Social media marketing bukan lagi sebuah hal baru. Di industri 4.0 ini, rasanya semua bisnis wajib untuk memiliki media sosial serta teknik pemasaran efektif dan efisien untuk menggaet calon konsumen yang lebih luas bahkan mancanegara! Gunakan beberapa tools Instagram marketing ini.

Ternyata teknik marketing lewat media sosial nggak cuma soal mengunggah foto estetik atau membayar biaya advertisement (ads) atau iklan saja. Tanpa pengetahuan yang matang serta strategi yang tepat, bisa-bisa kamu justru rugi banyak, lho! Belum tentu iklan kamu akan sampai di calon pelanggan yang tepat, apalagi jika konten Instagram kamu bukan yang dicari oleh mereka.

Karena itu Jagoan Hosting akan membagikan rekomendasi tools Instagram marketing yang pas digunakan bagi pemula maupun yang ingin mengembangkan ilmu marketingnya. Namun sebelumnya pastikan kamu juga sudah memiliki website untuk bisnis kamu agar lebih reliabel, ya! Tentunya dengan memanfaatkan jasa hosting terbaik Indonesia dengan Jagoan Hosting.

Kalau sudah siap, simak 5 tools Instagram marketing yang bisa kamu coba di bawah ini:

Tools Instagram Marketing #1: Virol

Tools instagram marketing viro
gambar dari pexels

Virol menjadi tools yang kami rekomendasikan pertama karena kemudahan dan kelengkapannya untuk mengelola akun Instagram. Bukan hanya milikmu, tetapi juga untuk menganalisa konten-konten kompetitor!

Sebagai browser extension, kamu bisa membuka Instagram melalui browser dan lihatlah perbedaannya! Kamu bisa lihat jenis-jenis post yang memiliki paling engagement paling tinggi sehingga kamu bisa dengan mudah replikasinya.

Tidak hanya itu, Virol juga termasuk tools yang paling up-to-date dengan algoritma Instagram sehingga kamu bisa melihat apakah konten lama kamu berpotensi viral!

Tools Instagram Marketing #2: Buffer

Tools instagram marketing buffer
gambar dari pexels

Rekomendasi kedua adalah Buffer yang bisa membantu kamu untuk membangun feeds yang sesuai dengan selera estetik kamu. Kamu bisa pratinjau tampilannya sebelum diunggah serta menjadwalkan post sesuai dengan jadwal content planner kamu.

Selain itu kamu juga bisa menganalisa pertumbuhan followers serta engagement dari post dan story kamu. Tentu saja ini penting untuk mengevaluasi apakah post kamu memang sesuai dengan target market atau tidak. Buffer juga menawarkan penyimpanan koleksi hashtag yang sesuai kamu gunakan pada post kamu, lho!

Tools Instagram Marketing #3: Unfold

Tools Instagram marketing unfold
gambar dari pexels

Siapa sangka jika Instagram Story yang menawan bisa menarik perhatian para followers kamu? Unfold bisa menjadi jawaban yang kamu butuhkan.

Instagram Story lebih banyak dilirik karena interaksinya yang lebih mudah serta update yang sangat cepat. Jika kamu mengkombinasikannya dengan tampilan yang ciamik, sudah pasti engagement para followers akan semakin tinggi!

Unfold menawarkan banyak template indah untuk Instagram Story kamu, sehingga kamu tidak perlu lagi harus menguasai Photoshop atau Corel untuk menciptakan Story yang cantik!

Tools Instagram Marketing #4: SocialRank

Tools instagram marketing SocialRank
gambar dari pexels

Target market adalah segalanya! Bila kamu membuat post untuk target market yang tidak sesuai, tentunya post kamu sudah bisa dipastikan memiliki engagement yang rendah. Atau lebih buruk: produk kamu tidak akan menarik perhatian mereka.

Salah satu caranya adalah melihat siapa followers yang paling engage dengan kamu. Meskipun jumlahnya sedikit, tetapi jika kamu bisa tahu karakteristik serta orang-orang terdekat yang sesuai dengan mereka, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk fokus pada karakteristik tersebut bahkan membuka potensi partnership, lho!

Analisis ini bisa kamu dapatkan dengan SocialRank. Secara otomatis, SocialRank akan mengevaluasi engagement followers terhadap brand kamu dan merekomendasikan pilihan followers yang serupa. Pertumbuhan pun semakin cepat!

Tools Instagram Marketing #5: SocialBlade

Tools Instagram marketing
gambar dari pexels

Salah satu trik promosi Instagram adalah menggunakan influencer! Nah untuk mencari influencer yang paling tepat untuk bisnis kamu, SocialBlade bisa menjadi tools Instagram marketing paling sesuai.

SocialBlade sudah memiliki database influencer dengan kategorisasi yang disusun sedemikian rupa. Sehingga ketika kamu sudah siap untuk menghubungi influencer, kamu sudah mendapatkan datanya!

Sudah siap untuk mengembangkan Instagram bisnis kamu? Jangan lupa untuk memastikan website kamu sudah siap menerima banjir order maupun visitor, ya! Gunakan Jagoan Hosting untuk memastikan website kamu stabil dan cepat diakses karena Jagoan Hosting, hosting terbaik di Indonesia!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like