Pernahkah kamu mendengar tentang profesi yang satu ini? Information security analyst, salah satu profesi penting masa kini. Di zaman serba digital ini, information security analyst memiliki porsi peran yang besar. Ada begitu banyak permintaan untuk posisi ini. Kok bisa? Kita bahas lebih lanjut tentang profesi yang satu ini agar kamu jadi lebih tau kira-kira kenapa sih ada banyak permintaan untuk posisi ini.

Yuk, langsung simak sampai akhir artikelnya, ya!

Apa itu information security analyst?

information security analyst
gambar dari unsplash

Seorang information security analyst adalah orang yang bertanggung jawab menjaga keamanan perangkat informasi. Profesi ini bisa ada di perusahaan, pemerintahan, militer, bahkan di organisasi-organisasi non-profit atau non-pemerintahan. Mereka memiliki tugas untuk menjaga semua data dan informasi digital yang dimiliki perusahaan.

Kalau dilihat dari nama dan penjelasan di atas, sudah jelas bahwa pekerjaan ini biasanya digeluti oleh orang-orang berlatar belakang pendidikan ilmu teknologi informasi. Seluruh pekerjaan mereka dilakukan dengan basis digital.

Profesi ini menjadi salah satu profesi yang penting di era sekarang. Gimana nggak, di zaman yang sudah dipenuhi teknologi ini banyak sekali ancaman yang membahayakan. Penyerangan dari pihak dalam maupun luar udah nggak lagi dilakukan secara terang-terangan. Teknologi menjadi sasaran sekaligus senjata baru untuk melemahkan lawan.

Makanya, Sob. Profesi ini sangat dicari oleh perusahaan dan pihak-pihak lainnya. Nggak lain untuk menjaga data-data mereka dari serangan hacker dan ancaman lainnya.

Information security vs Cyber security vs Network Security

Ketiga istilah di atas saling berkaitan dan kerap disamaartikan. Information security adalah bidang yang luas. Semua tanggung jawab keamanan informasi ada di bawahnya. Cyber security adalah bagian dari bidang tersebut. Cyber security secara khusus menjaga keamanan siber sebuah organisasi.

Jika cyber security bertugas menjaga keamanan sibernya, maka network security bertugas menjaga keamanan hal yang lebih spesifik lagi. Bidang ini hanya mencakup keamanan jaringan seperti infrastruktur IT dan serangan dari jaringan internet.

Tanggung jawab mereka

Seperti yang sudah dibahas pada poin-poin sebelumnya, inti dari tanggung jawab mereka adalah menjaga keamanan informasi berbasis digital. Profesi ini perlu merancang strategi keamanan, melaksanakan strategi tersebut, melakukan evaluasi strategi, dan mengatasi serangan yang masuk.

Information Security Analyst bukan hanya diwajibkan untuk menjaga informasi digital yang dimiliki perusahaan tapi juga harus menjaga infrastruktur TI yang dimiliki. Nggak cuma itu, mereka harus mengatasi beberapa serangan seperti ini:

  1. Pencurian identitas
  2. Pencurian data
  3. Pencurian perangkat
  4. Malware
  5. Sabotase digital
  6. Serangan akun media sosial

Keamanan informasi memang menjadi tanggung jawab information security analyst, tapi jangan salah. Untuk bisa menjaga keamanan data-data perusahaan, kamu tetap memerlukan layanan VPS atau Hosting Terbaik. Ini bisa meminimalisir kemungkinan kebocoran data perusahaan.

Skill yang dibutuhkan

Butuh kemampuan dan keterampilan yang nggak sembarangan untuk bisa berkarier sebagai profesi ini. Ada skill yang harus dikuasai agar kamu bisa menjalankan semua tanggung jawab yang diberikan. Skill ini juga akan menjadi bekal kamu untuk mengerjakan tugas.

Hard skill

Menurut sebuah laman informasi, hard skill yang diperlukan adalah:

  1. Cyber security management
  2. Network security management
  3. Tableau software
  4. Security testing
  5. IT security
  6. IT infrastructure
  7. Manajemen proyek
  8. Security risk management

Soft skill

Adapun softskill yang dibutuhkan adalah:

  1. Kemampuan analisis
  2. Problem solving
  3. Kemampuan komunikasi
  4. Kemampuan bekerja sama

Rate gaji profesi ini

Berapa gaji yang biasa ditawarkan untuk posisi ini? Informasi yang Mimin dapatkan menunjukkan kalau rata-rata gaji yang diberikan adalah 4 – 8 juta. Besaran gaji sesuai dengan besar perusahaan tempat bekerja. Semakin besar pekerjaannya, semakin besar pula gaji yang ditawarkan.

Sekian informasi dari Mimin. Jangan lupa baca artikel lainnya di blog Jagoan Hosting.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like