10 Contoh Deskripsi Produk yang Menarik & Cara Buatnya

contoh deskripsi produk

Cara meningkatkan penjualan produk salah satunya dengan melakukan pemasaran. Jika menggunakan digital marketing hal yang biasa dilakukan adalah menambahkan unsur deskripsi produk yang menarik. Berikut akan diberikan contoh deskripsi produk dan cara buatnya. 

Deskripsi produk adalah penjelasan singkat yang menyediakan informasi detail tentang produk tertentu. Biasanya, deskripsi produk berisi informasi tentang fitur, manfaat, spesifikasi teknis, dan harga produk.

deskripsi produk adalah

Deskripsi yang terbaik mampu membuat calon pelanggan tertarik. Mereka bisa lebih mudah mengetahui produk yang kamu pasarkan sehingga yakin untuk melakukan pembelian. Berikut ini adalah cara menulis deskripsi produk dan contohnya untuk inspirasi Anda. 

Cara Membuat Deskripsi Produk 

cara membuat deskripsi produk

Anda perlu tahu bagaimana cara membuat deskripsi produk yang baik agar bisa mendatangkan  banyak penjualan. Jika membuatnya dengan tepat ini bisa bermanfaat untuk positioning pemasaran bisnis. 

Manfaat deskripsi produk juga bisa di pakai untuk toko online atau e commerce sehingga bisnis Anda menjadi lebih luas lagi. Sebagai penjual, Anda perlu memikirkan deskripsi yang baik. Hal ini penting di pelajari agar bisa tahu strategi apa yang cocok untuk bisnis. 

Adapun beberapa tips membuat deskripsi produk adalah sebagai berikut: 

1. Kenali Target Pelanggan 

Cara membuat deskripsi produk yang menarik pertama adalah memutuskan siapa yang akan menjadi target pelanggan untuk produk Anda. Setelah mendapatkannya, pelajari juga seperti apa sifat dari pelanggan tersebut. 

Pahami apa saja yang menjadi daya tarik mereka, kebutuhan apa yang didapatkannya sampai seberapa sering mereka mengunjungi halaman website bisnis maupun media sosial yang di gunakan. 

Jika ingin membuat deskripsi produk terbaik, Anda perlu memperhatikan gaya bahasa. Gaya bahasa juga mempengaruhi kecocokan target pelanggan. 

Contohnya jika target pelanggan Anda anak muda, maka deskripsi yang dibuat bisa memakai gaya bahasa semiformal atau bahkan anak gaul. 

Namun, jika target pelanggan sudah berusia dewasa, maka bisa menggunakan gaya bahasa formal agar lebih sopan. Jadi, gaya bahasa ini juga perlu dipertimbangkan agar sesuai dengan image bisnis Anda. 

Baca juga: 6 Tips Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan

2. Fokus untuk Menyampaikan Kegunaan Produk 

Cara membuat deskripsi produk berikutnya yaitu tuliskan keunggulan dari produk Anda dengan baik dan lengkap. Pasalnya, sebagian besar pelanggan lebih berfokus pada manfaat yang diberikan produk dibandingkan dengan kelengkapan fitur atau branding. 

Jadi, penting bagi Anda untuk fokus menulis manfaat dari produk tersebut. Manfaat ini yang nantinya dibutuhkan oleh pelanggan. Jadi, tuliskan apa saja kegunaan dari produk Anda sehingga pelanggan tidak perlu berpikir dua kali untuk membelinya. 

Contohnya produk skincare, Anda bisa menuliskan apa saja yang menjadi kegunaan dari produk ini dengan baik. Misalnya, untuk menghilangkan noda hitam, bekas jerawat dan mencerahkan kulit kusam. 

Otomatis pelanggan yang membutuhkan manfaat ini akan membeli produk Anda dengan mudah. 

3. Berikan Sentuhan Emosional 

Jika ditanya sebutkan deskripsi produk yang ditawarkan dalam iklan, maka salah satunya adalah perlu memberikan sentuhan emosional.

Yang dimaksud dengan sentuhan emosional untuk menulis deskripsi adalah memberikan kesan kepada pelanggan tersebut dengan teknik story telling yang baik. Anda bisa melihatnya pada contoh di penjelasan berikutnya. 

Cek Konten Lainnya:
5 Tips Agar Sistem PPDB Online Lancar Diakses!

Contohnya menceritakan kisah dari para tenaga kerja di perusahaan yang sudah profesional sehingga membuat produk berkualitas. Cara ini bisa digunakan untuk diberikan pada setiap deskripsi produk yang ada. 

Contoh deskripsi untuk makanan, baju, dsb. Dengan menggunakan konsep sentuhan emosional ini akan memudahkan Anda untuk menaklukkan hati calon pembeli dengan mudah. 

4. Pakai Bahasa yang Bersahabat, Natural & Bervariasi 

Anda juga perlu memperhatikan kepenulisan jika ingin membuat deskripsi produk yang menarik. Dengan menggunakan bahasa bersahabat, natural, dan bervariasi membuat intonasi dan nada baca terdengar menarik. 

Perhatikan menggunakan kosa kata dan intonasi yang menyenangkan dan tidak terlalu kaku agar tidak seperti robot. Pilih bahasa yang mudah dipahami agar bisa dimengerti oleh pelanggan. 

Terakhir, Anda bisa menambahkan kata atau kalimat persuasif yang menarik agar meyakinkan pelanggan untuk membeli. 

Biasanya, kata atau kalimat ini juga berguna sebagai branding dari bisnis Anda sehingga secara tidak langsung akan membuat pelanggan mengingatnya dengan mudah. 

5. Gunakan Teknik SEO 

Cara membuat yang terakhir adalah memastikan teknik SEO dan teks tulisan tersebut mudah untuk di skimming. Jika menggunakan SEO, maka tulisan deskripsi produk tersebut dapat mendongkrak pencarian bisnis Anda sehingga pelanggan lebih mudah mencarinya. 

Oleh sebab itu, jangan lupa untuk menggunakan teknik SEO meskipun deskripsi Anda sudah lengkap. Pastikan membuat deskripsi yang teksnya mudah untuk di skimming. Berdasarkan penelitian di ketahui jika mayoritas pelanggan lebih suka membaca 16% dari seluruh deskripsi. 

Itu tandanya mereka hanya mencari informasi yang dibutuhkan saja. Oleh sebab itu, gunakan teknik SEO ini untuk memudahkan pelanggan membaca cepat. Jangan terlalu membuat banyak paragraf dan sederhanakan kalimatnya agar mudah dimengerti. 

Baca juga: 13 Ide Produk Jualan Online Paling Laris Dicari

Contoh Deskripsi Produk 

Pada dasarnya, setiap produk yang ada dalam bisnis bisa di buatkan deskripsinya. Namun, dalam membuatnya harus sesuai dengan produk yang di jual. Ada banyak jenis yang bisa di buat mulai dari produk makanan, kecantikan, sampai dengan jasa. 

Berikut ini contoh deskripsi produk yang bisa Anda gunakan: 

1. Contoh Deskripsi Produk Makanan 

Untuk menulis deskripsi produk makanan, Anda perlu mengetahui semua hal yang berkaitan dengan produk. Contohnya dari komposisi, cita rasa, nilai gizi, sampai dengan kadaluarsa. 

Semua informasi ini di butuhkan agar menulis  yang sesuai dengan kelebihan yang di milikinya. Contohnya adalah sebagai berikut: 

Snack Pringles Keripik Kentang 

Pringles keripik kentang terbuat dari bahan berkualitas dengan taburan bumbu di atas keripik yang bertekstur tipis sehingga terasa renyah dan gurih. Cocok di nikmati saat santai dan berbagai momen bersama orang spesial dan keluarga. 

Dibuat dari kentang asli dengan kemasan yang praktis sehingga mudah di bawa kemana-mana. Cocok untuk snack sehari hari karena rendah kalori. Masa kadaluarsanya 2024 sehingga masih lama. 

Snack Prigles punya isi 10 pack untuk satu boxnya. Yuk, nikmati snack kekinian ini yang nikmat dan gurih. Ada juga varian rasa lain seperti BBQ, keju, dan balado yang bisa kamu pilih sesukamu!

2. Contoh Deskripsi Produk Kecantikan 

Contoh berikutnya adalah khusus untuk produk kecantikan. Anda bisa menuliskannya dengan lengkap mulai dari manfaat skincare tersebut, kandungannya, sampai dengan cara pemakaian. Adapun contohnya adalah sebagai berikut: 

5% Niacinamide X  Serum  

Serum ini mengandung 5% niacinamide yang membantu untuk mencerahkan secara maksimal, memperbaiki tekstur kulit, melembabkan, dan menyamarkan noda hitam. 

Produk ini sudah mendapatkan No. BPOM: NA742424207 sehingga aman di aplikasikan pada wajah. Selain Niacinamide, ada juga kandungan lainnya seperti: 

  • Beet Extract: mampu mencegah tanda penuaan dini. 
  • Allantoin: meningkatkan kehalusan kulit wajah. 
  • Centella asiatica: mempercepat penyembuhan luka, menenangkan kulit, dan memperkuat barrier. 
Cek Konten Lainnya:
Core Web Vitals: Definisi, Metrik, dan Tools

Produk ini cocok untuk semua jenis kulit termasuk sensitif. Untuk pemakaiannya, bersihkan wajah terlebih dahulu. Kemudian, oleskan 5-10 tetes serum ke telapak tangan. Lalu, tepuk-tepuk perlahan pada wajah. Tunggu 1-3 menit sampai  produk terserap sempurna. 

3. Contoh Deskripsi Produk Jasa 

contoh deskripsi produk jasa

Contoh lainnya adalah deskripsi untuk promosi jasa. Beritahukan kepada pelanggan apa saja layanan yang Anda berikan. Contoh deskripsinya adalah sebagai berikut: 

Jasa Print UPH Surabaya 

Harga terjangkau 

Hasil cetakan dari jasa kami punya warna yang yang tajam dan jelas sehingga mudah terbaca. Selain itu, untuk yang mencetak lebih dari 10 lembar diberikan diskon 10%. Harga pricelist yang diberikan adalah: 

  • Print warna: Rp1500 
  • Print hitam: Rp1000 
  • Fotocopy warna: Rp1000 
  • Fotocopy hitam: Rp700

H+1 pasti jadi. Kirim sebelum jam 7 pagi dapat selesai di hari yang sama. 

4. Contoh Deskripsi Produk Baju 

Produk baju termasuk bisnis yang terbilang cukup menjanjikan sehingga Anda perlu membuat pemasaran yang bagus agar tidak kalah saing. Adapun contohnya yaitu seperti berikut: 

BEST SELLER untuk kamu yang tampil elegan. 

Tetap gaya dengan bigsize. Kemeja jumbo ini adalah baju blouse wanita yang di lengkapi dengan design simple dan nyaman dikenakan. Baju ini akan memperlihatkan desain yang modis dan cantik. 

Ukuran jumbo dengan model yang kekinian dengan kancing dada full. Ada skoder di bagian lengan. Cocok di pakai sehari-hari, baik acara formal dan non formal. Recommend banget….!

5. Contoh Deskripsi Produk Jam Tangan 

Deskripsi selanjutnya adalah jam tangan. Anda bisa membuatnya dengan penjelasan yang simpel berkaitan dengan bahan jam tangan tersebut atau bisa juga dijelaskan tentang ukuran jam tangan agar pelanggan bisa menyesuaikannya dengan baik. 

Contohnya seperti berikut ini. 

Berrybenka Jam Tangan Wanita 

Tampil gaya dengan jam tangan trendi ini! Modelnya simple tetapi terlihat elegan. Padankan dengan outfit favorit sebagai aksesoris pelengkap di kegiatan sehari-hari. 

Ukuran 

Diameter: 3,5 cm 

Panjang: 24 cm 

Bahan tali: Synthetic Leather 

Perawatan jam tangan ini dilakukan untuk menjaga penampilan dan kondisi barang. Caranya dengan mengelap noda pada jam dengan kain yang lembut. Simpan dalam kotak yang mengandung silika gel agar tidak gampang rusak. 

Baca juga: 5 Cara Promosi Produk yang Efektif Bantu Tingkatkan Penjualan

6. Contoh Deskripsi Produk Minuman Kesehatan 

Jika Anda membuka bisnis minuman, penting untuk memasarkan produk ini dengan baik. Mirip dengan deskripsi produk lainnya, Anda perlu memberikan informasi penting terkait dengan keunggulan produk tersebut. Contohnya seperti berikut:

Cap Kaki Tiga 

Minuman larutan ini membantu mengatasi panas dalam, tenggorokan kering, dan sariawan. Minuman ini bisa di konsumsi sehari-hari untuk menyegarkan badan. 

No BPOM: POMTR7402402

Masa simpannya bisa mencapai 36 bulan. 

Penting! 

Sangat di sarankan bagi pelanggan bisa merekam video saat membuka paket. Tanpa ada bukti video, maka kami akan sulit untuk merespon keluhan Anda. 

7. Contoh Deskripsi Produk Alat Pijat 

Selain dari produk makanan, minuman Anda juga bisa membuat deskripsi produk terkait dengan peralatan untuk kebutuhan manusia. Salah satunya adalah produk alat pijat. Jelaskan manfaat dan kegunaan dari produk secara detail seperti pada contoh berikut: 

HAN RIVER Alat Pijat 

Selamat datang! Perusahaan kami mengkhususkan dalam produksi peralatan yang membantu kesehatan keluarga tercinta. Kami berkomitmen untuk menyediakan produk yang terbaik untuk seluruh pelanggan di Asia Tenggara. 

Alat pijat ini salah satunya. HAN RIVER adalah terobosan terbaru dari mesin pijat yang ergonomis dan mudah di genggam. Alat ini akan cocok di pakai untuk mengatasi masalah punggung dan sendi . 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Dropshipper? Pahami Pengertian dan Cara Menjadinya

Contohnya meredakan sakit pada otot setelah GYM atau karena pekerjaan yang berat. Bagian kepala message gun ini terdiri dari 4 jni dengan fungsi yang berbeda-beda. 

8. Contoh Deskripsi Produk Masker 

Berikutnya adalah contoh deskripsi untuk produk masker yang saat ini banyak di gunakan oleh masyarakat untuk kesehatan dan terhindar dari polusi udara. Contohnya seperti berikut: 

Shumi Duckbill Masker 

Masker ini terdiri dari 4 lapisan tengah yang sesuai dengan prosedur kesehatan sehingga dapat  menjaga Anda secara lebih maksimal. 

Lapisan pertama yaitu non woven, di tengah ada melt blown yang berguna untuk anti bacterial filter, lalu lapisan terakhir dilapisi bahan non woven kembali.

Menggunakan tali pengikat yang bertekanan rendah sehingga nyaman dan tidak sakit saat di gunakan di telinga. Kain putih bagian dalam sangat lembut di pakai. Dengan menggunakan masker ini, Anda akan terhindar dari virus dan bakteri yang beterbangan. 

Selain itu, pernafasan juga lancar dan tidak tersedak karena debu yang masuk. Kualitas masker terbaik ini hanya ada di Shumi. Ayo beli sekarang juga. 

9. Contoh Deskripsi Produk Tas Wanita  

Deskripsi produk untuk tas wanita harus di buat menarik dan persuasif seperti contoh berikut: 

Tas Selempang Wanita Import 

Tas ini punya desain yang cantik dengan gantungan kunci boneka yang lucu. Spesifikasi tas ini yaitu: 

  • Bahan: kulit sintesis (100% import ori) 
  • Ukuran: P18 X T15 X L7 cm 
  • Berat: 300 gram  
  • Free aksesoris

Stock terbatas! Yuk segera dapatkan tas selempang mini ini yang cocok untuk style korea. Anak remaja sampai mahasiswa akan cocok untuk mengenakan desain tas selempang ini. Jangan sampai kehabisan ya. 

10. Contoh Deskripsi Produk Sepatu 

Produk terakhir yang akan di berikan contohnya adalah jual sepatu. Adapun deskripsinya yaitu sebagai berikut: 

Sepatu Wanita Canvas Jean 

Sepatu wanita ini adalah sepatu yang unik dengan bahan Canvas. Alasnya terbuat dari thermo plastic rubber yang membuat sepatu lebih tahan lama dan ringan. Desain jeannya yang halus juga membuat tampilan sepatu menjadi lebih kece. 

Tersedia berbagai jenis ukuran sepatu yaitu: 

  • 37 – 23,5 cm 
  • 38 – 24 cm 
  • 39 – 24,5 cm 
  • 40 – 25 cm 

Ada juga 4 pilihan warna yaitu star blue, star dark blue, VG blue, dan VG dark blue. Buruan beli sebelum kehabisan. 

Demikian penjelasan lengkap terkait dengan contoh deskripsi produk yang bisa di jadikan sebagai sumber inspirasi dan  cara membuatnya. Anda bisa menyesuaikan deskripsi sesuai dengan produk yang ingin di pasarkan. Perhatikan juga beberapa strategi untuk menarik pelanggan. 

FAQ Seputar Deskripsi Produk

Isi deskripsi produk apa saja? 

Deskripsi produk adalah sejumlah informasi yang isinya menjelaskan produk yang akan di jual. Penjelasannya mulai dari nama produk, produsen, sampai pada komposisi dan cara menggunakannya. 

Isi dari deskripsi produk juga memuat spesifikasi atau fitur, keunggulan, manfaat menggunakan produk, kelengkapan produk, garansi, warna, ukuran, sampai dengan proses pengiriman agar lebih jelas. 

Bagaimana cara mendeskripsikan produk makanan? 

Cara mendeskripsikan produk makanan harus memuat beberapa poin utama. Diantaranya adalah nama produk, komposisi produk, manfaat, fitur, atau kelebihan produk, varian rasa, ukuran, masa kadaluarsa, sampai dengan kalimat ajakan. 

Selain menggunakan poin di atas, Anda juga mengkreasikannya dengan membuat kerangka deskripsi produk sendiri. Anda bisa melihatnya pada contoh di atas agar mudah mengikuti panduan dan kerangka untuk deskripsi produk makanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
utm link
Read More
Apa itu UTM Link? Fungsi dan Cara Buatnya
Menjadi seorang blogger atau pemilik website, tentu kamu ingin melakukan analisa mendalam terkait trafik konten. Salah satunya dengan…
domain email
Read More
Ini Bedanya Domain Email Bisnis dan Domain Email Gratis, Sob!
Domain email — Di zaman seperti sekarang ini, siapa sih yang nggak pernah menggunakan email? Email sudah menjadi…