Semenjak pandemi Covid-19 melanda masyarakat dunia, penggunaan platform belajar online semakin banyak diminati. Salah satu platform yang paling menunjang kebutuhan ini adalah Moodle. Secara sederhana, moodle adalah sebuah sistem yang memuat sejumlah fitur untuk manajemen pembelajaran secara daring (dalam jaringan).

Kelebihan Moodle tentu terletak pada kemudahan fitur dan penggunaannya yang dapat dipahami oleh pemula sekalipun. Lalu, sebenarnya apa saja sih fungsi Moodle dan bagaimana platform ini membantu proses pembelajaran? Simak pembahasannya di artikel ini ya, Sob!

Apa itu Moodle?

Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment atau Moodle adalah sebuah platform yang dirancang untuk manajemen pembelajaran secara daring. Dalam hal ini, Moodle didesain untuk bisa digunakan, baik oleh guru, siswa, dan admin. Fitur-fitur yang tersedia memungkinkan ketiga elemen tersebut saling terintegrasi dalam satu sistem untuk proses pembelajaran daring yang terpadu.

Jika, kamu ingin menciptakan suasana pembelajaran daring yang menyenangkan, maka Moodle adalah salah satu opsi terbaik. Platform Moodle adalah web-based, sehingga semua jenis aktivitas pembelajaran dapat diakses dengan mudah melalui web browser. Ada banyak jenis aktivitas bisa dilakukan di Moodle, seperti diskusi forum, tanya jawab, pemberian materi, dan evaluasi. 

Fitur Moodle

Ada banyak fitur Moodle yang bisa digunakan oleh pengguna termasuk dari ketersediaan plugin. Beberapa fitur utama dari Moodle adalah:

Personalized Dashboard

Dari berbagai fitur yang ada, fitur unggulan pertama Moodle adalah tampilan dashboard yang terintegrasi dan intuitif. Pengguna dapat melihat hampir semua jenis informasi di halaman ini, mulai dari daftar pengguna yang sedang online, daftar kursus, pengumuman, dan kalender kegiatan. 

Fitur ini tentu akan memudahkan pengguna untuk menemukan informasi dengan mudah hanya di satu tempat. Selain itu, semua jenis pengguna dapat melakukan kustomisasi pada tampilan dashboard mereka sesuai hak akses yang dimiliki.

Progress Tracking

Fitur utama berikutnya dari Moodle adalah tampilan progress yang memungkinkan pengguna melihat capaian pembelajaran mereka. Hal ini akan bermanfaat untuk menilai keberhasilan sebuah pembelajaran. Hingga saat ini, Moodle juga masih terus meningkatkan fitur Progress Tracking ini.

Ada beragam jenis informasi yang ditampilkan pada fitur ini sesuai pada sistem penilaian yang tersedia, yaitu:

  • Activity completion merupakan indikator untuk menandai daftar tugas yang telah selesai dikerjakan dan dapat ditandai secara otomatis atau manual.
  • Course completion mengarah pada materi kursus yang sudah diikuti. Bisa ditandai secara otomatis atau manual.
  • Badges pada Moodle adalah jenis penghargaan yang bisa diberikan kepada murid atas pencapaiannya dalam menyelesaikan suatu tugas atau materi kursus.
  • Grades adalah nilai yang diberikan atas tugas atau evaluasi.
  • Competencies memungkinkan murid untuk mengetahui peringkat mereka sesuai dengan kemampuan dan kompetensi.

File Management

File management pada Moodle adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah file materi atau ujian dengan mudah. Kamu cukup melakukan drag dan drop, maka file secara otomatis ditambahkan ke dalam kursus.  

Peer Assessment

Fitur unik ini memberikan kesempatan kepada para murid untuk memberikan penilaian kepada temannya. Melalui fitur ini, penilaian sejawat dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Bahkan, guru dapat mengatur agar pemasangan murid dilakukan secara otomatis atau manual.

Multimedia Integration

Penggunaan berbagai jenis media tentu menjadi poin penting dalam sebuah pembelajaran daring. Oleh karena itu, multimedia integration pada Moodle adalah fitur yang memungkinkan guru untuk memasukkan multimedia dalam proses pembelajaran mereka.

Inline Feedback

Fitur ini memungkinkan guru untuk memberikan feedback atau koreksi secara langsung pada dokumen tugas yang diberikan. Artinya, ketika seorang murid mengunggah file tugas mereka, guru dapat langsung memberikan catatan pada dokumen tersebut. 

Fungsi Moodle

Pada dasarnya, fungsi Moodle adalah memberikan kemudahan akses dalam proses pembelajaran, terutama secara daring. Beragam fitur yang tersedia juga didesain khusus untuk mencapai tujuan tersebut. Akses pada Moodle juga terbuka untuk setiap elemen dalam proses pembelajaran, baik untuk siswa, guru, dan stakeholders terkait.

penggunaan moodle untuk cbt

Perbedaan Moodle.com, Moodle.org, dan MoodleCloud.com

Dalam menjalankan fungsinya, Moodle tersedia dalam tiga versi yang digunakan sesuai kebutuhan. Perbedaan utama dari ketiga versi ini dapat dikenali dengan mudah melalui domain pada masing-masing versi. Berikut penjelasan perbedaan Moodle.com, Moodle.org, dan MoodleCloud.com

Moodle.com

Penggunaan domain .com menunjukkan tujuan Moodle adalah komersial dari Moodle HQ. Pada website ini, kamu menemukan informasi terkait partnership Moodle dengan pihak lainnya. Selain itu, kamu juga dapat melihat berbagai penawaran produk, seperti Moodle App, Moodle Workplace, Moodle LMS, dan lainnya.

Moodle.org

Tujuan utama pembentukan kategori ini adalah menjadi media komunitas bagi Moodle Project. Pada dasarnya Moodle adalah sebuah integrasi sistem media pembelajaran dan melalui Moodle.org ini kamu saling berbagi dengan pengguna Moodle lainnya. Di website ini, kamu bisa mendapat atau memberi saran dan mengunduh code atau plugin.

MoodleCloud.com

Moodle Cloud adalah versi Moodle yang paling banyak digemari. Melalui website ini, kamu bisa membangun sendiri media pembelajaran online secara gratis. Selain itu, penyimpanan yang digunakan adalah server Moodle sehingga kamu bisa merasa lebih aman.

Kelebihan Moodle

Moodle adalah platform pembelajaran yang memberikan sejumlah kelebihan kepada penggunanya. Berikut beberapa kelebihan Moodle adalah:

Aman dan terintegrasi

Kelebihan Moodle adalah jaminan keamanan dan sistem online yang saling terintegrasi. Keamanan adalah salah satu poin mutlak untuk setiap jenis aplikasi termasuk Moodle. Oleh karena itu, setiap pembaruan yang ditawarkan pihak pengembang Moodle bertujuan untuk memberikan jaminan yang lebih baik.

Selain itu, Moodle adalah platform manajemen pembelajaran yang menawarkan fitur kolaborasi, yaitu external collaborative tools. Hal ini tentu menjadi poin kelebihan tersendiri untuk penggunaan Moodle dan kelengkapan fiturnya.

Baca juga: SEO WordPress : Panduan Buat Websitemu Mudah Ditemukan di Google

Fleksibel dan mudah digunakan

Menawarkan sistem untuk manajemen pembelajaran daring, Moodle adalah platform yang mengutamakan fleksibilitas dan kemudahannya dalam digunakan. Fleksibel artinya semua jenis skala pembelajaran dapat menggunakan platform ini, mulai dari level komunitas belajar sampai tingkat perusahaan atau sekolah. 

Kemudahan pengoperasiannya juga menjadi alasan mengapa Moodle adalah platform pembelajaran yang banyak diminati. Pengguna tidak perlu berurusan dengan coding atau sistem rumit lainnya karena sistem yang digunakan hanya drag and drop. Dengan demikian, kamu tak perlu terlalu pusing untuk membangun media pembelajaran online sendiri.

Mobile friendly 

Hingga saat ini, penggunaan mobile semakin meningkat dan diminati daripada pengguna desktop. Oleh karena itu, fitur yang mendukung untuk tampilan mobile sangat dibutuhkan demi kenyamanan pengguna. Kompatibilitas Moodle telah disesuaikan untuk mendukung hal ini sehingga lebih responsif dan nyaman. 

Tidak hanya itu, Moodle telah didukung di berbagai jenis perangkat. Jadi, kamu tidak perlu bingung atau khawatir jika menggunakan perangkat berbeda untuk mengakses pembelajaran di Moodle.

Dukungan plugin dan fitur kustomisasi

Kelebihan terakhir Moodle adalah fiturnya yang menyediakan berbagai jenis plugin secara default untuk menciptakan platform pembelajaran menarik. Ada sekitar 1677 plugin tersedia dan bisa digunakan sesuai kebutuhan, mulai dari urusan penilaian, komunikasi, dan administrasi.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan kustomisasi pada Moodle sesuai selera karena pada awalnya memang didesain untuk semua kalangan. Kamu bisa mengubah logo, tema, footer, dan hal lainnya untuk menyesuaikan dengan identitas lembaga atau kelompok terkait.

Itu dia pembahasan mengenai apa itu Moodle, kelebihan, dan sejumlah fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk pembelajaran daring. Adanya Moodle adalah salah satu solusi untuk mempermudah pembelajaran dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih menarik. Jadi, bagaimana, Sob? Tertarik untuk mencoba Moodle?

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like