15+ Rekomendasi Aplikasi Ujian Online Gratis Terbaik!

aplikasi ujian online

Dalam mendukung terciptanya aktivitas pembelajaran jarak jauh secara nyaman, deretan aplikasi ujian online terus bermunculan sebagai salah satu solusi digitalisasi yang tepat.

Bahkan saking banyaknya, mungkin saja kamu kebingungan untuk menentukan aplikasi manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, simak beberapa rekomendasi terbaiknya di bawah ini!

Rekomendasi Aplikasi Ujian Online Gratis Terbaik

aplikasi ujian online
Photo by Julia M Cameron from Pexels

Terdapat banyak aplikasi ujian online yang bisa kamu akses secara gratis. Beberapa di antaranya sudah Jagoan Hosting siapkan buat kamu, Sob!

1. Testmoz

Testmoz merupakan aplikasi ujian online gratis yang bisa digunakan oleh siswa-siswi dengan kapasitas maksimum pertanyaan sebanyak 50 soal.

Kalau kamu ingin mendapatkan keleluasaan kapasitas soal untuk keperluan ujian online di Testmoz, kamu diharuskan untuk membayar sebesar $50 dollar per tahun atau setara dengan Rp700.000-an.

Dengan menggunakan aplikasi ujian online Testmoz, maka kamu dapat dengan mudah mengatur soal yang akan diajukan dengan berbagai macam jenis, misalnya saja seperti soal pilihan ganda, fill the blank, pengunggahan gambar dan video sebagai pendukung pilihan jawaban, dan sebagainya.

2. ThatQuiz

Aplikasi ujian online berbasis Android yang bisa kamu andalkan saat ingin membuat soal ujian adalah ThatQuiz. Dengan tampilan yang cukup sederhana, ThatQuiz menghadirkan jenis soal dalam bentuk penjabaran (essay) dan pilihan ganda.

Namun, aplikasi ujian online satu ini masih cukup terbatas untuk tema-tema soal tertentu, misalnya saja seperti mata pelajaran geografi (benua, samudera, dan berbagai macam wilayah), matematika (geometri dan aljabar), dan bahasa (Jerman, Inggris, Perancis hingga Spanyol).

3. Quizizz

Aplikasi ujian online berbasis web gratis yang mempunyai tampilan menarik dan tentunya nggak akan menjadikan para peserta ujian bosan adalah Quizizz. Hanya perlu mengunjungi situsnya, kamu bisa secara bebas menambahkan animasi hingga audio, sehingga memberikan kesan lebih interaktif.

Cek Konten Lainnya:
Tips Email Hosting: Terapkan Cara untuk Menghapus IP Yahoo Blacklist

Kalau kamu kehabisan materi untuk membuat soal seperti apa, aplikasi ujian online Quizizz mempunyai bank soal yang bisa kamu gunakan sesuai dengan mata pelajaran yang ingin diujikan secara realtime.

4. Google Form

Sebagai platform yang populer, Google Form menjadi aplikasi ujian online gratis favorit karena mudah untuk diakses dan para pembuat soal pun dapat dengan mudah untuk menyajikan soal dalam bentuk pilihan ganda hingga essay.

Di samping itu, Google Form juga bisa digunakan untuk membuat survey tentang keefektifan penyampaian materi di kelas. Cara membuat aplikasi ujian online ini pun sangat simpel lho, Sob!

5. Zoho Challenge

Aplikasi ujian online interaktif yang bisa kamu pilih selanjutnya adalah Zoho Challenge. Di sini, kamu dapat menambahkan berbagai macam media untuk disertakan pada setiap soal-nya, mulai dari audio, gambar hingga video.

Zoho Challenge juga memudahkan kamu untuk membuat soal dengan berbagai macam jenis. Pilihan ganda? Bisa. Essay? Juga bisa! Bahkan, bentuk soal seperti fill the blank pun bisa kamu gunakan. Jadi, bebaskan keinginanmu untuk menampilkan deretan soal ujian di aplikasi ujian online yang satu ini, ya.

6. QuizEgg

Kalau kamu nggak punya kapasitas penyimpanan folder yang cukup untuk membuat soal, maka QuizEgg dapat menjadi solusinya. Dengan menyediakan link unik, maka kamu dapat copy-paste dan membagikannya kepada para siswa yang akan mengerjakan soal-soal ujian.

Di QuizEgg, kamu bisa melakukan kustomisasi dengan mudah, mulai dari melakukan grade-ing di setiap soal, menampilkan jawaban benar atau salah hingga memberikan catatan kepada setiap para peserta ujian setelah selesai mengerjakan soal-soal ujian.

7. ProProfs

Meskipun kamu harus melakukan versi upgrade untuk melakukan features unlock supaya kapasitas peserta ujian bisa ditambah, akan tetapi yang menarik dari ProProfs adalah setelah para siswa selesai mengerjakan soal, hasil yang didapatkan berupa piagam atau sertifikat dengan skor sesuai dengan jawaban yang dikerjakan.

8. QuizStar

Sebenarnya, aplikasi QuizStar bisa di akses melalui berbagai macam perangkat, seperti smartphone maupun personal computer. Namun, kamu di sarankan untuk nggak menggunakan smartphone karena tampilannya kurang membuat nyaman saat mengakses QuizStar.

Sebagai salah satu aplikasi ujian online yang sering di rekomendasikan, QuizStar mempunyai beberapa fitur menarik, seperti melakukan penilaian secara otomatis, bentuk soal multimedia, serta bisa di gunakan tidak hanya untuk murid, melainkan juga para guru.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu DHCP Server? Fungsi, dan Cara Kerjanya

9. Quia Web

Kalau belajar identik dengan kegiatan yang membosankan, maka Quia Web hadir untuk mengubah persepsi tersebut. Kamu bisa membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan dan di kemas dalam bentuk permainan.

Kamu pun juga bisa melakukan modifikasi berbagai macam soal yang tersedia di Quia Web, sehingga nggak perlu khawatir jika kamu tidak sempat membuat soal. Hanya perlu memilih jenis soal seperti apa yang di butuhkan, Quia Web dapat memenuhi kebutuhan kamu, Sob.

10. Bank Soal Ujian SD

Jika kebanyakan aplikasi ujian online lebih di khususkan untuk para pelajar yang duduk di bangku SMP dan SMA, maka Bank Soal Ujian SD bisa menjadi pilihan kamu dan dapat di unduh dengan mudah melalui Play Store bagi para pengguna Android.

Tersedia soal dalam pilihan ganda dan cerdas cermat, Bank Soal Ujian SD membantu guru hingga orang tua memberikan latihan soal sesuai tingkatan kelas siswa di Sekolah Dasar.

11. Soal Online

aplikasi ujian online
Photo by Ivan Samkov from Pexels

Kalau kamu membutuhkan aplikasi ujian online CBT, maka kamu dapat memanfaatkan Sevima. Di Sevima, kamu nggak hanya bisa membuat soal CBT, melainkan dapat server yang bisa digunakan untuk mengujikan berbagai macam soal, seperti TOEFL dan IELTS, CASN dan SKD Kedinasan hingga UTBK.

12. Soal Ujian SD

Aplikasi Soal Ujian SD bisa kamu unduh di Play Store bagi para pengguna perangkat Android. Di Soal Ujian SD, sama seperti namanya, kamu akan di suguhkan pertanyaan-pertanyaan yang sudah di sesuaikan dengan standar kurikulum yang berlaku, akan tetapi di kemas secara interaktif, sehingga memberikan kesan menyenangkan dan jauh dari rasa tegang karena harus menjawab pertanyaan.

13. Soal Ujian SMP

Soal Ujian SMP menghadirkan berbagai macam soal untuk siswa yang duduk di kelas 7-9. Menariknya, para siswa bisa bermain bersama teman-temannya dan bersaing mendapatkan skor terbaik setelah menjawab deretan soal yang di sediakan.

14. Soal Ujian Sekolah

Tampilan aplikasi soal ujian sekolah sangat sederhana. Para siswa hanya perlu memasukkan informasi data diri dasar dan kode ujian. Nantinya, aplikasi ini akan menampilkan sejumlah soal dan cara menjawabnya bisa dalam bentuk pilihan ganda maupun uraian.

Cek Konten Lainnya:
Perbedaan Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer

15. Soal UN SMA

Aplikasi ujian online php yang bisa kamu manfaatkan untuk mengerjakan soal di taraf SMA, khususnya soal Ujian Nasional (UN) adalah Aila CBT. Keunggulannya adalah para siswa dapat mengaksesnya dengan mudah melalui komputer maupun smartphone dan tersedia bank soal yang bisa digunakan untuk latihan para siswa.

Itulah 15 rekomendasi aplikasi ujian online gratis terbaik yang bisa kamu coba guna mendukung pembelajaran jarak jauh.

Sebagai catatan, setiap aplikasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi jangan lupa untuk selalu menyesuaikannya dengan kebutuhan kamu ya!

Aplikasi Ujian Online Berbasis Web

aplikasi ujian online berbasis web

Sebelumnya, mengadakan ujian online bisa jadi penuh dengan hambatan dan ketidakpastian. Peserta mengeluhkan tentang kinerja lambat, situs down, dan banyak masalah teknis lainnya yang mengganggu proses ujian.

Namun, ada solusi yang sangat efektif!

Saatnya untuk beralih ke solusi terbaik dari kami, yaitu Website Ujian Online Siap Pakai dari Jagoan Hosting!

aplikasi ujian online berbasis web

Dengan dukungan Moodle Auto Install, daya tampung besar, load time cepat, dan server anti down kami, kamu bisa memastikan ujian berjalan dengan lancar, tanpa hambatan, dan memberikan pengalaman ujian online yang optimal bagi peserta.

Jangan biarkan masalah teknis mengganggu ujian, segera temukan kemudahan dan kualitas dengan Website Ujian Online Siap Pakai dari Jagoan Hosting

Buat Server Ujian Online Sendiri

bikin server ujian online

Namun, jika ingin membuat aplikasi sendiri atau media khusus untuk menampilkan ragam soal yang bisa di kerjakan secara online, kamu bisa memanfaatkan VPS X untuk mendukung sistem akademik, sehingga memudahkan para siswa dalam mengerjakan soal-soal yang telah mereka pelajari sebelumnya. 

Mulai dari Rp 100k-an saja perbulannya, nikmati layanan VPS Indonesia dari Jagoan Hosting, sehingga dapat memiliki server ujian online dengan lancar tanpa hambatan.

Selain untuk keperluan server ujian, VPS X juga dapat di gunakan untuk server PPDB, website profil sekolah hingga rapor online untuk para siswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cek kecepatan website
Read More
Cara Cek Kecepatan Website dan 10 Tools Terbaiknya
Pemilik website harus rutin mengecek apakah website dapat dibuka dan akses cepat. Bahkan harus tahu pula cara mengecek…
sql adalah
Read More
Apa itu SQL? Sejarah, Fungsi dan Perintah Dasar
SQL adalah salah satu bahasa pemrograman yang perlu kamu kuasai, terutama jika ingin berkarir di bidang data. Dari…