Plugin Moodle Siap Pakai untuk Ujian Online Sekolah

plugin moodle

Perkembangan teknologi yang semakin meluas juga mulai merangkak ke banyak sektor, salah satunya dunia pendidikan. Digitalisasi sekarang memaksa sekolah untuk melaksanakan ujian secara online dengan memanfaatkan plugin moodle.

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan plugin moodle? Moodle sendiri secara sederhana bisa kamu gambarkan sebagai salah satu LMS (Learning Management System) yang sangat populer dan paling banyak digunakan karena kaya akan fitur.

Namun, fitur bawaannya yang terbilang lengkap ini masih belum cukup. Oleh karena itu, butuh sebuah plugin yang merupakan program tambahan dengan fungsionalitas tertentu untuk mendukung program pertama.

Mengenal Moodle WordPress Plugin

moodle

Pemakaian plugin moodle hanya bisa kamu gunakan pada aplikasi Moodle saja. Aplikasi ini cenderung gratis dan bisa pendidik pakai sebagai media pembelajaran dengan Learning Management System (LMS).

Meskipun terkenal sebagai plugin gratis, pemakaian Moodle tetap membutuhkan beberapa pembiayaan. Contohnya seperti kamu perlu menyewa pihak ketiga agar bisa menyesuaikan dengan platform standar sekolahan.

Dengan pembiayaan yang tidak begitu luas tersebut, tidak ada salahnya apabila kamu mencoba pemakaian plugin moodle. Pasalnya, tidak jarang sekolah yang langsung cocok dengan fitur yang Moodle sediakan langsung.

Moodle juga terkenal sebagai pemain besar open source di dalam ranah LMS. Hal ini terbukti oleh banyaknya komunitas yang aktif dan sangat besar untuk mendukung Moodle sebagai plugin dan pilihan terbaik dalam penyesuaian kebutuhan.

Versi Moodle untuk Pengguna

Sebelum menggunakan Moodle, penting untuk kamu mengetahui versi dari Moodle yang bisa pengguna pakai sesuai dengan kebutuhan, antara lain:

1. Moodle.org

Varian pertama dari Moodle yang tidak pernah tertinggal untuk pengguna pakai adalah Moodle.org. Pasalnya, Moodle.org ini menjadi platform untuk website komunitas Moodle project.

Di sini, setiap pengguna bisa melakukan pengunduhan source code dan juga plugin. Bahkan, kamu juga lebih mudah untuk menemukan forum dengan topik terkait Moodle.

Cek Konten Lainnya:
Inilah Do's dan Dont's dalam Menjalankan Email Marketing untuk Bisnis

2. Moodle.com

Selanjutnya, ada juga versi Moodle yang memiliki sifat komersial yaitu Moodle.com dari Moodle HQ. Mayoritas versi ini paling sering pengguna pakai untuk mendapatkan informasi secara detail mengenai partner dari platform Moodle.

Utamanya informasi mengenai cakupan layanan komersial yang bisa berbagai negara lain tawarkan.

3. MoodleCloud.com

Berikutnya, versi yang tidak lagi asing karena paling banyak menjadi pilihan oleh pengguna adalah MoodleCloud.com. Versi satu ini menjadi portal website gratis yang berhasil Moodle HQ kembangkan dengan sukses..

Pada portal satu ini setiap pengguna memungkinkan untuk membuat pembelajaran online secara gratis. Tentunya dengan menggunakan URL www.namawebsite.moodlecloud.com.

Kelebihan Moodle untuk Ujian Online

Learning Management System (LMS) dalam dunia pendidikan sebenarnya sangat banyak sekali. Contohnya seperti Atutor, Dokeos, hingga Opigno. Namun, plugin moodle masih menjadi pilihan yang tidak mengecewakan.

Kira-kira apa sih keunggulan dari Moodle untuk pelaksanaan ujian online hingga menarik banyak peminat sampai detik ini? Yuk simak penjabarannya berikut ini:

1. Fleksibilitas Tinggi

Keunggulan pertama dari Moodle juga bisa terlihat dari sisi fleksibilitasnya. Moodle menjadi salah satu platform open-source yang mendukung skala pembelajaran cukup besar dan fleksibel.

Baik untuk pemakaian kelas kecil dengan beberapa orang saja, ataupun pembelajaran besar mencapai ribuan orang.

Sehingga, dalam hal ini kamu tidak perlu khawatir lagi menggunakan Moodle apabila ingin membentuk kelas pembelajaran secara daring dengan jumlah peserta yang sedikit.

2. Moodle Mudah untuk Kustomisasi

Selanjutnya, kelebihan dari Moodle sendiri mudah untuk pengguna kustomisasikan. Hal ini membuat realisasi dari Moodle yang merangkul semua kalangan dapat berjalan dengan baik.

Pasalnya, pengguna Moodle yang kurang cocok dengan model dari plugin bawaan bisa mengganti dengan tema sesuai kebutuhan dan dapat kamu unduh secara gratis juga, loh. Sangat menguntungkan dan kece sekali, kan?

Bahkan, pengguna juga bisa dengan mudah untuk mengganti logo maupun footer sesuai dengan instansi dan juga lembaga.

3. Open-Source dan Gratis

Kelebihan dari Moodle yang membuatnya sangat menarik untuk pengguna pakai karena merupakan platform open source.

Hal ini memudahkan pengguna sebab dapat mengunduh aplikasi Moodle tanpa harus mengeluarkan biaya untuk lisensi khusus.

Selain itu, kelebihan dari Moodle sendiri tidak perusahaan buat untuk kalangan khusus saja. Siapapun penggunanya, bisa memanfaatkan Moodle dengan mudah secara gratis.

Cek Konten Lainnya:
Mengenal Creative Commons License & Pentingnya Menggunakan Gambar Legal Untuk Websitemu

4. Pemakaian Sangat Mudah

Selanjutnya, pemakaian Moodle memungkinkan setiap pengguna bisa mengoperasikan platform satu ini dengan cepat dan mudah untuk dipelajari. Tentunya tanpa harus kursus pembelajaran tertentu lebih dahulu.

Sehingga siapapun bisa mengoperasikannya, baik untuk murid, pengajar, maupun administrator. Kemudahan lain yang bisa kamu dapatkan dengan pemakaian Moodle ini adalah adanya fitur drag and drop.

Fitur tersebut memungkinkan kamu untuk melakukan pemindahan atau menggeser fitur apa saja dengan lebih cepat. Jadi, untuk pengguna yang tidak memiliki kemampuan coding bukan menjadi masalah besar dalam pemakaian Moodle.

Jika kamu lihat dari sisi tampilannya sendiri, Moodle juga sangat user-friendly. Sehingga, pengguna mampu memahami Moodle dengan cepat. Bahkan, bagi pemula di bidang IT pun dapat mempelajarinya dengan mudah, loh.

Hal ini dikarenakan Moodle memiliki banyak sekali video tutorial yang dibuat oleh komunitas dari pengguna platform. Sehingga saling memudahkan bagi pengguna baru di platform tersebut.

5. Variatif

Dalam dunia pendidikan sekarang dibutuhkan sesuatu hal yang berbeda dalam penyajian materi pembelajaran. Selain membentuk materi yang unik dan lengkap, variasi beragam juga dibutuhkan.

Oleh karena itu, pendidik perlu mempelajari banyak teknologi pembaharuan agar bisa memberikan pendampingan terbaik kepada peserta didik. Salah satunya dalam pemakaian Moodle.

Moodle terkenal mampu memberikan penyajian atau membuat materi pembelajaran yang variatif. Hal ini didukung dengan adanya beragam fitur atau tools yang bisa pengguna manfaatkan.

Beberapa tools yang paling terkenal contohnya seperti forum, tugas (assignment), kuis, dan juga survey. Hal tersebut memungkinkan pengguna untuk bisa mengaplikasikan fitur-fitur sesuai dengan kebutuhannya.

Selain itu, Moodle sendiri memiliki banyak sekali fitur mencapai 1.600 plugin yang tersedia di dalam direktori plugin moodle.

Seluruh plugin yang tersedia bisa kamu manfaatkan untuk keperluan komunikasi, administrasi, penilaian, dan beberapa hal lain.

Moodle sendiri juga menjadi platform yang sudah terintegrasi sebab memiliki fitur external collaborative tools. Sehingga, pengguna bisa lebih mudah melengkapi materi pembelajaran melalui halaman Wiki, forum, hingga blog.

6. Mobile Friendly

Terakhir, kelebihan dari Moodle adalah mobile friendly. Menjadi platform open-source yang bisa diakses secara gratis, tidak membuat Moodle mempersulit desain platformnya, loh. Pasalnya, Moodle menjadi platform yang sangat mobile friendly.

Cek Konten Lainnya:
URI: Pengertian, Cara Kerja, Jenis & Perbedaannya dengan URL

Hal ini memudahkan pengguna untuk mengakses setiap materi pembelajaran di mana dan kapan saja. Bahkan, kamu bisa mengaksesnya melalui telepon genggam dengan browser sekalipun. Sangat mudah dan nyaman digunakan, bukan?

Dapatkan Moodle Siap Pakai di Paket Website Ujian Online

website ujian online

Optimalkan Pengalaman Ujian Onlinemu Bersama Jagoan Hosting! 🚀

Siap menghadirkan kenyamanan dan kehandalan pada setiap ujian onlinemu, Jagoan Hosting hadir dengan solusi terbaik! Dukungan Moodle, kapasitas lega, load time super cepat, server anti down, dan performa ujian optimal – semuanya dalam satu paket!

website ujian online moodle
  • 🌐 Kapasitas Lega: Berikan ruang yang cukup untuk pertumbuhan tanpa batasan! Pilih paket kami untuk kapasitas yang memadai dan fleksibilitas tanpa kompromi.
  • ⏱️ Load Time Super Cepat: Kecepatan adalah kunci! Website ujian onlinemu akan tampil dengan kilat, memberikan pengalaman pengguna yang mulus dan efisien.
  • 🛡️ Server Anti Down: Pastikan kelancaran ujian tanpa hambatan! Server anti down kami menjaga ketersediaan situsmu, memberikan ketenangan pikiran yang tak ternilai.
  • 🚀 Performa Ujian yang Optimal: Tingkatkan pengalaman peserta ujian dengan performa optimal. Sistem Jagoan Hosting dirancang untuk mendukung pengelolaan ujian online dengan mudah dan efisien.
  • 🏫 Telah Dipercaya +1400 Sekolah: Bergabunglah dengan lebih dari 1400 sekolah yang telah mempercayakan layanan hosting kami. Keamanan, kecepatan, dan kehandalan adalah tanda tangan kami.

Jadikan setiap ujian online menjadi pengalaman yang luar biasa dengan Jagoan Hosting! Jangan lewatkan kesempatan ini untuk meraih kualitas terbaik dalam hosting ujian online. Dapatkan Paket Website Ujian Online siap pakai eksklusif dari Jagoan Hosting! 💻✨

Nah, itulah beberapa informasi mengenai plugin moodle sebagai salah satu media yang dapat kamu jadikan pilihan dalam persiapan ujian online.

Keunggulan yang dimiliki pun cukup banyak, jadi layak sekali untuk menjadi bahan pertimbangan. Selamat mencoba, semoga ujian online dari sekolah kamu dapat berjalan dengan lancar melalui plugin moodle.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
keamanan data pribadi
Read More
Pahami Pentingnya Menjamin Keamanan Data dan Cara Menjaganya
Prosedur keamanan data sangat diperlukan untuk mencegah adanya pencurian dan penyebaran data. Tanpa adanya prosedur ini, dikhawatirkan data…
FTP
Read More
Apa itu FTP? Pengertian, Fungsi Cara Kerja & Menggunakan
Apa itu FTP? Kepanjangan dari FTP adalah File Transfer Protocol atau suatu protokol yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi…