Jika sedang menggeluti bisnis, kamu pasti ingin mencari tahu cara promosi produk secara tepat untuk menarik minat pembeli.

Di samping membuat deskripsi produk yang maksimal, promosi harus dilakukan untuk memasarkan produk yang kamu jual pada orang lain.

Banyak cara promosi produk yang menarik untuk diterapkan dalam bisnis jika kamu ingin meningkatkan penjualan. Apa saja? Kamu bisa simak penjelasan detailnya di artikel ini!

Apa Itu Promosi Produk?

Secara umum, promosi dalam dunia pemasaran adalah sebagai suatu kegiatan yang dilakukan agar bisa meningkatkan perkembangan akan suatu produk atau pelayanan.

Promosi adalah hal yang banyak dinantikan oleh para pelanggan. 

Oleh sebab itu, banyak brand berlomba-lomba untuk memberikan promosi dengan dengan cara promosi produk yang menarik dan juga cara pemasaran lainnya demi untuk penjualan produk mereka meningkat.

Banyaknya brand yang menawarkan promosi, dengan begitu maka bisnis pun tidak bisa lagi sekadar menawarkan promo berupa potongan harga, Sob.

Perlu ada cara promosi yang berbeda dan diperlukan trik serta upaya tertentu agar bisa menarik pelanggan untuk memilih untuk membeli produk milikmu dibandingkan kompetitor. 

5 Cara Promosi Produk

Untuk melakukan promosi dengan tujuan dan berhasil untuk bisnismu membutuhkan cara promosi produk yang menarik dan teruji.

Meski kamu memiliki produk atau jasa bagus, namun tanpa cara promosi produk yang menarik tentu dirasa ada yang kurang. 

Sebenarnya ada banyak sekali cara promosi produk yang bisa kamu lakukan Sob.

Berikut ini adalah beberapa contoh cara promosi produk yang menarik dan dapat menjadi rekomendasi untuk kamu terapkan dalam berbisnis Sob!

1. Post Konten Menarik di Berbagai Platform

Pertama, cara promosi produk adalah dengan posting konten yang menarik di berbagai platform.

Jangan hanya sekedar posting, pikirkan konten yang menarik dari segi ide dan sesuaikan konten dengan target pelanggan, seperti foto, video, infografis, carousel, atau microblog.

Kamu juga harus melengkapinya dengan teknik copywriting yang menarik.

Melalui postingan, kamu dapat berinteraksi secara langsung dengan pelanggan mu melalui kolom komentar maupun postingan yang kamu sajikan di Instagram story misalnya. 

Kamu juga bisa membuat contoh promosi produk dimana pelanggan harus me-repost informasi promo di akun media sosial mereka sebagai syarat untuk mendapatkan promo.

Dengan begitu, maka akan semakin banyak orang mengetahui promosimu dan efektif untuk meningkatkan brand awareness.

Konten yang menarik akan membuat pelanggan mudah untuk membagikannya dengan komunitas yang mereka miliki secara organik.

Baca juga: Ketahui 5 Tools Instagram Marketing yang Bisa Meningkatkan Bisnis Kamu!

2. Kolaborasi Dengan Influencer atau Endorsement Oleh Brand Ambassador

Cara promosi produk yang kedua adalah berkolaborasi dengan influencer atau bekerjasama dengan brand ambassador.

Influencer dan brand ambassador dewasa ini berkembang menjadi pelengkap sebagai cara promosi produk. 

Pilihlah influencer atau brand ambassador sesuai dengan nilai-nilai dan karakter produk atau jasamu, Sob.

Dengan begitu, para pelanggan akan percaya akan layananmu dan mudah mengenal brand dari produkmu.

Contoh promosi produk yang dilakukan bisa berupa merepresentasikan produk, mempromosikan produk dan menjaga citra positif suatu produk di mata masyarakat bahkan hingga sebagai “wajah” atau “ikon” suatu produk. 

3. Melakukan Email Marketing

Cara promosi produk yang ketiga adalah dengan melakukan email marketing.

Mengapa ini sangat penting? Email marketing adalah cara promosi produk yang efektif untuk mengumpulkan data pelanggan. 

Email para pelanggan yang telah terkumpul bisa secara rutin kamu pakai untuk menginformasikan produk atau layanan baru, event, buletin, atau event dari brand milikmu.

Contoh promosi produk yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan template konten dan copywriting yang baik dan maksimalkan. 

Pastikan template konten dan copywriting dalam email marketing dapat menarik pelanggan untuk melakukan pembelian.

Jangan ragu untuk memberikan diskon dan pastikan untuk menyertakan tautan yang bisa memudahkan pelanggan dalam melakukan pembelian.

Baca juga: 10 Tips Agar Jualan Online Laris, Dijamin Ampuh bagi Pemula!

4. Membuat Toko Online

Cara promosi produk yang keempat adalah dengan membuat toko online. Memiliki landing page atau official website tentang produk atau jasamu dalam bentuk toko online tentu sangat membantu dalam hal promosi produk.

Contoh promosi produk melalui toko online adalah dengan konten, teknik copywriting sesuai SEO friendly dan eksekusi yang baik lainnya, kehadiran toko online dapat memunculkan bisnismu di halaman mesin pencari.

Apalagi jika kamu memiliki toko online mu sendiri di online commerce. Kamu dapat menjual produk, memberikan informasi keterangan produk, memberikan tulisan singkat. 

Cara promosi produk online ini juga dapat kamu lakukan dengan memberikan tips-tips dan info bermanfaat seputar produkmu dan juga aktivitas toko online lainnya untuk membantu produk dari bisnismu terus muncul di halaman pencarian secara efektif.

5. Sebarkan Ulasan Pelanggan

Terakhir, cara promosi produk adalah dengan menyebar ulasan dari pelanggan.

Cara ini sangat penting karena dengan memberikan testimonial pelanggan akan diharapkan dapat memicu datangnya pelanggan baru.

Contoh promosi produk yang dapat kamu lakukan adalah dengan meminta para pelanggan untuk menuliskan sebuah review produk milikmu.

Kemudian kamu bisa mengumpulkan ulasan dari review produk tersebut dan mengunggahnya sebagai konten, baik di media sosial, dan berbagai platform lainnya.

Baca juga: Apa Itu Branding? Pengertian, Unsur, Tujuan, Manfaat & Strategi

Kata-Kata Promosi Produk

Setelah mengetahui cara promosi produk yang menarik pastinya kamu harus menentukan bagaimana untuk melakukan promosi agar calon pelanggan tertarik dengan produk milikmu.

Salah satu strategi marketing yang paling menarik perhatian pelanggan adalah dengan menggunakan kata-kata promosi produk. 

Kata-kata promosi produk dapat kamu aplikasikan melalui media sosial seperti Facebook, Instagram dan whatsapp.

Untuk menemani kata-kata promosi produk yang menarik, kamu juga perlu menyediakan desain gambar yang menarik pastinya dilengkapi dengan keterangan atau kata-kata promosi produk yang mengandung ajakan.

Adapun beberapa kriterianya kata-kata promosi produk yang baik adalah sebagai berikut:

  • Pastikan label produk original tercantum dalam produk
  • Cantumkan nama atau merek produk ke dalam kata-kata promosi produk
  • Mencantumkan harga produk dalam kata-kata promosi produk
  • Mencantumkan manfaat produk ke dalam kata-kata promosi produk
  • Membuat jaminan produk dan mencantumkannya kedalam kata-kata promosi produk

Contoh Promosi Produk

Berikut adalah kata-kata yang bisa kamu gunakan sebagai contoh promosi produk.

  • BUY 1 GET 1 atau GRATIS
  • Diskon, Promo, dan Potongan Harga
  • CashBack, Voucher
  • SEGERA, DAPATKAN, AYO, BURUAN
  • GARANSI, DIJAMIN dan PRODUK ORIGINAL

Itu dia pembahasan tentang cara promosi produk, Sob! Bagaimana, apa kamu semakin tertarik melakukan promosi produk sebagai strategi pemasaran bisnismu?

Cara promosi produk bisa menjadi kunci dalam meningkatkan penjualan. 

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara yang tepat agar promosi produk bisa berhasil. Ingin insights menarik lainnya tentang bisnis? Yuk kunjungi blog Jagoan Hosting sekarang!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like