revenue dan stabil agar karyawan bisa semangat untuk bekerja dan menciptakan hal – hal baru.

8. Pinjam Meminjam

Pengusaha pemula biasanya kesulitan untuk menjalankan usahanya karena keterbatasan modal. Ketika muncul situasi tak terduga seperti kebanjiran order, atau ketetapan pemerintah dalam penggajian karyawan, maka meminjam uang adalah faktor fleksibel yang harus menjadi pertimbangan Anda. Pastikan perjanjian pinjam meminjam ada hitam di atas putihnya dan memiliki poin-poin yang jelas bagi kedua belah pihak.

Dedicated Hosting

9. Kembangkan Strategi, Rencana, dan Ide yang Kreatif

Brainstorming otak anda untuk terus menerus menelurkan ide-ide untuk bisnis Anda lebih kreatif. Baik dari segi produk, pengelolaan modal, promo hingga rencana – rencana kreatif lain yang lebih efektif.

Baca juga: Apa itu Bisnis Model Canvas? Elemen, Contoh & Cara Membuat

10. Gunakan Revenue Pertama dengan Cerdas

Saat Anda memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha, berarti Anda harus siap menginvestasikan kembali sebagian dari laba atau keuntungan yang telah Anda dapatkan. Jangan terlena dengan revenue yang Anda dapatkan. Mulailah dengan memisahkan rekening pribadi Anda dengan rekening bisnis Anda.

11. Fokus

Tips Memulai Bisnis untuk Pemula
fokus via opin.com

Menjalankan bisnis tidak boleh setengah – setengah. Godaan para pebisnis pemula adalah sudah merasa memiliki pendapatan yang banyak, sudah ada yang menjalankan, mereka mencoba untuk membuka bisnis yang kedua. Ini merupakan kesalahan fatal bagi pengusaha pemula. Fokuslah untuk mengembangkan bisnis dan produk turunan Anda.

12. Bergabunglah dengan Komunitas Bisnis

Tips Memulai Bisnis untuk Pemula
Komunitas Bisnis via Komunitas Tangan Di Atas

Sebelumnya pasti dari kita sudah sangat akrab mendengar kata komunitas, bahkan menjadi salah satu anggota dalam satu komunitas tertentu. Komunitas memang dijadikan sebagai sarana berbagi informasi penting tentang berbagai hal yang berhubungan dengan komunitas dan lingkungan itu sendiri.

Cek Konten Lainnya:
15+ Tools AI Marketing untuk Tingkatkan Bisnis

Berbagai komunitas dibentuk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan berkumpul dan mendapatkan informasi yang semakin hari semakin kaya ini. Terlebih dengan berkembangnya teknologi kini komunitas bisa kita jumpai melalui media online. Lihat saja sudah berapa ratus atau ribu komunitas yang dibentuk di media online, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya. Komunitas bisnis dalam jangka panjang akan mendorong kemajuan usaha Anda, sehingga akan berdampak pada peningkatan omzet perusahaan.

Carilah komunitas yang memiliki sifat keanggotaan secara terbuka, seperti Komunitas Tangan Di Atas. Biasanya di komunitas ini banyak ilmu yang bisa didapatkan. Anda juga akan belajar bersama dengan orang lain. Manfaat bergabung dengan komunutas ini adalah akan mendapat teman baru dan bisa berbagi pengalaman dan cerita. banyak pengusaha sukses maupun yang baru memulai usahanya bergabung dengan komunitas.

13. Carilah Mentor Bisnis

Tips Memulai Bisnis untuk Pemula
Carilah mentor bisnis via flickr.com

Dibalik suksesnya para pengusaha, ada mentor bisnis yang handal untuk membantunya tetap berhasil dalam perjalanannya. Mereka tidak ragu untuk merogoh kantong yang dalam untuk membayar mentor bisnis. Mereka sadar tidak semua keahlian dan pengetahuan dimilikinya. Mentor memberikan banyak saran baik untuk kinerja diri sendiri maupun kinerja tim. Anda sadar bahwa setiap masalah tidak bisa dihadapi sendiri dan tidak semua orang terdekat bisa secara pasti membantu memberi solusi pada masalah yang sedang dihadapi. Maka dari itu dibutuhkan mentor yang handal dan cerdas.

“Fokuslah! Satu bisnis cukup untuk membuatmu kaya. Solaria cuma rumah makan, tetapi omzetnya di atas 100 Milyar per bulan.”  -Jaya Setiabudi-

Kalau Anda bersungguh-sungguh ingin mencari inspirasi bisnis dan ingin mengembangkan bisnis secara advance, silahkan klik>>Dapatkan strategi bisnis terampuh di sini

1 comment
  1. siang gan..thanks ya ..informasi anda sangat bermanfaat sekali,,memandu pembisnis agar memperhatikan langkah2 saat memulai bisnis onlain…thanks gan…
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
Digital Nomad, Kini Bekerja Dari Mana Saja Menjadi Lebih Menyenangkan
Pada tahun 2014, Freelancer Union memperkirakan bahwa sekitar 34% dari para pekerja di Amerika, atau sekitar 53 juta…
bisnis jasa pembuatan website
Read More
Langkah Memulai Bisnis Jasa Pembuatan Website
Memulai bisnis jasa pembuatan website adalah peluang ideal. Industri ini berkembang dengan pesat dan sekarang adalah waktu yang…