Manfaat copywriting itu kadang nggak kita duga. Mungkin kamu belum tau kalau tulisan singkat yang terlihat sederhana ini bisa menjadi sesuatu yang sangat bermakna. Sudah jelas kalau manfaatnya sebagian besar memang untuk urusan copy. Namun, copywriting nggak cuma bermanfaat buat urusan-urusan itu. Ada beberapa manfaat lain yang mungkin nggak pernah kamu duga sebelumnya.

Penasaran nggak, Sob? Yuk, coba baca dulu ada manfaat apa aja!

Copywriting

manfaat copywriting
gambar dari unsplash

Nggak kenal maka nggak sayang! Kenalan dulu sama apa itu copywriting. Sebelum bahas manfaatnya, kita pahami dulu apa sih yang dimaksud dengan copywriting.

Copywriting adalah sebuah teknik menulis yang ditujukan untuk keperluan promosi dan iklan. Maka dari itu, jenis tulisan ini memang erat kaitannya dengan dunia pemasaran. Lebih erat lagi dengan dunia pemasaran digital. Kamu bisa belajar teknik-teknik copywriting di artikel Jagoan Hosting yang ini ya, Sob!

Membangun brand

Kalau mendengar kata Jagoan Hosting, pasti yang terpikirkan adalah branding “VPS Indonesia dan Hosting Terbaik”. Dari mana branding ini muncul? Branding ini muncul sebagai hasil dari tulisan copy alias copywriting yang sukses.

Salah satu manfaat dari jenis tulisan ini adalah membangun brand perusahaan tau produk. Tulisan-tulisan yang dihasilkan membantu perusahaan dan produk untuk memiliki branding yang khas dan melekat di hati pembacanya. Meskipun memang bukan hasil dari kerja keras copywriter sendiri, tapi tulisan copy ini punya peran yang besar dalam proses pembangunan branding awareness.

Menggiring opini

Tulisan copy yang dibuat memuat kata-kata yang bisa menggiring pembaca. Permainan kata yang digunakan memang terasa sederhana, tapi jangan salah arena sebenarnya efek yang diberikan sangat besar. Tulisan-tulisan ini begitu lihai mempengaruhi pembaca agar mengikuti opini yang sengaja disisipkan dalam tulisan copy tersebut.

Keahlian menggiring opini ini butuh seni, Sob! Nggak sembarang tulisan bisa membuat orang tergiring opininya. Kalau salah teknik, bukannya menggiring opini malah menggiring julidan netizen! Makanya perlu skill khusus untuk bisa menghasilkan tulisan copy yang ciamik.

Menghasut calon pembeli!

Ini sih keahlian seorang copywriter. Mereka begitu lihai membuat orang jadi ingin membeli produk yang ditawarkan. Hanya dengan membaca kata demi kata yang ditunjukkan, mereka jadi tergiur untuk membeli produk tersebut. Padahal nih, Sob! Terkadang tulisan copywriting hanya memuat kalimat-kalimat singkat dengan jumlah kata yang tidak begitu banyak.

Tapi… ternyata tulisan itu bisa menghasut para calon pembeli! Keren banget, kan?

Membuat mereka terngiang-ngiang dengan produkmu!

Pernah nggak kamu membaca sesuatu dan terus mengingat konten tulisan tersebut? Mau tidur, kebayang konten itu. Scrolling Instagram jadi inget konten itu. Bahkan mau mandi aja masih ingat sama konten tulisannya!

Waduh, waduh… Tulisan copy memang begitu, Sob! Sobat Jagoan Hosting jangan kaget kalau merasa terngiang-ngiang setelah membaca sebuah tulisan. Bisa jadi tulisan itu adalah jenis tulisan copy. Tulisan itu memuat penjelasan seputar produk yang memikat. Wajar banget kalau kamu jadi terngiang-ngiang dan akhirnya memutuskan membeli produk yang ditawarkan.

Meningkatkan konversi

Kata siapa orang-orangs etelah membaca akan pergi begitu saja? Nggak begitu, Sob! Jangan salah, tulisan copy bisa meningkatkan konversi. Pembaca akan melakukan aksi lebih lanjut setelah membaca sebuah tulisan copy. Aksi yang dimaksud bisa berupa aksi menghubungi customer service, mengirimkan pertanyaan seputar produk bahkan langsung membeli produknya. Wow banget kan, Sob!!!

Manfaat copywriting emang nggak main-main. Dengan teknik yang tepat, tulisan copy yang dihasilkan juga akan berhasil memberikan manfaat yang diharapkan. Jangan ragu untuk menggunakan jenis tulisan yang satu ini untuk bisnis atau usaha freelance kamu!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like