Apa itu OpenSID? Keunggulan dan Cara Install di cPanel

OpenSID Adalah
Cloud file sharing banner background

OpenSID adalah sebuah sistem informasi desa berupa platform yang digunakan oleh pemerintahan desa dalam mengelola keuangan. Aplikasi ini diciptakan dengan tujuan untuk memberikan pelayanan masyarakat secara efektif.

Aplikasi ini merupakan salah satu implementasi UU desa. Hal ini sesuai dengan berlakunya UU Nomor 6 Tahun 2014 mengenai desa. Lalu apa saja fitur keunggulannya dan bagaimana cara install OpenSID di cPanel? Yuk simak di sini.

Apa itu OpenSID?

OpenSID adalah aplikasi sistem informasi desa yang dikembangkan oleh komunitas yang terdiri dari pegiat desa dan juga programer relawan.

Aplikasi OpenSID adalah aplikasi terbuka, tujuannya agar dapat dikembangkan bersama-sama. Selain itu OpenSID adalah aplikasi yang hadir secara gratis juga lho Sob!

OpenSID adalah aplikasi yang digunakan untuk pemerintahan desa, agar lebih transparan dan akuntabel dalam mengelola dana desa.

OpenSID adalah bertujuan selain warga desa mendapat akses informasi desa lebih baik, namun juga supaya kantor desa lebih efektif dan efisien dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Berlakunya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, mewajibkan pemerintahan desa untuk mengembangkan Sistem Informasi Desa (SID). Maka dari itu, OpenSID adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam implementasi UU desa tersebut.

Berdasarkan data milik OpenSID yaitu pantau.opensid.my.id, per November 2021 terdapat 13.000+ desa yang telah memasang OpenSID. Di antaranya ada 6000+ desa yang giat untuk memajukan desanya dengan terus aktif memanfaatkan aplikasi OpenSID.

Awal Mula Terciptanya OpenSID

Awal mula perilisan OpenSID adalah pada Mei 2016 menggunakan SID dari Combine Resource Institution atau CRI. Combine Resource Institution dikelola oleh Perkumpulan Desa Digital Terbuka.

Aplikasi ini bersifat open source atau terbuka, sehingga dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh siapa saja secara gratis untuk kepentingan desa lebih tepatnya. Tidak hanya melakukan instalasi, kamu juga bisa melakukan modifikasi source atau script website-nya.

Cek Konten Lainnya:
Belajar Cyber Security Mudah dari Nol dengan 6 Langkah

Dari SID CRI terakhir yang berhasil digabung ke dalam OpenSID adalah SID 3.10 yang diperoleh dari teman-teman di grup FB (https://www.facebook.com/groups/OpenSID) pada tanggal 15 Februari 2017.

Hingga kini, pengembangan OpenSID sudah di bawah naungan OpenDesa. OpenDesa merupakan sebuah lembaga berbadan hukum yang dibentuk sebagai wadah komunitas resmi.

Fitur-fitur Unggulan OpenSID

Setelah mengetahui apa itu OpenSID dan juga awal mula terbentuknya, kamu juga harus tau apa saja fitur-fitur unggulan yang ada di dalamnya Sob!

Sebagai sebuah aplikasi Sistem Informasi Desa, OpenSID dilengkapi dengan banyak fitur unggulan, lho. Bahkan fitur-fitur yang disediakan juga cukup lengkap dan mumpuni. Adapun fitur-fitur unggulan dari OpenSID adalah sebagai berikut:

1. Info Desa

Fitur  ini digunakan untuk mengatur identitas desa, wilayah administratif, pemerintah desa, dan status desa (IDM).

2. Kependudukan

Hal paling mendasar dan utama yang wajib diisi oleh desa adalah data kependudukan desa.

Jika data kependudukan sudah terisi, desa dapat memantau perkembangan penduduk, memudahkan surat menyurat dan pengarsipan, mengetahui statistik penduduk desa, dan lain-lain.

3. Statistik

Statistik merupakan menu untuk menampilkan laporan statistik kependudukan dalam bentuk tabel, grafik, atau diagram. Statistik yang ada pada OpenSID meliputi umur, pendidikan, pekerjaan, agama, dan lain sebagainya.

Baca juga: Social Engineering, Ini Pengertian dan Cara Pencegahannya

4. Layanan Surat

Layanan surat pada OpenSID adalah fitur yang digunakan untuk modul administrasi persuratan guna membantu mempercepat pelayanan publik terutama terkait permintaan surat oleh warga.

5. Sekretariat

Fitur ini digunakan untuk mengelola dokumen dan kesekretariatan desa seperti produk hukum dan informasi publik.

6. Keuangan

Keuangan dalam OpenSID adalah fitur untuk mengelola data keuangan desa. Modul ini memberikan informasi Anggaran & Realisasi APBDes secara grafik dan tabel.

7. Analisis

OpenSID mempunyai modul analisis yang dapat digunakan sebagai tempat mengolah data hasil survei sesaat, seperti Analisis Kemiskinan Partisipatif (AKP), dan tempat menyerap data yang perlu dikelola berkesinambungan, seperti Prodeskel.

8. Bantuan

Bantuan pada OpenSID adalah fitur untuk mencatat program atau jenis bantuan yang dikelola desa seperti bantuan pada kelompok masyarakat tertentu.

9. Pertanahan

Pertanahan pada OpenSID adalah fitur untuk mencatat dan mendokumentasikan data persil dan data tanah warga, baik itu milik pribadi, milik perorangan peruntukan kaum, hingga milik kaum/suku.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu DMCA? Fungsi & Cara Daftarnya untuk Lindungi Website

10. Pembangunan

Pembangunan pada OpenSID adalah fitur untuk memonitor kegiatan pembangunan infrastruktur di desa.

Jadi, setiap tahap perkembangan dan detail pembangunan seperti lokasi, sumber dana, jumlah anggaran, tahun anggaran, volume, pelaksana, foto akan dipublikasikan melalui tampilan di peta.

11. Lapak

Fitur lapak pada OpenSID adalah untuk dapat dimanfaatkan sebagai media promosi dan penjualan produk unggulan desa.

12. Pemetaan

Fungsi fitur pemetaan pada OpenSID adalah sebagai pusat pengelolaan elemen geospasial seperti lokasi tempat tinggal penduduk, lokasi tempat tinggal keluarga, wilayah desa/RT/RW/dusun, lokasi pembangunan, lokasi unsur titik, garis dan luasan yang telah dimasukkan untuk sarana, prasarana, dan fitur geospasial desa lainnya.

13. Admin Web

Admin web pada OpenSID adalah fitur agar desa dapat mengelola berita, widget, dan menu yang akan ditampilkan pada website desa.

14. Layanan Mandiri

FItur layanan mandiri pada OpenSID adalah dapat digunakan sebagai media partisipasi warga dalam memanfaatkan layanan digital desa. Mulai dari permohonan surat secara online hingga melakukan pelaporan dan pengaduan.

Baca juga: Pengertian XAMPP, Fungsi, Komponen, Fitur dan Cara Install

Manfaat OpenSID bagi Pemerintahan Desa

Setelah mengetahui fitur-fitur unggulan OpenSID, terdapat juga manfaat penggunaannya bagi pemerintahan desa Sob! Adapun beberapa manfaat yang diperoleh pemerintahan desa dalam menggunakan openSID adalah : 

1. Kantor Desa Lebih Efektif dan Efisien

OpenSID adalah aplikasi penyimpan data penduduk beserta atribut-atributnya, kantor desa dapat dengan mudah memilah data penduduk secara efektif dan akurat berdasarkan kriteria yang diinginkan, sehingga bisa menargetkan suatu program pemerintah secara tepat sasaran.

Hal ini berbeda dengan proses serupa tanpa SID, di mana sering dilakukan penentuan sasaran program secara kira-kira dan tidak berbasis data. Selain itu, kantor desa juga dapat menyediakan layanan surat keterangan pada warga jauh lebih cepat dan efisien.

2. Pemerintah Desa Lebih Transparan

OpenSID adalah aplikasi agar pemerintah desa dapat mengelola informasi kegiatan desa dalam bentuk yang lebih mudah disajikan dan diakses warga.

3. Pemerintah Desa Lebih Akuntabel

Dengan adanya informasi perencanaan, kegiatan pembangunan, penggunaan dana desa di dalam OpenSID yang mudah diakses warga, pemerintah desa pun dituntut lebih akuntabel.

4. Informasi Desa Lebih Baik

Dengan OpenSID, informasi kependudukan, perencanaan, aset, atau bahkan anggaran dapat direkam secara elektronik dan mudah diakses oleh warga.

Misalnya pada informasi desa di web desa, warga juga mempunyai kesempatan untuk mempunyai informasi desa lebih baik dan mereka butuhkan.

5. Warga Dapat Berpartisipasi Lebih Aktif dalam Pembangunan Desa

Ketersediaan data dan informasi desa yang mudah diakses akan meningkatkan potensi warga untuk berpartisipasi dalam pembangunan desa. Saran dan masukan terkait pembangunan desa pun akan ada.

Cek Konten Lainnya:
Apa Itu Hostname? Fungsi & Cara Membuatnya

OpenSID bahkan mempunyai potensi untuk menyediakan media elektronik untuk menggalang partisipasi warga, seperti forum diskusi atau formulir komentar/usulan elektronik.

Cara Install OpenSID di cPanel

Setelah mengetahui pengertian, fitur-fitur unggulan, dan manfaat penggunaannya, selanjutnya Jagoan Hosting juga akan membahas cara install OpenSID di cPanel.

Untuk itu, pastikan bahwa kamu telah membeli domain dan hosting di Jagoan Hosting ya Sob! Oke, langsung saja ikuti tata cara install OpenSID di cPanel berikut ini.

1. Download OpenSID

Yang pertama cara install OpenSID adalah dengan menngunduhnya melalui link berikut: https://github.com/OpenSID/OpenSID

2. Cara Install OpenSID di cPanel

Cara install OpenSID berikutnya adalah dengan menginstall aplikasinya dengan mengikuti arahan :

  • Login cPanel hosting dari Jagoan Hosting milikmu.
  • Upload file OpenSID melalui File Manager ke dalam folder “public_html”
  • Extract file.
  • Pindahkan file OpenSID dari dalam folder “public_html/OpenSID-umum” ke “public_html”
  • Rename folder “desa-contoh” menjadi “desa milikmu”

Baca juga: Pengertian Maintenance Website, Cara, dan Tujuannya

3. Buat Database

Pada cara install OpenSID, kamu juga dapat membuat database di cPanel melalui menu Database. Berikut adalah cara membuat database di cPanel.

  • Import file sql “data_awal_20220301.sql” yang bisa kamu temukan dalam folder public_html. Silahkan download terlebih dahulu file tersebut ke local komputer kamu. Setelah itu, silahkan import database “data_awal_20220301.sql” ke database yang kamu buat sebelumnya.
  • Import database bisa dilakukan melalui cPanel pada menu phpMyAdmin. Panduan import ini bisa kamu pelajari melalui artikel : cara import database
  • Setelah import selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan setting koneksi databases pada file “desa/config/database.php“.
  • Lalu sesuaikan nama database, user database, password-nya sesuai database yang telah kamu buat.
  • Sampai tahap ini, cara install openSID telah selesai dilakukan. Kamu dapat langsung login ke halaman administrator websitenya untuk mulai mengelola websitenya Sob!

Itu dia penjelasan mengenai apa itu OpenSID, fitur-fitur yang diunggulkan serta manfaatnya bagi berjalannya pemerintahan desa serta bagaimana cara install di cPanel. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, yuk simak tips dan tutorial lainnya di Blog jagoan Hosting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
information security analyst
Read More
Information Security Analyst, Penanggung Jawab Keamanan Perangkat
Pernahkah kamu mendengar tentang profesi yang satu ini? Information security analyst, salah satu profesi penting masa kini. Di…
bisnis digital
Read More
Inilah 7 Alasan Menggunakan Jagoan Hosting untuk Memenuhi Kebutuhan Bisnis Digital Kamu
Bukan rahasia lagi, saat ini gaya hidup masyarakat lebih menyukai transaksi secara online daripada offline. Tidak heran jika…