Apa itu ZYA CBT? Ini Fitur dan Kelebihannya

ZYA CBT

Dunia pendidikan juga tidak ketinggalan dengan kemajuan teknologi. Berbagai sistem konvensional kini ikut beralih ke internet, salah satunya ujian online pakai ZYA CBT.

Penggunaan aplikasi CBT (Computer Base Test) memang makin marak sejak pandemi beberapa tahun lalu. Jenis aplikasinya pun makin beragam.

Nah, kali ini kita bakal kenalan sama aplikasi ZYA CBT dan fitur-fiturnya. Simak lebih lanjut ya, Sob.

Apa itu ZYA CBT?

ZYA CBT adalah aplikasi ujian online yang dikembangkan dengan framework CodeIgniter. Framework ini terkenal tangguh dan memiliki dukungan database MySQL.

Sebagaimana CBT, aplikasi ini digunakan untuk pelaksanaan ujian melalui web. Aplikasi ini mendukung tiga tipe pertanyaan untuk keperluan ujian, yaitu:

  • Soal Pilihan Ganda
  • Soal Jawaban Singkat
  • Soal Jawaban Esai

Selain itu, ZYA CBT juga sudah mendukung soal listening (dalam bentuk audio). Namun, bentuk file audio yang dapat didukung baru terbatas pada file dengan format MP3.

Untuk memudahkan pengguna mendistribusikan Data Soal, tersedia fasilitas Export / Import Data Soal. Pendistribusian ini dapat kamu lakukan ke server lain yang sama-sama menggunakan ZYA CBT dan memakai soal yang sama.

Sebagai contoh, dalam rangka pelaksanaan ujian oleh Sub Rayon Sekolah dengan anggotanya.

Untuk menggunakan aplikasi ini, selain mengunggah soal, kamu juga harus mengunggah data peserta ujian dan data mata pelajaran.

Pembuat aplikasi ini, Achmad Lutfi, juga menyediakan manual untuk membantu kamu dalam mengoperasikan ZYA CBT.

Cek Konten Lainnya:
Metode Waterfall: Pengertian, Tahapan, Kelebihan & Kelemahan

Fitur ZYA CBT

Sebagai aplikasi ujian, ZYA CBT juga memiliki berbagai fitur pendukung untuk memudahkan pengguna. Dalam hal ini, pengguna aplikasi ada dua tipe, yaitu penyelenggara ujian dan peserta ujian.

Nah, berikut berbagai fitur yang tersedia dalam aplikasi ZYA CBT:

  • Dashboard
  • Data Sekolah
  • Administrasi
  • Pengguna
  • Bank Soal
  • Grup Ujian
  • Status Ujian
  • Status Peserta
  • Reset Peserta
  • Info Aplikasi
  • Cetak
  • Notes
  • Backup and Restore
  • Auto Reset
  • Logout

Cara Instal ZYA CBT

Bagi kamu yang ingin menggunakan ZYA CBT, bisa melakukan instalasi dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama, unduh Source Code dan Database dari ZYA CBT.
  • Kemudian unduh juga file pendukung yang terdiri dari web server xampp. Disarankan untuk download php 5.6 atau versi 7.3.
  • Setelah itu kamu bisa menggunakan text editor seperti notepad ++ atau sublime text untuk membongkar coding aplikasi.
  • Selanjutnya, instal xampp dan sublime text.
  • Langkah berikutnya adalah menyalin source code yang sudah kamu unduh ke direktori C/xampp/htdocs.
  • Buka browser Google Chrome, lalu ketikkan localhost/phpMyAdmin/.
  • Setelah itu, kamu perlu membuat database dengan nama yang ada dalam folder htdocs yang tadi kamu pindahkan. Simpan dalam folder db atau atau database dengan formal .sql, lalu Import.
  • Lanjutkan dengan menyesuaikan settingan koneksi database. Caranya, buka aplikasi text editor yang kamu pakai sebelumnya.
  • Lalu, file koneksi di application/config/database.php, kemudian Save.
  • Selanjutnya buka kembali browser, lalu ketikkan localhost/project_nama (masukkan nama project).

Kelebihan ZYA CBT

Seiring dengan popularitas penggunaannya, kini tersedia berbagai jenis aplikasi CBT yang berbeda. Sama seperti aplikasi pada umumnya, setiap jenis CBT juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Berikut beberapa kelebihan ZYA CBT yang dapat menjadi bahan pertimbangan:

1. Fitur Cukup Lengkap

ZYA CBT memiliki fitur yang cukup lengkap dan memadai untuk kebutuhan penyelenggaraan ujian online.

Contohnya, fitur Dashboard yang memudahkan navigasi pengguna, fitur Status Ujian untuk mengecek status dari suatu ujian, dan fitur ‘Cetak’ yang bermanfaat untuk mencetak hard file, misalnya kartu peserta ujian atau hasil ujian.

Cek Konten Lainnya:
Website Builder untuk Wordpress biar Kamu Makin Mudah Design Website

2. Mendukung Berbagai Tipe Soal

Aplikasi ini juga mampu mendukung berbagai tipe soal yang berbeda, sehingga memungkinkan penyelenggara ujian untuk membuat soal yang lebih variatif. Mulai dari soal pilihan ganda, esai, hingga soal listening.

3. Memudahkan Penyelenggaraan Ujian

Aplikasi ini memungkinkan pengerjaan ujian berlangsung dengan lebih mudah dan praktis. Peserta ujian hanya perlu mempersiapkan laptop atau komputer untuk mengakses laman ujian dari browser.

Selain itu, penggunaan CBT juga lebih hemat waktu dan anggaran. Terutama karena kamu tidak perlu mencetak lembar ujian maupun mempersiapkan alat tulis.

4. Gratis

ZYA CBT termasuk aplikasi ujian online yang bisa kamu unduh dan gunakan secara gratis. Pengembang aplikasi menerima donasi untuk penggunaan, tapi sifatnya tidak wajib.

Beda halnya dengan aplikasi lain, seperti Candy CBT yang kini mengharuskan pengguna melakukan donasi dengan jumlah minimal Rp600.000 per tahun.

Keunggulan ini sangat menguntungkan pihak penyelenggara ujian karena memungkinkan untuk menghemat anggaran.

5. Tersedia Demo

Aplikasi CBT ini memiliki akun demo yang memungkinkan kamu untuk mencoba menggunakan aplikasi sebelum memutuskan mengunduh dan menginstal.

Hal ini sangat membantu bagi calon pengguna karena bisa mengecek dulu apakah aplikasi memiliki fitur yang sudah sesuai dengan kebutuhan.

Kekurangan ZYA CBT

Berikut beberapa kekurangan dari aplikasi CBT ini:

1. Hanya Tersedia Source Code

Seperti kebanyakan CBT, aplikasi ini juga hanya tersedia dalam bentuk source code. Selain itu, sudah tersedia cara instalasi dan user manual untuk membantu pengguna.

Meski demikian, kamu akan tetap memerlukan pengetahuan teknis untuk menginstal dan mengoperasikannya. Hal ini membuat penggunaan aplikasi menjadi kurang ideal bagi orang yang awam mengenai coding dan teknis.

Cek Konten Lainnya:
7 Rekomendasi Software Editing Video Terbaik dan Populer

2. Tidak Termasuk Server Hosting

ZYA CBT hanya menyediakan source code saja. Sehingga, pengguna perlu pengetahuan teknis dan menyiapkan server hosting sendiri. Dua hal tersebut dapat menghabiskan biaya yang relatif mahal.

Jadi, meskipun aplikasinya bersifat gratis, penyelenggara ujian tetap perlu menyiapkan anggaran yang cukup besar.

Bahkan tidak jarang pihak penyelenggara ujian menjadi sibuk mengurusi maintenance server dan masalah teknis lainnya. Hal ini tentunya kurang ideal bagi sekolah yang seharusnya berfokus pada kegiatan belajar mengajar.

3. Tidak Tersedia Support

Inilah kekurangan dari kebanyakan aplikasi gratis, yaitu tidak adanya support dari pihak pengembang.

Pengembang hanya menyediakan aplikasi untuk kamu unduh dan gunakan. Namun, tidak ada bantuan apapun terkait teknis penggunaan selain manual yang sudah tersedia.

Padahal, adanya tim support dari pengembang dapat menjadi faktor penting apabila sewaktu-waktu aplikasi mengalami kendala.

Dapatkan Kemudahan Kelola Zya CBT di Jagoan Hosting

VPS Support ZYA CBT

Kamu berencana menggunakan ZYA CBT, Sob? Maka layanan Cloud VPS dari Jagoan Hosting merupakan pilihan server yang tepat.

Cloud VPS merupakan server virtual yang siap mendukung proyek kamu dengan teknologi dan infrastruktur terbaru. Layanan ini memiliki fleksibilitas tinggi dengan penyimpanan upgradable hingga 20.000 GB.

Tersedia juga opsi kustomisasi spesifikasi resource, sehingga bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

VPS server ini memungkinkan kemudahan instalasi dan konfigurasi dari berbagai macam aplikasi, termasuk ZYA CBT.

Kamu sudah bisa menikmati berbagai keunggulan Cloud VPS dengan biaya mulai dari Rp100.000 per bulan.Tunggu apa lagi, Sob? Segera dapatkan kemudahan manage ZYA CBT di Cloud VPS dari Jagoan Hosting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
query
Read More
Apa itu Query SQL? Mengenal Fungsi dan Contohnya
Jika kamu baru memasuki dunia database, mungkin query adalah istilah yang cukup asing. Secara singkat, query adalah bahasa…
Linux adalah
Read More
Apa itu Linux? Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan
Linux adalah salah satu Operating System (OS) yang digunakan pada desktop. Meski tak banyak dikenal layaknya Windows, namun…